Sumbangan Tulisan Tentang Kelayakan Pembentukan Provinsi Nias

Wednesday, February 4, 2009
By nias

Sejak berita “Deklarasi Pembentukan Provinsi Nias” yang diambil dari harian Analisa tanggal 3 Februari ditayangkan di Nias Online, mulai banyak komentar dari para pemerhati Nias, yang barangkali begitu peduli dengan Nias.

Sayangnya tidak semua komentar itu berkualitas; banyak yang muncul didorong oleh semangat asal bunyi dari pada pemberian argumentasi (pro atau kontra) yang lebih matang dan dewasa. Misalnya saja, argumen “Nias dan Nias Selatan belum bisa urus cabe” maka Nias tidak bisa memikirkan pembentukan provinsi baru yang datang dari ‘Elisabet’ tanpa alamat email. Atau komentar yang aneh dari ‘Dan’: “Apakah Sang Juru selamat harus kita percepat untuk datang ke Nias dalam membasmi orang2 yang punya banyak kepentingan buruk untuk Nias ini ????

Syukurlah, ada juga komentar yang cukup melegakan, mengajak Redaksi Nias Online memuat “tanggapan dan ditinjau sejauh mana arah, tujuan dan keadaan realita Nias yang sebenarnya sehingga kita bisa menilai Nias sebenarnya sudah layak untuk menjadi satu provinsi atau belum layak”. Betapa simpatiknya komentar itu.

Menyambut harapan Abdee, penulis komentar simpatik itu, dan juga harapan para pengunjung lain, Nias Online dengan ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menulis artikel tentang berbagai hal yang terkait dengan rencana atau impian pembentukan Provinsi Nias untuk ditayangkan dalam situs ini.

Karena berbagai kendala, Nias Online tidak dapat menyelengarakan Diskusi Online tentang topik ini. Akan tetapi himbauan menulis artikel ini kiranya boleh dianggap sebagai peluang yang cukup baik bagi pengunjung Nias Online – khususnya masyakarat Nias – untuk menyampaikan pendapat tentang topik yang menyangkut masa depan Nias ini.

Redaksi menunggu kontribusi Anda di nias.online@gmail.com.

5 Responses to “Sumbangan Tulisan Tentang Kelayakan Pembentukan Provinsi Nias”

  1. 1
    Aliozisokhi Fau Says:

    Rencana pembentukan Propinsi Tano Niha harus terus digulirkn mulai saat ini, walaupun 6 atau 7 tahun ke depan baru akan terwujud. Tahun 2002 sdr. Damili R. Gea sudah pernah mendeklarasikan itu di Medan, namun tidak begitu mencuat pada saat itu karena banyak beranggapan belum saatnya. Kini nama Provinsi Nias sudah mengemuka dan hal ini harus terus didorong untuk kita wujudkan. Komentar Gubernur Syamsul arifin yang mengatakan ” ibarat bayi yang belum lahir mau kawian ” jangan mematahkan semangat kita, maka saya beri usul agar studi kelayakan yang akan dipersiapkan, selain amanah PP 78 tahun 2008 maka lebih difokuskan pada masalah Teritorial. Dimana Nias adalah kepulauan dan berada di paling barat Sumatra dan di tengah lautan samudra Hindia dimana sangat berpotensi bisa menggangu stabiltas nasional karena ancaman dunia luar. dengan terbentuknya propinsi maka akan ada pemikiran baru,persiapan pertahanan,lautan Nias akan dikawal lebih kuat lagi. Korem kawal samudra yang berpusat di Sibolga belum efektif menjaga peraran laut indonesia di lautan Hindia atau bagian barat Nias, selain armada yang minim juga personal yang sangat sedikit. PP, Batu sumber potensi laut yang handal dimana orang-orang luar sering kesana menangkap ikan, bukan tidak mungkin mereka punya misi tertentu. tahun 2008 kita dapat info bahwa pulau Sifika dan Sibarau dikuasai oleh negara asing, lalu dua putra Nisel membantah. Selain itu posisi Nias di antara dua benua bisa menjad sentra perdangan internasional maka perlu fasilitas yang cukup handal maka Nias tidak hanya cukup dengan kabupaten/kota akan tetapi harus posisi Propinsi.
    Dimasa yang akan datang bisa saja otonomi itu di rampingkan hanya propinsi saja yang otonom, maka nias hanya bisa bermain di tingkat propinsi saja, bahkan akan mendapat ganjalan dari pihak-pihak pengambil kebijakan di tingkat Propinsi. Dengan Nias menjadi satu propinsi maka Nias bisa langsung ke Pusat sehingga jalur birokrasi semakin oendek. tq

  2. 2
    Fantasi Laia Says:

    ya’ahowu fefu……….
    Pendeklarasian Prov Nias, adalah sesuatu hal yang cukup mengejutkan. kenapa tidak Protap aja belum kelar dan justru sekarang menimbulkan masalah baru dengan meninggalnya Ketua DPRD Sumut.
    Buat orang – orang yang terlibat di dalam hal ini,
    Semoga dalam pembentukan Prov Nias, haruslah dipikir secara matang dan ekstra hati – hati.

    Dan Pembentukan Prov Nias, semoga betul – betul untuk kesejahteraan warga Nias. dan bukan dijadikan sebagai wadah untuk bisa berkuasa di Nias.

  3. 3
    Rendi Ziliwu Says:

    Tidak salah kalau aku saya berkata bahwa “Masyarakat nias sedang dalam masalah yang sangat besar”

    Mengapa saya katakan demikian, karena ambisius, Kepentingan orang-orang tertentu, berbalutkan istilah pembangunan, pengembangan, kesejahteraan dan mungkin kenikmatan. Sungguh sangat menyedihkan, para pemikir dan pejabat di nias hanya berpikir akan kebutuhan jangka pendek saja. Kalau kita lihat berbagai persoalan yang terjadi di wilayah pulau nias saat ini, kita cukup tahu bagaimana keadaannya saat ini. Belum beberapa lama kasus diskriminasi CPNS dan amburadulnya birokrasi pemerintahan di beberapa kabupaten di pulau nias, muncul lagi ke permukaan tentang Rencana Pembentukan Propinsi Nias. Saya tidak tahu pulau nias ini mau di bawa kemana.

    Kalau seandainya Nias memang benar-benar sudah mapan, mengapa Nias masih membutuhkan bantuan dari luar? Pembangunan yang kita nikmati saat ini bukanlah sepenuhnya dari APBD. Kalau bukan karena Bencana, mustahil Nias bisa seperti sekarang ini.

    Kalau menurut saya, mari kita benahi dulu dari dalam, jangan nafsunya tak bisa dikenadalikan. Perhatikan saja para pejabat di Nias, mari kita pantau, apa layakkah mereka memakai kendaraan yang mewah sementara rakyatnya masih menjerit? Benarkah para pejabat Nias sudah menggumuli kebutuhan masyarakat? jangan-jangan yang mereka gumuli adalah kebutuhan kantongnya? (maaf saya tidak bermaksud apa-apa) tapi bukankah kita harus mengkaji buruk dulu?

    Kalau kita benar-benar cinta Nias, marilah kita selesaikan dulu masalah-masalah yang ada, bukan menambah masalah. Kasihan nanti kita tidak bisa buat apa-apa.

    Pesan saya
    Jangan mengejar jabatan, gelar atau nama
    kejarlah keadilan, kejujuran, kepedulian dan jangan kita menutupi segala kekurangan kita. Biarkan segala kelemahan, kekurangan dan keterbatasan kita dimunculkan agar kita tahu untuk membperbaikinya.

    Salam
    Mahasiswa-Peduli Nias dan cinta Nias

  4. 4
    NYAK ARIF POLEM Says:

    SAYA sangat setuju dengan pembentukan propinsi NIAS.kalau pun ada permasalahan itu adalah hal yang biasa,kita tidak perlu takut dan pesimis karna negara ini negara hukum,cepat atau lambat semua permasalahan baik masalah hukum,dan kebobrokan oknum 2 pejabat akan terkuak dengan sendirinya.

    KAPAN NIAS HARUS BANGKIT..??????

    itu semua kembali ketangan kita sebagai warga masyarakat NIAS,
    yang lahir dan besar di nias yang kita cintai ini.

    APAKAH KITA MAU NIAS di kenal masyarakat luas hanya sebuah pulau terpencil jauh terpisah dari daratan SUMATRA???

    dengan wacana ini minimal nias di perhatikan dan tidak dianggap remeh,karna di nias juga masih banyak orang yang berpendidikan yg mau memikirkan nias.

    INGAT… tidak mungkin orang luar nias mau memikirkan nias!!!
    ini lah saat nya kita harus bangkit untuk bisa sejajar dng daerah daerah lain yang sudah maju.

    Saya sangat menghargai dan salut dgn orang 2 yang mau memikirkan tentang pembentukan PROPINSI NIAS,terlepas dari kepentingan dan tujuan mereka masing masing,karna tidak semua masyarakat nias mau untuk memikirkan hal yang seperti ini.
    kita jangan sampai terpecah belah.
    mari lah kita berdoa semoga tuhan,mendengar dan mengabulkan cita cita yang mulia ini amin..amin..amin ya rabbal alamin
    BERIKANLAH YANG TERBAIK UNTUK NIAS…NIAS IS THE BEST
    WASSALAM …YA’AHOWU

  5. 5
    Pdm.Peteradi Christian Zendrato,Spd Says:

    NIAS menjadi satu Kepulauan ?Why Not????bersamaan dengan selesainya pilkada 4 kabupaten dan 1 kotamadya,…maka selanjutnya pemerhati dan stake holder yang berkaitan dengan pembentukan Nias menjadi propinsi, mulailah bekerja sejak sekarang.Apapun komentar orang, sejak dulu memang sedikit suku kita yang memandang positive sebuah pembaharuan.
    Nias menjadi propinsi, ini bukan hal yang sulit.Dalam situs ARCA DOMAS, NIAS merdeka tahun 1941 pun telah pernah kita lakukan, apalagi hanya sebuah provinsi…Selamat bekerja, TUHAN PASTI MEMBERKATI KITA, jaga terus Amanat penderitaan Rakyat, para bupati dan walikota,…..jangan korupsi lagi….jangan ada pameo,…ayahmu kerjanya apa,…ayahku pejabat,…lalu kerjanya apa??? KELUAR MASUK PENJARA…..wkwkwkwk…..aila ita,.OK Thanks……..

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

February 2009
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728