21 Oktober 2008, Caritas Keuskupan Sibolga Meresmikan Kantor Baru di Gunungsitoli

Saturday, October 11, 2008
By nias

*Peresmian diisi pergelaran drama oleh warga Pasar Beringin

“SEKARANG kami benar-benar bahagia dan senang, di daerah kami ada organisasi yang dibentuk oleh warga. Namun kami juga masih membutuhkan teman pendamping dalam mengwujudkan mimpi itu.” Sepenggal kutipan tadi, merupakan bagian dari naskah drama yang berjudul Asa Yang Tersisa. Drama ini dimainkan secara khusus oleh warga Pasar Beringin, Gunungsitoli Kabupaten Nias.

Naskah drama ditulis oleh Alex Telaumbanua berdasarkan kisah nyata yang dituturkan warga Pasar Beringin. Pasar Beringin adalah pemukiman kumuh disudut kota Gunungsitoli yang berada di bantaran Sungai Nou. Pemukiman ini rentan dengan bencana karena letaknya tersebut. Setiap kali Sungai Nou meluap, dipastikan Pasar Beringin akan terendam air minimal setinggi mata kali. Selain itu, Pasar Beringin juga dikenal karena warganya yang sering bertikai, terlibat dalam kejahatan sosial dan tidak punya rasa solidaritas. Itulah sebabnya Pasar Beringin dijuluki sebagai Kampung Neraka.

Perubahan mulai dirasakan, setelah warga Pasar Beringin berhasil mendirikan organisasi yang bernama Orudua Zato (Kumpulan Warga). Melalui organisasi ini, warga Pasar Beringin membangun solidaritas yang telah lama hilang. Pelan-pelan warga Pasar Beringin menggeser julukan Kampung Neraka menjadi Kampung Cinta Damai. Berdirinya organisasi ini, merupakan proses panjang dari pendampingan yang dilakukan Caritas Keuskupan Sibolga (CKS) melalui program CMDRR (Community Managed Disaster Risk Reduction / Pengurangan Resiko Bencana Yang Dikelola Masyarakat). Proses inilah yang menjadi alur dari drama yang akan dilakokankan warga Pasar Beringin nantinya.

Pergelaran drama di atas adalah bagian dari rangkaian acara peresmian kantor CKS yang baru di Pulau Nias yang akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Selasa, 21 Oktober 2008.
Lokasi : Jl. J.P Vallon Ujung, Km. 3 Sifalaete, Gunungsitoli, Pulau Nias, INDONESIA.
Pukul : 10.00 wib s/d selesai

Peresmian kantor baru ini merupakan bentuk komitmen jangka panjang CKS untuk mengabdi kepada kemanusiaan. Dengan kantor baru tersebut, CKS akan lebih maksimal dalam menjalankan pelbagai aktivitas untuk menwujudkan visi dan misi nya.

Selama tiga tahun mengabdi di Keuskupan Sibolga, CKS telah banyak mengimplementasikan program rekonstruksi dan pengembangan masyarakat. Pada kesempatan itu pula, CKS akan meluncurkan buku laporan tiga tahun hasil dari serangkaian program CKS di Pulau Nias dan Tapanuli Tengah. Adapun program-program yang telah dikerjakan CKS antara lain: Pembangunan 50 unit rumah untuk korban tsunami di Sirombu (Tsunami Project), Pembangunan 150 unit rumah untuk korban gempa di Alasa dan Mandrehe (ERHAM Project), Pembangunan jembatan di Hiliaurifa, Nias Selatan, Pembangunan jembatan dan micro credit di Sisangge-sangge, Tapanuli Tengah, Pembanguan komplek Amandraya (Gedung TK, Aula, Asrama Putra, Asrama Putri) di kecamatan Amandraya, Nias Selatan, Rehabilitasi panti asuhan anak-anak cacat Caritas Dokras di Fodo, Pembangunan gedung serba guna di panti asuhan di Gido, Program pengadaan buku dan beasiswa untuk pelajar se Pulau Nias, Perumahan sementara untuk korban gempa di Gunungsitoli, Pembangunan 33 unit rumah untuk korban gempa di Gunungsitoli (Gunungsitoli Project), Program Pengurangan Resiko Bencana di Kabupaten Nias dan Kabupaten Nias Selatan, Pelatihan guru-guru TK Katolik se Pulau Nias, Program advokasi kecelakaan lalu lintas, Pembangunan 50 unit rumah untuk korban gempa di Togalaoyo dan Moroò, Pembagunan 170 unit rumah dan sarana air bersih di Hilimbaruzo, Gomo, Nias Selatan, Pembangunan satu unit sekolah dan pengadaan perlengkapan belajar di Hilizamurugo, Lahusa, Nias Selatan, Program livelihood di Moroò dll.

Selain itu, acara peresmian kantor baru, akan diisi dengan presentasi rencana strategis CKS. Kemudian acara tour guide yaitu kunjungan kesetiap departemen CKS untuk melihat program dan kegiatan yang sudah dilakukan. Lalu ditutup dengan hiburan. (Selesai) ***

Susunan Acara :

10.00 Pemberkatan
10.30 Presentasi Program dan Rencana Strategis CKS
11.00 Tour Guide
12.00 Kata-kata sambutan
12.45 Makan Siang dan Hiburan

Foto: Kantor Caritas Keuskupan Sibolga di Gunungsitoli.

Caritas Keuskupan Sibolga adalah lembaga sosial Katolik yang berkarya di Pulau Nias dan Tapanuli Tengah. Caritas bertujuan meningkatkan taraf hidup manusia melalui pelbagai program dalam bidang keadilan sosial, persamaan gender dan perdamaian. Injil menjadi pedoman Caritas dalam berkarya bagi mereka yang membutuhkan tanpa memandang perbedaan-perbedaan. (Berita: Erix Sumarlond Hutasoit – Communication and Advocacy Officers – CARITAS KEUSKUPAN SIBOLGA)

4 Responses to “21 Oktober 2008, Caritas Keuskupan Sibolga Meresmikan Kantor Baru di Gunungsitoli”

  1. 1
    DRRn tim Says:

    pembenaran tentang drama di atas bukan di tulis oleh satu orang melainkan di kerjakan oleh seluruh tim DRR caritas keuskupan sibolga. untuk itu kamui mohon kalau ada komentaer tolong di kirim ke alamat emailnya DRR tim “drrteam@gmail.com”.

  2. 2
    Agustinus La'ia Says:

    Pernakah kita sadari bahwa keberhasilan lembaga itu terletak dimana? menurut pandangan saya bahwa Ormas bukan jawaban untuk membuat Masyarakat bisa lepas dari pelbagai krisis yang sedang dijalani. Namun, sebelumnya rantai kehidupan masyarakat dipenuhi dengan keindahan dengan muncul ormas, aspek sosial di tingkat masyarakat akan berubah. setelah perubahan ini terjadi seperti apa tindakan kita selanjutnya?
    saya himbau Ormas ini betul2 dilakukan dengan pendampingan yang baik.

  3. 3
    Adonia Sihotang Says:

    Saya jadi ingat karya gereja di Barus tepatnya di gereja Sigambo-gambo pada tahun 80-an waktu masih SMA. Rasanya karya Caritas ini sangat dibutuhkan disana. Umat disana umumnya petani sawah dan nelayan.

  4. 4
    Emilius lase_JATIM Says:

    caritas yang terkasih!
    apakh caritas juga gak bantu mahasiswa Nias yang korban gempa dan kurang mampu?mohon infonya! Tuhan memberkati

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

October 2008
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031