*Terkait Survei Kemenangan Salah Satu Pasangan Calon

Medan, (Analisa)

Pasca pelaksanaan Pilgubsu 16 April 2008, Tim Pemenangan Cagubsu nomor urut 2 Mayjen TNI (Purn) Tritamtomo, SH-Dr Ir Benny Pasaribu, MEc (Tri-Ben) hingga kini masih tetap bersikap optimis dan menunggu hasil hasil dari proses dan tahapan Pilkada secara menyeluruh.

Hal itu dikemukakan Ketua DPP PDIP dan Ketua PLH DPD PDIP Sumut Firman Jaya Daely didampingi Tim Advokasi Tri-Ben Center Alamsyah Hamdani dan Manajer Tim Kampanye Tri-Ben Center Budiman Nadapdap kepada wartawan dalam jumpa pers di Hotel Emerald Garden, Jumat (18/4) malam.

Jadi, Firman mengimbau kepada seluruh masyarakat jangan cepat terpengaruh dengan hasil survei yang telah mengopini serta diberitakan berbagai media terkait pemenangan salah satu pasangan calon.

“Sebab proses penghitungan suara saat ini masih terus berlangsung dari level bawah ke atas (secara bottom up),” ujarnya sembari menyatakan belum ada hasil pasti atau final dan defenitif terkait hal itu.

Menurutnya, sekarang ini masih belum ada angka-angka secara normal maupun persentasi yang dapat dijadikan pegangan bersama.

“Karena itu, kita harus sama-sama bersabar menunggu hasil rekapitulasi dan ketetapan dari KPU Sumut yang resmi terkait pengumuman pemenangan Pilgubsu 2008,” tegasnya sembari kembali menyatakan masyarakat jangan sampai terpengaruh termasuk aparatur jajaran KPU.

Lebih lanjut, Firman menyayangkan terkait publikasi hasil survei atau IT yang di sampaikan melalui media kemasyarakat tidak secara utuh.

“Jadi seolah-olah hasil survey yang dilakukan beberapa lembaga atau hasil IT yang masih belum secara resmi serta mengarah pada pemenangan terhadap salah satu pasangan calon dianggap sudah final.

Padahal hasil survei tersebut hanya diambil berdasarkan 350 TPS dari berkisar 22.992 TPS di Sumut.

Belum Representatif

Jumlah itu, sebenarnya belum representatif bahkan sangat jauh. Karenanya, persentase suara yang masuk saat survei yang dipublikasikan melalui media, bukan dari seluruh TPS di Sumut yang jumlahnya jauh lebih besar.

“Inilah yang tidak dijelaskan kepada masyarakat secara menyeluruh dan mendetail sebagai pendidikan politik untuk mencerdaskan masyarakat,” jelasnya sembari menyatakan hal ini dikemukannya bukan semata pernyataan Tri-Ben Center tetapi berdasarkan masukan masyarakat termasuk dari pasangan calon lainnya.

Terkait hal itu, Fiman juga mengatakan Tri-Ben Center telah meminta secara resmi kepada KPU Sumut untuk menyampaikan kepada masyarakat secara formal masih belum ada pemenang Pilgubsu, karena proses penghitungan masih berlangsung di bawah.

Terima Kasih
Akhirnya, Firman menyatakan Tri-Ben Center mengucapkan terima kasih pada masyarakat Sumut yang telah menggunakan hak suaranya pada Pilgubsu 16 April lalu.

Sedangkan Ketua Tim Advokasi Tri-Ben Center Alamsyah Hamdani mengharapkan apa yang telah dikemukakan tadi, jangan dianggap sepele sebab kita berada dalam kerangka negara demokrasi.

“Karenanya, ke depan diharapkan harus ada perubahan,” imbuh pengecara senior tersebut.

Hal sama juga disampaikan, Manajer Tim Kampanye Tri-Ben Center Budiman Nadapdap yang menyatakan deadline yang disampaikan KPU Sumut terkait pengumuman dan penetapan pasangan calon pemenangan Pilgubsu 2008 pada tanggal 25 April 2008 mendatang.

“Jadi, kami minta KPU Sumut meluruskan opini yang telah dibangun di masyarakat seolah-olah calon tertentu yang menang,” jelasnya. (aru) (Sumber: Analisa, 19 April 2008)

Facebook Comments