Pengantar

Pembuatan Kamus Nias-Indonesia Online ini merupakan usaha untuk mendaftarkan kata-kata Li Niha dan mencari padanannya dalam Bahasa Indonesia. Diharapkan kehadiran kamus ini menggugah masyarakat Nias, khususnya generasi mudanya, untuk lebih memberi perhatian pada Li Niha – salah satu bahasa dunia yang semakin terpinggirkan dari fungsinya sebagai suatu alat komunikasi.

Apa yang disajikan di sini masih “mentah” sekali dan dalam proses pemutakhiran secara terus menerus. Sebagaimana terlihat ada beberapa kata yang didaftar tanpa disertai artinya dalam bahasa Indonesia dan contoh pemakaiannya dalam Li Niha. Hal ini memang disengaja; yang utama adalah kita mendaftarkan kata itu supaya jangan hilang, lalu secara terus menerus diusahakan pengisian artinya, melalui penelusuran ke sumber-sumber yang kompeten.

Para peminat dan pemerhati Li Niha, khususnya Ono Niha, tentulah berkewajiban mempertahankan keberadaan Li Niha sebagai alat komunikasi dan bagian dari jati dirinya. Maka, sumbangan dalam bentuk apa pun akan dengan senang hati diterima dengan tangan terbuka.

Selamat membaca, Ya’ahowu !

Catatan:

  1. Projek Kamus Nias – Indonesia ini dimulai di Nias Portal pada bulan Maret 2003. Sejak Nias Portal tidak aktif sejak pertengahan tahun 2005, secara berangsur-angsur entri yang sudah terhimpun dipindahkan ke dalam bentuk blog di Blogger.com dengan alamat: http:// kamus-nias.blogspot.com.
  2. Anda bisa menjadi kontributor tetap atau menjadi anggota Tim Penyusun apabila (a) Anda secara aktif mengirim “entri” dengan contoh pemakaian dalam kalimat, atau (b) secara aktif mengirim koreksi kepada Tim Redaksi, atau (c) secara aktif mengirim tulisan tentang Bahasa / Budaya Nias di Situs Yaahowu. Silahkan menghubungi kami di: nias.online@gmail.com. Alternatif lain, silahkan mengisi komentar di bagian bawah.