Buku Tamu

Buku Tamu juga bukan ruang iklan; setiap pesan berbau iklan akan dihapus.

Buku Tamu ini dibuat untuk menampung kesan dan masukan pengunjung tentang Situs Yaahowu, dan tidak dimaksudkan untuk menjadi tempat diskusi atau komentar tentang hal lain. Yaahowu menyediakan dua sarana lain untuk yang disebutkan terakhir, yakni: (1) ruang komentar di akhir setiap berita / artikel dan (2) diskusi online yang secara berkala diselenggarakan oleh Yaahowu. Anda sebaiknya menulis nama dan alamat e-mail yang secara otomatis akan disembunyikan.

Silahkan tuliskan pesan/kesan Anda yang akan menjadi masukan bagi kami untuk meningkatkan kualitas situs ini.

Yaahowu.


474 Responses to “Buku Tamu”

  1. 1
    Kris Sarumaha Says:

    Ya’ahowu !!! SELAMAT & SUKSES !!!

    Team Nias Care Operation mengharapkan portal Nias ini akan memperkaya informasi tentang Nias yang lebih baik pada masa depan.
    GBU.

    NCO
    Kris Sarumaha
    niascareoperation@gmail.com

  2. 2
    Edizaro Waruwu Says:

    Selamat ye atas berdirinya situs baru “ya’ahowu”. Semoga berkembang dan maju Nias…..

    Edizaro Waruwu
    PT.Nutrifood Indonesia
    Tlp:021-4604070 ext 4104

  3. 3
    Loni Gulö Says:

    Ya’ahowu,

    Selamat ya, website Yaahowu launching menambah khasanah interaksi komunitas masyarakat Nias, Ilmiah dan Informatif. Sukses yaahowu.
    Terima Kasih.

    Loni Gulö

  4. 4
    Mahatmanto Says:

    Yaahowu!

    Saya senang ada yang memulai membuat dokumentasi tentang nias. Dengan blog begini maka informasi tentang Nias bisa terus mengalir, updated.

    Saya adalah seorang arsitek dan pernah berkunjung [serta terpesona] ke bawomataluo, 1995. [lama sekali ya,,] Beberapa gambarnya masih saya simpan, bila anda memerlukan bisa saya share di sini.

    Semoga blog ini mendorong banyak anak muda nias untuk lebih maju, tidak hanya menjadi tontonan orang luar saja 🙂

    Salam Hangat

    Mahatmanto
    Yogyakarta

    Catatan Redaksi:
    Terima kasih atas tawaran gambar, “Nias Dalam Gambar” bisa mengakomodasi tawaran ini.

  5. 5
    Jansen H. Telaumbanua Says:

    Yaahowu,

    Selamat & Sukses kuucapkan… semoga tetap jaya…. sekali muncul harus tetap dipertahankan….

    GBU

    Jansen H. Telaumbanua

  6. 6
    Kristiurman Jaya Mendröfa Says:

    Selamat atas peluncuran website http://www.yaahowu.blogspot.com, semoga dengan kehadiran situs ini dapat memberikan konstribusi yang berarti bagi pulau Nias dan saya harap situs http://www.yaahowu.blogspot.com dapat menambah kekayaan kita akan informasi tentang Nias, bersama dengan situs Nias lainnya yang sebelumnya telah ada seperti: http://www.niasisland.com, http://nias-portal.org, http://www.nias.tk, dll.

    Terima kasih, Ya`ahowu

    Kristiurman Jaya Mendröfa

  7. 7
    Aduar Laia Says:

    SELAMAT DAN SAKSES
    Selamat atas peluncuran website yaahowu.blogspot.com, semoga dengan kehadiran situs ini dapat memberikan konstribusi yang berarti bagi pulau Nias dan saya harap situs ini dapat menambah kekayaan serta wawasan kita akan informasi tentang Nias, bersama dengan situs Nias lainnya yang sebelumnya telah ada seperti: http://www.niasisland.com. Semoga saudara kita Eben Hia, Etis Nehe,Ilham Mendröfa,Noni Telaumbanua,yang telah ikut kerja sama dalam situs ini selalu di sertai oleh TYME

    Terima kasih, Ya’ahowu

    From: Aduar Laia

  8. 8
    boyz_island Says:

    SUKSES BUAT “yaahowu.blogspot.com” MAJU TERUS SEMOGA MENJADI SITUS YG TERBAIK DIHARI YG AKAN DATANG. KONTAK JODOHNYA MASIH TERUS KITA NANTIKAN.

    “YA’AHOWU”

    boyz_island

  9. 9
    Yurianus Lase Says:

    Selamat, kepada seluruh staf website “Yaahowu” atas berdirinya website baru ini; semoga sukses selalu dan juga agar semua informasi tentang Pulau Nias bisa lebih banyak lagi dimuat disini terutama tentang sifat dan budaya kita dari nias (orang yang baru keluar dari P.Nias / merantau)dan juga tentang informasi lamaran pekerjaan dari perusahaan-perusahaan di seluruh Indonesia.

    Ya`ahowu

    Yurianus Lase
    Bandung – Indonesia

  10. 10
    Famachoi Says:

    Dear Borokoa,

    Semoga Tuhan memberkati usaha Anda. Saya sudah baca artikel Sdr. Ebenezer. Sebagai orang Indonesia (khususnya orang Nias) kita bangga dengan keberhasilannya. Kita doakan beliau bersama keluarganya mendapat berkat dari keberhasilannya.

    Kita juga doakan rencananya untuk menerapkan konsep-konsep penemuannya (rancangannya) di Pulau Nias segera terwujud. Pembangunan kabupaten kepulauan di ufuk barat nusantra itu sangat merindukan kehadiran konsep-konsep dan teknologi yang tepat guna.

    Famachoi

  11. 11
    Erlin Hulu Says:

    Ya’ahowu….!

    Saya ingin mengusulkan bagaimana kalau di situs kita ini dimuat joga biro jodoh dan puisi. bukankah itu akan lebih menarik…?

    Terima Kasih.

    Erlin Hulu

  12. 12
    yeuhendrik Says:

    Saya mengucapkan terima kasih atas adanya layanan ini, sehingga dapat memunculkan NIAS terCINTA di hadapan public harapan saya semoga tetap jaya.

    yeuhendrik

  13. 13
    Eliaki Gulö Says:

    Admin yang terhormat,

    Pertama saya sangat senang dengan keberaan situs ini, benar-benar menyejukkan. Inilah situs yang saya harapkan, bukan seperti situs tentang Nias yang lain, yang lebih banyak memusingkan kepala kita. Saya sempat membaca Dr Brown yang pernah meneliti bahasa di Nias Selatan. Saya minta tolong kalau bisa, kasih saya emailnya, karena saya butuh untuk diskusi soal Kamus Nias yang sedang saya susun.

    Atas bantuannya, saya ucapkan terima kasih

    Eliaki Gulö

  14. 14
    Yustinus Waruwu Says:

    Gembira dan senang atas kehadiran situs Ya’ahowu – NiasOnline.net ini. Kesan pertama ketika masuk pada situs Ya’ahowu adalah rasa syukur. Situs ini menarik sekali karena di dalamnya berisikan Sejarah, Budaya dan Bahasa, Wawancara, Diskusi kritis dan Artikel ilmiah. Saya berharap situs Ya’ahowu akan tetap hidup untuk menjadi gerbang informasi menuju Nias tercinta sekaligus menyuarakan pengembangan daerah Nias ke depan. Ya’ahowu!

  15. 15
    Meiatasi Dolay Says:

    Kata pertama begitu saya buka situs NiasOnline.net adalah LUAR BIASA. Saya sangat bangga dengan kehadiran situs ini, sampai-sampai saya promosi kepada teman-teman di kantor. Situs ini sangat membantu kita sebagai warga Nias untuk dapat memberikan yang terbaik buat Nias tercinta. Seperti komentar teman-teman saya yang bukan warga Nias, isi dari situs NiasOnline sangat menarik sekali, disajikan dengan dalam bentuk yang sederhana dan mudah dimengerti semua orang. Terima kasih saya ucapakan buat teman-teman redaksi situs NiasOnline.net, biar dengan kehadiran situs ini memberikan perubahan yang lebih baik buat Nias tercinta.

    Maju terus…..Niasku Jaya.

  16. 16
    harry Says:

    Semoga situs ini bermanfaat bagi kita semua

  17. 17
    Yaahowu Says:

    Pengisi buku tamu diharapkan tidak memasukkan link “bisnis” dalam buku tamu. Hanya link ke website, blog atau homepage pengisi buku tamu yang diperbolehkan. Pengunjung Yaahowu yang mau mengiklankan sesuatu di Yaahowu, bisa menghubungi Yaahowu. “Iklan bisnis” di Yaahowu gratis !

  18. 18
    Berkat Jaya Lase, A.Md. Says:

    Yaahowu

    Saya berterima kasih sekali kepada team redaksi niasonline di mana telah memberikan fasilitas di dunia maya ini sehingga saya pribada dapat mengetahui perkembangan daerah nias dan saling mengenal satu sama lain sesama nias di mana pun berada.

    Saya akan selalu mendukung dan bersedia apabila di butuhkan dan berterima kasih sekali apabila di berikan kesempatan untuk bergabung di salah satu team niasonline.net sebagai pengurus wilayah dengan tujuan untuk melayangkan berita2 yang terjadi di daerah sehingga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

    Sekian dan terima kasih.

    Salam dari saya berkat Jaya lase AM,d BCT (Berkat Cahni Toys)

  19. 19
    Yeremia Hia Says:

    Ya’ahowu!

    Puji Tuhan karena anugrah-Nya bagi kita semua.

    Dengan hadirnya Web Ya’ahowu:NiasOnline ini, kita berharap bahwa kita Ono Niha semakin maju dalam berbagai bidang; terutama dalam dunia informatika kita Ono Niha tidak ketinggalan zaman.

    Maju trus dan Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin

  20. 20
    Agus Paterson Sarumaha Says:

    Halo Niasonline, senang joint dengan mu, mudah-mudahan saya dapat berkontribusi denganmu. Cheerr

    Agus Paterson Sarumaha

  21. 21
    Metodius Says:

    Saya mengucapkan selamat kepada saudara-saudari Tim Redaksi niasonline dimana pun Anda berada. Saya berterima kasih karena bisa diterima sebagai tamu di niasonline. Moga-moga saya menjadi tamu yang baik. Selanjutnya, saya berharap agar niasonline semakin berdayaguna sesuai dengan visi dan misinya serta panjang umurnya.

  22. 22
    Nover Zebua Says:

    Selamat atas redaksi yang telah berusaha membuat situs ini… Maaf….kalau boleh usul, warnanya terlalu mencolok bikin mata perih….selain itu… ketika mencari ruang untuk “tulisan redaksi (tajuk), tulisan pembaca, dan komentar-komentar lain” masih agak bingung membedakannya (warna terlalu banyak)… Tapi salut dan hormat untuk redaksi…

    SEMOGA SUKSES

  23. 23
    Nover Zebua Says:

    Gimana caranya memasukan tulisan……. bingung…. oh ya… salam untuk Pak Fenueli Zalukhu dan Pak Ron Tracy.

  24. 24
    Oni Harefa Says:

    Selamat Tahun Baru, dan selamat atas racikan baru yang disajikan situs Yaahowu. Semoga para admin (pengasuh) senantiasa dinamis menyajikan pertumbuhan dan perkembangan Tanö Niha.

  25. 25
    Martiriang wau Says:

    Ya’ahowu
    Saya sangat bersyukur adanya situs ya’ahowu ini karena saya dapat mengetahui perkembangan nias dari hari ke hari. Salam kenal to semua orang NIAS.

  26. 26
    Erlind Says:

    sangat senang bisa berkunjung ke situs ini, sebagai orang Nias saya bangga karena sudah ada beberapa situs tentang Nias yang bisa di akses oleh masyarakat luas dan masyarakat Nias khususnya. topik2 yang di tampilkan juga cukup menarik, tapi disini saya belum menemukan topik tetntang muda-mudi buat anak-anak muda, misalnya cerpen atau semacamnya. kalau kita perhatikan cerota-cerita rakyak dari pulau Nias cukup banyak dan sangat menarik, kalau bisa kami usulkan pada redaksi seandainya memungkinkan atau bisa, untuk membuat topik tersebut. kami hanya mengusulukan bukan memaksakan kehendah atau apalah istilah lainnya. hanya itu saja dari kami dan semoga situs ini tetap berjalan terus dan sukses. “Selamat Hari Natal dan Tahun Baru.”

  27. 27
    Yonah Nathaniel Yafaro Gea Says:

    Harapan Situs Yaahowu merupakan harapan Nias keseluruhan untuk menjadikan Nias lebih baik. Kontribusi situs ini merupakan kontribusi yang konkrit dalam rangka ikut membangun Nias yang lebih baik. Rehabilitasi dan Rekosntruksi Nias yang sedang berlangsung, hendaknya dapat dipublikasikan pada dunia, jangan yang baiknya saja, buruknya juga perlu dipublikasikan untuk tujuan yang positif demi perbaikan. Build Nias Back Better adalah harapan kita semua.

    Sukses untuk Situs Yaahowu!

  28. 28
    Uchi Bate'e Says:

    Selamat, situs yaahowu semakin menunjukkan obyektivitas dalam mengkaji budaya, bahasa, dan aktualita masyarakat Nias, tidak tendensius karena ada maksud terselubung untuk kepentingan seseorang atau kelompok tertentu.

    Pertahankan terus sikap kritis, agar anak-cucu kita tidak mendapat warisan informasi yang distorsi dan penuh tipu muslihat.

    GBU n Yaahowu!

  29. 29
    Gabriel Laia Says:

    Salam sejahtera…

    Selamat dan Sukses untuk Situs Yaahowu, harapanku semoga menjadi berkat dan terang bagi masyarakat khususnya Ono Niha di perantauan. Terimakasih karena dengan membaca situs Yaahowu saya banyak mengenal adat, budaya dan sejarah Nono Niha.

    Bravo situs Yaahowu!!!

    Saohagölö, Tuhan Memberkati

  30. 30
    Ya'aro Waruwu Says:

    Pertama, saya ucap syukur pada Tuhan karena dapat ikut gabung dalam situs kebanggaan kita ini (niasonline.net), dengan demikian kita semua dapat mengetahui perkembangan Nias saat ini di manapun kita berada skaligus dapat meningkatkan Moril kita dalam membina wawasan kebangsaan.

    Kedua, saya juga sangat berterima kasih kepada saudara saudara yang telah tekun dalam mempersatukan putra putri Tanö Niha melalui situs niasonline,dan demikian lengkap karena kita yang selama ini sulit untuk menyatakan diri di hadapan saudara saudara kita di daerah lain(khususnya Kalimantan Timur / Samarinda tempat saya berdomisili) yang simpatik terhadap TANÖ NIHA, tapi dengan adanya situs ini kita mendapatkan Referensi u memperkenalkan tanah kelahiran kita ini sekaligus mencegah cerita keliru tentang TANÖ NIHA yang selama ini beredar di rantau yang di lakukan oleh orang orang yang kurang pengetahuan tentang TANÖ NIHA di tinjau dari sejarah.

    Salam kangen selalu…. niasonline.net tetap jaya…

    Ya’ahowu…!

  31. 31
    Nonitema Zega Says:

    Ya”ahowu…. Sukses untuk niasonline….

    Gbu..

  32. 32
    sarumaha Says:

    Pak, bagaimana caranya kami bisa protes dengan sikap petugas lapangan BRR nias di bagian masyarakat?

  33. 33
    Onie fau Says:

    Knok-knok-knok….! permisi!!! Ya’ahowu!!!
    “mau umpang baca dan tulis tulis disini, apa boleh? sebelumnya saya mau angkat dua jempol buat orang-orang yang sudah bekerja keras sehingga website ini bisa terjadi. manfaat web ini pasti lebih banyak daripada ruginya. Ijinkan saya mau komentar sedikit saja yaitu; Daftar judul berita dan komentar di sebelah kanan itu lho agak2 crowded. Anyway, secara menyeluruh sudah lebih dari cukup apa yang disuguhkan oleh team disini.

    Terimaksih.Bravo situs Ya’ahowu!

  34. 34
    Redaksi Says:

    Bu Onie yang baik,

    Tim Yaahowu masih dalam tahap belajar membuat tampilan yang lebih bagus. Masukan Ibu Onie sangat berharga, dan akan menjadi perhatian kami. Terima kasih banyak, dan ditunggu kontribusinya lebih lanjut.

    Yaahowu,

    Redaksi

  35. 35
    Kris J. Mendrofa Says:

    Saya berharap website NiasOnline.Net ini dapat menjadi media kita orang Nias dimanapun berada untuk mengetahui perkembangan dan informasi yang berhubungan dengan Pulau Nias.

  36. 36
    Wirawan Gulõ Says:

    Saya senang sekali dgn adanya Situs ini. Ternyata dgn situs ini msh banyak saudara-saudara yang sangat perhatian dgn Nias kita. Dan dgn situs ini sangat memberikan informasi yang cukup bagi kita semua, terlebih-lebih yang berada di luar Nias. Krn bagaimanapun Niha Khõda yang berada di luar Pulau Nias sbnrnya sangat rindu utk memantau informasi yang up to date ttg daerah Nias. Terima kasih utk saudara-saudara yg merintis situs ini. Tidak ada yg dapat saya lakukan, hanya ucapan terima kasih.

  37. 37
    Ibenaso Ziliwu Says:

    Sukses selalu untuk pengasuh situs yaahawo! Tetap berjuang untuk pencerahan orang Nias.
    GBUs. Yahowu fefu.

  38. 38
    bgulö Says:

    Situs yaahowu semakin yahuuud. Pertahankan dan perjuangkan terus kejujuran dan kebenaran perihal budaya, bahasa, dan realita masyarakat Nias. Jangan ada lagi manipulasi data, fakta, dan bahkan persepsi di antara kita masyarakat Nias.

  39. 39
    A. Waruwu Says:

    Situs Yaahowu semakin berbobot. Selamat ya. saya senang membacanya. Saran saya, tolong ditambah kolom SENI Tradisional Nias (khsususnya musik). Salam untuk para netter… Yaahowu.

  40. 40
    Hendrik Yanto Halawa Says:

    Situs manarik dan ringkas padat dan jelas, terima kasih atas jalinannya. Harapan saya kiranya setiap artikel dapat di send ke beberapa alamat lainnya.

    Thanks berat.
    Hendrik Yanto Halawa

  41. 41
    Resirestu Hia Says:

    Moga banjir Jakarta cepat suruuuuuut ! Adakah niasonline.net menginformasikan banjir di Jkt karna org Nias jg byk di sana atau udah ga peduli ?

  42. 42
    budhi_zend Says:

    wah….keren nih saya baru join di web ini selamet ya buat moderatornya yang telah membuat website ini,dan saya liat juga ada satu lagi website yang address “www.niasisland.com tapi saya pernah kasih commet tapi gak pernah saya liat tampilannya setelah saya tulis di forumnya setiap saya buka selalu error, saya berencana untuk membuat organisasi buat mahasiswa nias khususnya di jakarta “PENGHIMPUNAN MAHASISWA NIAS” mohon dukungan dari temen temen semuanya makasih

    “Ya’ahowu

  43. 43
    budhi_zend Says:

    maap om admin saya mau donk “link” nya registrasi untuk user biasa. jadi untuk tiap loginnya selalu user id yang sama setiap yang login di forumnnya (masukan nih)hehe…”budhi-zend@yahoo.com”

  44. 44
    aji Says:

    mas ada foto- foto tentang rumah adat nias ga?, yang jelas… dengan bentuk, ukuran, sejarahnya, saya tertarik mempelajari rumah tradisional di nias, sebelumnya saya ucapkan terimakasih… aji di bandung…(sakti_bandung@yahoo.com). saya sangat berterimaksih bila anda mau mengirimkannya via email.

  45. 45
    budhi_zend Says:

    Aaya juga mau donk kalo ada foto foto rumah adatnya. Ayo om masukin link gallery biar tambah keren lagi. Makasih ya…

    Good luck for you… ALL.

  46. 46
    Marthin D. Laia Says:

    Sukses dan salut saya ucapkan atas terbentuknya situs http://www.niasonline.net. Semoga situs kita ini dapat menjadi sarana informasi independent bagi perkembangan dan kemajuan Nias. mari kita angkat disini apa saja topik, wacana ataupun saran – saran yang berfokus pada sistem perkembangan Nias dari segi Politik, Ekonomi, Budaya dan Pendidikan. Semoga situs ini dapat menjadi perantara (barometer) hubungan rakyat Nias dan pemerintah dalam mencapai tujuan Pembangunan daerah kita Nias.

    Semoga sukses selalu.
    Saohagolo.
    Yaahowu.

  47. 47
    Herman Batee Says:

    Yaahowu

    Puji Tuhan

    Dengan bangga aku mengucapkan selamat dan sukses atas terciptanya situs Yaahowu ini, semoga citra ONO NIHA semakin terangkat di mata dunia. Mari kita tunjukkan “taolikhe gawoni ta olai guli nasi”

    Melalui ruang ini saya ingin menyarankan kepada Tim situs yaahowu, untuk kiranya mengoreksi kembali kalimat-kalimat yang dimuat pada situs kita ini. Saya melihat cukup banyak kesalahan hurus atau kalimat (wrong spelling) yang tentunya ini menjadi penilaian yang kurang bagus bagi orang Nias.

    Saohagolo, Yaahowu
    Herman Juniawan Batee

  48. 48
    Redaksi Says:

    Terima kasih, Bung Herman, atas masukan Anda. Lebih baik lagi kalau kalimat-kalimat yang salah itu disebutkan di artikel atau berita mana munculnya; terlalu sulit bagi Redaksi untuk mengecek lagi satu persatu artikel yang telah dimunculkan dalam situs ini. Yaahowu.

  49. 49
    budhi_zend Says:

    makasih sebelumnya kepada team redaksi atas terciptanya situs http://www.niasonline.net, ini juga tidak compartible dengan software yang lain moga bisa dimuat link gallery biar lebih keren lagi…

    sukses buat team redaksi

    Ya’ahowu

    terimakasih

  50. 50
    KoRn Says:

    Wow… Congrats guys..!!
    it was a cool situs!!!
    salute,

  51. 51
    Ernie duHa Says:

    Congrats ya..to generasi peduli Nias yang udah meluangkan waktu buat ngerjain web ini. web ini pasti bermanfaat banget terutama buat orang-orang Nias yang ada di luar Nias.
    Suc ya…Gbu…
    Ya’ahowu…..

  52. 52
    Dedy Yanto Putra Deli Zega Says:

    thanks for you all,,,,,,lets to gether to move up our Island

  53. 53
    simon boyke Says:

    Dear All,

    Saya merasa gembira dengan adanya web ini, di harapkan dapat bisa lebih berkembang lagi dengan menampilkan informasi2 mengenai kegiatan dan pembagunan di Kab. Nias. Kita juga sedang mengembangkan web pengelolaaan terumbu karang di kab. nias. hanya web ini masih dalam penyempurnaan. di harapkan teman2 dapat memberikan masukan dan informasi mengenai kab. nias. silahkan memcoba di ….
    http://regional.coremap.or.id/nias/

    Yaahowu…

  54. 54
    Ling Says:

    Salam sejahtera bagi kita semua. Saya ingin sekali kenalan dengan anda semua, baik yang ada di Nias maupun di luar P. Nias. silahkan anda menghubungi saya lewat alamat E-mail: ling_tel@yahoo.co.id. Saya berrempat tinggal di Gunungsitoli

    salam dan doa

    dari

    Ling_T

  55. 55
    Makarius Buulolo Says:

    Dengan adanya situs Yaahowu ini akan sangat membantu kaum cendekiawan dan inteelektual putra putri nias untuk mengakses informasi terkini khususnya untuk kabupaten Nias dan Nias Selatan.

    Baru baru ini saya telah mengakses Suaranias Cyber Media online at http://www.suaranias.com di situs ini saya berbincang bincang pada beberapa rekan orang nias diseluruh dunia.

    Semua situs situs ini sangat berguna untuk kemajuan Nias dan Nias Selatan.

    Yaahowu,

    Salam dari Amerika Serikat

  56. 56
    Tety Novriyanti Telaumbanua Says:

    Saya baru dapat info ttg situs ini. Salut… Sekarang saya sendiri baru menyadari klo kita sendiri, Ono Niha yang harus membangkitkan Tano Niha.

    Saat ini belum bisa berbuat apa-apa untuk Tano Niha; tapi akan berusaha untuk waktu ke depan. Selamat utk sdr2 yg sudah memulai memikirkan/ membangun Tanö Niha.

    Salam kasih,
    -Tety T.-
    Tuebingen-Germany
    tetynovriyanti@yahoo.com

  57. 57
    Otniel Hia Says:

    Hanya satu kata, SALUT…!!!

    Membaca beberapa artikel,wacana,dan buah pikiran dalam web.ini semakin wawasan kita terbuka dan semakin tau apa yang sedang terjadi. Harapan ke depan “Situs Ya’ahowu” merupakan jembatan msyarakat Nias untuk lebih tahu apa yang sedang terjadi dan apa yang perlu dilakukan dalam memajukan Nias ke depan.

    Bravo SITUS YA’AHOWU….!!!! TETAP JAYA MAJU BERKEMBANG…

    Tuhan Memberkati

    OT.Hia

  58. 58
    besta Zandroto Says:

    Saya mahasiswa unimed medan. Senang sekali kita ono niha punya situs sendiri. Mari sama-sama membangun Nnias menuju Nias yg maju dan cinta Tuhan. Semoga melalui situs ini kita dapat saling berbagi dan dapat bekerja sama membangun nias walaupun hanya melalui ide2 yg kita tuangkan melalui situs ini. Aku berharap situs ini menjadi alat pemersatu kita ono niha walaupun kita berada di tempat berbeda.

    Situs Yaahowu pemersatu Ono Niha.

    Aku juga pengen punya teman-teman Ono Niha untuk saling berbagi cerita dan jadi sahabat. Alamat E-mail ku besta_fungky@yahoo.com. Aku tunggu ya teman-teman.

    Sarannya gmn klo di situs ini ada chat khusus ono niha bolehkan?

    GBU

  59. 59
    Everoni Mendrofa Says:

    Ya’ahowu,

    Selamat atas peluncuran website “ya’ahowu”

    Kita patut bersyukur atas peluncuran website “ya’ahowu” yang akan menjadi media komunikasi antar masyarakat Nias baik yang berada di Pulau Nias maupun di perantauan.

    Dengan adanya website”ya’ahowu” ini saya pribadi gembira karena dapat mengakses informasi-informasi yang berkembang terutama berita-berita di Nias dan lebih-lebih dapat mengenal komunitas orang Nias di perantauan.

    Saran saya, agar volume pemuatan berita-berita di Pulau Nias agar dipertambah lagi.Terimakasih Semoga Sukses.

    Ya’ahowu Tano Niha!
    Rony Mendrofa, yogyakarta
    email : ronymend@yahoo.co.id

  60. 60
    Deivine Signor Says:

    Great and thanks
    ……

    Nanya: kog design niasonline sering berubah yah? Apa memang seperti itu? Kurang eye catching aja pas pake design yang kedua…

    Nuhun.

  61. 61
    autha Says:

    Makasih untuk design yang baru. ganti tampilan baru bikin segar & dinamis. saya suka tampilan yang baru, lebih ramah untuk mata rabun saya. 😛 selamat untuk kerja keras administrator!

  62. 62
    Admin Says:

    Secara berkala tampilan Situs Yaahowu memang berubah; tujuannya untuk meminimalkan “kebosanan visual” dan memberikan kesan “baru”. Namun, tidak mudah memilih tampilan yang “representatif” untuk “selera mata” setiap pengunjung. Maka, masukan Anda (termasuk misalnya penilaian atas disain baru ini) akan sangat berharga.

    Yaahowu, Admin.

  63. 63
    Restu Jaya Duha Says:

    Yth. Redaksi

    Pada artikel: “Dua Tahun Pasca Gempa – BRR Dapat Kritikan Tajam (Harian Waspada, 30 Maret 2007)”. diadalan sebuah dialog dimana dialog itu diprakarsai Badan Peduli Pembangunan Kepulauan Nias Pasca Bencana (BPPKN-PB). Kritikan tajam terhadap kinerja BRR Perwakilan Nias selama dua tahun melaksanakan tugas rehabitasi dan rekonstruksi. Ada lima panelis mewakili berbagai unsur masyarakat yakni, Bapak Al. Telaumbanua, Bapak Bastian Zebua, Bapak Oc. Zega, Bapak Melkhior Duha dan Bapak Hamdan Telaumbanua.

    Saran saya alangkah baiknya jika tulisan kelima panelis tersebut dapat ditayangkan pada situs ini. Karena kritikan ini langsung oleh penduduk Nias yang diwakili oleh kelima panelis.

    Sukses selalu.

    Salam

    Restu Jaya Duha

  64. 64
    Ranesi Says:

    Radio Nederland ingin menyumbang artikel ke situs ini. Bagaimana caranya?

  65. 65
    Redaksi Says:

    Dear Ranesi,

    Silahkan mengirim artikel ke Redaksi melalui email: nias.online@gmail.com. Silahkan mengirm foto-foto juga, kalau ada. Terima kasih atas perhatian Ranesi buat Nias.

    Yaahowu.

  66. 66
    Goresanku Says:

    Inilah pertama kali saya berkunjung ke tempat ini. Begitu indah dan menyenangkan, itulah kesanku. Indah dan mengagumkan karena tempat ini merupakan hasil dari sentuhan dan keringat para saudara. Maju terus. Ya’ahowu

  67. 67
    Goresanku Says:

    Saya senang bisa berkunjung ke tempat ini. Di sini aku bisa bernostalgia dengan kampung halamanku sekaligus mengenal butiran-butiran kehidupan para leluhur kita.

    Salam untuk kita semua, Ya’ahowu

  68. 68
    l-raga Says:

    Tampaknya sudah banyak juga situs yang memuat hal-hal yang terkait dengan P. Nias. Saya termasuk orang yang cinta dengan Nias.

    Tadi saya juga mengunjungi blog “goresanku” dan membaca beberapa AMAEDOLA dari Nias, persisnya di
    http://goresanku.wordpress.com/kata-bijak/. Begitu kaya dan dalam maknanya.

    Salam kenal buat semua teman-teman dari Nias…!!!!!

  69. 69
    Suryaman Bu'ulölö Says:

    Manfaat dari niasonline.net sangat dirasakan banyak orang terutama oleh Ononiha yang selalu mencari informasi tentang Nias. Website saya ada di http://www.arya-g-45.4t.com, mohon diposting ke yang lain lewat site ini

  70. 70
    Melisa Daeli Says:

    Semakin banyak ya situs orang nias dengan diluncurkannya http://www.niasbarat.org dan http://www.niasbarat.wordpress.com

    Sukses selalu

  71. 71
    Lira Says:

    slamat ya atas terbukanya situs nias Yaahowu, tapi bagaimana agar situs ini dapat dikenal lebih banyak masyarakat nias sendiri yang ada di P. Nias,

    Bravo Situs Yaahowu

    lirabhineka@yahoo.com

  72. 72
    ARO Says:

    Ya’ahowu
    Mhn kiranya redaksi dapat menambah t4 untuk Live chat dalam situs ini agar kita bisa lebih banyak kenal dekat dengan tman2 dari dan dalam pulau nias….kita pada kangen semua ni….gak kenal maka gak sayang….begitulah pepatah mengatakan….saohagolo

  73. 73
    Aksi Bali Says:

    Ya’ahowu…
    Saat ini situs tentang Nias makin bertambah. Semoga ini dapat bermanfaat untuk membangin Nias tercinta…

    God Bless Nias Island

    Aksi Bali
    http://aksibali.blogspot.com

  74. 74
    Mawati Gulo Says:

    Ya’ahowu,

    Congratulation, website Yaahowu launching menambah nuansa dan interaksi berdinamis dalam komunitas masyarakat Nias di seluruh dunia. Sukses YAAHOWU, thanks.

    Mawati Gulö
    (Sentul – Bogor)

  75. 75
    Sastra Kristina La'ia Says:

    Ya’ahowu,

    Selamat atas peluncuran website YAAHOWU

    Kita patut bersyukur atas peluncuran website Yaahowu yang telah menjadi salah satu media komunikasi antar masyarakat Nias baik yang berada di Pulau Nias maupun di perantauan.

    Syallom,
    Sastra Kristina La’ia
    (Sentul – Bogor)

  76. 76
    Lulusôkhi Laia Says:

    Ya’ahowu fefu,

    Saya masuk dari Five Harmony Portal di http://www.harefa.web.id. Eh taunya, saya diarahkan ke sini. Meskipun saat ini saya di Toraja, saya senang bisa membaca berita-berita dari Nias.

    Sukses selalu ya untuk situs ini.

  77. 77
    JUN ALVINNUS LASE Says:

    Isi komentar telah dipindahkan ke halaman “Harimbale“.

  78. 78
    Edi Y Daely Says:

    SELAMAT !!!!

    Situs YAAHOWU semoga selalu sukses
    Tapi
    Kalau boleh tolong di tambah khusus untuk FOTO-FOTO nya , supaya kita dengan berkunjung ke situs ini seakan kita sudah berkunjung ke Pulau kita tercinta.

    Terimakasih YAAHOWU

  79. 79
    Agus Paterson Sarumaha Says:

    Selamat atas desain baru Situs Niasonline.net, very eye-catching. Satu usul dari saya, alangkah lebih bagusnya lagi jika situsnya sanggup menampilkan berita-berita aktual yang bukan merupakan cuplikan dari berita media massa lain baik cetak mapun elektronik. Dengan demikian situs ini akan menjadi wahana untuk meningkatkan kreatifitas kita semua masyarakat Nias dalam menulis artikel maupun berita.

    Saohagolo,

    Agus Paterson Sarumaha

  80. 80
    Memo Zebua Says:

    Selamat buat situs ini. Semoga bermanfaat, bukan sekedar ajang comment tapi bisa menginspirasi setiap pengunjung untuk melakukan hal yang nyata demi kemajuan P. Nias

  81. 81
    rully Says:

    saya akan segera berkunjung ke Nias, dan dari website ini saya tidak menemukan petunjuk yang memadai.
    Seharusnya sudah dicantumkan informasi akomodasi seperti hotel, restoran, rumah makan, dll. jadwal pesawat terbang yang terus diupdate. Mudah2 an makin lebih baik
    Bravo Niha

  82. 82
    Arozawato Hulu Says:

    Ya’ahowu,

    Semoga nias semakin dikenal di seluruh dunia.

    Ya’ahowu
    Arozawato Hulu (Gunungsitoli)

  83. 83
    lichrisrova Says:

    senang bisa gabung dengan teman2x se”click” yah. bagusnya klu makin banyak situs2x yang ok, buat orang2x nias yang keren abis. biar lebih luas wawasannya

  84. 84
    Kasinudin Waruwu Says:

    Yth Redaksi Nias Online

    Saya merasa bangga atas inisatif redaksi nias online yang meberikan peluang bagi kami para perantau untuk berkomunikasi dan mengenal saudara-saudara dari nias walaupun hanya melalui surat elektronik ini. Ini menandakan bahwa putra-putri nias saat ini sudah jauh lebih maju di banding dengan sebelumnya, karena bisa memngikuti perkembangan teknologi melalui dunia maya.
    Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada redaksi nias online semoga Tuhan memberkati, maju terus pantang mundur.

  85. 85
    Mestika Harefa Says:

    Mantap….

    Kesuksesan selalu butuh Pengorbanan, kiranya para Penggagas dan kontributor semakin dicerahkan olehNya.. sehinggga media ini bermanfaat dengan baik untuk kemajuan kita bersama.

    Mestika Harefa, Jkt.

  86. 86
    Restu Jaya Zebua Says:

    Selamat buat BNKP yang ada didaerah ini, semoga lebih maju lagi. Yaahowo

  87. 87
    lichrisrova Says:

    Tanggal 26 Mei kemarin BNKP punya gawean buat malam persembahan kasih untuk pengembangan BNKP Teladan, dan rencananya bakal bikin acara lagi untuk pengumpulan dana tersebut di bulan November 2007. Mohon dukungan doa dan partisipasinya buat kita semua yang merasa terbeban. Ini merupakan kerinduan buat kita semua untuk sama2X berbakti di tempat yang lebih nyaman dan sekalian buat tempat pertemuan kita anak2x perantauan nias di Medan.

    Ehm…sukses buat adik2x yang baru aja selesai semesteran dan UAN harapan kita hasil yang diterima sesuai dengan upaya selama ini. teruntuk yang ikutan SPMB kiranya persiapkan diri lebih baik,jika tak lulus di SPMB masih banyak kesempatan lain yah,harapannya abang2x dan orangtua kita bisa bantu mungkin dari pekerjaan atau beasiswa kali yah buat kemajuan bersama 🙂

  88. 88
    Felixo Says:

    Nias…Suksess terus
    Majulah dua langkah dan jangan mundur tujuh langkah
    dukungan kami selalu untuk Nias…

    we do the best for nias

    salam,
    Amandraono

  89. 89
    Berkat Says:

    Pak Halawa…
    Pada saat kita masuk di menu Galeri bisa gak di bikin kolom “Depan” atau “Home”..? karena pada saat kita kembali ke halaman depan susah sekali apalagi kalau kita sudah terlanjur byk kita klik pic.Bisa aja sich kita pakai Tuts ” Back ” atau ” buka web baru “.tetapi akan memperlambat seorang user utk kembali ke menu depan.Semoga di chek dan sebagai bahan pertimbangan.Sekian
    salam dari berkat batam

  90. 90
    Nias Online Says:

    Pak Lase, apa kabar ?

    Galeri (“Nias Dalam Gambar”) memang masih dalam pembenahan dan penambahan isi. Kita masih sedang cari jalan untuk membuat link ke halaman utama Situs Yaahowu.

    Ya’ahowu.

  91. 91
    Resirestu Hia Says:

    Yaahowu…makin bagus aja nih tampilan situs Yaahowu. Oia saran saya sebaiknya menu Asal Usul diisi dengan asal usul suku Nias. Setelah saya klik karna kirain asal usul Nias, isinya malah asal usul Valentine’s Day. Emang boleh2 aja sih tapi kalau bisa ya dimuat juga disitu asal usul Nias. http://resirestu.cjb.net

  92. 92
    Jul Hasratman Daeli Says:

    Salam kenal

    Saya mahasiswa Nias asal Kecamatan Sirombu
    Ingin berdiskusi banyak tentang masa depan Nias…

    Sekarang sedang kuliah di Padang, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Andalas…semester VI

    Terus terang…selama ini saya agak risih dengan imej orang luar terhadap Nias. Mereka (non-Nias) pada umumnya kurang apresiatif terhadap kita. Karena apa? Inilah sikap traumatis orang non-Nias akibat pengalaman masa lalu mereka. Memang, kebanyakan warga Nias sering berbuat ‘ulah’ di negeri orang lain, bahkan tak jarang di negeri sendiri juga buat ‘onar’, macam-macam deh…. Inilah yang membuat saya sendiri kurang PD sebagai warga Nias…Walaupun demikian tidak sedikit juga yang baik dan memberi kesan positif. Pesan saya : Mari memberi imej (+) tentang Nias. HIDUP NIAS!!! Silakan kunjungi juga julhasratman.blogspot.com

  93. 93
    Jul Hasratman Daeli Says:

    Saudara-saudaraku warga Nias dimana saja berada…
    hadia duria talifuso…?

    Mari kita buktikan bahwa Nias adalah daerah yang damai, tentram, nyaman dihuni oleh siapa saja. Warga Nias adalah warga yang memiliki sikap toleransi yang tinggi…
    Kebanggaan yang harus kita tanamkan bahwa warga Nias pada umumnya tidak mengedepankan fanatisme golongan, suku, budaya, marga, ataupun agama.

    Tetap Berjuang ‘untuk mengharumkan nama Nias, dimanapun anda berada.
    Orang Nias terkenal dengan ‘otaknya yang encer’…Dunia mengakuinya…

    Ya’ahowu…

  94. 94
    Jul Hasratman Daeli Says:

    SALAM KANGEN BUAT TEMAN-TEMAN ALUMNI SMAN 3 PLUS YA’AHOWU GUNUNGSITOLI…

    Teristimewa kepada sahabat-sahabat perjuangan…
    Calvin hura
    Syukur Niat Waruwu
    Dermawan Zebua
    Ria Resti Gulo
    Septenus Meiman Syukur Nazara
    Johar Mendrofa
    Nurlin Sensiana Hia
    Rahmat Hiburan Zebua
    Rahmat Imawan
    Maisyarah Bugis
    dll

    SELAMAT MENUNTUT ILMU DI NEGERI NUN JAUH DISANA
    DEMI KEMAJUAN NIAS DI MASA DEPAN…

  95. 95
    Berkat Says:

    To Pak Halawa…
    khabar saya baik2 aja pak dan harapan kita jg di seluruh Team Niasonline sehat2 semuanya.Tentang Galeri sy berterima kasih karena telah mendapat respon dan jawabannya.
    salam dari berkat batam

  96. 96
    Andi Harefa Says:

    yaahowu

    pak admin..selamat yah atas situs nias…..
    sangat menarik ketemu sama2 orang nias dari luar..hehehe

    tapi pak sorry nih…. situsnya banyak hole sama bugsnya
    bisa diperbaiki gak,….. sayang khan bisa dihancurin orang2 yang tidak bertanggung jawab.,….

    ok, god bless you
    Bandung

  97. 97
    Arifman Gulö (Ama Niso) Says:

    Ya’ahowu !

    Congratulation dengan adanya Situs Yaahowu sehingga menambah nuansa interaksi komunitas masyarakat Nias & simpatisan dimanapun berada. Tuhan memberkati.

    Shalom,
    Arifman Gulö (Ama Niso)
    Jakarta
    HP.: 0815 1424 8880
    Email: arifman888@yahoo.co.id
    goelo888@yahoo.com

  98. 98
    Mario Hadi Sucipto Hulu Says:

    Selamat dan Sukses untuk “Yahowu”

    Semoga menjadi sebuah media yang berguna sebagai forum komunikasi Ono Niha di manapun berada.

    08153434396

  99. 99
    Vivi Zebua Says:

    Ya’ahowu…

    Selamat ya…untuk situs ono niha…karna saya baru tau (norak ga sihh!!)

    tapi saya bangga banget karna orang nias kreatif juga ya…

    Semoga infonya selalu up to date..
    Bravo nias…
    okey, gud luck. GBU

    Regards,
    Vivi Zebua
    Secretary – PT Medisthetic Dermanova
    Jakarta – Indonesia

  100. 100
    Redaksi Says:

    Vivi,

    Terima kasih atas kunjungan Anda ke Situs Yaahowu. Silahkan kirim tulisan / artikel ke Redaksi (nias.online@gmail.com), dan informasikan keberadaan situs ini kepada teman-teman di tempat kerja Anda.

    Yaahowu,

    Redaksi

  101. 101
    Andy Zebua Says:

    Ya’ahowu……………….

    Bwt redaksi yg terhormat, aq Andy Zebua mo ngajuin permintaan nech.

    Tolong donk, syair lagu “Boi degu-degudo Inagu” dilengkapi.

    Dan tolong dicarikan lagu “Mado Zebua” format MP3 dan dikirim ke almat :
    an_p8zeb@yahoo.com
    zeb_andy@yanoo.co.id

    Thank’s berat y bwt redaksi. GBU smua

  102. 102
    Redaksi Says:

    Sdr. Andy Zebua,

    Kami sedang mengusahakan kelengkapan lagu “Böi Degu-degudo Inagu .. ” mohon kesabaran.

    Lagu “Mado Zebua” tidak ada pada kami, semoga pembaca yang lain bisa menginformasikan (membantu).

    Lagu-lagu Nias tempo dulu dapat juga dilihat (didownload) di situs Bapak Ama Kristof Sturm: http://klaussturm.de/simaenaria.html

    Yaahowu

  103. 103
    Andy Zebua Says:

    Thank’s atas comment dari redaksi.
    Tapi tolong di usahakan’y klip “mado zebua”

  104. 104
    Deivine Signor OYZb Says:

    Admin yang terhormat, boleh tanya ga? kog alamat-alamat web atau blog sahabat dihilangkan? Saya perlu alamat web museum yang ada di Nias. Terimakasih.

  105. 105
    Redaksi Says:

    Bukan dihilangkan, tapi dipindahkan ke tempat baru. Klik “Tautan Situs Yaahowu” pada daftar menu bagian atas dan Anda mendapatkan semuanya di sana 🙂

  106. 106
    Deivine Signor OYZb Says:

    Terimaksih Admin.

    Semoga Situs Yaahowu semakin berkembang saja dan menjadi yang lebih baik.

    DS OYZb
    SPV Motivation Center
    http://www.spvmotivation.com

  107. 107
    ridwan Says:

    ah ..payah…comment ku malah di delete

  108. 108
    Arisman Gulo Says:

    Aku baru tau ada situs ini loh….

    Sekarang aku di Jakarta dari tahun 1999 sangat senang dengan adanya situs ini, karena bisa mengetahui sejauh mana perkembangan Pulau Nias sampai sekarang.

    Buat Talifuso yang mau bagi – bagi informasi atau sekedar tukar cerita mohon kirim ke_emailku ; ononiha_talifoso@yahoo.com

    Buat SITUS YA`AHOWU: THANK`S YAH…… GOOD LUCK…………….

  109. 109
    Mendyo R.O. Zendratö Says:

    Ya’ahowu Tanö Niha ….

    Saya sangat gembira sekali karena telah ada situs niasonline.net, situs ini sangat baik sekali untuk kalangan pelajar untuk bertukar informasi.

    Saya banyak tahu tentang internet dan baru hari ini saya tahu ada situs niasonline.net.

    Kalu boleh saya beri usul, bagaimana kalau situs ini menyediakan layanan untuk diskusi dan menyediakan suatu Account atau Akun untuk para pengunjung yang datang atau yang melihat situs ini …

    Saya Ucapkan terimakasih…

    >>

  110. 110
    Dino Telaumbanua Says:

    Ya’ahowu Banuada….

    Saya sangat menarik dengan adanya situs Yaahowu ini. Saya juga ada saran, ada baiknya kalau di situs ini kita bisa mendapatkan cerita/silsilah marga-marga di Nias. Sehingga kita tidak sulit lagi mendapatkan atau menelusuri asal-usul ONO NIHA sampai dengan saat ini. Apalagi bagi orang-orang nias yang terlalu jauh dari Tanö Niha dan jarang sekali pulang Wamaigi zi so ba danö Niha.

    Saohagölö-Terima Kasih

  111. 111
    Redaksi Says:

    Dear Mendyo dan Dino,

    Terima kasih atas kunjungan Anda ke Situs Yaahowu. Informasikan kehadiran situs ini ke teman-teman Anda, dan kontribusi Anda juga diharapkan: tulisan, foto-foto, dan sebagainya.

    Keterbatasan sumber daya membuat sajian Yaahowu sampai saat ini serba terbatas.

    Forum khusus untuk diskusi sebenarnya sudah ada di situs ini: http://forum.niasonline.net. Namun kelihatannya pengunjung lebih senang meninggalkan komentar pada akhir dari setiap berita/tulisan. Redaksi masih memikirkan cara untuk mengaktifkan fasilitas forum ini.

    Karena alasan keamanan, kami belum bisa membuat “account” untuk pengunjung.

    Namun … sebenarnya pengunjung bisa meminta ruang “blog pribadi” di Situs Yaahowu, tempat Anda mempublikasikan tentang diri Anda. Ruang blog ini gratis dan kapasitasnya cukup besar: 200 MB, lebih besar dari ruang gratis di wordpress misalnya (yang hanya 50 MB). Link ke blog itu akan dimasukkan dalam halaman: Tautan Yaahowu.

    Blog itu akan menjadi sub-domain dalam Situs Yaahowu. Sebagai contoh: nama blog: “blog-saya”, maka alamatnya adalah:

    http://blog-saya.niasonline.net

    Fasilitas ini juga sebenarnya bisa dimanfaatkan oleh organisasi atau perkumpulan tertentu seperti: himpunan alumni, himpunan masyarakat Nias di daerah, dsb.

    Fasilitas-fasilitas di atas masih dalam tahap percobaan dan untuk saat ini kami tidak mempublikasikannya secara luas, karena keterbatasan sumber daya kami.

    Namun, kalau ada yang berminat, permintaan dapat kami penuhi dalam waktu 3 – 7 hari.

    Oh ya tentang asal usul Ono Niha, diskusi tentang itu sempat ramai di situs ini (lihat Topik Budaya). Diskusi tentang buku “Asala Usul Masyarakat Nias” karangan P. Johannes Hammerle dan buku “Ho Jendela Nias Kuno …”, karangan Pak Victor Zebua ada juga di sana. Diskusi masih akan terus berlanjut .. jadi sabar dan ikuti terus.

    Yaahowu,

    Redaksi

  112. 112
    Aciel Says:

    Yaahowu,
    Senang akhirnya bisa masuk ke situs ini, tadinya cuman search pulau tello (saya lahir disana), tapi akhirnya bisa mampir disini,

    dan sekarang lagi download lagu nias nech.

    Good luck n keep up the good work

    Thanks

  113. 113
    yurius Says:

    Ya’ahowu…..
    sekarang aku berada di Padang, saya lagi cari-cari teman-teman saya dari SLTA Negri Lahewa tamatan 2005 tapi aku belum ketemu, saya gak tahu mereka ada dimana sekarang, apa ada situs yang lain ya selain situs ini, minta dong bagi yg tau. saya salut loh bagi orang-orang nias yang sudah berhasil, di Padang orang nias cukup banyak. Klo bisa usul beritahu dong keadaan orang-orang kita dimana kita berada.

  114. 114
    Rahmat Dermawan Gulo Says:

    Dear Oom Admin,

    Senang sekali dapat berkunjung ke “Situs Ya’ahowu” ini, setidaknya mampu mengobati rasa rindu akan Pulau Nias tercinta walau hanya melalui berita dan gambar yang tersaji. Semoga tambah sukses dan berkembang pada masa-masa yang akan datang.

    Syalom,

    Rahmat

  115. 115
    V. Hartono Says:

    Informatif sekali, khususnya seputar bisnis. Ngak nyangka Nias punya Website sekeren & seInformatif ini … Pertahankan !!!

    Salam Sukses

    V. Hartono

    Catatan Redaksi: Bagian iklan dari pesan ini telah dihapus. Kalau mau “pasang” iklan, silahkan klik menu “Harimbale” di bagian atas, atau hubungi Redaksi di nias.online@gmail.com.

  116. 116
    Amos Zamasi Says:

    Ya’ahowu buat Bapak/Ibu/Sdr/i Redaksi niasonline.net

    Salut dan Bangga atas kemajuan yang Bapak/Ibu/Sdr/i berikan buat informasi yang nias sedang alami saat ini. Pokoknya sukseslah, Tuhan memberkati.

    1 (Satu) saja usul dari saya, bagaimana seandainya beritanya diliput sebagian bahkan secara khusus tentang informasi dan perkembangan masing-masing desa serta kecamatan yang ada di pulau NIAS.

    Buat teman-temanku alumni ST (Sekolah Tehnik) Negeri Gunung Sitoli Nias TA. 1993 khususnya Jurusan Bangunan, Salam ya untuk semuanya, Kapan kira-kira kita adakan Reuni Bersama ?

    Saohagolo, …… Ya’ahowu !

  117. 117
    YUSDIAMAN HAREFA,SKM Says:

    Sebagai warga saya bangga sebagai orang Nias, dgn adanya forum ini menandakan bahwa Orang Nias telah MAMPU MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI. Kepada bung YOS yang telah membuat situs ini semoga diberkati Tuhan dalam memajukan Nias dan mengenalkannya di dunia luar. Ini adalah sebagian untuk membangun Nias. Bukan seperti Statemen beberapa warga Nias yang menjelekkan orang Nias sendiri. Hal ini dapat kita cermati beberapa statement yang di keluarkan oleh MANTAN PEJABAT NIAS yang melecehkan Nias sendiri. YA’AHOWU FEFU KHO NONO NIHA TUNJUKKAN BAHWA KITA ADALAH ANAK MANUSIA YANG MAMPU MEROBAH NASIB, SELAMAT BERJUANG…………….!!!!!!!!! Fans : Mhs S2 UGM Jogya

  118. 118
    Firman Gea Says:

    Saya baru lihat situs ini, kalau ada yang bisa buatkan semacam penuntun
    kalau seseorang pergi ke Pulau Nias , apa saja yang tidak boleh di lewatkan untk dilihat dan dinikamti serta bagai mana cara menuju ke sana dan kalau bisa berapa biaya nya. serta makanan-makan khas dan bisa di dapat dimana., (atau mungkin sudah ada, saya belum tau).
    Waktu saya pulang ke Nias setelah gempa bumi, di salah satu warung makan di Sibolga saya lihat ada satu peta pulau Nias yang sangat baik.
    Menurut bapak yang punya warung peta itu didapat dari orang asing.
    Nah , ada ga sih yang bisa bantu peta ini bisa saya dapatkan dimana?

    terima kasih,

    Yaahowu

  119. 119
    benny setiawan zebua Says:

    ya’ahowu….
    sukses buat websitenya…
    kita mahasiswa nias dijogja khususnya AMIKOM merasa bangga dengan adanya website ini..GBU.

  120. 120
    nurdin Says:

    semangat kebangsaan memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, hidup SUMUT. Dukung Rambe K. Zaman Calon Gubsu 2008

  121. 121
    JOHN TELAUMBANUA Says:

    bagus.itu kesan pertama ke portal ini.smoga kedepannya tambah bagus.

    john tel
    john_spycell@yahoo.co.id

  122. 122
    Ridhafani Astuti Says:

    TUHANmu, TUHANku, dan TUHAN kita semua … (tulisan lengkap dihapus oleh Redaksi).

    Sdr/i Ridhafani Astuti.

    Tulisan Anda di Buku Tamu Yaahowu terpaksa kami hapus karena tidak sesuai dengan tujuan Buku Tamu Yaahowu (silahkan baca pengantar Buku Tamu). Kalau Anda mau menulis secara resmi, silahkan mengirim artikel kepada Redaksi: nias.online@gmail.com dengan mencantumkan identitas lengkap Anda.

    Terima kasih – Redaksi

  123. 123
    AKP D. Iman Zebua, SH Says:

    Ya’ahowu saya ucapkan kepada semua orangtua, sesepuh2 Nias, bapak2, ibu2, saudara2 baik yang masih ada di Pulau tercinta Nias dan berada diperantauan. Merupakan kebanggaan bagi kita semua akan kemajuan Ilmu pengetahuan dan Teknologi saat ini yang juga telah menyentuh tanah kelahiran kita, walaupun masih dalam keterbatasan-keterbatasan. Kiranya kedepan ini dapat kita atasi bersama dan hal ini tentunya kita semua yang bertanggung jawab untuk itu. Karna tanggung jawab itu telah dibebankan kepada kita semua semenjak kita lahir di Tano Niha beberapa waktu dan tahun yang lalu. Saya alumni ST (sekolah Teknik) Gunung sitoli tahun tamat 1991 jurunsan teknik, Sman 3 Gunung sitoli tahun tamat 1994. Bagi rekan2 yang masih ingat kepada kami tolong informasi. sekarang kami berada di Jakarta, dan sedang melanjutkan studi kami di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jak-sel. 08124455455/021-93429809.terima kasih ya’ahowu fefu…

  124. 124
    Fofo'usö Says:

    Kog tampilannya jadi berubah seperti ini ya? Dilihatnya agak-agak kurang enak gitu, kalo cuma dengan warna putih gini’aja. Udah gitu “positioningnya” juga kayanya malah kurang pas kalo artikel utamanya ditaro di sebelah kiri gitu, sama gambar yang di atas juga kog berubah jadi peta dunia sih, gambar gendangnya ke mana? Rasa-rasanyanya gambar itu kurang representatif untuk mengekspresikan budaya dan aktualita masyarakat Nias.

    Maaf ya, cuma sekedar nanya kog, nggak ada maksud apa-apa.
    Salut buat tim redaksi Ya’ahowu.

    Salam,
    Fofo’usö

  125. 125
    Redaksi Says:

    Terima kasih, Bung Fofou’sö atas masukan Anda. Redaksi masih mencari bentuk-bentuk wajah yang berterima bagi para pengunjug, dan informatif.

    Gambar peta dunia di atas masih gambar “default” dari sang pembuat templat di Italia sana, kita belum tukar. Kita akan tukar dengan gambar yang terkait dengan Nias, misalnya seperti seblumnya: gendang.

    Salam hangat,

    Redaksi

  126. 126
    Selatieli Sihura Says:

    Saya senang membaca website Nias online ini. Merasa bangga jika hal ini terus ditingkatkan lagi, baik contentnya maupun cara penyajian beritanya. Selain itu, dengan adanya forum diskusi online ini, sangat berharap agar hal ini boleh diwujudkan juga dalam forum diskusi terbuka khususnya bagi masyarakat Nias dalam perantaun dengan mengundang pembicara yang ahli dalam bidangnya masing-masing, guna mencari format yang baik dan tepat dalam membangun Nias yang kita cintai.

    Mencermati diskusi mengenai pemekaran SUMUT, maka patut bagi kita untuk mengikuti arah pemekaran itu sendiri agar Nias tidak hanya menjadi pelengkap penderita dalam mencapai sebuah cita-cita reformasi yang notabene Nias pada akhirnya tidak mendapatkan apa-apa dari hasil pemekaran itu sendiri. Tidak dapat dipungkiri bahwa memang kita pasti ikut dalam perombakan dan reformasi itu, namun hal apa yang telah dibahas dalam diskusi terdahulu, perlu menjadi bahan pertimbangan bagi setiap kita, sehingga ketika reformasi itu terjadi, maka sebaikmungkin semua masyarakat Nias dapat menikmati perubahan itu juga dengan baik.
    Karena itu, forum terbuka kiranya perlu dibentuk guna mengambil langkah-langkah yang baik, dan tepat guna bagi pembangunan masyarakat Nias. Tentu untuk melaksanakan hal itu, forum diskusi online ini perlu menyediakan waktu untuk mengadakan pendekatan kepada semua lini, baik masyarakat biasa, pejabat, pengusaha maupun juga para akademisi sehingga kita dapat menyatukan pikiran, pandangan tanpa adanya pembedaan antara satu dengan lainnya dengan satu tujuan mewujudkan Nias yang maju dalam segala bidang. Sekali lagi saya berharap ini boleh terwujud untuk kita semua.

    Selain itu lewat forum ini juga saya informasikan bagi rekan-rekan dan masyarakat Nias yang membutuhkan pelayanan tiket-tiket penerbangan di seluruh Nusantara maupun International, dapat menghubungi kami di office 021-39841826-28; fleksi 021-68828575 atau 021-32321209; hp 0818790109 atau 0817792739 dengan Ibu Rumondang atau Sihura.

    Makasi, salam

  127. 127
    toraz Says:

    Halo…
    saya toraz dari medan
    saya lihat situs ini pas mencari semua tentang alat musik nias
    ternyata situs ini bagus juga dan baik bagi pengenalan nias di dunia internasional.
    Tapi tolong kasi tau tentang alat musik nias dong mulai dari sejarahnya sampai semua tentang budayanya pokoknya lengkap
    soalnya perlu buat tugas sekolah

  128. 128
    kris Says:

    aku sangat tertarik dengan isi dari situs ini, terutama kelengkapan informasi sejarah nias. tidak mengecewakan.

  129. 129
    Rudi Zalukhu Says:

    Yaahowu. Terima kasih untuk keberadaan situs ini. saya mendapat banyak informasi melalui situs ini. semoga situs ini dapat menjadi media membangun komunikasi dan menyebarkan informasi dari kita dan untuk kita.

  130. 130
    blasius Says:

    semoga situs Ya’ahowu semakin berkembang dan memberikan berbagai informasi yang lebih aktual bagi generasi muda zaman sekarang. semoga sarana ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. selamat buat orang nias yang selalu berjuang untuk menampilkan yang terbaik bagi daerahnya. thanks, may God bless you all.
    blasius_baene@yahoo.co.id
    Malang-Jawa Timur.

  131. 131
    GUS Says:

    Assalamualaikum……… saya senang sekali dengan situs Ya’ahowu ini karena dapat menambah ilmu saya, semoga Ya’ahowuu terus menambah informasi2nya.

    nafa_3m@yahoo.co.id

  132. 132
    Reksi Sokhi Lase Says:

    Yahowu,
    Saya terkesan dengan adanya situ Ya’ahowu ini karena dengan adanya situs ini maka saya yang berada di perantauan dapat mengetahui perkembangan dan berita tentang pulau Nias sehingga dapat menambah wawasan saya tentang pulau nias saat ini.
    Oleh karena itu, harapan saya kepada para redaksi semoga situs yaahowu ini terus maju dan menampilkan berita atau informasi tentang kondisi di daerah nias.
    Salam Sukses dan Semoga jaya..

  133. 133
    juwina Says:

    Hi, I was browsing the internet and found your website. I really love your website with all layout and navigation. Thank you for letting me to put my comments here. Nice website and keep good work! And dont forget to always keep your Website up-to-date then ! 🙂 Thanks.

  134. 134
    Sozanolo Mendrofa Says:

    saya terkesan sekali dengan adanya situs ini., sehingga kami yang berada di Nias sangat beruntung dapat membaca dan mengetahui perkembangan pulau Nias kita tercinta baik budaya, pendidikan dll..

    Semoga situs ini semakin berkembang dengan baik:)

    Wish You the Best….

    Yaahowu!!!

    Soza Mend

  135. 135
    herthin mendrofa Says:

    Salut dengan berita-berita di situs ini. Thin berharap terus bertambah berita-berita yang terkini dari hari ke hari. Ini harapan saya yang berada di tempat yang jauh dari pusat informasi. Dengan berkunjung ke situs ini, saya mendapat banyak informasi.

    Terima kasih.

    Yaahowu

    ien_3m4n_dban@yahoo.co.id

    Catatan Redaksi:
    Pesan di atas merupakan terjemahan bebas dari bahasa “chat/sms” pengirim komentar (lihat di bawah) yang sebaiknya dihindari, agar pesannya dengan mudah dibaca oleh pengunjung lain.

    Pesan asli:
    Syalommmmmmmmmm……………………..
    olalaaaaaaaaaaaaaa 😛
    salut dengan smua berita2’e
    thin harap hari ke hari trz b’+ + + + + n + berita2 yang up to date lg_i hope lho
    soal’e qt berada dt4 yang jauh dari pusat iformasi
    _
    dgn ada’e situs ini mk i can get may inform_
    thanx y n Good Luck
    Yaahowu

  136. 136
    Elyardman Sarumaha Says:

    Dengan situs ya’ahowu meskipun saya di balikpapan, serasa saya ada di pulau nias tercinta. TYM. Dan…….Ya’ahowu!

    Elyardman Sarumaha – Balikpapan

  137. 137
    heri zebua Says:

    yaahowu,,,,,
    nggak banyak yg bisa saya ucapkan dalam bahasa nias,tp saya sangat ingin sekali belajar bahasa nias… kalau ada yg mau membantu tolong ya ajarin,,,, gimana sih ejaan dan arti a ….. pgn bisa ne… please tolong ya…. heri zebua/aceh

  138. 138
    Sowaiho Says:

    Yahowu,

    Saya terkesan dengan adanya situ Ya’ahowu ini karena dengan adanya situs ini maka saya yang berada di perantauan dapat mengetahui perkembangan dan berita tentang pulau Nias sehingga dapat menambah wawasan saya tentang pulau nias saat ini.

    Oleh karena itu, harapan saya kepada para redaksi semoga situs yaahowu ini terus maju dan menampilkan berita atau informasi tentang kondisi di daerah nias.saya lebih senang kalau ada foto-foto tentang nias yang dimuat di situs ya’ahowu.

    Salam Sukses dan Semoga jaya.. YA’AHOWU

  139. 139
    DENALI Says:

    I bet this is a good site. tq to perform this site. good work. all the best

  140. 140
    gilbert zebua Says:

    I hope this site will be a good media to make our lovely island better than before.
    ya’ahohu and chao….

    Gilly

  141. 141
    gilbert zebua Says:

    Btw do you guys have any idea how to provide any cheap access of internet for our students in Nias?

    Gilly
    San Diego
    California

  142. 142
    st. agus hariyono Says:

    Bung Agus Hariyono,

    Komentar anda terpaksa kami tarik dari “Buku Tamu”. Buku tamu sebaiknya hanya diisi dengan masukan terhadap situs ini. Kalau Anda mau memasukkan info usaha Anda (seperti pada kalimat terakhir komentar Anda), tempatnya yang paling pas ada di topik “Harimbale”. Kami telah memindahkan kalimat terakhir itu ke Topik “Harimbale”.

    Redaksi

  143. 143
    oten Says:

    saya diajak teman saya oranbg nias yang tinggal di jakarta u mengunuji nias tapi bingung maau kesan a lewat mana? medan or padang dan objek wisata yang menarik? dan berapa hari efektif disana berikut itenarynya hari pertama kemana? kedua dll oten 02193670325 / 08121808809

  144. 144
    Ira Maduwu Says:

    yaahowu..

    ini situs yg cukup menarik

    smoga semakin berkualitas dan isinya membangun

    saohagele

  145. 145
    Yanarius Waoma Says:

    wahhhhh asyik juga ya….. lirik lagu nias masa doeloe………Ya’ahowu

  146. 146
    Ina James Waoma Says:

    Ma’owai ami fefu ama, ina, ba tali fusö ni’omasi’ö ba khö zoaya yaita yesu keriso, ya’ahowu, heeeeeeeee, kayak pendeta aja. salam dari Padang

  147. 147
    Redaksi Says:

    Khö ndra talifusöma si so ba Padang. Omuso dödöma wombaso nisurami ba nahia andre. Ma’owai göi ami: Ya’ahowu. Mituriaigö ba mbanuada Ono Niha si so ba Padang wa no so khöda Situs Yaahowu, nahada wahuohuosa, nahada wamaehagö ösi dödö, nahada wombaso salua ba mbanuada sisa ba Danö Niha.

    Na so gowuloa Nono Niha somasi manuariaigö halöwö si fakhai ba gorauara andrö, ba sökhi sibai da’ö. Tola na’i mafazökhi sambua nahia ba situs andre (nifotöi sub-domain) si tola lafake ira talifusöda ba wanuariaigö ma ba wondrou’ö halöwö gorahua andrö.

    Simanö zi’oroi ndra’aga.

    Ya’ahowu

    Redaksi

    *Terjemahan bebas:*

    Buat saudara-i kami di Padang. Kami senang membaca tulisan anda di sini. Salam juga dari kami: Ya’ahowu. Informasikan kepada masyarakat Nias di Padang kehadiran SItus Yaahowu, tempat kita berbincang-bincang, mengeluarkan isi hati, dan tempat kita membaca berita-berita tentang Pulau Nias.

    Apabila ada perkumpulan masyarakat Nias yang ingin memberitahukan hal-hal yang berkaitan dengan perkumpulan itu, itu baik sekali. Kami bahkan bisa membuat sub-domain di Situs ini untuk keperluan perkumpulan itu.

    Sekian dulu dari kami.

    Ya’ahowu,

    Redaksi

  148. 148
    Redaksi Says:

    Bung Oten,

    Teman Anda orang Nias itu tentulah bisa memberikan sedikit informasi tentang Nias.

    Ke Nias bisa lewat Medan atau lewat Padang, tetapi frekewensi penerbangan dari Medan lebih tinggi.

    Daerah wisata yang cukup di kenal adalah: daerah Nias Selatan, perkampungan tradisional dengan rumah-rumah adat tua yang masih kokoh dan megah, pantai-pantai berpasir putih dengan ombaknya yang menggulung-gulung. Di Nias Selatan, anda bisa menyaksikan pertunjukan loncat batu di Desa Bawömataluo, tentu dengan membayar “uang rokok” kepada peloncat.

    Di Nias Barat Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam, dan di kepulauan Hinako anda bisa beselancar.

    Di Lahewa (Nias Utara) anda bisa melihat “lapangan pantai baru” yang tercipta akibat gempa dahsyat Maret 2005 di Ture Galökö, sekitar 7 km dari kota Lahewa. Di sana anda bisa menyaksikan hamparan terumbu karang sepanjang pantai yang terangkat dari laut karena gempa dahsyat itu.

    Di Gungungsitoli, ibu kota Kabupaten Nias, anda bisa melihat “masa lalu” Nias di Musuem Pusaka Nias.

    Namun, anda harus siap-siap menerima kenyataan masih minimnya berbagai sarana dan prasarana pariwisata di lokasi-lokasi yang disebutkan di atas.

    Salam,

    Redaksi

  149. 149
    muliardy banun Says:

    saya perantau yang sekarang kebetulan bekerja di nias. saya tidak menyangka kalau nias punya situs yang bagus, isinya menurut saya cukup lengkap.
    cuma saya belum sempat surfing baca semua isinya. yang lebih lagi…….ada kamus bahasa nias. selama ini saya susah mencari cari kamus bhs nias,
    ternyata di situs ya’ahowu ada kamus bhs nias. cukup membantu untuk belajar bahasa nias sehari hari. terima kasih redaksi.
    tak lupa juga saya ucapkan “selamat hari natal dan tahun baru 2008” buat redaksi dan segenap pengasuh situs ya’ahowu.
    saohagolo.
    http://www.muliardybanun.com

  150. 150
    ag paulus Says:

    Kepada seluruh Redaksi niasonline Yang Merayakan Natal, kami
    sekeluarga mengucapkan SELAMAT NATAL , dg untaian puisi mungil berikut ini :
    ketika Dia Yang Kudus lahir..
    di tengah papa amat sederhana
    di tengah cemooh kerabat Maria
    di tengah kebingungan para gembala

    sekarang 20 abad kemudian
    Dia tetap menaungi bahtera kita
    di tengah bencana negri tercinta
    di antara keegoisan ketamakan manusia
    di tengah berbagai diskriminasi dan ketidak adilan terhadap
    muridNya…..

    Lentera itu tetap menyala
    dengan sebongkah asa
    Dia menerangi semua
    Dia mengingatkan semua
    Dia membuat tobat semua
    Dengan KASIH nyata terhadap (semua_) sesama…
    seantero Jagad Raya

    salam manis dari kota keripik

  151. 151
    Klara D Sarumaha Says:

    Ya’ahowu
    Selamat Natal dan Tahun Baru.
    Saya orang nias yang tinggal di perantauan,saya sangat dengan adanya situs ini,isinya menarik banget Serasa berada di Tano Niha. Bagaiman klo ada blog untuk Alumni SMP Bunga Mawar????!!!! soalnya saya alumni SMP BM. Biar bisa ketemu dengan teman di skol dulu. Maju terus situs Ya’ahowu,smg jd alat pemersatu warga Nias. Trimakasih Ya’ahowu.

  152. 152
    Redaksi Says:

    Sdri. Klara,

    Terima kasih atas kunjungan Anda ke Situs Yaahowu.

    Redaksi sedang mempertimbangkan pembuatan milis/blog SMP Bunga Mawar; menurut catatan kami ada beberapa anggota Redaksi yang juga alumni Bunga Mawar 🙂

    Yaahowu,

    Redaksi

  153. 153
    Luhur Marunduri Says:

    Ya’ahowu
    SELAMAT TAHUN BARU DAN SELAMAT PASKAH.
    Saya ono niha di perantauan (semarang)..senang rasanya bisa kirim salam buat semua. Semoga dimana pun ono niha berada, bisa menjadi Garam dan Terang. Oiya….salam saya juga buat drg. Contesa PF Maruhawa…. 🙂
    Ya’ahowu….Tuhan Memberkati

  154. 154
    ag paulus Says:

    Bung redaktur,saya usul agar situs ini sekali-kali menyelenggarakan lomba..apa saja, terutama sosial budaya (cerpen, puisi, foto-foto dsb) sehingga generasi penerus Ono Niha dapat menuangkan bakat mereka (yang mungkin tidak dapat di muat di media cetak kita karena alasan tertentu)..syukur-syukur ada sponsor, sehingga pemenangnya memperoleh “hadiah” he..he..he Yaahowu

  155. 155
    philips perwira jn Says:

    aku juga alumni smp bm.

  156. 156
    arie Says:

    Aq……asli suku Nias & sekarang berdinas
    di instansi militer di Medan..
    Aq ada saran, bagaimana kalau lirik lagu2 Nias terbaru juga dimuat scr lengkap
    Sahagolo…bangkit terus Nias Ku…

  157. 157
    Berkat Says:

    buat saudara Arie
    Ide bapak sangat bagus juga cmn sebelumnya udah ada lagu2 nias pak di sini cmn emang lagunya agak lama tetapi kalau misalnya ada sama bp lagu2 terbaru nias bisa mengirim ke redaksi niasonline.
    itu aja saran dari saya.tks
    salam dari berkat ( kontributor berita situs ini di wilayah batam )
    saohagolo

  158. 158
    Leo. G Says:

    situs ini sangat bgs dan bermanfaat. GBU. ada baiknya situs ini bisa dipakai untuk arena diskusi tentang Nias demi kemajuan Nias, seperti yang dilakukan pak M Dakhi. Tolong beritahu saya di mana saya bisa menuang buah pikiran saya tentang Nias. karena saya sangat Setuju dan Seide dengan Beliau.

  159. 159
    Redaksi Says:

    Bung Leo G.,

    Tulisan/artikel dapat dikirim ke Redaksi (nias.online@gmail.com) yang akan memutuskan dimuat tidaknya di situs ini. Kalau hanya komentar singkat, silahkan tuliskan di akhir tulisan yang ingin Anda komentari.

    Redaksi.

  160. 160
    Rico Says:

    Ya’ahowu………….

    Dengan adanya yayasan ya’ahowu ini, kita sesama suku Nias yang berada di perantauan bisa memberi masukan yang terbaru dengan adanya yayasan tersebut. Disini saya hanya bisa memberi kritik sehat saja, dimana kita ketahui baru baru ini di daerah nias selatan telah mengumumkan nama para pemenang CPNS tanggal 30 Januari 2008. Namun saya kesal dengan pemerintahan bupati nias selatan beserta keroco keroconya dimana, CPNS di Nias tidak murni, tidak seperti yang kita harapakan dan juga tidak seperti yang di harapkan generasi bangsa dan cita cita bangsa ini. Saya tidak yakin bahwa saya gagal dalam ujian, krn saya tau saya mampu, tolong kepada yayasan Ya’ahowu agar saling bertukar pikiran dalam menuntas masalah terserbut. Tolong di konfirmasikan kepada para aktivis yang ada di Nias, jangan hanya berkoak koak aja, namun hendaklah anda buktikan bahwa anda adalah orang intelektual. Pengalaman saya sendiri, kali ini yang menang di CPNS Nisel, dimana temen saya terserbut berhasil padahal saat kami dulu kuliah sama, dia sama sekali tidak tau apa apa dan hingga pindah kuliah di universitas lain yang ada di medan, dan nyatanya dia memperoleh gelar sarjana dengan membeli ijazah dan ikut kuliah hanya sebagai simbol. Apakah kita menginginkan hal ini, apakah kita ingin daerah kita ini di pimpin oleh orang orang yang tidak mampu (bodoh dan tidak bertanggung jawab). Saya harap kepada sesama masyarakat Nias, bersatulah dan mari kita tuntaskan hal ini. Terutama masyarakat kita Nias banyak para sarjana, kenapa kita tinggal diam. Mana suaramu saat dulunya kuliah anda sok anggota organisasi penegak keadilan tapi kenapa kini anda diam……….?
    Semoga para pembaca dapat tergugah hatinya.
    Terima kasih banyak.

    Ya’ahowu

  161. 161
    nurul Says:

    Hallo rekan-rekan dari nias. Adakah komunitas masyarakat nias di yogyakarta? Kalau ada, bisakah saya minta alamatnya atau contact person untuk keperluan testimony program radio. Terima kasih…..

  162. 162
    akhdes wau Says:

    Yaahowu.
    Saya anak Nias di Medan dari T Dalam. Saya sangat senang melihat adanya situs NIas. artinya sangat besar, NIAS TIDAK KETINGGALAN DAN SEDANG DALAM KEMAJUAN. Saya akan mencoba menulis artikel nantinya, mungkin tentang beberapa hal yang saya ketahui, dan saya berharap redaksi mau memprtimbangkannya. Saohagolo

  163. 163
    arios Says:

    yahowu…

    saya seorang peneliti di lembaga penelitian bidang sejarah dan budaya milik pemerintah yang ada di Padang. saya alumni antropologi usu dan skripsi saya adalah tentang migrasi orang nias di Medan. saat ini saya sedang membuat penelitian tentang orang nias di Padang. saya mohon informasi – data – tentang sejarah migrasi orang nias ke padang termasuk pola pemukimannya. nama dan tanggal yang akurat tentang sejarah migrasi tersebut sangat saya butuhkan dalam penelitian ini. selesainya penelitian ini diharapkan akan mengangkat etnis nias yang ada di padang sehingga lebih dikenal orang terutama orang minang. terima kasih. yahowu..

  164. 164
    educationnael Says:

    it’s nice to visit this site, especially about nias dictionary, very usefull (related to education)…

    tq

  165. 165
    Kristof Beradab Manao Says:

    Saya senang sekali dengan adanya situs ini, memperkenalkan budaya Nias melalui dunia maya adalah merupakan langkah yang sangat tepat dan dapat memberikan gambaran tentang Nias yang sebenarnya.situs ini banyak memberikan masukan bagi saya karena kebetulan sekali saya lagi menyusun/membuat skripsi tentang sistem informasi arkeologi.terima kasih.

  166. 166
    sikho saukhu Says:

    terima kasih kepada seluruh staf BRR Nias selatan yang telah mengembangkan SDMnya Nias selatan, misalnya Mahasisw S2 dibandung, malang dan Yogyakarta walaupun tidak bertanggung jawab. Brr hanya tau merancang program tapi menyelasaikan tidak kecuali mengambil untung aja, contoh pada program S2 yang dilakukan BRR Nias selatan meraka hanya tau mengambi dana pengelolaan aja sebesar 36 juta, walaupun tak pernah dikelola tapi kantong sendiri.

    Catatan Redaksi:
    ============
    Bung Sikho Aukhu,

    Redaksi mencoba menghubungi anda lewat email yang anda tulis, tetapi ternyata ID yang anda cantumkan itu tidak dikenal di Yahoo!.

    Sebenarnya, tudingan anda terhadap BRR Nias itu jauh lebih efektif dialamatkan langsung ke BRR Nias. Sampaikan keluhan anda ke Bapak Emanuel Migo (telp: 0639-22848, email: emanuel.migo@brr.go.id Hp. 081370977109) dan kami yakin keluhan Anda akan ditanggapi dengan baik.

    Redaksi

  167. 167
    Ono Niha Zebua Says:

    Bravo Ono Niha,

    Sungguh mengesankan bergabung dalam situs ya’ahowu. Baik untuk forum diskusi masyarakat Nias baik yang di dalam maupun yang berada diluar daerah.

    Hayo…Anak Nias (Ono Niha) maju terus tunjukkan segala potensi yang ada padamu. Jangan Biarkan kita dijengkali diremehkan dan dihina karena kita Ono Niha.

    Biarlah kita ditertawakan karena logat dan bahasa kita, biarlah kita dipandang sebelahmata karena karakteristik kita dan bla…bla…bla…sebagainya.
    Sekarang yang penting kemauan untuk maju dan kembangkan segala potensi yang ada padamu untuk Nias kedepan.

    Ya’ahowu Bale….

  168. 168
    Augus Zalukhu Says:

    Ya’ahowu…
    Senang n bangga banget melihat akhir-akhir ini telah mulai banyak pemanfaatan internet untuk kemajuan Nias. Walaupun saya lihat sebagian besar memiliki kesamaan platform, tapi sah-sah saja. Saya tetap mendukung semua web maupun blog yang memang bertujuan untuk kemajuan Nias.
    Saohagolo,
    Yaahowu.

  169. 169
    Arman Zebua Says:

    Saya punya ide, bagaimana kalau sejarah , adat istiadat dan makna dan tujuan dari masing-masing seni budaya kita mis: Hombo Batu , Tari Baluse, maena, tari Moyo dlsb.dapat di tuliskan dalam situs kesanyangan kita ini sehingga masyarakat kita maupun masyarakat umum dapat memahami makna dan tujuan budaya kita tersebut.
    Saat ini kami warga Nias yang berdomisili di Kota Palembang yang tergabung dalam ORUDUA NONO NIHA SISO BA PALEMBANG ( ONSIP )punya rencana mau melakukan PAGELARAN BUDAYA NIAS di Palembang ini dengan menampilkan ” HOMBO BATU , TARI BALUSE , TARI MOYO dan MAENA.
    demikian bagi saudara yang punya kepentingan dan ingin membantu silahkan menghubungi kami
    ya’ahowu..!

  170. 170
    Redaksi Says:

    Pak Arman Zebua,

    Secara pelan-pelan hal-hal yang menyangkut adat istiadat kita akan ditayangkan dalam situs ini. Kontribusi pengunjung tentu saja diharapkan, seperti mengirim informasi kegiatan masyarakat Nias, artikel tentang budaya Nias dan sebagainya.

    Semiga PAGELARAN BUDAYA NIAS yang akan dilaksanakan itu berhail. Kita menunggu ebrita dari Anda.

    Salam,

    Redaksi

  171. 171
    R.Agus Listyowarno Says:

    Wah,saya terlambat kalau baru tahu situs yaahowu, saya pikir bagus untuk perkembangan SDM masyarakat Nias secara keseluruhan, semoga situs ini dapat bermanfaat bagi orang-orang Nias, sehingga suatu saat nanti Nias dapat sepadan dengan Batam, Singapore, amin

  172. 172
    Beatus Halawa Says:

    Ya’ahowu Nias…!

    Selamat atas keberadaan Situs Ya’ahowu ini, semoga Pulau Nias tercinta dan seluruh masyarakat Nias di mana pun berada, semakin maju dan sejahtera. Saya bangga dengan keberadaan situs ini.

  173. 173
    Vinny A. Marundury Says:

    Syaloom,

    Saya mewakili anak muda khususnya perempuan, sangat senang & setuju akan situs Ya’ahowu ini. Sukses selalu untuk kita semua. Tuhan Memberkati

    Vinny
    PT. CCM Indonesia
    YM : drury_v@yahoo.com
    Skype : marundrury_v@yahoo.com
    MSN : marundrury@hotmail.com

  174. 174
    Boroexlazarus Buulölö Says:

    Ya’ahowu fefu….

    Lebih kurang, dengan adanya situs ya’ahowu ini kalangan masyarakat nias umumnya bangga dan senang. Lo sumane somuso-muso dodo moroi khoma selain kata saohagolo jino alua.

    ba ufuli u’owai ita ya’ahowu fefu……

    Tanggapan Redaksi:
    Terima kasih atas kunjungan Anda, Bung Boroexlazarus. Kontribusi Anda kami nantikan.

  175. 175
    Tommy Says:

    Shalom,
    Saya pertama kali buka website ini, lagi cari-cari photo Nias………bung redaksi pasang dong photo-photo Nias.
    Terima kasih,
    GBU

  176. 176
    Redaksi Says:

    Yaahowu Pak Tommy,

    Beberapa foto ada di di galeri Yaahowu; silahkan klik “Nias Dalam Gambar” di menu bagian atas.

    Redaksi

  177. 177
    Ikhtiarni Daeli Says:

    g’luck…
    s’mangat….s’mangat….s’mangat…
    GBU

  178. 178
    firman zai Says:

    yahowu

    saya sangat senang bahwa ternyata situs yahowu ini mendukung kami anak2 muda yang kurang ngerti tentang nias,
    walaupun saya kelahiran nias ternyata masih banyak budaya dan liku2 pulau nias yang masih asing di mata.

    ternyata nias kaya akan banyak hal.

    sukses Nias ku.

    salam

  179. 179
    Mesih Andana Says:

    good
    kapan ya nias punya pemimpin yang tulus mengakomodir kerinduan masyarakat nias untuk mempunyai klub sepak bola?? sepengetahuan saya nias memeliki potensi besar untuk aktif dalam persepakbolaan nasional

  180. 180
    Mesih Andana Says:

    ayo dong pak bupati..
    please pak wabupati…
    yakinlah nias akan semakin maju
    klub sirombu pernah juara kabupaten
    IRM lahewa tidak kalah bagus ( dalam pertandingan persahabatan 3 Feb 2008 mampu mengungguli tim sirombu ) dan masih banyak lagi potensi potensi generasi nias yang lain …
    mereka merindukan tempat berlatih , bertanding , mereka butuh lapangan sepak bola , dan saya yakin kalau sudah ada komitmen dari para penentu kebijakan / para peminpin untuk mengerti dengan hati kerinduan mereka ( generasi nias) mereka akan semakin GANAS( Gerakan Generasi Nias yang Aktif dan Sportif)

  181. 181
    Rius Zai Says:

    Semoga niasonline bisa lebih maju lagi dan kalau boleh buat beruta terbaru tentang Nias kita, pak Bupati tolong perhatiin dong kami masyarakat kita Nias kalau boleh di Nias ini jalan yang dibangun BRR jangan hanya jalan lintas Kabupaten aja tapi jalan kedesa juga harus diperhatiin dong soalnya masyarakat kecil lebih membutuhkannnya. Ya’ahowu

  182. 182
    XII IA 1 2006-2007 Says:

    God Bless buat kita semua dan semoga Nias makin maju dan semakin takut akan Tuhan…

    ketika aku menuliskan goresan yang sedikit ini, aku diingatkan sesuatu………

    aku ingin semua sama2 bekerja untuk Nias tetapi yang paling dan paling penting kita harus sama2 sadar kita itu harus bekerja dan memberikan yang terbaik buat Tuhan…

    tahu gak, aku pernah ngerasain klu ga bersama Tuhan itu ternyata kosong banget…
    aku ingin dan pastinya Tuhan lebih ingin kita sadar dan ngerasain itu semua…

    aku ingin membangun dan dibangun oleh Nias dan itu semua tidak luput dari pekrjaan Tuhan kita…

    mendekatlah padaNya dari sekarang….

    ikhlaslah melakukan sesuatu yang berkenan dihadapanNya anggaplah kita lagi bener2 bekerja dan melakukan sesuatu yang terbaik untukNYa.
    GBU all……..

    T Y memberkati

    Disciple

  183. 183
    cardane s. nazara Says:

    Yaahowu….Melalui momentum PILGUBSU yang di laksanakan pada 16 April 2008 mari kita gunakan hak pilih kita secara cerdas bukan SARA karena pilihan kita akan menentukan nasib masyarakat nias 5 tahun kedepan. Yaahowu

  184. 184
    dr.EKO MUDI PUTRANTO Says:

    Ada msalah dengan buah hati anda tentang imunisai / vasinasi, silahkan anda mengunjungi http://www.dokter-online.co.nr klik pada artikel ibu & anak.

  185. 185
    lilya Says:

    bisa tolong bantu saya?sekarang lagi nyari2x logo gereja BNKP, dah dikutak-katik di google tapi nga nemu juga.sebelumnya saohagolo,yaahowu 🙂

  186. 186
    Redaksi Says:

    Lilya,

    Kami tidak punya, dan sampai sekarang kami juga belum berhasil menemukannya di ruang maya. Silahkan coba menghubungi kantor BNKP Nias di Gunungsitoli: Jalan Sukarno No.1, Gunungsitoli 22813, Nias, Sumatera Utara, Tel: 62-639-21 448, Fax: 62-639-232 127.

    Salam,

    Redaksi

  187. 187
    Fo'arota Telaumbanua Says:

    Yaahowu ndra Ama, Ina
    ba Talifuso fefu ba dano Niha

    Saoha gogo kho zoaya wa no so situs Nono Niha
    Edona enao ndao fao ba wo kembangko informasi Nias anda
    Uando enao mufaoheo informasi ba e_mail gu ande
    Saohagolo, Yaahowu.

    Foa Telaumbanua
    Jakarta
    Saya bergerak di bidang pendidikan
    Sedang studi S3 Teknologi Pendidikan

  188. 188
    hendrik zega Says:

    ya’ahowu…banuagu ono niha
    buat semua pembaca situs ini, sy cuma ingin berpesan kepd saudara-saudara supaya kita selalu menjunjung tinggi sifat bangga sebagai orang nias, jangan anda malu. kita juga memiliki talenta yang diberikan Tuhan sama sperti semua orang dseluruh dunia ini.mari maju bersama membangun BANUADA PULAU NIAS terlebih menjelang PILGUBSU mari kita jadikan itu sbg suatu momentun atau titik tolak ke arah / tujuan yang lebih baik.thank buat situs NIAS ONLINE, maju terus, bersama membangun NIAS.
    thank’s – GBU

  189. 189
    Pestaria Pardede Says:

    salam kepada seluruh saudara kami dari Nias,Kami dari Alumni SMA Bintang Timur 1 Balige,Minta kesediaan alumni yang berasal dari Nias,untuk memberikan data keberadaan kita ke SMA Bintang Timur Balige atau ke email kita,untuk keperluan pendataan seluruh alumni SMA kita.Terima Kasih ,Salam kepada pak Herman Laia Alumni Tahun 1971.

  190. 190
    Herman Halawa Says:

    Ya’ahowu.
    Puji Tuhan ya dengan adanya Niasonline ini kita bisa mengetahui dan saling mengenal lewat website ini, serta info-info tentang Nias. Maju terus dan lebih eksis lagi. Tuhan Memberkati.

  191. 191
    wita zend. Says:

    syallom!!!!

    semoga dengan hadirnya Niasonlineditengah-tengah kita,dapat memberi informasi yg akurat kpd masyarakat tentang keadaan Nias itu yg sebenarnya dan pada kenyataannya.shg dengan kita mengetahuinya,kemungkinan besar dapat memunculkan aspirasi baru bagi masyarakat tuk lebih giat lg dalam membangun NIas ini menjadi lebih berkualitas dan bermutu bukan utk berkuantitas saja.

  192. 192
    Fo'arota Telaumbanua Says:

    Napoleon Hill dalam Think and Grow Rich (1960) mengajarkan bahwa jika seseorang atau oragnisasi ingin sukses, maka ia harus memiliki: 1) Ke¬inginan besar untuk berhasil; 2) Keyakinan kuat bahwa sukses adalah miliknya; 3) Sikap mental positif yang ditopang oleh otosugesti yang efektif; 4) Pengetahuan khusus yang mendalam; 5) Daya imajinasi yang kuat; 6) Perencanaan yang teliti dan matang; 7) Kemampuan membuat keputusan yang jitu; 8) Ketekunan dan ketabahan menghadapi berbagai kegagalan; 9) Daya pikir yang tajam; 10) Kemampuan mengubah energi keinginan menjadi energi kerja; 11) Emosi positif; 12) Kekuatan doa; 13) Indra keenam yang berfungsi tajam; dan 14) Kemampuan mengelola enam rasa takut utama, yaitu takut miskin, takut kritik, takut sakit, takut dibenci, takut tua, dan takut mati. Meskipun Napoleon berucap demikian, namun saya yakin bahwa upaya yang kita lakukan bukanlah upaya meloloskan diri dari rasa takut, tetapi upaya untuk meningkatkan kinerja pelayanan kita ke arah pembangunan pendidikan yang berkualitas.

  193. 193
    asmayadi Says:

    Melly kau dah fitnah enak aja minta ma`af, tau kau dosanya orang fitnah, ngeri kali ………………..

  194. 194
    Deddy Kurniawan Hulu Says:

    Yahowu,
    Terlebih dahulu saya minta maaf karena saya kurang pandai berbahasa nias, tetapi saya kepingin sekali nias itu maju terus. Saya igin sekali dikirimkan gambar Kota pulau Nias, daerah tuhemberua ( kecamatan onodoo)dan gambar daerah lelewenu. Saya sangat senang kalau komentar saya di tanggapi saya tunggu ya kiriman gambarnya di email saya yang diatas

    Sawahgolo.

  195. 195
    Pdt. Mangara Sinamo Says:

    Ya’ahowu. Saya rindui, teman-teman Pendet Nias Khususnya BNKP boleh menggunakan situs ini untuk tukar informasi dan pengalaman pelayanan.

  196. 196
    Eben Ezer Lase Says:

    Ya’ahowu…!

    Scr tidak sengaja sy menemukan situs ya’ahowu ini. Rasa kangen sy pada Pulau Nias tmpat klahiran sy mnjadi cukup terobati. Hampir 23 thn sy merantau di luar P. Nias, namun hati saya ttp terpaut pd Nias, saya ingin Nias maju… terus maju. Trims bgt Team Situs Ya’ahowu yang telah menyediakan situs ini. Saya selalu tanamkan pada anak2 saya bhw dalam darah mereka mengalir darah Ono Niha. Kami di Bandung terbuka untuk kenalan, saling bertukar pikiran, dan saling membangun. SAOHAGOLO SITUS YA’AHOWU. Tuhan Mmeberkati.

    Salam kenal,
    Eben Ezer T Lase

  197. 197
    KEN Says:

    Situs ini sangat bagus, kalau boleh artikel budaya dan pariwisatanya diperbanyak.

    thanks

  198. 198
    I.Ririn Duha Says:

    Situs ini Bagus untuk mengenalkan generasi muda Nias tentang
    Nias dan budayanya . Apalagi saat ini banyak generasi muda nias yang belum mengenal Nias seutuhnya. Terus Maju agar ke depan lebih situs ini lebih baik lagi.

  199. 199
    Sebastianus W. Buulolo Says:

    Situs ini sangat luar biasa ‘coz memberi banyak informasi untuk lebih mengenal dan mencintai Nias.. Saohagölö

    ya’ahowu

    fr. bastian-wawan, cm
    http://diamsejenak.wordpress.com

  200. 200
    M. Serius Zagoto Says:

    Moga situs ini semakin berguna untuk mengetahui lebih dalam tentang Nias. Trims..

  201. 201
    andri Says:

    “Saya menyukai tampilan website Anda dengan informasi yang diberikan di dalamnya. Saya akan kunjungi beberapa waktu lagi untuk melihat informasi terbaru dari Anda”.

    Andri Abdurrohim

  202. 202
    Tima Says:

    situs ini sangat menarik sekali dan informatif. mengenal kebudayaan indonesia dari sisi pulau nias.
    thanks yah, untuk menampilkan koment saya di situs ini. Semangat dan sukses selalu.

  203. 203
    A.Lia Bate'e Says:

    Ya’ahowu………..!
    Kami infokan kepada seluruh masyrakat Nias dimana pun kita ,
    ONSIP (Orudua Ndarono Niha Siso ba Palembang)yang motori oleh ketua :Dr.Fakhili Gulo,Msi, telah sukses melaksanakan Pagelaran Budaya Nias Perdana dikota Palembang Sumatera-Selatan.Progaram ini dilaksanakn untuk mempromosikan adat istidat dan tempat wisata Nias,walaupun tanpa respon positif dari pemerintah daerah Nias dan Nias Selatan yang telah kami berikan informasi akan dilaksanakannya Pagelaran ini.
    Perlu kami informasikan bahwa selain tujuan diatas, pagelaran ini juga kami laksanakan untuk ikut partisipasi dalam program Pemerintah yaitu :Visit musi 2008 dan Visit Indonesia Year 2008.Ya’ahowu.

  204. 204
    Ginny L.Moningka,ST Says:

    senangnya ada situs yg bisa mengobati sedikit kerinduan saya akan pulau nias.semoga tambah variatif lg dan tmbh cakep trus.hehe.salam buat org2 nias.

  205. 205
    Yasi Says:

    Yaahowu,

    Saya senang akhirnya ketemu situs ini, bisa jadi obat kangen di rantau. Semoga semakin banyak informasi perkembangan dan kemajuan Nias melalui situs ini. Jika ada yang mau diskusi tentang perkebunan, dengan senang hati saya akan share. Ok met’bekerja semua.Gbu

  206. 206
    A. Vishe Zebua Says:

    Saya selaku ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur, sponsor dan siapa saja yang telah memberikan bantuan sehingga Pagelaran Budaya Nias di Palembang telah dapat kami laksanakan dengan baik & sukses.
    ya’ahowu.

  207. 207
    Devi Christine zedrato Says:

    Ya^ahowu

    Trims ama pihak yg bersusahpayah membuat website ini. kami yg ngk pernah tau tentang NIAS, jadi nya banyak tau. Perbanyak lagi informasi nya ya…kami di sini haus dgn berita, sejarah dan budaya NIAS. Saya ingin tau tentang MAENA.Terus, Menurut OrTu saya, Ada satu adat di NIAS, sewaktu berlangsungnya adat perkawinan, ada acara di mana kedua pihak mempelai(di wakili) saling berbalas pantun. bisa ngk saya tau informasi nya dr website ini? terus, kenapa pengantin perempuan harus di TANDU? apa arti nya? Thanks

    Maju Nias
    Devi Christine Zedrato

  208. 208
    Redaksi Says:

    Sdri Devi Christine yang baik,

    Terima kasih atas kunjungan ke Situs Yaahowu.

    Situs Yaahowu berupaya menampilkan berbagai informasi tentang Nias seperti Anda bisa baca di sejumlah topik: Bahasa Nias, Budaya, Diskusi Online, Publikasi, Sosok dan Wawancara.

    Berkunjung ke Nias dan membaca buku atau artikel tentang Nias bisa membantu Anda mengenal lebih jauh tentang Nias.

    Di Youtube sudah ada sejumlah vidio manena Nias. Dengan menggunakan Google, klik menu Video lalu masukkan kata kunci “maena nias” dan kliklah “Search’. Google nanti akan membawa Anda ke situs Youtube yang menampilkan vidio maena Nias.

    Informasi tentang tahapan-tahapan dan berbagai kegiatan dalam perkawainan adat Nias akan kami usahakan penayangannya dalam situs ini. Bersabar.

    Tentang ‘famahea’ pengantin perempuan (ni’owalu atau bene’ö) dalam budaya Nias, kami tidak dapat memberikan informasi yang lengkap, namun kami coba secara singkat.

    Beberapa tahun lalu, kami menanyakan hal ini kepada salah seorang tokoh adat di Nias. Beliau mengatakan ‘famahea’ berkaitan dengan ‘kehormatan’ pihak keluarga bene’ö dan kehormatan bene’ö itu sendiri.

    Bene’ö yang masih gadis (belum pernah menikah sebelumnya), akan diusung dari rumah orang tuanya ke rumah orang tua pihak pengantin laki-laki. Ini melambangkan bahwa gadis itu masih bersih dan suci. Inilah kehormatan kepada gadis yang menjadi bene’ö itu. Kepada pihak keluarga bene’ö, ‘famahea’ juga merupakan kehormatan, kehormatan karena mereka berhasil menjaga anak gadisnya selamat sampai pada pesta pernikahan itu.

    Pengantin yang sebelumnya ketahuan berzinah, dan pengantin janda tidak akan diberi kehormatan itu.

    Pengantin perempuan dari suku lain (yang pesta nikahnya misalnya dilakukan di luar pulau Nias), tetap diberi kehormatan itu asal dia bukan janda. Beberapa saat menjelang sampai di rumah pihak laki-laki, mereka disambut oleh para pengusung. Selanjutnya penganten perempuan diusung sambil faritia dibunyikan. Dan pesta secara adat Nias juga akan diselenggarakan.

    Kini, dalam pesta-pesta perkawinan mobil pengantin tersedia. Apakah ‘famaeha’ masih dipertahankan ? Ya, tetap. Karena ini menyangkut kehormatan gadis dan pihak keluarganya.

    Caranya ? Beberapa saat setelah mangona (pamit) dari orang tuanya, bene’ö tadi diusung mulai dari pekarangan tempat pesta ke lokasi di mana mobil pengantin tadi menunggu. Jaraknya bisa saja hanya beberapa puluh meter, itu bukan masalah. Yang penting, lambang kehormatan itu tetap dilakukan. Hal yang sama akan dilakukan juga menjelang sampai di rumah pihak marafule (pengantin laki-laki).

    Catatan: Kalau tak salah, tak semua daerah di Nias memiliki tradisi ‘famahea’ ini. Jadi informasi di atas berlaku bagi daerah-daerah yang mengenai tradisi ‘famahea’.

    Salam,

    Redaksi

  209. 209
    Devi Christine zedrato Says:

    Saudara Redaksi Yth,

    terimakasih atas informasih nya. Saya amat bangga menjadi ONO NIHA. tp sayang, saya kurang faham bhs Nias. Tp dgn ada nya kamus bhs Nias,(di website ini) saya dan saudara2 saya bisa belajar bhs Nias. Bapak Saya bilang, kami dr Afulu, Lahewa. Di sana ada Adat FAMAEHA. Alangkah bagus nya klu semua Putri dr NIAS bisa melalui Adat FAMAEHA.
    Mudah2an ada diantara saudara/i saya yg akan melalui adat FAMAEHA. Redaksi yth, dgn ada nya website ini, keluarga kami yg udah ninggalin NIAS thn 1985, jadi ingin pulang NATAL 2008(Kalau TUHAN izinkan). Website ini telah membangkitkan kerinduan pada TANO NIHA. Terimah kasih. Teruskan Perjuangan.

    SALAM

  210. 210
    EDISON ZAI, S.Pd Says:

    Sallom….ya’ahowu !
    Saya sangat bangga setiap singgah di Situs ini, ada brita yang selalu baru dan menarik tentang daerah Nias.
    Saudaraku……..
    “Marilah kita bersatu untuk bisa membangun daerah Nias yang kita cintai ini…..SELAMAT BERJUANG”.

  211. 211
    Kady Gulo Says:

    Ya’ahowu Fefu……….!!
    Moga dengan adanya situs ini… Generasi muda Nias yang kurang tau dan mengerti akan keadaan Nias seutuhnya bisa menjadi lebih tau dan punya kerinduan untuk membangun Nias yang lebih baik.

    Tuhan Memberkati.

  212. 212
    Pani-Ari Says:

    Wah …bagus situs ini ..topiknya juga bagus-bagus .

    Selamat berkarya ya !
    Semoga sukses !
    Pro Deo et Patria !

  213. 213
    Karsa Says:

    ya’ahowu……….!!

    situs ni memang betul bagus adanya (it’s very2 good )
    kita bisa bergabung dan mengenali Nias Kita yang sekarang ini sedang dalam tahap pambangunan.

    SUKSEKAN NIAS KITA TERCINTA………..!!

    NIAS
    GBU 4ever

  214. 214
    anggreni Says:

    Saudara Seiman dan Seperjuangan

    MARI KITA WUJUDKAN NIAS YANG BARU,LEBIH DISPLIN DAN PENUH DENGAN KEADILAN.

    Anggreni
    Nias
    Orahili Fau

  215. 215
    M. Laoli Says:

    Salom Ya’ahowu.
    saya ingin menyusun buku stambuk marga Laoli, tolong bantuannya ya,,,, email ke lawlee2199@yahoo.co.id atau 081396930580
    saya tunggu….
    Ya’ahowu

  216. 216
    Ryan Vandamme Says:

    Ya’ahowu,, salam kenal..

    Boleh dapat info ttg penerimaan CPNS thn 2008?

    Thanks before

  217. 217
    Y@rM4n G3A Says:

    Syalom…kak nony…mudah-mudahn k2 masih kenal ma aku, aku yarman dari NIAS anggota persekutuan PPP(Persekutuan pemuda Pasar) adeknya kak lely gea…dah lama saya nggak tahu keadaan k2 akhir-akhir ini…
    gimana kuliahnya di JERMAN…fine2 ajakan…
    aku senang dah tahu situs k2 so kapan kapan saya browsing lagi..tapi saya harap setelah baca buku tamu ini..k2 senang mau ngirimkan alamat e-mail k2 coz biar lebih friendly lagi..
    kalo bisa k2 kirim foto-foto k2 yang di…mana aja deh spesial yang di Jerman..OK…..
    Aku pingin banget seperti k2 bisa pergi ke Jerman…
    sekarang aku Kuliah di Jogjakarta..jurusan Ilmu Komputer..
    …………….GBU…………….

  218. 218
    aro. w Says:

    Yaahowu…!

    Saya ucapkan banyak terima kasih kepada redaksi niasonline khususnya buat abang Ama Yohan Halawa yang telah merespon berita duka cita beberapa waktu lalu ….di sini kami warga kalimantan tetap mengambil sikap untuk tetap menjunjung tinggi adat budaya kita yang positif sebagai warga nias yang di perantauan khususnya yang berdomisili di Kalimantan timur.

    Sukses selalu buat niasonline….!

    Kiranya kasih persaudaraan ini tetap abadi selamanya….Amin

    aro.0910@gmail.com

  219. 219
    Tema'aro Hulu, ST Says:

    Ya’ahowu…!
    Saya sangat bangga sebagai warga Pulau Nias karena di situs Ya’ahowu banyak memuat tentang berita Nias, semoga berita-berita terkini Nias dapat ditayangkan kembali. Terutama berita Pemerintahan, Sosial Ekonomi dan Pembangunan. Semoga dukungan dan kerjasama yang baik dari masyarakat Nias, Pulau Nias dapat sejajar dengan daerah lainnya.

    Semoga kasih dan persaudaraan kita tetap abadi sampai selama-lamanya.

  220. 220
    delau Says:

    tolong donk dilengkapi situsnya dengan lowongan kerja yang ada di nias. kita yang baru lulus di perguruan tinggi, ingin pulang ke nias tp tidak tau mau kerja apa nantinya disana. thanks banget

  221. 221
    lkm Gulo Says:

    mohon informasi mengenai tempat komunitas orang nias yang di surabaya

  222. 222
    filomena Says:

    Salut untuk “situs ya’ahowu” yang mengkhususkan diri untuk memperkenalkan budaya Nias yang unik. Saya tertarik untuk lebih mengenal nias, khususnya bahasanya yang begitu asing…, ada buku pelajaran bahasa niaskah? Barangkali untuk tingkat SD, SMP? Ada kamusnyakah?

  223. 223
    filomena Says:

    Maaf kalau kurang tepat menulis di ‘buku tamu’, saya mencarai seorang teman lama Baziduhu zebua yang saya kenal sekitar 36 tahun lalu di radio el-shinta jakarta, ada informasikah?

  224. 224
    Redaksi Says:

    Bu Filomena,

    Buku pelajaran Bahasa Nias rasanya ada tapi terbatas sekali peredarannya, dan kami tidak bisa menginformasikan lebih lanjut ke mana Ibu harus mencarinya.

    Kamus Nias Online dapat diakses di sini. Pelajaran Bahasa Nias ‘online’ ada juga dalam situs ini, walau masih sangat terbatas. Silahkan melihat topik: Bahasa Nias.

  225. 225
    Fofo'usö Says:

    Untuk Bapak/Ibu (???) Filomena:
    Teman Anda yang bernama Baziduhu Zebua, beliau kemungkinan besar adalah saudara sepupu saya. Bagaimana saya dapat menghubungi Anda untuk konfirmasi apakah teman Anda yang Anda maksudkan itu adalah benar saudara sepupu saya?

    Barangkali juga redaksi Situs Ya’ahowu dapat membantu memfasilitasi komunikasi kami dalam hal ini. Saya merasa kurang etis untuk menulis informasi detail mengenai orang yang dimaksud di forum ini.

    Mohon maaf kalau kurang berkenan.

    Salam

  226. 226
    filomena Says:

    Ya’ahowu! Luar biasa sekali, baru saja saya singgah pertama kali di buku tamu, saya sudah mendapat tanggapan yang hangat. Ini khas orang Nias yang saya kenal selama ini, tanggap dan hangat. Terima kasih saudaraku. Terima kasih juga pada redaksi yang sudah memfasilitasi komunikasi lebih lanjut untuk pencarian teman lama saya. Kalau tentang bahasa Nias apakah tidak seperti bahasa daerah lainnya yang diajarkan di sekolah negeri? Kalau memang sulit, saya mungkin harus pelan-pelan saja dulu mengikuti lewat kolom bahasa Nias di Situs Ya’ahowu ini. Salam.

  227. 227
    Adein Says:

    Salam knal & met pagi.Kok info Perguruan Tingginya gak ada? Klo info PT di luar gak ada,paling gak PT yg di nias dounk.pasti bnyk anak2 nias yg pengen tau.di tunggu ya…tq.

  228. 228
    Fofo'usö Says:

    Untuk Bapak/Ibu Filomena (???):

    Ma’af saya bukan salah seorang dari tim redaksi Situs Ya’ahowu, saya adalah salah seorang pengunjung biasa, sama halnya dengan Bapak/Ibu Filomena.

    Tanggapan saya di atas sepintas memang terkesan seolah-olah saya adalah salah seorang anggota tim redaksi Situs Ya’ahowu yang hendak memfasilitasi komunikasi Anda untuk mencari teman lama Anda tersebut.

    Sebenarnya tanggapan di atas bermaksud meminta informasi dari Bapak/Ibu Filomena agar saya dapat menghubungi Anda, sekaligus meminta bantuan redaksi situs ini, barangkali saja redaksi dapat membantu memfasilitasi komunikasi antara saya dan Bapak/Ibu Filomena, mungkin melalui e-mail atau cara lainnya, untuk memperjelas informasi mengenai teman lama Anda yang Anda maksud.

    Saya memang mempunyai saudara sepupu dengan nama yang Anda sebutkan itu. Dulu pada tahun 1970-an beliau tinggal di Jakarta.

    Salam

  229. 229
    filomena Says:

    Selamat pagi dari Jakarta untuk”bung” Fofo’uso!
    Saya juga faham koq bahwa Anda bukan anggota redaksi Situs ini, dan karenanya saya sekedar menyapa saja disini dan SUDAH MENGIRIM EMAIL ke alamat email Anda yang diberi oleh Redaksi Situs Ya’ahowu, atau belumkah diterima? Salam.

  230. 230
    Fofo'usö Says:

    Untuk Ibu Filomena:
    Saya sudah membalas e-mail Anda.

    Untuk Redaksi:
    Terima kasih atas bantuannya.

    Ya’ahowu

  231. 231
    junaedi Tinambunan Says:

    pendaftaran diUSU kapan terakhir,apa yang perlu dilengkapi..?
    Bisa gk lulus tanpa bimbingan dulu apa sarannya.?

  232. 232
    TAWIL FAU Says:

    Yaahowu…
    seneng deh … ketahuan ada web nya nias ,
    nah kita nya bisa baca – baca tentang pulau nias lewat internet…
    thanks…
    tawil

  233. 233
    bahagia home Says:

    yaahowu tano niha
    tetap semangat untuk membangun nias kita tercinta
    moroi ba happy genk in medan

  234. 234
    Ndruru-r Says:

    saya sangat terlambat mengetahui adanya situs ya’ahowu namun tidak salah kalau saya ucapkan selamat karena saya tau bahwa situs ini pasti punya andil besar untuk pembangunan Nias sekarang dan Nias masa depan. Kiranya situs ini menjadi sarana komunikasi untuk membangun Nias terutama pembangunan sdm yang sangat dibutuhkan di Nias. Ya’ahowu.

  235. 235
    anthon Says:

    saya salute and respect… dengan adanya situs ini, saya berharap bagi teman-teman anak Nias (khususnya anak-anak muda) semoga digalakkan lagi situs-situs lain yang berhubungan dengan Nias baik Nias induk maupun Nias selatan, sehingga Nias dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang bukan hanya nasional tetapi juga internasional.
    ayooo….kini saatnya kita buktikan kepada Dunia melalui IT bahwa anak-anak Nias mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang lain.
    Okeyyyyyyyyyyy……….
    God Bless us

    Anthon
    Medan-SUMUT

  236. 236
    admin Jaket Kulit Says:

    Informatif sekali webnya, semoga perekonomian Nias terus berkembang terutama UKM nya, seperti halnya kab Garut Jabar yg UKM nya terus maju dengan salah satu produk unggulannya jaket kulit dari bahan kulit domba silahkan kunjungi http://www.jaket-kulit.com

  237. 237
    Yan Stefanus Ziraluo, SKM Says:

    Perkenalkan saya mahasiswa S2 AKK Epidemiologi, dosen swasta di salah satu perguruan tinggi di Medan. saya senang bergabung dengan rekan2 di Situs Ya’ahowu.

    Salam hangat untuk kita semua anak nias “ono niha”
    Ya’ahowu.

    Masyarakat Nias dan Nias Selatan harus bangkit dari keterburukkan dalam berbagai aspek kehidupan.
    Dalam hal ini saya menyoroti masalah kesehatan.
    Masalah kesehatan hanya menjadi angin lalu, tidak disinggapi secara tegas dan profesional.
    Hal ini terlihat dari pengalaman saya ke lapangan dalam rangka survei imunisasi, analisa situasi kondisi puskesmas dan dinas kesehatan.
    Tidak dapat disembunyikan lagi, bahwa kebanyakan tenaga kesehatan tidak terlatih dalam imunisasi. Banyak vaksin imunisasi yang rusak karena ketidaktahuan dan juga lebih parahnya yaitu “ketidak mautahuan”
    Sistem Pencacatan dan pelaporan yang masih kacau balau dapat ditemukan langsung ke lapangan. sSlahkan dibuktikan secara langsung ke lapangan, semoga hal ini dapat menggugah hati nurani kita bersama.
    Sampah????
    Inilah yang tidak jarang dijumpai di Nias maupun di Nias Selatan.
    Sampah banyak bertebaran dan bahkan kebiasaan membuang sampah di sungai merupakan budaya yang harus ditindaklanjuti, bukan hanya serua saja, akan tetapi perlu peraturan daerah yang tegas disertai dengan sangki yang tegas.
    Semoga apa yang menjadi keluhan dan saran saya ini perlu dipertimbangkan dengan tegas oleh penentu kebijakan, rapatkan barisan anak nias, buat perubahan yang besar buat Pulau Nias.
    Sa’ohagolo
    Ya’ahowu

  238. 238
    Yan Stefanus Ziraluo, SKM Says:

    Mari bangun Nias dan Nias Selatan, dimulai dari sekarang bukan besok dan besok dan besok……
    Mari beri sumbangan pemikiran sesuai keilmuan yang dimiliki.

  239. 239
    IMAS NURHAYANI,SE Says:

    SALAM KENAL
    Mari Begabung dengan DRONT KOMUNITAS INDONESIA SATU (FKI-1). Untuk lebih mengetahui kegiatan dan AD/ART FKI spt dilihat di Website:www.apindonesia.com.
    Ketua DPP FKI-1
    M.Julian Manurung
    Sekretariat:Gd.Dewan Pers.Jl.KebonSirih No;32-34 Jakarta Pusat. Tlp:0213503349, 3864167. 0818798586. Email:satufki@gmail.com. Website:www.apindonesia.com.

  240. 240
    p.j.ziraluo Says:

    Saya mengucapkan selamat kepada situs “yaahowu”, semoga dapat memperkaya wawasan para pengunjung situs ini mengenai Nias dan Nias Selatan. Saya dapat membantu memberikan pendapat di bidang hukum sepanjang mengenai permasalahannya tidak sedang disidangkan oleh Pengadilan.
    Yaahowu.
    p.j.ziraluo,
    Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli.

  241. 241
    Redaksi Says:

    Pak Ziraluo,

    Terima kasih atas kunjungan Anda ke Situs Yaahowu. Tentu saja kontribusi Anda tentang hukum adat Nias dan yang terkait kita harapkan dan sambut baik.

    Salam,

    Redaksi

  242. 242
    Melin Says:

    Kasihan pemda sekarang jadi bulan-bulanan pengkritik. Padahal sebenarnya merupakan kesalahan pemerintah di era Orde Baru. Apalah yg bisa dihasilkan dengan anggaran yang terbatas itu.
    Saran saya, pemda terutama pemda yang daerahnya agak ketinggalan harus melakukan 2 fungsi tambahan diluar tugas pokoknya:
    1. Merekrut, melatih dan mengirimkan tenaga kerja keluar negeri. Dalam hal ini pemda harus menempatkan petugasnya untuk kordinasi dengan Depnaker, Deplu dan perusahaan-perusahaan di luar negeri. Bila perlu pemda menempatkan 1 orang stafnya di tiap negara maju. Sebagai imbalannya gaji pekerja tsb dipotong antara 10-20% untuk pemda.
    2. Mendirikan unit-unit usaha untuk pasar nasional atau global yang keuntungannya bisa dinikmati masyarakat warga sendiri.

    Catatan: Redaksi telah memotong bagian iklan dari komentar ini. Buku Tamu Situs ini tidak dimaksudkan untuk iklan. (Redaksi)

  243. 243
    anthon Says:

    Saya pikir membangun Nias dan Nias Selatan bukan hanya mutlak tugas Pemda saja tetapi tugas segenap masyarakat, LSM-LSM setempat sebagai badan yang mengawasi, saya pikir kita harus merenungkan pepatah mantan presiden AS “Roosevelt” Jangan Pikirkan apa yang Negara berikan kepada saya melainkan apa yang saya berikan kepada Negara.
    atau……………
    Jangan Pikirkan apa yang Nias berikan kepada saya melainkan apa yang saya berikan kepada Nias.
    saatnya Nias dan Nias Selatan Bangkit, Ya Bangkit dari krisis berbagai bidang, baik krisis Agama, Ekonomi, Hukum dll.
    yang kita butuhkan saat ini rasa Nasionalitas pada daerah dan perbuatan yang nyata.
    Selamat Berjuang bagi anda yang merasa hak-hak masyarakat Nias dan Nias Selatan kebetulan saya berasal dari Daerah yang saya cintai Nias selatan (Kec. Pulau-Pulau Batu/Tello)belum terpenuhi sebagaimana yang diamanatkan oleh UUD 1945
    Good Bless Us.

  244. 244
    A.Yansen Mendrofa Says:

    selamat untuk situs Yaahowu.

    Situs yaahowu dengan lambang burung BEO mengingatkan saya akan burung beo yg terkenal Pintar berbicara,bahkan terkenal dengan membawa emblem P.NIAS
    Beo nias merupakan burung kebanggaan kita,namun belakangan ini sangat disesalkan karena kondisi burung beo ini telah langka di pulau Nias.Ini disebabkan ulah oknum2 yg mengambil keuntungan sesaat tapi akibatnyasangat fatal,sehingga menimbulkan kepunahan.Perlu diketahui bahwa burung beo adalah burung yg dilindungi oleh hukum.ADakah usaha2 pemerintah P.Nias untuk mau mempertahankan populasi beo nias sehingga bukan hanya menjadi lambang daripada semboyan misalnya Situs Yaahowu atau yg lain.Melalui situs ini kiranya ada yg tergerak hatinya untuk menghimbau orang yg punya akses untuk mulai melestarikan burung beo,sehingga dapat diketahui atau dikenal oleh anak cucu.
    Atas perhatian seluruh masyarakat Nias mudah2an Nias makin dikenal melalui burung BEO.
    Yaahowu.

  245. 245
    aLi Says:

    selamat buat situs yaahow…

    saya berharapsupaya melalui situs ini, kita dapat terikat satu sama lain supaya kita terus teringat dan bertindak untuk membangun nias tercinta kita
    http://genalmadep.blogspot.com

    GenalMadep

    🙂

  246. 246
    Yan Stefanus Ziraluo, SKM Says:

    Terima kasih buat p.j.ziraluo atas keringanan langkah dalam membuka cakrawala kita anak Nias tentang permasalahan hukum di Nias. Sangat ditunggu artikel dari p.j.ziraluo mengenai perspektifnya tentang penegakan hukum di Nias.

    Ya’ahowu

  247. 247
    Faulu Aro Putra Hulu Says:

    Yaahowu,
    Salam sejahtera untuk semua,
    Hari ini saya baru tahu kalau ada situs seperti ini. Situs ini sangat membantu mengetahui tentang Nias, apalagi seperti saya yang berdomisili di JaBar.

    Btw, saya berprofesi sebagai karyawan swasta sekaligus bogger yang mengkhususkan diri pada hal Kekristenan.

    Yaahowu
    Faulu Aro Putra Hulu

  248. 248
    IMAS NURHAYANI, SE Says:

    SALAM KENAL.
    Dengan FRONT KOMUNITAS INDONESIA SATU (FKI-1), Ormas Independen. Untuk lebih mengetahui kegiatan dan AD/ART FKI-1 dapat dilihat di Website:www.apindonesia.com.
    Terima Kasih. Imas Nurhayani,SE
    Sekretariat:Gd.Dewan Pers. Lt.5. Jl. Kebon Sirih No:32-34 Jakarta Pusat. Telp:0213503349, 3864167, 0818798586. Email:satufki@gmail.com.

  249. 249
    Fondraradodo Ndruru Says:

    Salam Ya’ahowu …..!

    Saya Sangat bangga dan salut atas Kerja Cerdas dari rekan-rekan Tim Redaksi Situs Yaahowu: E. Halawa, Etis Nehe, Ilham Mendröfa, Noniawati Telaumbanua, Yudhykana Laia, Fidelis Harefa, Victor Zebua, Autha Zega, Berkat Jaya Lase dan juga kepada Web-Master, semoga dengan adanya Situs yang Sangat Luar Biasa ini dapat memberi berbagai informasi buat kita yang cinta akan Pulau Nias.

    Dan Salam kenal buat seluruh Sahabat Pembaca Situs Yaahowu,semoga keSUKSESan yang Dahsyat Luar Biasa menyertai aktifitas Sahabat sekalian.

    Salom….!

    Fondraradodo Ndruru
    Ama Haga Ndruru.

  250. 250
    FAIGIZARO ZEGA Says:

    Selamat Sore, Situs Yaahowu,
    Sedih deh hati saya, siapa nyangka nias sudah dikenal di dunia maya, saya baru tau sekarang, trmksh Yaahowu, kedepan saya akan berinteraksi ke Situs ini. Sekali lagi Saohagolo.

  251. 251
    Redaksi Says:

    Silahkan, Pak Ama Haga, berkontribusi buat Situs Yaahowu. Kehadiran Nias Cyber Media gagasan Anda beberapa tahun lalu sedikit banyak mengilhami hadirnya situs ini.

    Salam,

    Redaksi

  252. 252
    liena Says:

    Yaahowu
    saya sangat senang bisa melihat dan browsing tentang Nias, thnx untuk orang-orang Nias yang sudah bisa membuat situs Nias, saran saya kalau boleh dibuat artikel yang bisa lebih membuka cakrawala kita sebagai orang Nias bahwa jangan hanya keindahannya saja yang diperlihatkan, namun adakalanya redaksi bisa menampilkan potret buram masyarakat kampung kita yang semakin memprihatinkan apalagi dengan keadaan sekarang.

    Kalau boleh sesekali dibuat artikel mengenai masih banyaknya keterpurukan di kampung-kampung terutama pada perempuan dan anak-anak perempuan Nias. Yang mungkin dengan artikel ini bisa menggugah hati para pembaca sehingga benyak muncul opini-opini publik yang kritis dengan keadaan Nias yang sebenarnya, sehingga bisa menjadi batu sandungan para masysrakat Nias yang ada diperantauan untuk membuka mata dan hati kalau ternyata kita di Nias masih perlu memperhatikan hal-hal demikian, dan bisa sedikit demi sedikit membawa perubahan pada tradisi kita yang masih kental dan tertutup. thnx, GBU

  253. 253
    Phiet_muaniss Says:

    Ya’ahowu.
    Salam kenal untuk masyarakat Nias. Salut Untuk Nias Island yang sudah membuat situs. Saya ingin tau bagaimana culture masyarakat nias yang selama ini menjadi perbincangan orang, dengan adanya situs ini membuat saya tau akan budaya – budaya nias. Saya bukan orang nias, tapi saya ingin tau tentang kebudayaan yang ada di indonesia terutama nias.

    Semoga dengan adanya situs ini dapat membuka akses kita menjadi lebih luas. Amin

  254. 254
    admin jaket-kulit.com Says:

    Nias…indah sekali alamnya jaga kelestariannya yah… n smoga masyarakatnya sejahtera salam….

  255. 255
    p. allan duha Says:

    YAAHOWU NIAS

    Wah senang sekali dengan adanya website tentang nias,jadi lbh banyak tau tentang nias dan budayanya,ceritanya saya udah lama kangen tentang nias,semoga putra putri nias bisa maju dan terbuka pola pikirnya demi memajukan daerah dan melestarikan warisan budaya serta potensi wisatanya,siapa lagi kalo bukan orang nias itu sndiri yg bisa memajukan daerahnya.succses ya untuk situs yaahowu.SAOHAGOLO GBU

  256. 256
    Imanuel Waoma / A. Vista Says:

    … hei faluha ita ……….”yaa howu”

    Nias sangat terkenal akan keindahan alam dan panorama laut. kalau di bali terkenal dengan Pasir panatai Sanur, di Nias terkenal dengan pantau Langgundi. Masyarakat Nias Selatan tidak asing lagi akan pemandangan laut dan pantai sangat indahhhhhhhhh.

    Tak perlu jauh pergi ke P. Bali, cukup di Langgundi. Puas dan berslancar …………., bagi masyarakat mancanegara, atau toris domistik yang pergi ke Nias jangat lupa kunjungi Kecamatan bawomataluo, Hilisiamaetano, Onohondo dan Hilinawalo. Disana kita meligat keajaiban nenemoyang mendirikan OMO NIHA ( Rumah adat) dengan megah. Tarian Maena, Hoho dan lompat batu dapat disaksikan kapan pun, asal komunikasi dengan kepala Adat……… saya wong nias lhooo, moroi DS. Bawogosali. Neng saiki urip neng JOWO. P. Semarang- Timur. yang mau ke jawa mampir, tapi bawa beno-beno.

  257. 257
    ir.penyalai Says:

    salam buat rekan-rekan yang yang ada di nias dan jadikan momen yang terjadi sebagai bentuk perubahan nias menuju masa depan yang lebih baik mari kita bersama-sama membangun nias menjadi salah satu suku bangsa yang besar

  258. 258
    Amonio Halawa Says:

    Saran:
    1. Webnya terlalu lambat, karna terlalu banyak fitur2 yang tidak perlu.
    2. Tampilan webnya terlalu monoton dan ramai
    3. tolong disediakan menu Download untuk lagu lau nias

    Yaahowu

  259. 259
    Andry Says:

    Salam kenal buat rekan2 di Nias semua, barangkali ada rekan2 yang ingin kemudahan isi pulsa & dapet bonus infonya klik aja http://www.klikdynasis.net/?id=an6859

    NB, buat temen saya Marianus rangga waktu kuliah di malang,kirim2 kabar kesini: andry.ind@gmail.com
    Makasih,

  260. 260
    Nestor Chariman lase Says:

    wah…luar biasa kalau nias sudah tampil di dunia maya.maju terus n semoga situs ini menjadi berkat bukan hanya bagi kita orang nias tapi juga bagi seluruh dunia. usul saya, berita2 yang ditampilkan bukan hanya dari bidang politik, sosial dan budaya tapijuga berita2 rohani. satu hal lagi, situs ini tidak secara kebetulan tampil di dunia maya tapi atas kehendak Tuhan agar melalui ini pulau nias penuh kemuliaan-Nya. kita semua rindu pulau Nias dimenangkan bagi Tuhan. ia kan….? hehehehehehe ok…I lv u all / niasisland.

    oh..ia, bagi teman-teman yang ada di nias maupun dimanapun berada, yang ingin berbagi cerita, kirimin kabarnye di emailq : nestorlase@yahoo.com. thank`k. God bless you.

  261. 261
    banua Says:

    omuso dododa fefu metola so Nias ba dunia maya

  262. 262
    Pirhot Sitompul Says:

    Yaahowu,Horas kata halak hita ditapanuli…Sibolga Nauli…!
    Saya sebagai perantau anak sibolga sangat bangga. Ternyata Pulau Nias(nias)telah berbenah diri, dengan dunia mayanya.Situs pemkot sibolga tidak selengkap pemkot nias Saya sendiri anak Sibolga belum pernah ke Kota Nias (Gunung sitoli) tapi dulu semasa SLTA di Sibolga, saya banyak teman dari Gunung Sitoli menuntut ilmu di Sibolga tapi sekarang mungkin sudah berkurang kali ya …. sebab Inprastruktur Sekolah di Nias sudah cukup maju dan lengkap.Harapan saya sebagai mudah-2an pemda nias dan jajarannya lebih intensive lagi membangun nias keseluruhan sehingga dimasa masa yang akan datang nias benar-2 dikenal dunia secara utuh. tourisma mancanegara akan berlomba ke nias mengingat panorama lautnya yang sangat indah dal bagus untuk berselancar dllnya. Oh ya loncat batunya masih dilestarikan bukan……!
    Pak ini hanya saran : Bagaimana kalau bahasa niasnya ditransfer ke Indonesia, kan orang lebih banyak tau artinya. Sekali lagi selamat atas dunia mayanya. Jaahowu…..Horas….! Tuhan memberkati A3n

  263. 263
    Redaksi Says:

    Horas, Pak Sitompul, dan terima kasih atas kunjungan ke Situs Yaahowu.

    Sibolga adalah kota indah di tepi Barat Pulau Sumatera yang tidak asing lagi bagi masyarakat Nias. Sebelum angkutan udara diperkenalkan di Nias, Sibolga merupakan ‘pintu masuk’ utama ke daratan Sumatera. Tidak mengherankan bahwa masyarakat Nias dan masyarakat Sibolga dari dulu selalu berada dalam suasana persaudaraan. Gunungsitoli dan Sibolga tak henti-hentinya saling memandang dari kejauhan.

    Tentang saran Pak Sitompul tentang Bahasa Nias, kita akan perhatikan, di tengah keterbatasan kami. Pak Sitompul bisa melihat Kamus Nias online yang tautannya di sebelah kanan atas halaman utama situs ini.

    Ya’ahowu, Horas.

    Redaksi

  264. 264
    ellysurjati Says:

    ceritanya sungguh mengesankan. semua peristiwa dibalik itu pasti ada hikmahnya. disini saya juga ingin berbagi cerita dgn teman-teman ttg penderitaan papa melawan kanker di http://www.ellysurjati.blogspot.com thanks. horasssssssss…….

  265. 265
    Harriasal Tumori Zebua Says:

    Syaloom dalam nama Yesus juru slamat kita Amen

    Saya Harri tinggal di Depok, Saya sangat senang setelah tau situs Yaahowu ini dan saya sangat ingin sekali berga bung sebagai anggotanya, Tapi saya minta maaf sebelumnya karena saya kurang mengerti dengan bahasa asal saya sendiri,

    Setelah buka situs ini dan banyak hal yang saya belum tau sebelumnya menjadi tau
    Seperti ajakan untuk bergabung dengan Provinsi Tapanuli, Saya harap para petinggi Nias jangan sampai ikut bergabung dengan Provinsi Tapanuli apa Bila provinsi tapanuli tidak mau mencantumkan Nama NIAS pada nama Provinsi tersebut.

    Maju terus Pulau nias dan anak anaknya Tuhan memberkati Kita semunya.

    Salam Hormat saya

    Harriasal Tumori Zebua

    Jl Kapuk Gg Sirsak no 23 RT01/03
    WISMA Trisiwi Kel. Pondok Cina
    Kec.Beji Depok

    Kota madya Depok Jawa barat 16424

    Tlp 021 91903369, 021 78849389

  266. 266
    Yedida Zai Says:

    Yahowu…
    Saya sangat senang bergabung di situs ya’ahowu ini. jadi apa yang dikatakan orang luar dr nias,bahwa nias itu primitif,trus mereka tinggal dihutan-hutan.sekarang nias telah membuktikan bahwa apa yang mereka katakan selama ini tak seperti yang mereka pikirkan,buktinya nias sekarang dah maju loh,dunia luar dah banyak mengetahui tentang nias tercinta,jadi sya sebagai anak nias merasa bangga klo nias itu dah berbenah diri dengan dunia maya nya. maju terus pulau nias……

  267. 267
    M. Laoli Says:

    Ya’ahowu…

    Yth. Redaksi Nias Online …

    Saya Mestinus Laoli tinggal di Medan. Saya mau nanya aja seperti yang telah dimuat dalam situs Ya’ahowu tentang marga, apakah marga Dohöna itu ada? kalau ada dia termasuk dimana. Terimakasih sebelumnya….

    Para Pimpinan dan tim Redaksi Situs Ya’ahowu yang saya hormati…

    Ini hanya saran aja

    1. Mungkin sebagian ada rekan2 kita orang Nias tapi tidak bisa berbahasa Nias, jadi saya sarankan kepada redaksi untuk membuat atau menciptakan suatu kamus bahasa Nias-Indonesia dan sebaliknya, mungkin dengan adanya kamus itu rekan-rekan akan lebih bangga punya kamus suku sendiri…

    2. Saya pernah ada niat untuk membuat suatu buku stambuk yang memuat atau menceritrakan tentang pertumbuhan marga2 di Pulau Nias, tapi saya selalu mendapat kendala terlebih-lebih informasi tentang silsilah marga yang sebenarnya karena keterbatasan informasi dan keterangan yang benar-benar valid…

    Jadi mungkin suatu saat para redaksi dapat memuatnya… sehingga yang mengunjungi situs ini lebih memahami bagaimana silsilah marga di Pulau Nias dan bagaimana perkembangannya.

    Terimakasih…

    Ya’ahowu

    Catatan Redaksi:
    Pesan di atas dikirim ke Redaksi lewat nias.online@gmail.com beberapa waktu lalu.

  268. 268
    Redaksi-Moyo Says:

    Bapak/Ibu M. Laoli Yth,

    Terimakasih sudah mampir di situs kita tercinta ini.

    Pada mulanya sebagian orang Nias memakai identitas ‘ono’ (anak) atau ‘iraono’ (jamak dari anak), mis.: Ono Delau, Ono Dohulu, Iraono Lase, Iraono Huna, dsb. Di zaman Belanda (1913-14), sewaktu diadakan soera pas (semacam KTP) mulai dipergunakan istilah ‘mado’ (dari ‘madou’ = cicit-piut, bani). Nama mado diambil dari nama leluhur pertama atau nama leluhur yang terkenal. [Sumber: F. Zebua, “Kota Gunungsitoli Sejarah Lahirnya dan Perkembangannya”, hal. 7]. Sebagai pembanding, kalau kita membaca beberapa sura nga’ötö, nama-nama yang tertulis di sana tidak memakai mado.

    Akan halnya mado Dohöna, menurut versi S. Zebua (“Menelusuri Sejarah Kebudayaan Ono Niha, hal. 43), termasuk mado nga’ötö Duada Hia Walangi Adu. Ada 44 mado dalam keturunan leluhur Hia yang sempat ditelusuri S. Zebua (Ama Wa’omasi).

    Kalau ingin menceritakan pertumbuhan marga-marga di pulau Nias, mengapa tidak dituangkan dalam bentuk tulisan, lalu dikirim ke situs kita. Nanti kan akan banyak masukan dalam bentuk diskusi. Tentang kamus, bisa dilihat di atas Kalender Berita di halaman ini.

    Semoga bermanfaat…

    Ya’ahowu!
    Redaksi-Moyo

  269. 269
    KH FATHURRAHMAN Says:

    Assalamu”alaikum Wr.WB. Salam Silaturrahmi kami sampaikan kapada segenap keluarga besar Jakarta Utara “Marhaban ya Ramadhon ” dalam rangka Turut serta ta’lim dengan Ulama dan Guru besar kita PROF.DR.KH.NANANG HARIADI SE.MSc (GUS HAR) ” barang siapa kaum mukminin dan para Kaum muslimin yang menyantuni segenap fakir miskin dan yatim piatu dibulan ramadhon ini minimal 40 orang , maka alloh akan mengangkat derajatnya orang tersebut sekaligus mengabulkan apa apa yang diinginkan dan dihajatkanNYA” oleh karena yang melakuhkan amanah tersebut diatas adalah ibu Vera febiyanty anggota DPR RI dari partai Demokrat , maka kami atas nama alim Ulama Jakarta Utara menghimbau kepada segenap jama’ah kami yang berjumlah 200 ribu orang untuk mendukung dan mencalonkan kembali Ibu vera febiyanti menjadi anggota DPR RI dari partai Demokrat kembali . demikian pesan kami sampaikan Wassalamu’alaikum WR.WB.
    Jakarta 2 Ramadhon 2429 hijriyah
    tertanda
    KH FATHURRAHMAN
    ULAMA JAKUT

  270. 270
    Berkat Says:

    Mohon maaf ada koreksi dalam pengucapan kata salam dalam bahasa nias seharusnya ” Ya’ahowu ” bukan Jaahowu.terima kasih .Horas bapak Pirhot Sitompul…
    salam dari berkat jaya lase
    kontributor berita situs yaahowu ( batam )

  271. 271
    Zulfahri Says:

    Senang ketemu web ini, isinya sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan tentang Nias.

  272. 272
    Hendarman supandji Says:

    semoga penegakan hukum di Indonesia semakin baik
    hukum bukan untuk diperdagangkan apalagi untuk dijadikan alat pemerasan

  273. 273
    ChImLa Says:

    Dengan bertambahnya website mengenai Nias dapat menjadi jalan mengembangkan dan memajukan pulau kita yang tercinta ini, dengan semakin banyaknya akses semakin terbuka pula kesempatan untuk membenahi diri. Saya harap Situs Ya’ahowu ini dapat terus diupdate . Terimakasih! Ya’ahowu!

  274. 274
    donyk Says:

    Ngebedain beo cewe or cowo gimana sih !???
    bisa ditangkar ga ?

  275. 275
    Mei telaumbanua Says:

    Ya’ahowu,

    Nias, jauh di mata namun dekat di hati

    Salam, Mei dlaw

  276. 276
    ASRI.SHI Says:

    Assalamu’alaikum Bapak
    sebelumnya saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan jelang hari raya idhul fitri 1429 H. Mohon maaf lahir bathin.
    Sebelumnya kenalkan nama saya Asri.SHI, saya tenaga honorer salah satu Pengadilan Agama dilingkungan PTA.Padang.
    , SK. pertama saya tmt 1 Oktober 2004 dan masih bekerja sampai sekarang.Yang ingin saya tanyakan, nama saya masuk dalam data base PTA.Padang Instansi Mahkamah Agung, tetapi di dalam data base BKN ter up date tertanggal 30 Juni 2006, nama saya belum juga masuk. Bagaimana status saya dan kawan-kawan lain yang belum masuk namanya pak, soalnya kami semua pada umumnya sangat berharap.
    Demikian atas penjelasan Bapak saya ucapkan terima kasih.
    Wassalam
    ttd
    Asri.SHI

  277. 277
    Jaket Kulit Says:

    ikut baca-baca dan lihat lihat. met kenal

  278. 278
    Ichtiar Sarumaha Says:

    Ya’ahowu.Selamat atas peluncuran website ya’ahowu,semoga pulau Nias dikenal dimana saja .

  279. 279
    Otniel Lizaro Waruwu Says:

    Ya’ahowu!
    Selamat dan sukses!
    Semoga bermanfaat untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Nias dan Nisel di Pulau Nias maupun diperantauan.

    Kami bangga dan senang atas lunching website ini, dan menjadi refensi bagi teman-teman yang peduli terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Nias.

    Banyak informasi yang sangat bermanfaat kita semua.

    Salam,
    Otniel Lizaro Waruwu
    Bogor, Jawa Barat

  280. 280
    Toro Mendrofa (Ama Clinton) Says:

    Terus terang saja dari sejumlah web site Nias ternyata hanya Nias online ini yang saya kagumi. Mudah2an web tercinta semakin hari berbenah diri demi kemajuan Nias.

    Yaahowu,

    Toro Mendrofa
    Ketua Bidang Advokasi Wartawan PWI Pusat
    Gedung Dewan Pers, Lt.4
    Jl.Kebon Sirih Raya No.34 Jakarta Pusat 10110
    HP: 081310876361 atau 0818114547
    e-mail : lkbh-pwipusat@yahoo.com

  281. 281
    Redaksi Says:

    Pak Ama Clinton,

    Terima kasih atas kunjungan, harapan dan dorongan Anda.

    Ya’ahowu,

    Redaksi

  282. 282
    Gea Nias Says:

    dengan website ini kami yang di luar pulau nias bisa menikmati info-info terbaru dari daerah tercinta.
    maju terus….

  283. 283
    ama warisa Says:

    Bravo untuk website tercinta!!!

  284. 284
    J. Walanda, S.P. Says:

    Bravo……….nias!!!!!!!!!!

  285. 285
    claudia marunduri Says:

    bagus nih ada website mengenai nias..
    jadi kalau ada yg menanyakan mengenai nias.
    bisa akses ke situ deh

  286. 286
    T.F. Marundrury, SE (Ama Rubeno) Says:

    mohon untuk dimuat perkembangan Nias Barat pasca pemekaran, terimakasih..
    buat Sdri.Claudia, ya’ahowu Mado..!

  287. 287
    asrodik Says:

    Dari beberapa situs yang ada diindonesia, baru situs ini yang bagus menurut saya

  288. 288
    yankumi_uwie Says:

    really want to know bout nias island…
    dengan web ini terbantu banyak.
    thanks ya

  289. 289
    Seven Larosa Says:

    Situs Nias Online, memang benar luar biasa, sangat membantu masayarakat nias pada khususnya u/ mengupdate berita nias.
    Saya mau tanya ne, di Palembang kantor sekretariat orang nias dimana ya?
    Terimakasih banyak…Saohagolo, yaahowu!!!
    Nias ( Nusa Indah Andalan Sumatera )!!!!

  290. 290
    Yeremieli T.T Says:

    Syalom….

    Saya sgt sng dgn adanya situs niasonline.net ni.
    kiranya situs ni kita bs tau perkbgn Nias….
    kla bisa dibls ya…?..Gbu….

  291. 291
    febritasman f. duha Says:

    yaahowu…..
    saya mempunyai permintaan kepada pengurus situs yaahowu, tolong buatkan juga ya foto-foto nias terbaru dan video nias terbaru serta berita-beritanya yang terbaru juga ya…..
    saya mempunyai impian bagaimana pulau nias diangkat sebagai pulau pariwisata yang luar biasa dan sederajat dengan bali? bagaimana apa bisa saya dapat membuat foto-foto nias juga di situs yaahowu ini?…….
    salam dari anak daerah……..Y a a ‘ a h o w u

    jbu…….

  292. 292
    Redaksi Says:

    Sdr. F.F. Duha,

    Usulan Anda akan kami perhatikan; kalau Anda memiliki foto-foto tentang Nias, atau anda mau membuatnya, silahkan kirim saja ke Redaksi (nias.online@gmail.com), nanti akan kami muat dalam ruang Nias Dalam Gambar. Kalau anda bisa membuat kisah tentang Nias yang anda tangkap lewat foto-foto itu dalam bentuk artikel, akan lebih baik lagi.

    Kami menunggu kontribusi anda.

    Redaksi

  293. 293
    T.F. Marundrury, SE Says:

    Semoga melalui situs ini kita dapat saling memberikan informasi dan kontribusi tentang perkembangan situasi dan kondisi Nias pasca Pemekaran.
    Ya’ahowu ami fefu… terimakasih!

  294. 294
    Veronika Lase Says:

    Terima kasih buat situs ini. Saya mendapat banyak informasi tentang perkembangan tanah kelahiran saya, Nias.

    Menurut saya, situs ini dapat membantu masyarakat Nias untuk mengetahui Nias yang sebenarnya. Harapan saya, situs ini semakin lebih dewasa lagi dalam menggali dan menonjolkan kelebihan yang dimiliki pulau ini. Sisi positif ini perlu ditonjolkan untuk dunia luar.

    Juga, semoga situs ini lebih menunjukan fakta tentang keberhasilan masyarakat Nias dalam memberantas sisi negatifnya (Jujuran, kemiskinan, Gender, dll).Ini akan membantu pribadi per pribadi dalam merubah diri untuk mengembangkan daerah yang kita cintai ini.

    Mari beriringan tangan menuju Nias maju!
    Sukses selalu!!!

  295. 295
    hendi Says:

    terima kasih sudah diadakannya situs ini sehingga memudahkan qta untuk mencari teman yang udah lama lost contact sekali lagi terima kasih

  296. 296
    Kristian Says:

    Sekedar informasi. Sebuah Blog putra Nias yaitu Zalukhu.com terpilih menjadi salah satu dari 20 nominasi Kompetisi Internasional THE COOLEST BLOG. Nias Zalukhu menjadi nominasi ke 17 dan merupakan satu-satunya wakil dari Indonesia dan satu-satunya nominasi berbahasa asing. Sesama ononiha kita patut bangga dan mari kita dukung dengan memberi VOTE pada NIAS ZALUKHU di alamat :

    http://wpwebhost.com/blog/vote-for-the-coolest-blog-powered-by-wordpress/

    Hidup Ononiha
    Yaahowu

  297. 297
    Yuni Laia Says:

    Mantap!
    Maju Terus!
    seneng banget ada website ini krn bs tau tentang perkembangan nias. HIDUP NIAS!!!

  298. 298
    emerson yuntho Says:

    Catatan Redaksi: Pesan ini telah kami pindahkanke topik Redaksi Yth dengan judul: Pencatutan Nama Indonesia Corruption Watch (ICW)

  299. 299
    Dedy Hulu Says:

    Ya’ahowu.

    Nama saya Dedy Hulu dan saat ini berdomisili di New York City, United State of America (USA). Saya tidak bermaksud untuk memberikan komentar mengenai Webside ini melainkan ingin meminta informasi tentang Gereja di Nias yang rusak oleh gempa bumi dan saat ini masih sangat memerlukan bantuan dana untuk membangun kembali.
    Tolong kirimkan informasi 2 atau 3 gereja yang sangat memerlukan dana untuk membangun kembali beserta fhoto gereja tersebut dan fhoto keadaan gempa di Nias.
    Informasi ini dapat dikirimkan kepada Ibu Frieda Sompotan di New York melalui email : fsompotan@verizon.net.
    Ibu Frieda Sompotan dan anggota Gereja GKI New York telah merencanakan untuk membantu Gereja di Nias. Beliau meminta saya untuk mencari informasi dari Nias.
    Saya berharap informasi ini dapat dikirimkan secepatnya.
    Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

    Dedy Hulu
    Brooklyn, New York, USA

  300. 300
    Dilbag Singh Says:

    Yahowu,

    Saya adalah seorang pekerja rekonstruksi Nias dari Idanõgawo, Lõlõfitu Moi, Mandrehe, Lõlõwau, Lahewa, Afulu, Lotu, Binaka.. Jalan jalan di Nias sudah bagus.. Tapi sayangnya angka kecelakaan begitu besar dari hari ke hari. Mohon kepada pihak terkait di Nias untuk mengambil langkah langkah kongkrit untuk mengatasi hal ini… Terima kasih

  301. 301
    gea Says:

    terimakasih bila memuat tulisan ini, mungkin ini jauh dari harapan, namun saya hampir putus asa, lama saya mencari teman, sahabat, sekaligus “guru” bagi saya : Bapak dr. Viktor Zebua, untuk menjalin kembali komunikasi yang terputus beberapa tahun yang lalu. Untuk Bapak viktor yang baik, bisa nggak ya…saya berkomunikasi kembali…ya…walo lewat email… terimakasih…

  302. 302
    Misran Lubis Says:

    Perkenalkan saya dari organisasi perlindungan anak, nama lembaganya PKPA (Pusat Kajian dan Perlindungan Anak) sejak Janurai 2005 sampai sekarang PKPA sudah membentuk kantor perwakilannya di Nias. kantor utama PKPA berada di Medan-Sumatera Utara. Yaahowu.on-line menyajikan banyak informasi dan tentu ini sangat membantu sekali bagi kami yang bekerja di Nias untuk saling bertukar informasi dan pendapat. semoga Nias tetap Jaya dan Anak-anak Nias juga bisa menatap masa depan dengan senyum.

    Salam Kompak, Yaahowu

  303. 303
    Redaksi Says:

    Terima kasih, Pak Lubis, atas kunjungan ke Situs kami, dan atas kesediaan untuk diwawancarai.

    Redaksi

  304. 304
    Harrys Laia Says:

    Syaloom…Nias Online !!!
    Ini pertama kali saya berkunjung ke situs ini. Kesan saya setelah melihat situs ini, desainnya sangat sederhana tetapi memuat berita-berita yang aktual, user yang masih pemula mungkin akan sangat gampang untuk menjelajahi situs ini karena tidak terlalu rumit.
    BRAVO NIASONLINE !!!

    http://harryslaia.co.cc

  305. 305
    admin jaket-kulit.com Says:

    Hallo Nias… lagi liat2 all about Nias nih…so sy baca2 tulisan2 di webnya..thx ya

  306. 306
    Natal Nias Barat Jakarta Says:

    Catatan Redaksi: Komentar ini telah dipindahkan ke topik Pengumuman. Lain kali, pihak yang ingin menyampaikan pengumuman di Nias Online dapat menghubungi Redaksi di: Nias.Online@gmail.com.

    Redaksi

  307. 307
    ag paulus Says:

    Kau besertaku

    Di tengah 15 watt temaram cemara natal
    aku berdialog dg nurani
    ada apa ya Gusti?
    Apa makna semua ya Gusti?
    Salib kah ini ya Gusti?
    Kuatkan Daku memanggulnya sampai di sana……?

    Fenomena hidup Bangsaku…..
    protes demo anarkism terhadap:
    krisis ekonomi global,
    BBM turun PHK menjelang naik
    TDL tak turun, Organda 5 % turun
    debat mau menang sendiri menghiasi TV mungilku,
    iklan luar biasa: politik, kosmetik, konsumeristik, “bencana”

    Kebohongan publik sudah biasa: jamu cespleng,alat super manjur, alternatif serba bisa, korupsi sudah biasa……

    Semua berlomba..ketika anak bangsa “tiada” saat antri “sedekah”, ketika si mungil disandera di bangsalnya sendiri (mereka) yg ikut bayar Pajak…..istri baru yg pantas jadi cucu….pembongkaran paksa “gubug-gubug” kota, cicilan biaya oleh AKU yg terkaya se ASIA…”BENCANA” ku.. kau tanggung akibat ku…..

    Temaram 15 watt lampu Natalku…..
    LURUSKAN JALAN BAGI YESUS…..
    MEMBUKA TALI KASUTNYA pun AKU Tak Layak
    DIA AKAN MENGUTUS ROH KUDUS…..
    TAK LEKANG OLEH ZAMAN
    TAK PERNAH BASI..DIDIALOGKAN….
    KAU TETAP BERSAMA ku
    KAU Karuniakan Iman memanggul SALIB ke sana….
    SALIB ku ..SALIB anda …Salib bangsa…..
    MAMPU KITA PANGGUL
    (karena DIA setia bersama kita)

    SELAMAT NATAL 2008
    GUSTI MEMBERKATI
    TERIMA KASIH DAN SALAM

  308. 308
    Dian Gea Says:

    Bagi owner situs ini ,gmana klo membuat Friendster pulau Nias..
    Dan dijadikan Klub penggemar..Selama ini yang ad cuma Grup..
    Sebab akhir2 ini,Fs sangat tren dikalangan pemuda termasuk anak2 Nias..

  309. 309
    mie Says:

    >>!

  310. 310
    Elyardman Sarumaha Says:

    rekan-rekanku di pulau tercinta, pesan-pesan natal dapat dilihat dialamat http://elyardman.wordpress.com. yaahowu

  311. 311
    Abdee Zebua Says:

    Nias Online maju terus…!!!!
    Pak dokter, kapan jalan lagi melihat kehidupan sosial mahasiswa Nias d jogja?????

  312. 312
    Marinus W. Says:

    Kepada:
    Tim Redaksi niasonline.net
    Jujur saja banyak masyarakat Nias baik yang masih di Nias maupun di perantauan sangat kagum dengan perkembangan situs niasonline.net. Bisa dikatakan hampir menyaingin situs http://www.kompas.com.

    Karena itu, saya dan juga beberapa teman mengusulkan akan lebih baik bila situs ini dikembangkan menjadi koran lokal khusus pulau nias. Tujuannya sama yaitu berita-berita seputar Pulau Nias. Ini hanya usul saja. Sebab bola panas ada di tangan Tim Redaksi situs niasonline.net.

    mars_waruwu@yahoo.com

    Yaahowu
    Bandung

  313. 313
    Redaksi-moyo Says:

    Buat Abdee Zebua di Fak. Kehutanan UGM, terima kasih sudah mampir di Nias Online. Terima kasih juga mendampingi perjalanan jurnalistik Nias Online di seputaran Yogya… Ya’ahowu!

    Redaksi-moyo

  314. 314
    markus wau Says:

    mana info dari Pulau-Pulau batu, diliput atu

  315. 315
    aridi Says:

    Bantuan Modal Usaha 10-60 Juta/Orang Untuk Anda Membuka Usaha Apa Saja Terbatas Hanya Untuk 12 Pemohon.Informasi Pengajuan Permohonan klik : www900.xellco.com

  316. 316
    Menoli Moho Says:

    Dear All.

    Selamat Hari Natal & Tahun Baru 2008/2009

    Dengan situs “YA’AHOWU” kami merasa bangga dan berterimakasih kepada rekan dari kepulauan nias, dimana sebagaimana yang kita harapkan biarlah menjadi kebanggaan Pulau Nias pada khususnya, dan untuk itu mungkin masih banyak lagi yang kami mau sampaikan untuk mensupport situs Nias Online, mungkin nanti bisa dengan via E-mail. Thanks kepada bang Ag. Zalukhu dan rekan lain “MARI SUKSESKAN PULAU NIAS”

    Salam,

    Menoli Moho
    +62 812 6421 8177

  317. 317
    Teru Wau Says:

    Ya’ahowu fefu ononiha..,SELAMAT HARI NATAL & TAHUN BARU 2009. saya sangat senang sekali membaca sekaligus bisa menyimak/mengetahui sedikt perkembangan di daerah Nias melalui situs ini. Saya cerita sedikit yah.., Saya kalau ketemu sama orang Nias yg baru datang dari Nias, saya tuh slalu panasaran ttg cerita Nias saat ini, jd sy tuh slalu nanya2 trus bahkan sampe pagi pun jadi he..e, tapi dgn adanya situs ini bisa dibilang senengnya luar biasa. Oh ya saya sebelumnya tinggal di Jakarta hampir 11 thn, dan skr ini ber-t4tinggal di SUKABUMI-JABAR udah hampir 4 thn. Dalam kesempatan ini boleh gak saya minta informasi org2 Nias yg ada di Sukabumi? Ok SELAMAT atas peluncuran situs ini. Trim’S Ya’ahowu

  318. 318
    sri madala asni zebua Says:

    Ya’ahowu…

    Trima kasih banyak pada Om Victor Zebua yg sudah memperkenalkan situs ini pada saya… Hampir setiap kali online, saya pasti membuka situs ini…

    Besar kerinduan saya untuk dapat melihat lg… Nias… tanah leluhur saya…
    Semoga segera dapat terwujud cita2 saya untuk berbuat sesuatu -walaupun sangat kecil- untuk Nias…

    Mohon informasi tentang seluk beluk Nias… karena saya benar2 buta tentang itu…

    Selamat Natal 2008 dan Tahun Baru 2009
    TUHAN memberkati.

  319. 319
    Yedin zega Says:

    Ya’ahowu;

    Selamat Tahun Baru 2009 semuanya.

    Semoga Tuhan Kita Yesus Kristus Memberkati Kita Semua Amin.

    Saohagolo,

    Yedin – Batam

  320. 320
    sunaryo Says:

    tensi saya kini normal

  321. 321
    http://yedinnias.hyves.nl Says:

    Siang semuanya,

    semoga dengan site ini, kita semua orang nias dapat menyatukan ide untuk memajukan Nias. Mungkin salah satu cara dan potensi yang sudah ada adalah Pariwisata. Karena kita sadari bahwa Nias dikenal dunia dengan Pariwisatanya dan Gempa ditahun 2005 lalu.

    Semoga semua anak Nias dapat merenungkan, memang kita tidak mempunya cara dan intends yang sama, tapi apa pun itu sangat dihargai.

    Ya’ahowu, Majulah Niasku, Majulah Bangsaku.

    Yedin

  322. 322
    Lia Melintan Says:

    Ya’ahowu
    hehehehe… walopun sy bkn orang nias, namun sy memiliki kesan tersendiri dengan pulau nias (termasuk orang2nya ya 🙂 ) Salut n selamat buat situs ya’ahowu yg dapat menjadi akses untk pihak luar lebih mengenal nias dari berbagai aspek…
    oya, saat ini sy sedang melakukan riset mengenai kondisi terumbu karang di wilayah nias utara. Sy sangat senang bila ada dr teman2 yg membaca komentar ini dan mau berbagi informasi khususnya mengenai keadaan nias utara… sy tunggu respon teman2 di yakecelah@gmail.
    Trim’s n Tuhan Memberkati….

  323. 323
    Restu Jaya Zebua, ST Says:

    Waktu bulan 12 tahun 2008, kemarin saya pulang ke Nias. Saya sangat bangga sekali punya daerah yang semakin hari semakin maju pembangunannya pasca gempa. Cuma yang menjadi pertanyaan saya nantinya, bagaimana perawatan setiap gedung, jalan, fasilitas umum yang dibangun oleh BRR, CWS dan NJO Nias kalau sudah berhenti. Tolong masyarakat Nias memikirkan hal ini. Mengenai jalan raya sekarang ini sudah sangat mulus, cuma mash banyak masyarakat Nias yang ugal-ugalan dijalan sehingga surve mengatakan bahwa kecelakaan lalu lintas di pulau Nias meningkat. Bagaimana dengan hal ini???. Yaahowo

  324. 324
    Stadi Dakhi Says:

    Yaahowu, ama / ina ba ira talifuso, maju untuk Nias, Nias Untuk Kita, dari Kita dan Oleh Kita Nias Maju.

  325. 325
    mwiyono, s.th.i Says:

    kami senagn sekali dengan hadirnya nias, mohon diterima sebagai pembaca.ok salam kenal dari arek suroboyo he he he

  326. 326
    Tholona Laiya,S.Th.,M.Pd. Says:

    Yaahowu!Salam hangat!Nias Online !!!
    Ini pertama kali saya berkunjung ke Nias Online. Kesan pertama saya sangat menggoda, desainnya sederhana tetapi memuat berita-berita yang aktual, user yang masih pemula mungkin akan sangat gampang untuk menjelajahi situs ini. Kalo boleh foto tim dapat ditampilkan supaya lebih familiar.
    BRAVO NIASONLINE !!!

  327. 327
    Redaksi Says:

    Pak Laiya yth,

    Terima kasih atas kunjungan ke Nias Online. Usul Anda untuk menampilkan foto Tim Nias Online akan kami pertimbangkan.

    Silahkan berkontribusi dengan mengirim tulisan atau informasi lain yang berhubungan dengan Nias.

    Salam,

    Redaksi

  328. 328
    meny fanaetu Says:

    Ini pertama kali aku buka situs anak Nias…

    Dari sekian info yg sudah ada, aku cukup bagga sebagai anak nias… Permintaan kita anak Nias yang lagi studi di bandung neh…, boleh ngga buwat situs mp3 atau videoX lagu2 ono niha sekalian… karna kita kangen sama lagu2 nias… tapi lagunya yang bagus.., n menyentuh, LIKE THE RELIGION SONG… Oceh kita tunggu ya situsnya…!!!

    JESUS BLESS US

  329. 329
    meny fanaetu Says:

    eits…
    satu lagi…, buwat bg FRANS JULFIAN BULUARO… , kapan ya duwet bareng.???
    pengennya seh buwat album bareng bg Frans, coz lagu yg Meny tulis dah banyak neh…
    pengen buru2 balik ke nias, tapi lagi kuliah,
    heheee…!!!
    GOD BLESS

  330. 330
    rinto rain barry Says:

    Saya ingin mengajar di lentera harapan. Bagaimana supaya dapat mewujudkannya? Saya siap mengirimkan CV. Kemana?
    Saya juga seorang pelayan di suatu gereja dan saya ingin juga bisa melayani ke manapun Tuhan bawa saya. Mungkin ke Nias, Lampung, Makasar.
    Thank. Horas. GBU

    Indonesia penuh kemulianNya.

  331. 331
    P-SKAN Yogyakarta Says:

    Yth: Redaksi Niasonline

    Bila berkenan, kami selaku Pengurus Pesekutuan Salib Kasih Anak Nias Yogyakarta, ingin mengajukan supaya link SKAN Jogja dimuat di situs Niasonline.
    Sebelumnya, kami ucapkan terimakasih. yaahowu,

    Redaksi Skanjogja

    Catatan Redaksi: Sudah ditambahkan dalm link kami. Mohon berita yang diambil dari Nias Online disebutkan sumbernya di situs Anda.

  332. 332
    Aporius Mendrofa Says:

    To : Pulau Nias

    Pulau Nias yang tercinta,
    Kini aku telah Pergi jauh darimu.

    Maafkan aku,
    bukannya maksud neninggalkanmu.
    Kini aku di negeri orang,
    untuk menuntut ilmu,
    Demi memajukan Pulauku yang ku cinta

    Makasi buat yang telah menyediakan web ini.
    Paling tidak dengan adanya tulisan ini
    rasanya saya di pulau Nias.
    Tanks.

  333. 333
    sadary vinowaa Says:

    Bersatulah untuk membangun Nias dan jangan mementingkan kepentingan personal, gali potensi SDA yang kita miliki, jaga kelestarian SDA dari kepentingan perseorangan. Kita orang Nias ibarat penyu yang disembelih oleh nelayan karena di mana-mana marak pencurian kayu dan pencurian ikan, terutama oleh kapal-kapal dari luar seperti Thailand tetapi kita hanya melihat-lihat saja dan diam. Buanglah jauh-lauh the words: “families more important” terutama kepada para Bapak yang pintar ngomong (vokal), pegawai negeri dll. Maaf agak pedas sedikit ya tetapi demi kebaikan kita bersama, ia kan? Biar mata,telinga kita jadi terbuka dan mendengar.

    Thanks to Nias Online

    Catatan Redaksi:
    Teks komentar telah diedit agar mudah dibaca oleh pengunjung.

  334. 334
    Alexwebmaster Says:

    Hello webmaster
    I would like to share with you a link to your site
    write me here preonrelt@mail.ru

  335. 335
    Wira Says:

    Tlg di ekspose tentang kecurangan yang dilakukan oleh Bupati Nisel yang menyalahi aturan kampanye dan mengintimidasi masyrakat nisel

  336. 336
    sisth Says:

    nias never ending’s….

  337. 337
    Sisth Says:

    keep_green for nias
    mengenai para pjbat/tikus pmerintahan di nias, gue pnya pesan : gimana bisa menata nias kalau diri sendiri tidak “ditata” dengan baik…,moral itu bisa hilang!!!

  338. 338
    Andreas Ndruru Says:

    Ya’ahowu,

    Selamat dan sukses untuk team situs Yahowu, mari kita berbuat lebih banyak lagi untuk Nias.

  339. 339
    Rayendra L. Toruan Says:

    Saya siap membantu tokoh-tokoh/pebisnis di Nias jika ingin menulis buku. Saya dan teman-teman siap memberdayakan wanita/pengusaha agar lebih maju.

    Saya tunggu kabar.
    Salam,

    Rayendra L. Toruan
    Editor buku manajemen, Saham/Investasi, Finansial/Perbankan,
    Motivasi/Inspirasi
    yang bekerja pada PT Elex Media Komputindo
    KOMPAS GRAMEDIA
    Jl. Palmerah Barat 29-37
    Jakarta 10270

  340. 340
    zendrato Says:

    Salut buat Tampilan Baru Nias Online. Keren euy!!!

  341. 341
    Meidy Artha Telaumbanua,S.Th Says:

    Ya’ahowu

    Salam Sejahtera Dalam Kasih Yesus Kristus

    Ingin rasanya aku pergi ke tanah kelahiranku, tapi waktu belum memungkinkanku untuk kesana.
    Suatu hari nanti, aku dan keluargaku akan ada di sana.

    Salamku untuk Keluarga di Gunung Sitoli ( Tandrawana )
    Aku anak perempuan dari Almarhum Pdt.Tona’aro Telaumbanua,S.Th – Kel.Telaumbaua-Kapoyos/Manado
    (Beliau meninggal tgl 11 juni 2005 karena sakit)

    Immanuel..
    Meidy Artha Telaumbanua, S.Pd

  342. 342
    Yeremieli T. Telaumbanua Says:

    Ya`ahowu

    Salom… salam kenal bagi semuanya.
    Terimakasih atas Nias Online ini atas semua berita yang disajikan.
    moga nias online ini tetap sukses selalu. Gbu.
    nb: jangan lupan dibalas ya sms ni ke e-mail saya>.

  343. 343
    Magdalena Lase Says:

    Ya’ahowu Fefu,

    Selamat dan sukses selalu buat Nias Online……maju terus…..pantang mundur ! Sayang sekali “Template”nya dirubah….padahal yang sebelumnya bagus sekali dengan ciri khas Nias seperti Lompat Batu, Rumah Adat dan pemandangan laut….knapa kok itu malah di hapus ?????? Sayang seribu sayang……

    Ya’ahowu
    Magdalena Lase
    http://2804lasela.wordpress.com

  344. 344
    CENTURY INNOVATION Says:

    Saya setuju dengan pernyatan kawan-kawan dari PT. Antar Dunia dan Christian Community, pak ebenezer hia dimana tanggung jawab anda, apa perlu anda merubah nama anda menjadi ebenezer HINA????

    Catatan Redaksi:
    Beradasarkan penyelidikan internal, Komentar dari PT. Antar Dunia dan Christian Community berasal dari sumber yang sama dengan komentar ini; sehingga kami menghapus dua-duanya, kecuali komentar ini. Membangun ‘opini’ hendaknya ditempuh dengan cara-cara yang lebih elegan. Khusus masalah yang berkaitan dengan bisnis anda dengan Eben Hia, yang kebetulan sosoknya kami tayangkan dalam situs kami, ruang ini bukan tempatnya.

  345. 345
    hasby Says:

    Selamat sebagai Putra Nias yang berhasil,……semoga sukses selalu.

    Pak,….sudah beberapa hari ini web site saya tidak bisa diakses demikian juga dengan http://www.microcyber.net. Dan kami tidak mendapat informasi sama sekali tentang ke tidak nyamanan ini….. Mohon penjelasannya…

    Dan HP bapak tidak bisa dihubungi juga…..

    Atas Perhatian dan bantuanya yang kami sanagat harapkan saya berterimakasih.

    Website saya :
    http://www.hexpcom.com
    http://www.hexpcom.net
    http://www.bprharau.com

  346. 346
    Gede Juliarsa Says:

    Selamat ya pak Eben, ingat ya, aktifkan microcyber.net, karena banyak yang menunggu, jangan sampai kecewa, dan mengecewakan pelanggan, itu sumber dari sumber kepercayaan menuju puncak

  347. 347
    Niaslover Says:

    Good luck, Bravo,maju terus…

  348. 348
    Gaba Z Says:

    Tampilan Nias Online sekrang cukup bagus. Kalo bisa jagn dirubah lagi. Good luck!

  349. 349
    ALISABAR TELAUMBANUA Says:

    Aku ingin banget pulang ke NIAS aku kangen sama keluarga ku disana,salam ya buat orang kampung saya di sisarahili gamo kec gunung sitoli.
    terimakasih juga buat Nias online.yaahowu

  350. 350
    Saniwati Gulo Says:

    Hai….
    Niasonline…
    Salam kenal buat Semua tim Redaksi..

    Ya’ahowu

  351. 351
    Lucas Bawamenewi Says:

    Ya’ahowu Tanö niha, salam buat tim redaksi yang tercinta semoga sukses dalam menggapai cita-cita Nias baru

    salam buat saudara-saudari yang ada di luar pulau nias

  352. 352
    ALIMUHTAR Says:

    gimana memasukkan buku dalam website

  353. 353
    sutikno Says:

    Selamat untuk teman2 di Nias,slam sukses aj,Yang ada minut bikin usaha pulsa ,kontak Kami.thanks

  354. 354
    edi wibowo Says:

    Mohon kerjasamanya.

  355. 355
    marcius sarumaha Says:

    saya ciuz di medan, saya senag dan bangga dengan situs ini.semoga situs ini semakin berkembang dan dapat membawa kemajuan bagi masyarakat nias.amin

  356. 356
    Mestika Says:

    Senang berkunjung ke website ini. Boleh nanya gak? Apakah bisa bantu bikin (setting) blog seperti ini? Dan hositng di mana? Mohon kabar lewat japri. Makasih.

    Mestika

  357. 357
    Joe Says:

    saya dari panitia Loknas diakonia dan kemiskinan mau mengirim buku asset maaping ke biropropram@yahoo.com atas permintaan pdt.Zega. namun alamat email tersebut selalu menolak. apakah saya bisa dibantu.
    trimakasih

  358. 358
    Efori Buulolo Says:

    Ya’ahowu !!,Jangan lagi ada kecurangan pemilu ulang di Nias,dan pemilu presiden karena hal itu sangat memalukan buat kita semua,Khususnya bagi suku NIas !!!!!!!!

  359. 359
    Bagman Roy Manalu Says:

    ya’ahowu

    dukung Jeffry Simamora untuk pembaharuan pada Pemilu Ulang Nias Selatan, caleg DPR RI dari Partai Hanura Nomor urut 1

    Tuhan Memberkati!

  360. 360
    Bagman Roy Manalu Says:

    ralat…

    ya’ahowu

    dukung Jeffry Simamora untuk pembaharuan pada Pemilu Ulang Nias Selatan, caleg DPR RI dari Partai Gerindra Nomor urut 1

    Tuhan Memberkati

  361. 361
    M. Adrian Palege Says:

    Redaksi Yaahowu Yth,

    Saya mohon bantuannya untuk bisa mendapatkan artikel tata cara peminangan s/d pernikahan adat Nias secara detail.

    Saya tinggal di Jayapura – Papua, dan istri saya orang Nias marga Zebua. Saya pernah meminta informasi dari mertua saya, tetapi info yg saya dptkan kurang lengkap. Mhn artikel tersebut dapat dikirimkan ke alamat email saya (adrian_palege@yahoo.co.id)

    Terima kasih sebelumnya.

  362. 362
    hery Says:

    website kamu bagus broWwwwww!

  363. 363
    Jerni Napitupulu Says:

    Bisa diinformasikan daerah/ desa di Nias untuk kegiatan live-in SMA?Kami rencana mau live-in ( homestay) di Nias selama seminggu sbg kegiatan sekolah tahunan.
    Atas informasi kami ucapkan terimakasih.

  364. 364
    dodi Says:

    Potensi Daerah ini cukup besar untuk menjadi suatu daerah yang lebih baik lagi dari yang sekarang. Pencapaian hasil maksimal selalu diawali dari perbaikan system dan sebuah keinginan yang kuat untuk dapat dapat berbuat lebih baik lagi dimasa yang akan datang

  365. 365
    Elidaman Waruwu Says:

    Ya’ahowu..

    Yth Redaksi

    Mohon informasi bilamana di Nias (Utara, Barat dan Selatan) membuka pelamaran PNS tahun 2009 ini. Terima kasih sebelumnya.
    ke E-mail : damanwar@yahoo.com

  366. 366
    van simiens Says:

    bang fofo’uso, saya juga sedang mencari sahabat saya baziduhu zebua, yang sekitar tahun 1970 an tinggal di kebon kacang jakarta. saya sangat rindu dengan sahabat saya itu (yang mungkin saja sepupu anda). tolong dong saya diberi alamat terakhir, nomor telepon atau nomor hp. terimakasih sebelumnya. ya’ahowu.
    salam dari djokja.

  367. 367
    pilius dachi Says:

    wealthy depends on education.I want to make a”Linguistic Life Skill” in our Nias Island, but I don’t have a house and some instruments to do it.Who wants to fund me for the sake of developing our picturesque Nias Island,contact my E-mail,please.

    sincerely yours,
    PILIUS DAKHI

  368. 368
    afrika zega Says:

    semoga aja pulau nias/gunung sitoli tetapmaju dan tetap bersuka cita.

  369. 369
    Natanael Says:

    Websitenya bagus banget. siiip……..

  370. 370
    Yustinus Hia Says:

    Kepada Ykks, Bpk Etis Nehe

    Yaahowu!

    Bagaimana khabar pak Etis ? Selalu baik khan. Maaf mengganggu. Saya punya teman di Jepang (orang Indonesia) sedang membuat suatu usaha utk sekaligus memperkenalkan daerah2 dan budaya di Indonesia.
    Beliau tertarik utk mengenal budaya ttg Nias dan
    Saya sdh perkenalkan web site niasonline.net kpd beliau dan akhirnya beliau sangat tertarik.

    Dari apa yg sdh beliau lihat di website ini. Beliau ingin menjalin komuniksi dgn Pak Etis Nehe. Bolehkah langsung saja berkomunikasi dgn beliau ?

    Saya menunggu jawabannya, dan kalau bisa sekaligus minta e-mail pribadi pak Etis Nehe.

    Demikian dulu dari saya, Tuhan memberkati !

    salam,

    Yustinus Hia

  371. 371
    tamba silitonga Says:

    salam hormat sy kepda pengasuh media ini.
    sy bangga bahwasannya kawan2 ada yg mencoba untuk melakukan kampanye tntng nias.

    ada sekelumit permenungan sy tntng nias,tp sy tdk akan ungkapkan disini. namun pada kesempatan ini sy mencoba menyampaikan sebuah ggasan tntng pembedahan situasi objektif masyarakat nias pasca rekonstruksi dan rehabilitasi. tdk ada tendensi lain disini nmn ini adalah hal logis yg sy sampaikan. setiap hal ikhwal yg terjadi pasti akan melahirkan hal2 baru yg berkaitan dgn lingkungan disekitarnya. lewt media ini sya sampaikan ggsan ini sehingga kemudian kedepan didapatkan sebuah arahan baru pembangunan nias kedepan.
    salam hormat saya,ya’ahowu!.+

  372. 372
    oOpS,,ViCtoRia Says:

    saya bukan org nias tapi saya cm mw blg “ya’ahowu, omasido khōmō”
    GBU

  373. 373
    asanuari fau Says:

    untuk pulau nias, yg indah jauh dimata tapi tetap dekat dihati karena nias adalah tempatku dibesarkan kan kuingat dan kurindukan selalu buat anak nias….., nias selalu menanti kedatangan kita

  374. 374
    Manuel Zalukhu Says:

    Redaksi yang terhormat,

    Saya mau tanya tentang Victor Zebua dalmteam redaksi NIas Online, apakah Pak Viktor ini dulu alumni SMP negri 3 Gn. Sitoli lulusan thn 1980 (lulusan angkatan ke 2) ??.

    Bila ya, tolong pak info ke alamat e-mail kami.. mungkin kita saling kenal… Ya’ahowu..

  375. 375
    Redaksi Says:

    Pak Zalukhu yth,

    Terima kasih atas kunjungan Anda ke Nias Online.

    Bapak Victor Zebua yang tergabung dalam tim Redaksi Nias Online agaknya bukan Pak Victor yang Anda maksud.

    Yaahowu,

    Redaksi

  376. 376
    meltin baeha Says:

    saya mau tanya nih, kenapa rubrik ini agak sepi ya, tidak seperti niasisland.com? apa tampilannya yg kurang menarik? atau topiknya yg kurang menarik?

  377. 377
    Arifman hulu Says:

    Ya’ahowu ! Sy mo kasih referensi buku fiksi plus sejarah, judulnya ” Negara kelima” karya es ito. Isinya tentang atlantis benua yg hilang dan sejarah nusantara yg isinya banyak berbeda dengan fakta sejarah yg diketahui secara umum. Bukunya lumayan asyik, dan redaktur perlu mengupas tentang buku ini, siapa tahu sebagian atlantis itu terpendam di kawasan perairan Nias. Apalagi menurut keterangan arkeolog, nenek moyang orang Nias termasuk yg tertua di nusantara, pulau Nias telah dihuni manusia sejak 12.000 thn sebelum masehi.

  378. 378
    Arman Zebua (A.Dina Zebua) Says:

    Ya’ahowu Fefu ira Banuada terlebih-lebih hormat saya pada Pemuka adat Nias serta Para Intelektual.
    Sosambua nisofugu khöra Ama batalifusögu fefu, HADIA GELUAHA NIA NA LAFE’E NONO NIHALÖ. Menurut Adat Nononiha, yg merupakan budaya leluhur kita. Saohagölö Ya’ahowu

  379. 379
    hansen Says:

    SAYA MOHON BANTUAN BAPAK/IBU MENCARI ALAMAT PAK EVE FAEBUA DODO HIA ATAU ORANG TUANYA YANG DAPAT KAMI HUBUNGI. SEBELUMNYA KAMI MENGUCAPAKAN TRIMA KASIH ATAS BANTUAN BAPAK/IBU

  380. 380
    hansen Says:

    maaf saya sudah dapat info nama orang tua eve faebua adalah nama ayah FAULUSA HIA NAMA IBU SARIDINA WARUWU. ALAMAT RUMAHNYA SISOBAMDOWO MORO’O NIAS KEC MANDHERE.FAE LULUS SMA 1. TOLONG KALO ADA YANG TAU KEBERADAAN .TOLONG NOMER TELP YANG BISA DI HUBUNGI TRIMA KASIH

  381. 381
    Jastis Bago Says:

    Salam kenalan semua….

  382. 382
    Idaman Gea Says:

    Tingkatkan terus update berita – berita didalam website ini…kita butuh informasi akurat tentang pulau kita tercinta NIAS. Kami yang masih diperantauan sangat terhibur dengan adanya situs seperti ini.
    Mari kita jadikan situs ini untuk saling memberikan masukan yang membangun.

  383. 383
    Faatulo Halawa Says:

    Salam kenal semua…. senang ada nya website ini, meski banyak yang tidak membaca setiap comment dan aspirasi, kritik dan saran ya gak apa2.
    tetapi bagi setiap pengungjung ada baiknya selalu sportif, jangan menggunakan nama samaran dan email palsu…… tunjukkan ekspresimu.
    maju trussss

  384. 384
    Lata Zebua Says:

    Ya’ahowu fefu ….
    Senang sekali dengan adanya website ini.
    Terima kasih saya ucapkan kepada pengelola web ini karena melalui web ini saya mendapatkan berbagai informasi mengenai perkembangan pembangunan di daerah Nias.
    Mudah2-an web ini dibaca oleh masyarakat Nias, baik yang berada di Nias maupun di perantauan, dan terutama dibaca oleh para kalangan pejabat daerah.

  385. 385
    lestari bu'ulolo Says:

    saya senang dengan adanya berita-berita tentang Nias di berbagai surat kabar apalagi di internet ini. saya merasa senang dang bangga karena Nias termasuk tidak ketinggalan. dengan berbagai macam informasi tentang Nias yag ada sekarang ini, saya ingin juga lagu daerah nias “TANO NIHA or PULAU NIAS” di kasi juga….

    selamat buat NiasQ….
    sukses truz, n rasa kekompakkan ditumbuh kembangkan.
    maju NiasQ…!!!!
    jbu

    lestari bu’ulolo
    hilinawalo fau (teluk dalam)

  386. 386
    arta gea Says:

    Mantaaapppp..!!

    lanjutkan..!!

    Ya’ahowu

  387. 387
    marinus lahagu Says:

    salam kenal kawan kawan.. yahoowu

  388. 388
    Alvin Mendrofa Says:

    Ya’ahowu fefu. Talifusogu dmna pun brda, perlu kita beri apresiasi yg tinggi/aplaus buat pencetus & team yg tlh bkrja n m’launc website ini, harapan kita k dpn media ini dpt m’jdi jembatan informasi bagi kita smua baik yg ada d P’Nias maupun d prntauan, u/dpt b’konstribusi membangun Nias dlm sgla bidang. * Ono Niha BISA !!! ” *

  389. 389
    Kadohaji.com Says:

    Mudah-mudahan web ini bisa menjebatani komunikasi pemerintah dengan masyarakat.

  390. 390
    e Says:

    Nias Maju terus..jangan Korupsi……….!!!!!!!!!

  391. 391
    paul Says:

    ya’ahowu fefu ndra talifusogu moroi ba dano niha….!
    trimakasih atas web ini dan ada baiknya sesekali juga boleh diapak bahasa daerah Niasnya bro…
    harapan kita klu boleh Nias yang sangat kita cintai ini apalagi yang luasnya sedikit lebih kecil dari pulau yang lain, harus kita banggakan dan lestarikan dengan cara:
    1. Klu boleh Istilah, sifat dan perilaku korupsi itu tidak sampai dibawa ke Nias (baik lewat laut dan udara)apalagi karena pulau kita terlalu kecil untuk itu. Taifusoda mano fefu…hehehe
    2. kita tingkatkan ketuhanan, kekeluargaan dan juga adat-istiadat.

    thanks…mibologo dodomi na so zifasala apalai tenga bahasa baku…

  392. 392
    Maria Adisti Pratiwi Laia Says:

    Semoga Nias Online ini bisa terus berkembang. soalnya aku tinggal di jogja. jadi kalo mau tau tentang berita terbaru di Nias harus buka Nias Online dulu.

  393. 393
    Lukas Sebayang Says:

    Ya’ahowu,melalui nias online ini, tolong sampaikan kepada semua pemkab/kota/swasta/stakeholder yang ada di pulau Nias, kami siap membantu pembangunan Nias umumnya terlebih di bidang pertanian,perlu adanya masterplan pertanian,peningkatan sumber daya manusia untuk yang mempunyai potensi dan peluang untuk dikembangkan.
    Data kami : Ir.Lukas Sebayang, peneliti pertanian Sumut,pernah bekerja di Nias bersama ACIAR Australia 2005-2008/09. email :mabayang2001@yahoo.com ; mobile phone : 081397652345

  394. 394
    nirma Says:

    salam sejahtera

  395. 395
    kurniaman zega Says:

    yaahowu ononiha…… semoga semakin jaya ono niha… majukan anak nias.

  396. 396
    nove daeli Says:

    ya’ahowu fefu ira talifusögu siso ba danö niha… atage dödögu meno ara lö sangawuli nda’o ba danö niha… yafaoma mangandö ita ena’ö tola falukha ita ba zi so föna… suxes trus bwt Nias..!!

  397. 397
    Vicky Zega Says:

    Yahowu Fefu!
    Sy sng adny situs Nias Online in n smoga situs in dpt mjd t4 utk m’update informsi2 ttg Nias bg yg pengunjung.Klo blh sy sarankn :
    1.Dsini pake bhs Nias blh,tp jgn t’lmpau byk krn msih byk saudra2 qt (d Indonesia maup d luar ngri) yg kurang mngerti bhs Nias.

    2.Buat redaksi,ad baikny berita2+info t’bru agr secpt mungkn diupdate.

    TQ. Nias Maju!!!

  398. 398
    Hady Broto waruwu Says:

    Yaahowu!
    senang sekali bisa meliat dan membaca perkembangan TANONIHA lewat N ias Online. maju terus…God Bless TANONIHA.

  399. 399
    baju muslimah Says:

    maju terus SUMUT yang bs menjadi kebanggaan indonesia..
    selamat berjuang

  400. 400
    Drs. Yustinus Gulo/Ama Prima Says:

    Ya’ahowu.
    Saya merasa bergembira dengan adanya upaya Saudara pembuat Website “Nias Online” ini. Harapan saya semoga Situs Ya’ahowu ini dapat berfungsi sebagai :
    1. Media informasi yang dapat menambah pengetahuan/wawasan tentang berbagai aktifitas pembangunan di Pulau Nias. Dan disarankan agar Sdr. Pimpinan Situs Ya’ahowu ini merekrut tenaga reporter di setiap Kecamatan di Kabupaten Nias, Kab.Nias Selatan, Kab.Nias Barat, Kab. Nias Utara dan Kota Gunungsitoli, sehingga dapat meliput berbagai informasi yang ada di daerah.
    2. Sebagai wahana untuk melestarikan dan mengembangkan Culture Etnis Nias. Sebagai contoh : Foto BOLANAFO di halaman ini. Bolanafo salah satu media atau alat budaya kita yang mempunyai nilai sosial cukup tinggi. Tentu perlu penjelasan lebih lanjut lagi tentang apa saja isi dari Balanafo, kemudian apa makna ornamen/seni hias di Bolanafo serta terbuat dari bahan apa. Pada saat kapan dan di mana Bolanafo dipergunakan, dan seterusnya.
    Demikian, saohagolo. Ya’ahowu.

  401. 401
    adipunk Says:

    Diberitahukan bahwa ada LSM tak berbadan hukum dan beroperasi secara illegal di Jawa Tengah (Magelang), Sumatera Utara (Medan, Nias), NTT (Kupang, Sumba, Alor, So’E).
    LSM tersebut bernama:

    LEMBAGA HARAPAN SEJAHTERA (LHS)
    Jl. Letnan Tukiyat No. 64 Blondo Mungkid Kab. Magelang Jawa Tengah
    (Kompleks STT Magelang) Telepon: 081-56878748
    P.O. Box 216 Magelang 56100

    Mohon pihak terkait tindak dengan tegas dan tutup karena telah beroperasi dengan tanpa ijin dan tak berbadan hukum sejak lama.

    Terima kasih

  402. 402
    j zebua Says:

    mohon dimuat jumlah pemilih 5 kabupaten kota nias yang telah dimutakhirkan agar berita pilkada kepulauan niasnya lebih menarik

  403. 403
    j zebua Says:

    alangkah indahnya nias online kalau memuat nama kecamatan kepulauan nias dan desanya kalau perlu, sehingga kepulauan niasnya tampak begitu detail ada nggak ya????
    bisa jadi potensi tiap bagiannya

  404. 404
    NJT Says:

    MENABRAK ORANG HINGGA MATI TANPA ADA TINDAKAN HUKUM

    Kejadian menabrak orang hingga mati tanpa adanya tindakan hukum yang jelas kepada Pelaku dan raibnya uang jasa raharja kurang lebih sebesar Rp.25 Juta oleh oknum perantara (mengaku LSM) yang seharusnya diterima oleh keluarga korban terjadi di Nias.

    Sungguh naas nasib Julianus Gulo alias ama Alfa (alm) berusia 32 tahun, penduduk kelurahan Lahewa meninggal dunia akibat ditabrak oleh Hasrat Tanjung dengan menggunakan sepeda motor merek GL PRO di Desa Tefa’o,Kecamatan Lahewa Timur , Kabupaten Nias Utara pada tanggal 24 Juli 2010, Pukul 21.00 wib. Walaupun sudah ditangani oleh Unit LAKA LANTAS POLRES NIAS, namun tindakan hukum kepada Pelaku tidak ada kejelasan hingga saat ini.

    Setelah di konfirmasi kepada pihak keluarga korban, (Ina Risna Gulo) di dapatkan informasi bahwa, selain perkembangan kasus juga belum mereka dapatkan dari unit LAKA LANTAS POLRES Nias yang telah menangani kasus tersebut walaupun sudah dua bulan lebih , mereka juga telah ditipu oleh oknum dari desa Toiwo berinisial A.Y yang mengaku dirinya orang LSM yang mengurus Jasa Raharja terhadap kasus tersebut sebesar Rp.25 juta rupiah, hingga kini uang beserta oknum tersebut tidak jelas rimbanya hingga sekarang.

    Peristiwa tabrakan yang ditangani oleh LAKA LANTAS Polres Nias tersebut pada awalnya di tangani langsung oleh petugas Polisi bermarga Ginting (lupa nama lengkapnya-red), dan sekarang oleh Jernih Zebua (penyidik). Keluarga Korban hingga kini terus berjuang menuntut keadilan dan merencanakan untuk mendatangi langsung Kantor POLRES Nias di Gunungsitoli untuk mempertanyakan kejelasan perkembangan kasus tersebut, walaupun banyak rumors di lapangan yang menyurutkannya oleh karena Pelaku adalah satu marga dengan KASAT LANTAS POLRES NIAS yakni Pak Tanjung.

  405. 405
    njt Says:

    Sdr NJT,

    Pesan Anda di Buku Tamu kami hapus. Kalau Anda mau mengirim berita silahkan kirim ke Redaksi: nias.online@gmail.com dengan menuliskan identitas Anda. Redaksi akan mempertimbangkan pemuatan berita Anda.

    Ya’ahowu,

    Redaksi
    Catatan tambahan: Hindari penulisan pesan dengan menggunakan huruf besar semua, perhatikan etiket berkomunikasi di dunia maya.

  406. 406
    Jan Says:

    kalau bisa ditambahkan bagian tempat untuk mendownload lagu ataupun video mengenai Nias

  407. 407
    george soros Says:

    Di bandung sekarang heboh yang namanya yaman hiburan harefa. menjanjikan keuntungan trading forex sampai 40% di millenium penata futures di bandung.

    Karena begitu banyaknya orang nias yang mempercayakan uang mereka kepada yaman.
    Saya beritahukan kepada saudara-saudaraku,untuk tidak tertarik iming2 yg menjajikan keuntungan berlebihan

    karena alasan sebagai berikut:

    kalo kita cari di google yaman hiburan harefa akan ketemu:

    http://www.dilmil-semarang.go.id/files/hasil/0111444001286777580_4.24.Muhamad..378…Hr..pdf
    pernah menipu beberapa satpam di semarang.

    Kalo benar seorang namanya yaman berhasil menguasai pasar layaknya soros tentu dia akan trading sendiri, dengan uangnya sendiri. Gak usah cape2 mengurus ratusan nasabah.

    Di sejumlah org di bandung yaman ngaku-ngaku sebagai lulusan sarjana teologia. kalo kita lihat dari kasus penipuan disemarang, akan kita tahu kalo yaman berbohong.

    Keuntungan tetap sampai 40 persen trading di forex, adalah bohong. tentunya bank-bank besar tidak akan menyalurkan kredit pinjaman. fokus ke forex saja. perlu di ketahui. pinjaman antar bank aja gak sampa 1%. bahkan suku bunga jepang aja hanya 0,1% pertahun.

    trading di forex high risk high gain, kalo berani untung besar berani rugi jg.
    kalo berani mendapatkan keuntungan 40%, berani jg kehilangan seluruh dana yg telah di investasikan

    semoga membantu, dan happy trading

  408. 408
    florentina lai Says:

    menurut saya nias itu begitu indah jadi qt sebagai orang nias harus bangga dan gak boleh ngelupain teradisi nias terutama

    -bahasa
    -kampung-y

  409. 409
    FORNIHA Says:

    semoga dapat bersama selalu dan saling membangun
    ya’ahowu

  410. 410
    A. Jansen Hia Says:

    Saya sangat bangga dengan Nias Online.
    Nias Online menjadi media komunikasi kita masyarakat Nias, terutama yg ada di luar Pulau Nias.

    Batam, 24 Nov. 2010
    A. Jansen Hia
    (Fedieli Hia)

  411. 411
    RENDY DUHA Says:

    niasonline.com. Kalau bisa tampilkan juga rubrig mengenai it.

  412. 412
    FORNIHA Says:

    Salute .. buat kita semua, mari bersama mengawal dan mensukseskan pemilukada di Kepulauan Nias
    dan dapat di update di : http://pilkadanias.blogspot.com/

    Ya’ahowu

    FORNIHA

  413. 413
    IYAN Says:

    WAKTU SAYA PERTAMA KALI MELIHAT HALAMAN WEB INI SUNGGUH TERKESAN,SAYA SANGAT TERTARIK INGIN BANYAK BELAJAR MENGENAI NIAS,TENTANG HAL APA SAJA…

    KETERTARIKAN SAYA TERHADAP NIAS MEMANG TIDAK BEGITU SAJA ADA AWAL DAN CERITANYA,YANG BERAWAL DENGAN KEHIDUPAN PRIBADI SAYA SAAT INI.SEKARNG SAYA MENCINTAI GADIS NIAS …

    KETERTARIKAN SAYA DENGAN NIAS BERAWAL DARI SEORANG GADIS NIAS,KARNA BEGITU BESAR CINTA SAYA TERHADAPNYA SAYA INGIN LEBIH BANYAK MEMPELAJARI TENTANG NIAS DALAM HAL APA SAJA.

    DAN SAYA MEMANG BUKAN ORANG NIAS TAPI ENTAH MENGAPA SAYA MENCINTAI NIAS …BUKAN KARNA GADIS NIAS YANG SAYA CINTAI SAAT INI TETAPI, AKAN LEBIH DARI SEBUAH BUDAYA YANG LUAR BIASA UNTUK DI PELAJARI.KARNA SUNGGUH SAYA SANGAT MENGAGUMI NIAS..

    MUDAH-MUDAHAN SAYA BISA KE NIAS….

    TRIMAKASIH
    YA’AHOOWU..

    IYAN

  414. 414
    Sobagimboho beach - Nias Island Says:

    Dear all, let us together builld our island.I believe nias island still have alot of beautifull place.

    http://sobagimbohobeach.blogspot.com

    Regadrs,

    Sobagimboho beach – Nias Island

  415. 415
    ucup Says:

    benaran yaman hiburan harefa kabur. melibatkan ratusan miliar, seperti ulasan george soros di 407. hampir semua org nias di bdg skg, stress.

  416. 416
    ag paulus Says:

    NATAL 2010….. (renungan ..religius)

    Merapi wasior mentawai
    membawa duka bagi banyak anak bangsa
    banjir di banyak tempat….masih menyisakan nestapa
    di mana Dia yang cinta kita?
    Dia sudah bosan dengan kemunafikan Kita?
    Dia sudah teraniaya karena ulah kita?
    Dia sudah terkurung lewat berbagai sandiwara hidup kita?

    RumahNya sulit berdiri
    JemaatNya sulit beribadah
    karena kita minoritas…
    karena kita kaya raya/…
    karena mereka fanatik?
    kita domba di tengah srigala..
    Dia… ada dan tidak diam..
    Kau harus memanggul salib.. Ku
    Kau Ku.. kawal sampai akhir zaman

    Salib dari Nya:
    dicemooh
    disingkirkan..
    tak bisa jadi pejabat
    dicurigai senantiasa… (Kristenisasi?)
    bahkan dikriminalkan?..
    Kita mampu memanggulNya..
    walau iman kita cuma sebiji sesawi

    AKU MENYERTAI engkau SAMPAI AKHIR ZAMAN

    Selamat Natal 2010
    syallom

  417. 417
    ibrahim Says:

    Semoga Niasonline selalu menjadi lebih baik! Terima Kasih.

  418. 418
    Enoni Kanira Says:

    Kami mengajak seluruh masyarakat Nias Utara dan kepulauan Nias, untuk mengunjungi website enoni :

    http://www.enoni.org

    Pasangan Enoni mohon doa restu, untuk mengikuti Pemilukada Nias Utara
    tanggal 2 Februari 2011 yang akan datang

    Team
    Enoni Master

  419. 419
    Swettree Lakeisha Says:

    aku minta dukungan semuanya ya.
    aku ingin menulis novel semi budaya.
    tentang sahabatku dari nias.
    ini tentang persahabatanku dengan seorang nias.
    Gbu

  420. 420
    Cahyani Monalista Harefa Says:

    MOHON DUKUNGANNYA YA….
    SALAH SATU SMA DI NIAS, SMA LAHEWA, NIAS UTARA MASUK 10 FINALIS TULISAN YANG DIPILIH BHINNEKA.COM UNTUK MENDAPATKAN PC KOMPUTER.
    UNTUK ITU, KAMI SANGAT MENGHARAPKAN BANTUAN DUKUNGAN. HARI INI MERUPAKAN HARI TERAKHIR PENGIRIMAN VOTE NYA, DENGAN CARA MEMBUKA LINK BERIKUT : http://www.facebook.com/bhinnekacom?v=app_4949752878 KEMUDIAN KLIK “LIKE/SUKA” DI “NOMOR URUT 2”, SUARA DARI DAERAH JAUH.
    PARTISIPASI BAPAK/IBU/SDR/I SANGAT MENENTUKAN MASA DEPAN SMA NEGERI 1 LAHEWA.
    TERIMA KASIH…

  421. 421
    Bezisochie Dao Says:

    Saya memberi apresiasi besar dengan hadirnya Nias Online yang merupakan sarana informasi dan komunikasi tentang komunitas kepuluan Nias, Indonesia dan internasional.
    Saran saya, hendaknya website ini di design sebaik-baiknya dan diklasifikasikan sesuai dengan frame pemberitaan, dengan memuat informasi tentang Pendidikan, Politik, Kesehatan, Ekonomi, budaya dan Pariwisata. Sehiingga para pembaca dapat dengan mudah mengaksesnya…
    Ke depan harapan kita website ini bisa lebih baik di bandingkan sekarang.

  422. 422
    Derrys Halawa Says:

    Ya’ahowu….

    Saya senang sekali ada situs NIAS OLL ini….saya sarankan agar dikembangkan lagi…dan membantu pihak sekolah juga untuk membuat web disetiap unit

  423. 423
    Ronald Hia Says:

    Ya’ahowu Fefu !
    Saya seneng banget dgn adanya situs ini, smoga bisa menjadi wadah pemersatu bagi seluruh warga NIAS dimanapun berada terutama dalam membangun NIAS kedepan kearah yg lebih menyejahterakan…AMIN!

  424. 424
    aspireoflife Says:

    http://aspirapenuhcerita.blogspot.com/2011/03/wisata-nias-pulang-kampung.html

  425. 425
    ayu Says:

    Ya’ahowu….

    Makase sebelumnya akhirnya saya menemukan website online mengenai nias ini

    Tapi ngomong2 pak bisa minta tolong
    Alamat kantor BKD nias dan juga nmr telepon kantor…
    kalau ada tolong dikirim ya pak ke email saya a…@yahoo.co.id (bagi yang bisa membantu bisa menghubungi Redaksi untuk meminta elamat emailnya).

    Terima kasih sebelumnya ya pak !!!!

  426. 426
    frans dirikan sihura Says:

    saya sangat bangga dengan ide anak muda skrg nih membuka website ya,ahowu….maju trus anak nias pemimpin bangsa akan datang………

  427. 427
    Marinus W. Says:

    Yaahowu
    slm kenal semuanya.

    http://www.hilisangawola.wordpress.com

  428. 428
    niska dachi Says:

    Ya’ahowu,senang ada nias online,jadi bs saya lbh menggali budaya dari kampung alm.bpk saya di hilisimetano,teluk dalam,nisel dan tuk bang idealisman yg. Mau dilantik bsk selamat

  429. 429
    niska dachi Says:

    Kl bisa update terus tuk brita ttg nias,khususnya nias selatan,saohagolo

  430. 430
    niska dachi Says:

    Untuk sdr,sdri, dan keluarga nias yg berasal dari hilisimetano,teluk dalam yg ada di jakarta bisa bergabung dgn perkumpulan YA’ahowu dgn menghubungi bpk petrus sona fau (0a echa) di no.hp 081387336924

  431. 431
    Pdt.Darius Leiwakabessy.M.Min Says:

    Terimaksih sdh bisa mengetahui tentang Nias sebab saya menikah dengan orang nias marga Zebua…..mertua saya The aro Zebua (ama defi) di Jambi.

  432. 432
    Ama Grace Zebua Says:

    selamat pa pabdeta sdh bergabung
    GBU/Z./jambi

  433. 433
    Pdt. Krisman Lase Says:

    Ya’ahowu, ketemu Nias online, perbanyak lagi berita dari Nias dan dari daerah. Kami sdh lama tidak ke Nias, saat ini kami tinggal di Palembang. Saohagolo

  434. 434
    Mezaro Ndraha Says:

    Kami dari Trans News (Tabloid Hotrans) yang berkantor pusat di Sragen Jawa Tengah, membutukan WARTAWAN/I yang berdomisili di NIAS. Adapun tugasnya adalah :
    – Meliput Berita untuk dimuat di Tabloid Trans
    – Menjalin kerjasama positif dengan semua orang
    – Melaporkan hasil liputan dan kerja setiap hari
    – Menjangkau semua masyarakat khususnya pelaku dunia pendidikan dan bisnis

    Prosedur :
    – Menghubungi kami di 082137878376
    – Wawancara via HP / online
    – Mempersiapkan data diri

    Kriteria :
    – Minimal tamatan SMA/sederajat
    – Bisa dipercaya
    – Menyukai dunia jurnalistik
    – Punya relasi yang luas
    – Bisa bahasa daerah NIAS dan bahasa Indonesia, bahasa Inggris nilai plus
    – Bisa mengoperasikan komputer (internet)
    – Mau mematuhi tata tertib yang ada

    Bila dimungkinkan, akan mengikuti pelatihan di Jawa Tengah.

    Hubungi : M.Ndraha 082137878376 atau http://www.hotrans267.com facebook : hotrans tabloid

  435. 435
    Lowongan Kerja Says:

    Apakabar Nias? Bagus banget blog nya, maju terus!

  436. 436
    APEDRIANUS GEA Says:

    Masyarkat KEC. NAMOHALU ESIWA meminta kepada pemerintah KAB. NIAS UTARA supaya sekolah di KEC. NAMES dapat adanya perehabilitas dengan kokoh dan agar guru PNS dikirim dengan tugas sebagai pengajar provesional. Dengan ini mengingat perekonomian masyarkat di Daerah ini sangat minim sekali sehingga pengangguran merajalela.Dan tidak mengenal adanya kemajuan yang namanya jati diri, untuk itu agar PEMBKA Mengadakan sosialisasi di Kec. NAMOHALU ESIWA terutama di pelosok-pelosok. terimakasih atas segalanya agar di kabulkan. Y A A H O W U.

  437. 437
    Dali H Gulo Says:

    Ya’ahowu

  438. 438
    Jukiman Zebua Says:

    Ya’ahowu

    Terus maju membangun nias

  439. 439
    supernothing Says:

    Saya sedang membuat blog Nias Selatan http://niasselatan.supernothing.tk,

    Izinkan saya untuk memasang link web ini di blog saya ataupun sebagai blogroll Nias Online….

    Terima Kasih

    Ya’ahowu !

  440. 440
    Febrian Lumintang Says:

    Saya pernah ke Hilifalage, Hilinamozaua, Hilimondregeraya dan Lahusa Fau. Juga pernah ke Lagundri dan Soroake. Sangat mengesankan.

  441. 441
    Noper Man Says:

    Ya’ahowu fefu….

    N I A S Pasti bisa,, Raihlah cita-citamu setinggi mungkin, maju terus pantang mundur.

  442. 442
    Arifin Gulo Says:

    Yaahowu Fefu

    “” SELAMAT HARI NATAL 25/12/11 & TAHUN BARU 01/01/12 “”

  443. 443
    Mezaro Ndraha Says:

    Terimakasih pada NIAS ONLINE, bahwa Anda telah ikut membuat NIAS dikenal di dunia maya. Cita-cita mu “NIAS ONLINE” untuk membangun NIAS akan menjadi kenyataan. Doaku secara pribadi mendorong para pengembang untuk terus berkarya … maju terus NIAS ONLINE dan teman-2 pengembang selamat BERKARYA.

    Sukses …

  444. 444
    Adi Iskandar Says:

    Buat Nias Online dot net, dari sisi desain halaman, cukup interaktif, berita juga cukup up-to-date. Namun ada yang penting ingin saya tanyakan, karena kurang elok dilihat, nongol setiap ada headline, yakni: by susuwongi. Saya gak yakin ini ditulis oleh susowangi seluruh konten berita. mungkin ini hanya template saja. Mohon koreksi atas pencantuman by susuwongi. kalo perlu itu mungkin ditiadakan template tsb. karena kurang elok dipandang mata. thx.

  445. 445
    Taufan Pragisetia Says:

    Saya menyukai tampilan website Anda dengan materi yang dibahas di dalamnya karena isinya menarik dan mengesankan . Saya akan kunjungi beberapa waktu lagi untuk melihat informasi baru dari Anda.

  446. 446
    Sofyan Says:

    kenapa formulir pendaftaran tidak ada.
    terima kasih

  447. 447
    Cres Hulu Says:

    Ya’ahowu.. 🙂

    Sukses selalu buat “niasonline.net”, semoga terus memberitahukan informasi-informasi yang baik dari pulau Nias Tercinta sehingga anak-anak nias yang sekalipun tinggal tidak di pulau nias tetap mengetahui informasi atau berita yang terjadi di pulau nias.Tuhan Memberkati,terima kasih 🙂

    Ya’ahowu
    Cres Hulu
    Medan – Indonesia

  448. 448
    Jamaique Zack Gimbal Handlerlover Says:

    yaahowu dari 828bet.com agen bola terpercaya piala dunia 2014
    http://goo.gl/sOXm35

    http://goo.gl/Bnxt0f

  449. 449
    Fo'arota Mendrofa Says:

    Yaahow Nias Online,

  450. 450
    Bravo Os Says:

    Kami menyediakan berbagai macam aksesoris & sparepart sepeda motor dengan harga murah.
    Tersedia lebih dari ribuan produk untuk berbagai macam kebutuhan motor Anda.
    Harga mulai dari Ribuan Rupiah sampai Jutaan Rupiah.

    Kunjungi website kami :

    http://www.berinka.com

    email: cs@berinka.com
    Telp. 085373480000
    SMS: 081375690001

  451. 451
    Kamera Cctv Medan Says:

    http://rumahaspirasicalegfirmangea.blogspot.com/

  452. 452
    Jamaique Zack Gimbal Handlerlover Says:

    AsiaPoker77 Bonus JACKPOT Plus tiap BULAN

    http://goo.gl/bpE7uF

  453. 453
    Charrys Duha Says:

    YA’AHOWU ONO NIHA FEFU

  454. 454
    Novemberianus Lahagu Says:

    Yaahowu saudara/Ri yang sendang mengelolah situs ini ini,kalaiu bisa tingkatkan perkembangan teknolongi kamus bahasa Nias dan Alkita Nias.Supaya orang Bisa melitanya dengan cepat relatif bagi masyarakat sekitar.

  455. 455
    Ricky Atank Kungkung Says:

    ituPoker.net AGEN JUDI POKER , AGEN JUDI DOMINO ONLINE INDONESIA TERPERCAYA
    http://blujer.blogspot.com/2014/01/itupoker.net-agen-judi-poker-agen-judi-domino-online-indonesia-terpercaya.html
    Cara Meningkatkan Penjualan Online Di Tahun 2014
    http://blujer.blogspot.com/2014/01/cara-meningkatkan-penjualan-online-di.html

  456. 456
    Andy Safril Says:

    Sebagai informasi utk seluruh pebisnis maupun masyarakat Nias bahwa terhitung tgl 23 des 2013, pelabuhan gunung sitoli sdh resmi disandari oleh kapal peti kemas PT. Meratus tujuan jakarta-sibolga-gn sitoli-jakarta 2x seminggu, namun sayang belum dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat nias untuk pengiriman barang komoditi dari nias baik eksport maupun domestik. untuk informasi dapat menghubungi PT Pelabuhan Indonesia I Cabang Gunung Sitoli up. Andy Syafril. Kami berharap dengan masuknya kapal peti kemas ke pelabuhan gunung sitoli akan lebih meringankan biaya transportasi dan pada akhirnya menurunkan tingkat harga barang/kebutuhan pokok di pulau Nias. Tks semoga Nias Online terus maju asyafril@inaport1.co.id

  457. 457
    Ariful Haq Says:

    Yth, admin Nias Online…
    U’andro mena’o osi tentang Muslim Nias sudi kiranya ditampilkan…
    Saohagolo….
    Ya’ahowu…

  458. 458
    Sudianto Zamasi Says:

    Ya’ahowu, salam kenal buat semua pengunjung niasonline, perkenalkan nama saya Sudianto Zamasi, asli putra nias, tapi dilahirkan dari seorang ibu orang batak simalingun, dan saya besar di tanah rantau, saat ini saya dan keluarga tinggal di bandung, dan saya sangat senang dan bangga menjadi putra nias, apalagi dengan hadirnya NIASONLINE ini, akhirnya saya dapat mengenang/mengetahui tanah kelahiranku, buat pengurus(admin) NIASONLINE, selamat bertugas dan promosikan terus pulau kita yang tercinta ini, sampai ranah internasional. Sukses buat pengurus ya. GBU.

  459. 459
    Anonymous Says:

    sukses selalu niasonline.net
    http://www.asianbrilliant.com

  460. 460
    Luis Xheng Says:

    situs ini termasuk luar biasa dengan berbagai info sampe sejarah Nias. tapi ada dikit yg prlu di tambal, design halaman situsnya kok sepertinya designer pemula bgt gitu…. wkwkwkwk :p

  461. 461
    Bahagiadachi Says:

    Kepada admin Nias Online, saya menyarankan agar promosi pulau nias terus di kembangkan dan tam[i;lam foto2 pulau nias yg bisa di jadikan objek wisata dan di jual di manja negara. Selamat buat Admin dan kita suport terus demi Nias yg kita cintai. Ya’ahowu.

  462. 462
    Yanus Waruwu Says:

    Saya brhrp lbh ditingkatkan lg. Smga sukses utk admin niasonline n Gbu

  463. 463
    Sokker Mania Says:

    ada yang baru… izin promo ya,,…

    ituBola.com JUDI BOLA, AGEN BOLA, AGEN JUDI BOLA PIALA DUNIA
    http://goo.gl/hlYF60

    ABCBOLA.COM Agen Judi Bola Terpercaya Piala Dunia 2014
    http://goo.gl/Odi388
    http://goo.gl/C59qoj

    CMCPoker.com agen judi poker online, agen judi domino online indonesia terpercaya
    http://goo.gl/uId5hr

    KAISARBET.COM AGEN BOLA TERPERCAYA PIALA DUNIA 2014
    http://goo.gl/LukF2E
    http://goo.gl/4YM0kk

  464. 464
    Wahyu Wibawanto Dnz Says:

    Assalamualaikum

    Sebelumnya salam kenal saya dari salah satu penerbit buku di Jakarta yaitu CV. Mitra Wacana Media, kami ingin menawarkan produk terbaru kami yaitu Buku:
    Harga : Rp47,000.00
    Tersedia : 100
    Penulis : Samudra Kurniaman Zendrato, S.Sos., M.Si
    ISBN : 978-602-1521-81-6
    Edisi : 1
    Tahun : 2014
    Halaman : 164
    Bahasa: Indonesia
    Buku yang membahas tentang kepribadian dan kebudayaan Warga Nias Ini cocok sekali untuk menjadi bahan bacaan atau koleksi buku” Saudara Nias.
    dapatkan buku ini via telp.wa 087857474909 atau pin bbm 74fb2c4e
    Terimakasih

    Buka Link ini (gambar cover buku)
    http://www.mitrawacanamedia.com/image/cache/data/buku_umum/Nias%201potongan%20web-500×500.jpg

  465. 465
    Anonymous Says:

    makin sukses nias online salam dari http://www.ergyjersey.com/

  466. 466
    Aro Laia Says:

    Selamat buat Nias Online
    Semoga menjadi sebuah berita yg berkualitas dan berguna buat pekembangan masyarakat Nias, dan setiap berita biarlah berdasarkan kebenaran dan kejujuran. GBU All

  467. 467
    Rahmi Af Idah Gulo Says:

    Selamat siang. Salam Nias Online ! Saya sangat bangga menjadi Putri Daerah Nias. Apalagi sekarang teman-teman saya di luar daerah Nias sudah cukup banyak mengenal Pulau Nias. Saya berharap info terkait pulau Nias lebih dikembangkan karena berhubung Pulau Nias merupakan salah satu daerah yang memiliki tempat wisata yang indah di Pulau Sumatera. Saya juga berharap Informasi mengenai hal-hal terkait program pemerintah, beasiswa S1/S2/S3, tempat-tempat wisata di Pulau Nias, lowongan kerja baik BUMN, BUMS, PNS, dll lebih dijangkau lebih luas mengenai informasi tersebut sehingga kami putra-putri Nias khususnya teman-teman dari luar daerah bisa menjangkau informasi dan lebih mengenal kebudayaan dan perkembangan Pulau Nias dari waktu ke waktu secara cepat (update). Saya sarankan segera upayakan untuk pengembangan situs terkait Pulau Nias dengan admin-admin berbakat dan selalu up to date. Terima kasih. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pengucapan. Salam Nias Online! 🙂

  468. 468
    Efendi Ziraluo Says:

    pulau nias adalah pulau yg mngunjungin wisatawan, kerna nias apresiasi adat2 yg unik spt lompat btu,selancar dlsbg, nias tetp jaya

  469. 469
    Amillin Ismail Jr. Says:

    mantap

  470. 470
    Dewa Brata Says:

    website dengan artikel yang sangat menarik gan

  471. 471
    Irene Swastiwi Viandari Kharti Says:

    halo, mau bertanya kalau mau pinjam baju adat Nias apa ada yg tau tempatnya dmn? Terima kasih sebelumnya

  472. 472
    Emerensiana Zebua Says:

    Trims atas portal nias online yang sangat bermanfaat untuk banyak informasi dan sharing. Sangat sedikit tampaknya portal-portal online yang berbasis berita ttg kepulauan nias. Syukur tadi jelajah2 dgn mbak google dan dapat temukan portal yang tampaknya masih baru ttp sangat menarik: SALAWA HADA NETWORK (www.salawahada.org), ada forum dan marketnya juga.

    Mohon info bila masih ada yang lain nich soalnya pingin mampir ke web2 tentang nias tercinta.

  473. 473
    Saveria Duha Says:

    Proficiat buat “niasonline.net”. Mari membagikan aspirasi, pikiran, ide untuk membangun Nias menggapai masa depan lebih cerah… bergabung dalam SaHaders (sebuah Komunitas Forum Nias): SALAWA HADA FORUM (http://www.salawahada.org/forums)

  474. 474
    Dewi Shinta Says:

    ok, mantap artikelnya gan

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

February 2023
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728