Kemendagri Usulkan Penetapan Provinsi Kepulauan Nias

Tuesday, April 29, 2014
By susuwongi

Faböwösa Laia | FB

Faböwösa Laia | FB

NIASONLINE, JAKARTA – Perkembangan berarti terkait pengajuan pembantukan Provinsi Kepulauan Nias datang dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kementerian itu telah menetapkan dua calon daerah otonomi baru (DOB) untuk diajukan ke DPR RI guna dibahas dan ditetapkan menjadi DOB definitif.

“Disampaikan berita sukacita buat masyarakat Kepulauan Nias bahwa berdasarkan info dari Bapak Usman, staf di Direktorat Penataan Daerah/Otsus, Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri bahwa pada rapat tim DPOD hari ini, pemerintah telah menyetujui dan menetapkan dua calon provinsi baru. yakni, Provinsi Bolaang Mongondow Raya dari Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Kepualuan Nias dari Provinsi Sumatera Utara menjadi provinsi definitif dan segera diajukan ke DPR RI,” ujar Sekretaris Umum Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BP-PKN) Fabowosa Laia kepada Nias Online melalui pesan singkat, Selasa (29/4/2014)

Pada akhir tahun lalu, secara resmi melalui Sidang Paripurna, DPR RI menyetujui usulan 65 DOB baru untuk menjadi Rancangan Undang-Undang (RUU) inisiatif DPR. Dari 65 tersebut, 8 di antaranya adalah usulan provinsi baru dimana Provinsi Kepulauan Nias adalah salah satunya.

Pada Januari 2014, Presiden SBY yang selama ini memberlakukan moratorium pembentukan DOB, menerbitkan Amanat Presiden (Ampres) yang menyatakan bahwa pemerintah siap membahas usulan RUU itu bersama DPR.

Lalu, pada 26 Maret 2014, tim DPOD Kemendagri melakukan verifikasi lapangan di Pulau Nias untuk mengetahui apakah syarat-syarat yang dibutuhkan sudah terpenuhi. Hasil verifikasi itu akan jadi pertimbangan untuk memutuskan apakah usulan DOB tersebut akan jadi prioritas pembahasan atau tidak. (en)

Tags: , ,

22 Responses to “Kemendagri Usulkan Penetapan Provinsi Kepulauan Nias”

Pages: [1] 2 3 » Show All

  1. 1
    Bahagiadachi Says:

    Berita ini sangat menggembirakan kita semua masyarakat nias.
    Namun setelsh mendengar dan menyaksikan beberapa kejadian di nias selama pilek berlangsung, sebaiknya nias belum siap dan masih perlu pembenahandari semua sektor. bahkan di hampir semua kabupaten terjadi pembohongan dlm jumlah penduduk yg dilakukan oleh pejabat2 dgn tujuan agar mendapatkan anggaran dari pemerintah. bukankah ini perbuatan yg melanggar hukum? hal ini berdampak pd penentuan DPT. belum lagi persoalan korupsi yg sangat memprihatinkan kita. mari kita duduk bersama dan jgn hanya sekelompok orang yg memikirkannya krn pulau nias adalah milik kita bersama. Semoga Tuhan memberkati pulau nias. aminnn…

  2. 2
    Julianus Gulo Says:

    Mantap…

  3. 3
    Saniago Gideon S Dakhi Says:

    Semoga Tuhan beserta kita. Provinsi Kepulauan Nias pasti !

  4. 4
    Agustus Nazara Says:

    Berita yang sangat menggembirakan….!!! Tarorogo….!!!

  5. 5
    Paiden Hya Says:

    Lanjutkan perjuangan!!!!

  6. 6
    Jhon Ebhen Waruwu Says:

    mudah-mudahan impian menjadi kenyataan

  7. 7
    Soryanus Lase Says:

    smoga jd knytaan

  8. 8
    Yasinta Ros Fau Says:

    smg berhasil….

  9. 9
    Polce Zebua Says:

    Lanjutkan… Moga segera disetujui…oleh DPR.

  10. 10
    Sudhiely Zebua Says:

    Sesegera mungkin anda berpesta pora diatas penderitaan rakyat yang akan datang….!!!

Pages: [1] 2 3 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2014
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930