Hanya 4 Daerah di Pulau Nias Diizinkan Rekrut CPNS Baru

Monday, July 22, 2013
By susuwongi

Peta Pulau Nias | multiply.com)

Peta Pulau Nias | multiply.com)

NIASONLINE, JAKARTA – Penerimaan puluhan ribu calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru dari jalur umum tahun ini ternyata tidak berlaku untuk semua daerah.

Berdasarkan keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menetapkan, hanya 227 kabupaten/kota dan 20 provinsi diizinkan merekrut CPNS baru di daerahnya.

Di Kepulauan Nias, hanya empat daerah saja yang diizinkan menerima CPNS jalur umum yang baru. Yakni, Kabupaten Nias, Nias Selatan, Nias Utara dan Nias Barat. Sedangkan Kota Gunungsitoli tidak masuk dalam daftar.

Secara keseluruhan, di Provinsi Sumatera Utara, hanya 13 pemerintah daerah yang diizinkan merekrut CPNS baru. Selain keempat daerah di Kepulauan Nias tersebut, daerah lainnya adalah Pemprov Sumut, Padanglawas, Padanglawas Utara, Deliserdang, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, dan Kota Sibolga.

Lalu, berapa kuota CPNS per daerah? Sampai saat ini pemerintah pusat masih merahasiakannya. Kepala Biro Hukum dan Humas (Karo Hukmas) Kemen PAN-RB Mohammad Imanuddin mengatakan, secara umum, sekitar 40 ribu formasi CPNS dialokasikan untuk Pemda. Sisanya, sebanyak 20 ribu menjadi jatah instansi pemerintah pusat.

Dia mengatakan, bila sudah ditetapkan, Kementeriannya juga tidak akan mengeksposnya saat ini supaya tidak menjadi bahan politisasi di daerah, terutama oleh DPRD setempat. Pada waktunya, kata dia, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang akan mengumumkan jumlah lowongan CPNS di daerahnya.

Daftar Lintas Daerah

Dia mengatakan, persaingan memerebutkan kursi CPNS tahun ini bakal ketat dibanding sebelumnya. Sebab, pemerintah mengizinkan para pelamar melamar lintas daerah. Artinya, pelamar daerah yang satu, bisa melamar di daerah bahkan provinsi lainnya.

Hal itu, kata dia, juga akan dimanfaatkan oleh para pelamar dari daerah yang pada tahun ini daerahnya masuk daftar dilarang merekrut CPNS.

“Penerimaan CPNS ini merupakan agenda nasional. Pelaksanaanya saja di daerah. Karena itu, pelamar boleh mendaftar di daerah lainnya,” jelas dia.

Adapun penetapan daerah yang diperbolehkan merekrut CPNS baru tersebut adalah terutama besaran belanja pegawainya di APBD tidak melebihi 50%.

Penerimaan CPNS tahun ini, diupayakan lebih ketat. Pemerintah pusat menggandeng sejumlah lembaga untuk mencegah kecurangan. Di antaranya, dengan melibatkan Lembata Sandi Negara (Lemsaneg) untuk mengamankan soft copy soal tes dari upaya pembobolan.

Badan Intelijen Negara (BIN) juga akan digerakkan untuk mengendus para pejabat daerah yang bermain dalam penerimaan itu. Mulai menjelang pendaftaran, pelaksanaan tes hingga pengumuman hasil tes.

Sedangkan untuk mendeteks permainan uang dan kekuasaan dalam proses seleksi, LSM Indonesia Corruption Watch (ICW) juga turut dilibatkan. (EN/*)

Tags: , , , , ,

30 Responses to “Hanya 4 Daerah di Pulau Nias Diizinkan Rekrut CPNS Baru”

Pages: « 1 [2] 3 » Show All

  1. 11
    Alang Cell Says:

    Jika butuh angka ghaib untuk pasang togel sgp/hkg 2d_3d_4d di jamin pasti jitu 100% hbg : 081-243-216-087 KI.Petir jika ingin mengubah nasib anda untuk baik kedepannya mksh…..

  2. 12
    Gesit Sitepu Says:

    Kalau bisa pak secepatnya dibuka berapa jumlah kuota yang dibutuhkan didaerah bapak.

  3. 13
    Obadi Hulu Says:

    Mdh2an perekrutan dan penambahan PNS, layanan kpd masy semakin baik shg msy menjadi sejahtera sesuai dg cita2 kemerdekaan..

  4. 14
    Denis Lison S Says:

    penasaran x dn kepingin x aq ikut pelamaran/test ujian cpns tersebut,

  5. 15
    Kurnia CIe BraNdals Says:

    kpan mulai pndaftaran nya..

    aq juga pngen daftar…………

    pliss kci tw la,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  6. 16
    Kureta Satua Says:

    Yth, para editor Niasonline yang telah bersusah payah dalam mengumpulkan informasi demi kepentingan publik. Saya KURETA SATUA sangat senang dengan apa yang telah kalian muat dalam berita ini, terlebih lebih mengenai topik PENGAMANAN PROSES PENERIMAAN CPNS diseluruh Indonesia. Saya selaku Sogai gito sangat senang apabila hal tersebut dapat terwujud sengan baik. Tetapi kalau boleh saya berkata bahwa cara pengamanan diatas belum bisa menjamin hasil yang memuaskan bagi seleksi cpns.Hal ini dikarenakan pemeriksaan hasil ujian dillaksanakan diluar daerah atau tempat berlangsungnya ujian, dimana sebagai manusia saya meragukan adanya persatuan diantara para team pengawas atau pengaman tersebut sehiingga hasil ujian bisa saja berubah dari yang aslinya. Kalau boleh saya sarankan jika memang pemerintah menginginkan hasil yang maksimal buat kualitas negeri yang tercinta maka Hendaknya ujian tersebut langsung diperiksa hasilnya dilokasi ujian pada saat dan tempat yang sama, sesaat setelah kertas ujian dikumpulkan. Delain itu tim pemeriksa adalah tim yang dibentuk oleh pemerintah seolah terpisah dari kegiatan publik ( maksudnya tim rahasia/ Siluman) dimana tak seorang pun yang akan tahu sebelum jam dilaksanakannya ujian. Tim Siluman ini akan melakukan penilaian pada kertas kertas ujian yang telah diserahkan dan hasilnya langsung dilaporkan kepada pihak yang berwewenang. dan apa yang menjadi hasil pada hari ujian tersebut langsung dipublikasikan baik melalui berbagai media termasuk Radio. Sehingga hasil ujian tersebut insya Allah benar benar murni tanpa ada menginap dan masuk angin. Amin

  7. 17
    Bintang Sanko Says:

    kapan pendaftaranya dibuka pak.

  8. 18
    Ram-a Nazara Says:

    Adlhamdulilah..

  9. 19
    Radex Telaumbanua Says:

    HALELUYA…

  10. 20
    Finzel Sona Naz Says:

    Amen. ..moga cpet dibuka

Pages: « 1 [2] 3 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

July 2013
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031