Hanya 4 Daerah di Pulau Nias Diizinkan Rekrut CPNS Baru

Monday, July 22, 2013
By susuwongi

Peta Pulau Nias | multiply.com)

Peta Pulau Nias | multiply.com)

NIASONLINE, JAKARTA – Penerimaan puluhan ribu calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru dari jalur umum tahun ini ternyata tidak berlaku untuk semua daerah.

Berdasarkan keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menetapkan, hanya 227 kabupaten/kota dan 20 provinsi diizinkan merekrut CPNS baru di daerahnya.

Di Kepulauan Nias, hanya empat daerah saja yang diizinkan menerima CPNS jalur umum yang baru. Yakni, Kabupaten Nias, Nias Selatan, Nias Utara dan Nias Barat. Sedangkan Kota Gunungsitoli tidak masuk dalam daftar.

Secara keseluruhan, di Provinsi Sumatera Utara, hanya 13 pemerintah daerah yang diizinkan merekrut CPNS baru. Selain keempat daerah di Kepulauan Nias tersebut, daerah lainnya adalah Pemprov Sumut, Padanglawas, Padanglawas Utara, Deliserdang, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, dan Kota Sibolga.

Lalu, berapa kuota CPNS per daerah? Sampai saat ini pemerintah pusat masih merahasiakannya. Kepala Biro Hukum dan Humas (Karo Hukmas) Kemen PAN-RB Mohammad Imanuddin mengatakan, secara umum, sekitar 40 ribu formasi CPNS dialokasikan untuk Pemda. Sisanya, sebanyak 20 ribu menjadi jatah instansi pemerintah pusat.

Dia mengatakan, bila sudah ditetapkan, Kementeriannya juga tidak akan mengeksposnya saat ini supaya tidak menjadi bahan politisasi di daerah, terutama oleh DPRD setempat. Pada waktunya, kata dia, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) yang akan mengumumkan jumlah lowongan CPNS di daerahnya.

Daftar Lintas Daerah

Dia mengatakan, persaingan memerebutkan kursi CPNS tahun ini bakal ketat dibanding sebelumnya. Sebab, pemerintah mengizinkan para pelamar melamar lintas daerah. Artinya, pelamar daerah yang satu, bisa melamar di daerah bahkan provinsi lainnya.

Hal itu, kata dia, juga akan dimanfaatkan oleh para pelamar dari daerah yang pada tahun ini daerahnya masuk daftar dilarang merekrut CPNS.

“Penerimaan CPNS ini merupakan agenda nasional. Pelaksanaanya saja di daerah. Karena itu, pelamar boleh mendaftar di daerah lainnya,” jelas dia.

Adapun penetapan daerah yang diperbolehkan merekrut CPNS baru tersebut adalah terutama besaran belanja pegawainya di APBD tidak melebihi 50%.

Penerimaan CPNS tahun ini, diupayakan lebih ketat. Pemerintah pusat menggandeng sejumlah lembaga untuk mencegah kecurangan. Di antaranya, dengan melibatkan Lembata Sandi Negara (Lemsaneg) untuk mengamankan soft copy soal tes dari upaya pembobolan.

Badan Intelijen Negara (BIN) juga akan digerakkan untuk mengendus para pejabat daerah yang bermain dalam penerimaan itu. Mulai menjelang pendaftaran, pelaksanaan tes hingga pengumuman hasil tes.

Sedangkan untuk mendeteks permainan uang dan kekuasaan dalam proses seleksi, LSM Indonesia Corruption Watch (ICW) juga turut dilibatkan. (EN/*)

Tags: , , , , ,

30 Responses to “Hanya 4 Daerah di Pulau Nias Diizinkan Rekrut CPNS Baru”

Pages: [1] 2 3 » Show All

  1. 1
    atulooo Says:

    follow me

  2. 2
    sri anita dina marga rettha manurung Says:

    mudaha2an saya diterima

  3. 3
    KISAH SUKSES NURDIN JAMAL Says:

    Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar sumatra selatan, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 30 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no tlp Bpk EDI SUJITNO yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan juga mengurusnya untuk kenaikan golongan, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim Nama dan nomor tes Alhamdulillah sayapun lulus tes tulisan dan tes wawancara, alhamdulillah SK saya akhirnya keluar, Jadi apapun keadaan anda skarang jangan pernah putus asa dan terus berusaha, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Dr.EDI SUJITNO SH,Msi Tlp:0823-18977712 Siapatau Beliau Masih Bisah Bantu.

  4. 4
    N.Dachi Says:

    Dulu kata orang kepulauan Nias terbelakang,tapi tidak lagi seperti dulu sekarang Nias sudah mulai maju.kalau tidak percaya berkunjunglah ke kepulauan Nias pasti anda akan menikmati keindahan alamnya. Ya’ahowu.

  5. 5
    firtinus bali Says:

    nias, 06 September 2013

    Kepada yth :

    Bapak/Ibu Bupati …..
    ………………
    di –
    Nias Selatan

    Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

    Nama :
    Tempat, tgl lahir :Bawomataluo,20 November 1984
    Usia pada tanggal 01/01/2013: … Tahun, … bulan
    Jenis kelamin : Laki-Laki
    Agama :Kristen Protestan
    Pendidikan/Jurusan : D-3 ….
    Alamat :Jl.Gereja Bawomataluo
    Nomor telepon/HP :021-91534799/085217897880

    Dengan ini menyampaikan permohonan kepada Bapak/Ibu, agar kiranya dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen —–, dengan jabatan ……… (kode jabatan : ….)

    Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini Saya lampirkan :
    Foto copy Ijazah terakhir beserta transkripnya yang telah dilegalisir masing-masing 1 (satu) lembar,
    Pas photo ukuran 3×4 cm sebanyak 4 (empat) lembar,
    Foto copy Kartu Pencari Kerja (AK. I) yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar.

    Demikian permohonan ini disampaikan, besar harapan Saya kiranya Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya, sebelum dan sesudahnya diucapkan terima kasih.

    Hormat Saya,

    (Tanda Tangan – Nama Terang)

  6. 6
    eka Says:

    tolong secepatnya di kabar kan pengumuman cpns di nias

  7. 7
    Warrys Lia Lase Says:

    muda2han scepatnya dibuka ya penerimaan cpns ini…dan muda2han nama saya juga ada nantinya…..tak ada yg mustahil bagi Tuhan..amen.

  8. 8
    Irae Tepu Says:

    tolong lah buka kapan mulai pendaftaran ya Pak tks.

  9. 9
    Atanasiyus Prangin Angin Says:

    kapan pendaftaranya? dan apa persiyaratanya? thx

  10. 10
    Sioni Buulôlô Says:

    Apakah bisa melamar CPNS secara Online saja?

Pages: [1] 2 3 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

July 2013
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031