HIMNI Sumut Akan Gelar Musda pada 13-14 Juli 2012

Wednesday, April 18, 2012
By susuwongi

Logo HIMNI (Foto: niaspost.com)

NIASONLINE, JAKARTA – Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (Himni) wilayah Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar musyawarah daerah (Musda) pada 13-14 Juli 2012.

“Acaranya akan digelar di Medan selama dua hari. Satu hari untuk kegiatan diskusi dan satu hari berikutnya untuk kegiatan Musdanya sendiri,” ujar Ketua Panitia Musda Himni Sumut Turunan Gulö kepada Nias Online di Jakarta, Rabu (18/4/2012).

Turunan menjelaskan, pada hari pertama, akan digelar diskusi dengan dua tema. Pertama, terkait pembentukan provinsi Kepulauan Nias. Topiknya, kata dia, Urgensi, Prospek dan Strategi Perjuangan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias.

“Terkait urgensi, sampai saat ini masih banyak yang belum tahu mengenai rencana itu. Bahkan di Medan saja, belum pernah ada diskusi soal pentingnya pembentukan provinsi Kepulauan Nias tersebut,” jelas dia.

Terkait prospeknya, panitia akan menghadirkan pembicara dari Kementerian Dalam Negeri, Komisi II DPR RI dan juga kalangan akademisi.

Tema kedua, jelas dia,tentang Desain Pembangunan Kepulauan Nias Sebagai Kesatuan Geografis. Latarbelakang teman ini adalah adanya cibiran terhadap para kepala daerah di lima daerah di Pulau Nias yang dianggap ‘bermain sendiri’. Masing-masing sibuk memikirkan daerah sendiri dan tidak memikirkan pembangunan yang strategis yang menjadi kebutuhan kelima daerah.

“Ada cibiran soal langkah-langkah para kepala daerah itu. Diskusi ini akan membahas bagaimana peran masing-masing kepala daerah di sana,” jelas dia.

Untuk tema kedua ini, kata dia, salah satu pembicara yang direncanakan akan dihadirkan adalah Max Pohan, seorang Deputi di Kementerian Bappenas.

Pada hari kedua, kata pria yang juga anggota KPUD Sumut tersebut, akan diisi dengan kegiatan Musda, di antaranya pemilihan pengurus baru. Saat ini, Himni Sumut diketuai oleh Sudirman Halawa, yang juga anggota DPRD Sumatera Utara. (EN)

Tags:

13 Responses to “HIMNI Sumut Akan Gelar Musda pada 13-14 Juli 2012”

  1. 1
    Nathan Daeli Says:

    Wahhhh, ini kegiatan yg sangat bermanfaat sekali, seharusnya didukung oleh semua pihak, apalagi basis HIMNI ada di Sumut…sukses untuk acaranya….Ya’ahowu

  2. 2
    kilianus ndruru Says:

    di mana dilaksakan Muspida tersebut apakah terbuka untuk umum

  3. 3
    Leo Halawa Says:

    Ya’ahowu………..
    saya rasakan dan saya fikirkan,
    keberadaan LSM HIMNI hanya dirsakan oleh
    orang2 elit dari Pulau Nias.
    mana buktinya?

    masyarakat Nias yang ada di kota Medan saat
    ini sekitar 31.000KK.

    dari jumlah di atas tidak pernah merasakan keberadaan ini.

    kalau bisa jangan dipakai nama Nias….karna Nias bukan
    milik perorangan

    salam

    hangat

  4. 4
    Simponi Halawa Says:

    Ya’ahowu…
    ini suatu kegiatan yang sangat bermakna,terutama temanya yang membahas,pembentukan Prov kepulauan Nias,saya harap supaya di publikasikan lebih banyak lagi….karena ini untuk kepentingan masyarakat nias secara umum,saya harap kepada panitia supaya mengundang seluruh mahasiswa Nias yang ada di medan,supaya kita bisa bertukar pikiran…jaya terus Nias…..Ya’ahowu.

  5. 5
    Sudir Yaman Waruwu Says:

    U’owai ita Fefu Ya’ahowu!!!

    Kami sangat mendukung Pelaksanaan MUSDA HIMNI SUMUT 13-14 Juli 2012 smg dpt terlasana dengan baik, dan setelahny HIMNI SUMUT diharapkan dpt memberikan nuansa yg baru kepada masyarakat Nias khususnya di Sumatera Utara, serta bercontribusi yg positif dan konstruktif bagi kepulauan Nias yang sedang diperjuangkan untuk menjadi sebuah propinsi. trmksh. ya’ahowu.

  6. 6
    Turunan Gulo Says:

    Sbg info dan respons, disampaikan hal2 berikut ini:
    1. Kritik yg dialamatkan kpd HIMNI tdk salah. Organisasi ini mesti dibenahi. Intinya, bgmn organiasi ini bermanfaat. Salah satu tujuan Musda II HIMNI Sumut ini untuk mengevaluasi kinerja para pengurus dan kapasitas lembaga, lantas mengambil pelajaran yg berharga atas segala kelemahan yg ada. Kita berharap ada perbaikan yg nyata ke depan.
    2. Musda ini dilaksanakan di Medan, rencananya di Hotel Danau Toba, Jl. Imam Bonjol Medan. Pada prinsipnya, Musda HIMNI Sumut ini terbuka bagi warga Nias. Bila ada yg berkeinginan, silakan mendaftarkan diri ke panitia, di Jl. Sei Mencirim No. 102
    Mhn masukan dan dukungan dari warga Nias untuk kesuksesan acara tsb.

    Yaahowu.

    Turunan B. Gulo
    Ketua Panitia

  7. 7
    Niha Khoda Says:

    Ya wajar saja kalau kritik disampaikan kepada HIMNI. Semoga HIMNI tidak anti kritik ya.

    Soalnya yang kita lihat sampai saat ini hanya berita-berita tentang pembentukan kepengurusan HIMNI setiap tahun. Bukan- main-main, puluhan, bahkan pernah saya hitung hampir 100 orang.

    Pertanyaan kita lantas: para pengurus yang sebanyak ini fungsinya apa sebenarnya? Sekedar muncul dalam pemberitaan dan berfoto bersama menghiasi halaman-halaman pemberitaan atau apa?

    Yang lebih lucu, hampir semua tokoh masyarakat Nias dimasukkan ke dalam kepengurusan, entah sebagai pengurus inti atau sebagai penasehat, atau seksi-seksi yang banyak itu. Lantas, siapa lagi yang bisa memberikan masukan kritis kalau semua masuk di dalamnya? Lalu apakah setiap orang yang namanya masuk dalam kepengurusan itu benar-benar aktif berkiprah untuk kemajuan masyarakat Nias?

    Kalau boleh bertanya, sejak terbentuknya HIMNI, apa saja kontribusi nyata ril kepada masyarakat Nias ?

    Kalau sekedar mendukung rencana pembentukan kepulauan Nias, itu mah gak ada apa-apanya.

    Oh ya, teringat lagi telah terbentiknya Panitia persiapan Pembentukan Propinsi Kepualau Nias. Dan bukan main-main ada seksi pendoa segala 🙂 Dan cabang kalau tak salah dibuka di mana-mana.

    Entah apa lagi organisasi yang akan dibentuk oleh orang-orang Nias setelah ini. Dan orang-orangnya itu-itu juga … pusing gue mikirinnya ….

    Agak risih rasanya mendengar nama HIMNI ini – soalnya tidak biasa-biasanya sih. Saya gak tahu apakah ada HIMPUNAN MASYARAKAT (BATAK, JAWA, MELAYU, DLL) seindonesia … rasanya aneh saja.

    Kepada tidak bikin HIMDI (Himpunan Masyarakat Nias Dunia sekalian ? Atau HIMNI cabang dunia sekalian ? Dan di setiap negara di mana ada orang Nias bikin cabang atau ranting? Wuahahaha…

    Menurut saya organisasi macam HIMNI ini ‘berlebihan’, pertama karena: tak relevan (orang Nias tanpa HIMNI bisa maju, dan bahkan haqul yakin, banyak orang Nias yang tak tahu menahu tentang HIMNI ini dan sepak terjangnya), kedua karena: jumlah kepengurusannya itu lho …. kayak gak ada kerjaan aja.

    Semoga pihak Panitia membawa keluhan ini dalam Musda yang akan datang.

    Salam dari Niha Khoda.

  8. 8
    Alvius Wau Says:

    Teriring doa utk suksisesi Musda Himni 2012. Pilihlah Pengurus Himni yg PELANGI, jangan hanya didominasi kelompok tertentu, demi suksesi perjuangan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias.

  9. 9
    Alvius Wau Says:

    Bang Turunan Gulo blh jadi salah satu kandindat Ketua HIMNI SUMUT, udah teruji dan track recordnya bagus. Semoga….

  10. 10
    Ivan-Dakhi Says:

    Selamat dan sukses, smoga Musda HIMNI tahun 2012 ini, dapat membuahkan hasil yang lebih edukatif dan ispiratif guna mendukung pembentukan Propinsi Pulau Nias.

    yA’AHOWU
    Tuhan Yesus Memberkati kita semua.
    Amin…!!!

  11. 11
    Turunan Gulo Says:

    Tks doa dan semangat teman2, scr khusus Pak Alvius Wau dan Ivan Dachi. Yg penting kita coba bekerja dan usaha maksimal. Semoga bermanfaat. Yhw.

  12. 12
    kilianus nduru Says:

    Tempatnya Di mana?……apakah terbuka untuk umum..

  13. 13
    Christian Says:

    Selamat datang kepada Dewan Pengurus Cabang (DPC) HIMNI yang melalukan Musyarawah Daerah dalam memilih Pengurus Baru dan menyusun Program Kerja periode yang baru.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2012
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30