Kemdagri & DPR RI Terima Usulan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias

Tuesday, March 20, 2012
By susuwongi

Penyerahan Dokumen kepada Komisi II DPR RI (Foto: Tim Sekretariat BPP PKN)

JAKARTA, NIASONLINE – Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPP PKN) menemui Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) dan Komisi II DPR RI untuk menyerahkan dokumen usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias.

Wakil Ketua BPP PKN wilayah Jakarta Waspada Wau, kepada Nias Online, menjelaskan, kegiatan itu secara berturut-turut dilaksanakan pada hari ini, Selasa (20/3/2012).

Dimulai dengan menemui dan diterima langsung oleh Dirjen Otda Kemdagri Prof. Djohermansyah Djohan. Kemudian, dilanjutkan dengan pertemuan dengan Komisi II DPR RI yang diterima oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI Ganjar Pranowo.

Bahkan, usai pertemuan dengan Komisi II, tanpa diduga, fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPP) di DPR RI juga menerima delegasi tersebut.

Delegasi BPP PKN dipimpin oleh Ketua Umum BPP PKN Pusat Firman Harefa, yang juga Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli dan Sekretaris Umum Faböwösa Laia. Kemudian, juga dihadiri oleh Bupati Nias Sökhiatulö Laoli, Ketua DPRD Nias Utara dan sejumlah anggota DPRD dari lima daerah otonomi.

Juga tampak hadir, para pengurus BPP PKN wilayah Jakarta, anggota DPR RI Yasonna H. Laoly, mantan anggota DPR RI Firman Jaya Daely dan sejumlah warga Nias yang berdomisili di Jabodetabek.

Waspada menjelaskan, berdasarkan syarat yang ditentukan untuk pembentukan sebuah provinsi sesuai undang-undang yang masih berlaku, sembilan diantaranya sudah terpenuhi. Dua lainnya yang belum terpenuhi adalah, kajian ilmiah pembentukan Provinsi Kepulauan Nias dan penentuan ibukota Provinsi Kepulauan Nias.

Audiensi dengan Fraksi PPP DPR RI (Foto: Tim Sekretariat BPP PKN)

“Pak Firman Harefa mengatakan, kajian tersebut sedang dikerjakan dan tidak sampai dua bulan lagi sudah selesai. Sedangkan untuk penentuan ibukota, selain mengacu pada kajian ilmiah tersebut, juga merujuk pada kesepakatan bersama antar pemerintah daerah yang bergabung ke dalam provinsi baru tersebut,” jelas dia.

Khusus untuk calon ibukota Provinsi Kepulauan Nias, selama ini berkembang dua usulan. Yakni, Kota Gunungsitoli dan Telukdalam, Nias Selatan.

Dia mengatakan, dengan selesainya dua syarat yang tersisa tersebut dalam waktu dekat, maka tuntas sudah semua persyaratan yang dibutuhkan sesuai Undang-Undang. Targetnya, kata dia, usulan tersebut tidak terkena moratorium dan bisa dikelompokkan dalam usulan yang sempat dibahas pada 2004-2009 namun tertunda kelanjutan pembahasannya karena kebijakan moratorium.

“Juga, bisa saja usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias ini menjadi inisiatif dari DPR. Sebab untuk pemekaran, bisa diusulkan pemerintah, bisa juga atas inisiatif DPR,” papar dia. (EN)

Tags: , , , ,

20 Responses to “Kemdagri & DPR RI Terima Usulan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias”

Pages: [1] 2 » Show All

  1. 1
    Adi Iskandar Says:

    Selamat atas kinerja BPP-PKN atas upayanya mengusulkan pembentukan propinsi KEPNI pada KEMDAGRI dan Komisi II DPR-RI. Sekali lagi diucapkan selamat. Ada 2 yang masih dikerjakan yakni Kajian Ilmiah dan Usulan Ibukota. Sebagai masyarakat Nias, tentu kita berharap kedua prasyarat ini agar cepat dituntaskan. Khusus untuk Kajian Ilmiah, usulan kami sebaiknya kelayakan kepulauan Nias menjadi propinsi lebih dititik beratkan dari segi aspek strategis pertahanan dan kedaulatan negara, ini sangat “MAKE SENSE”. Karena melihat kondisi aspek geografis kepulauan Nias adalah termasuk kepulauan luar Nusantara, yang berhadapan langsung dengan zona ekslusif negara2 lain. Perlu adanya pengamanan setingkat KODAM di 3 MATRA , baik itu Komando Daerah Militer Angkatan Darat, Ammada Angkatan Laut, maupun Pangkalan TNI AU di kepulauan Nias.

  2. 2
    fasaaro hulu, S.S Says:

    kita sangat bangga dan patut mengucapkan selamat atas usaha yang pelopor kita yang terus berjuang untuk kemajuan Pulau Nias sehingga Kemdagri & DPR RI Terima Usulan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias.

    Tetapi di balik itu ada 2 point lagi yang di harus di selesaikan dari 11 syarat terbentuknya sebuah propinsi, yaitu:

    1). kajian ilmiah pembentukan Provinsi Kepulauan Nias
    2). penentuan ibukota Provinsi Kepulauan Nias.

    Kita yakin dan percaya hal ini cepat selesai.
    Kita masyarakat Nias mendukung terus sampai berujung pada kesuksesan..

  3. 3
    Ivan Dachi Says:

    Selamat dan sukses…!!!
    Kami dari DPP FORUM MAHASISWA KRISTEN NIAS SELATAN SUMATERA UTARA (FORMAKRISNISEL-SU) sangat mendukung atas upaya dan tindakan posisif, UNTUK MEMPERJUANGKAN Propinsi Kepulauan NIAS MENJADI PEMDA 1 yng otonom, kami doakan semoga ini semua akan jadi kenyataan.
    TUHAN YESUS KRISTUS PASTI MEMBERKATI KITA SEKALIAN, IMMANUEL…!!!
    YA’AHOWU….!!!

  4. 4
    Firman Z Hulu Says:

    God Job, kita berharap NIAS lebih Baik Kedepan dengan adanya provinsi NIAS maka di harapkan pengawasan thd kinerja pemerintah kota/daerah lebih baik lagi, korupsi berkurang,pelayanan thd masyarakat NIAS lebih Baik, fasilitas umum tambah baik, 2 point yg belum selesai pasti segera bisa di tuntaskan, kalau ibukotanya usulan dari saya ya GUNUNGSITOLI, karna lebih siap. Terimakasih,buat BPP – PKN, Keep Spirit, GBU

  5. 5
    Feberwan Ndruru Says:

    Selamat dan sukses kita ucapkan kepada BPP-PKN beserta rekan lainnya atas upaya dan usaha dalam menguslkan pembentukkan propinsi KEPNI. walaupun ada 2 point lagi yang mesti di selesaikan, maka dengan adanya kerjasama yang baik maka segala sesuatu yang dikerjakan akan menjadi lebih ringan. Kami dari unsur masyarakat akan terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar dia terus memberikan kekuatan dan kesehatan kepada beliau yang terus merintis KEPNI ini. Sekali lagi kami ucapkan SELAMAT DAN SUKSES KEPADA BPP-PKN.

  6. 6
    FATINASO HULU. Says:

    Selamat buat Putra-Putri terbaik terdepan dari Masyarakat Nias, yg telah memperkarsai terbentuknya Badan Pembentukan Propinsi Kepulauan Nias, yg tak mengenal kata menyerah meskipun tantangan moratorium menghadang.

    Memang benar-benar Putra terbaik Nias, tantangan dan hambatan bukan jadi sebuah persoalan yg berarti, bagaikan jati diri Putra Nias pada saat Melompat Batu, tantangan dilompatinya untuk meraih sebuah impian kemenangan. Saya yakin dan percaya Propinsi Kepulauan Nias jadi sebuah kenyataan, bukan hanya sebuah impian yg tak pernah datang tiba.

    Dukungan dalam do’a menyertai para Putra terbaik Nias, untuk mengemban misi jadikan Propinsi Kepulauan Nias.
    Dan juga kami mengingatkan pada diri masing-masing Putra terdepan terbaik Putra Nias jaga kekompakkan dalam kebersamaan, dan jangan ada peristiwa pendirian Menara Babel yg penuh kesombongan dan keangkuhan.

    Terima kasih, Ya’ahowu !!!

  7. 7
    Robin Asori Laia Says:

    Ya..sangat setuju dengan usulan pembentukan propinsi nias, sebab selama ini dari sekian banyak kabupaten di propinsi sumatera utara, kabupaten nias lah yang paling terbelakang. Untuk itu jika nantinya usulan ini terealisasikan, maka yang harus menjadi kepala daerahnya adalah putra nias yang memang punya niat untuk membangun masyarakat nias.

    SALAM DAMAI…YAAHOWU, GOD BLESS YOU.

  8. 8
    Redieli Zebua Says:

    Selamat dan sukses … !!!

    Kami dari masyarakat Nias yang berdomisili di kab Siak Prop Riau siap mendukung terbentuknya Propinsi NISKEP . Dukungan dan do’a kami menyertai para putra pejuang Nias dengan harapan agar propinsi NIAS kepulauan bisa segera di syahkan menjadi propinsi baru di Indonesia. Cukup sudah kita menderita akibat ketertinggalan kita dari daerah lain di Sumatra utara , kita hentikan ketimpangan pembangunan ini , mari semua bangkit , berjuang menuju kejayaan Nias kedepan.

    Pesan kami kami buat BPP-PKN
    jaga terus kekompakkan agar bisa segera menyelesaikan 2 point lagi persyaratan yang masih harus diserahkan agar bisa dinyatakan lengkap.

    Ayo maju terus ..
    Kami semua mendukungmu…

    Ya’ahowu …!!

  9. 9
    Theo Ridho Telaumbanua Says:

    good job..!!!

    nias go…go..goooooo…!!!
    mari bersatu dan bergandengan tangan demi kemajuan Nias tercinta. Kita buktikan bahwa putra-putri Nias bisa dan tidak dipandang sebelah mata. Moga yang kita impikan selama ini dapat tercapai dengan maksimal.

    Ya’ahowu

  10. 10
    Zen Says:

    Semoga kalau kelak terwujud jadi sarana memajukan rakyat dan menyejahterakannya. Otonomi daerah secara umum GAGAL di Indonesia. Banyak sebab, namun seringkali faktor terbentuknya oligarki di level Provinsi yang membuat pembangunan stagnan. Kelak sang Gubernur suatu Provinsi Nias hendaknya ingat bahwa pertanggungjawaban bukan di hadapan rakyat, akan tetapi juga di hadapan Tuhan

Pages: [1] 2 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

March 2012
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031