Pemkab Nisel Sahkan Perda Pembebasan Biaya Pendidikan dan Kesehatan

Friday, May 13, 2011
By Redaksi

Nias Selatan, Nias Online – Bupati Nias Selatan (Nisel) Idealisman mengungkapkan, telah dicapai kesepakatan dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Nisel terkait program pembebasan biaya pendidikan dan biaya kesehatan. Kebijakan baru tersebut ditegaskan melalui pembuatan Peraturan Daerah (Perda).

“Perda-nya sudah disetujui pada 6 Mei 2011 bersama DPRD,” ujar Idealisman di Bandara Binaka, Nias, Kamis (12/5/2011).

Dia menjelaskan, pembuatan Perda itu sebagai bagian dari realisasi janji kampanyenya saat mengikuti pemilihan kepala daerah akhir tahun lalu.

Dalam kampanyenya, pasangan Idealisman Dach-Hukuasa Nduru menyampaikan tiga program beraninya. Yakni, pemberantasan korupsi, pendidikan gratis dan gratis pelayanan kesehatan dasar. (EN)

11 Responses to “Pemkab Nisel Sahkan Perda Pembebasan Biaya Pendidikan dan Kesehatan”

Pages: [1] 2 » Show All

  1. 1
    Stadi Dachi, S.Pd, M.Teol Says:

    Yaahowu Fefu….Sukseskan program pembebasan biaya pendidikan dan kesehatan demi masa depan masyarakat NISEL ke- depan, Masa depan NISEL di tentukan hari ini bukan hari esok….Syalom

  2. 2
    ikhlas Telaumbanua Says:

    luarbiasa! sebuah terobosan yg patut diancungi jempol. hanya regulasinya perlu ditata sehingga tepat kepada orang yang benar membutuhkan.

  3. 3
    LAGU-LAGU MO LAGU-LAGU GU Says:

    KITA LIHAT SAJA KALAU PROGRAM ITU BISA BERJALAN DENGAN BAIK…KARNA BANYAK KENDALA UNTUK ITU TERUTAMA DALAM MEMBERDAYAKAN SDM UNTUK MENJALANKAN VISI DAN MISI SECARA OPTIMAL. OCELAH KORUPSI DIHAPUSKAN DARI BUMI NISEL TAPI BAGAIMANA DENGAN ORANG-ORANG SEBAGAI PELAKU KORUPSI YANG SELAMA INI MENGELISAHKAN MASYARAKAT…? LOH KENAPA MEREKA-MEREKA ITU MASIH DIPAKAI LAGI DALAM JAJARANMU…??? SAMA SAJA BOHONG ATAU MEREKA SENGAJA DIBERDAYAKAN UNTUK MENAMBAH KORUPSI LAGI…???

  4. 4
    Gomo Says:

    Tola mano fefu talau ba zomasi ita, boi ae tafakholo ita famaigi kondisi banuada, asala so ha GRATIS…S…S…!!! ba hewisa goi amada bupati na omasi goi nono niha magowalu GraTis…??? coba be khoda program GraTis ho’o boro nia mate-mate khonia ndra’aga bawa na’asogo zoguna fagowalu, nalona kefe si 100juta mana lona goi tola magowalu niha. Da’o kan sabua program sitepat mea na lafalua ba dano niha. Saohagolo ba mbakholo heee….!!!.

  5. 5
    hikmat salomo Says:

    Program dan terobosan kepemimpinan seperti inilah yang menurut saya perlu diapresiasi. “UANG RAKYAT, HARUS KEMBALI KEPADA RAKYAT” Prinsip inilah yang membedakan kepemimpinan pasangan IDEAL dengan pemimpin Nisel sebelumnya yang sifatnya staknan, tidak sistematis dan tidak terukur. Saya kira faktor kepiawian dan umur sangat mempengaruhi gaya dan semangat serta worldview pemimpin Nisel. Selamat ya… Bapak Bupati Muda Nisel… Kami pemuda Nisel mendukungmu… GBU.

    ..

  6. 6
    Dara Eli Laia Says:

    Secara pribadi, saya senang mendengar kabar bahwa kebijakan baru Bupati terpilih Nias selatan mengenai program pembebasan biaya pendidikan, kesehatan dan bebas korupsi, dsb…intinya bahwa pemerintah ingin memberikan pelayanan kepada masyarakat seyidak-tidaknya memenuhi SPM (Standar Pelayanan Minimum) seperti tercantum dalam UU No 32 Tahun 2004 dan jg Peraturan Pemerintah lain yg memberi perintah untuk itu. Namun yang menjadi kendala sekarang adalah, apakah Perda yang demikian dapat diimplementasikan dengan efektif dan efisien? untuk menjawab hal itu, menurut saya Pemda perlu membuat perhitungan seberapa besar PAD Nias Selatan yang akan dianggarkan dalam bentuk APBD, dan berapa plafon anggaran ke masing-masing SKPD? Apakah jumlah PAD-APBD yang tersedia dapat memberi menanggulangi seluruh biaya pendidikan dan kesehatan masyarakat Nisel? Kita bukan pesimis tapi mesti optimis, namun bagaimana cara menanggulangi seluruh alokasi anggaran di atas bila anggaran APBD Nisel mengalami kekurangan anggaran untuk itu, kita kuatir nantinya akan muncul kebijakan baru untuk menanggulangi hal itu namun merugikan pihak-pihak tertentu. Jadi, hipotesanya adalah, sebelum membuat dan menetapkan kebijakan demikian, perlu adanya kajian-kajian yang aktual sehingga dapat dibuat prediksi-prediksi pencapaian. Moga program Pemda Nisel Sukses. Dan kami akan mengawasi berdasarkan indikator kinerja yang ada supaya kami juga dapat mengevaluasinya…

  7. 7
    Ksamaguba Says:

    Layak kita sambut dengan optimis.

  8. 8
    SOZIDUHU tAFONAO Says:

    Yahowu.
    Ta`andro saohagolo meno la be`e program ra ira amada bupati dao. tapi boi hadao mano na tola berkelanjutan ia enao pendidikan berkembang.
    na tola goi mi programken untuk pertanian dan perikanan boro me potensi kelautan ba nias selatan sangat banyak. kalau bisa di tarik investor untuk perikanan kalau bisa pabrik pengalengan ikan…..
    untuk pertanian supaya di rintis pembukaan perkebunan kelapa sawit seperti jaman belanda dulu.
    saohagolo.
    Yahowu….!

  9. 9
    Resman Zalukhu Says:

    Program Pembebasan biaya pendidikan di NISEL itu suatu tindakan Pimpinan yang patut di Puji dan di ikuti. Alangkah baiknya bila Program itu bukan hanya di NISEL saja diadakan kalau bisa diseluruh Nias harus diadakan. Program seperti ini bukan merupakan hal yang baru sama kita mari kita dukung semua sesuai dengan UUD yang berbunyi Mencerdaskan kehidupan Bangsa.

  10. 10
    Fotuhododo Halawa Says:

    tolong di bagikan ke kita bunyi Perda no.05 tahun 2011 tentang Pembebasan Biaya Pendidikan dan Kesehatan

Pages: [1] 2 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

May 2011
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031