Nasib CPNS Nias Barat Semakin Tidak Jelas

Monday, March 29, 2010
By borokoa

*Gubsu Diminta Segera Turun Tangan

Nias – Nasib para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi 2009 di Kabupaten Nias Barat yang dinyatakan lulus seleksi sebagaimana Surat Keputusan Bupati Nias Barat Nomor : 810/003.BKD/K/2009 semakin tidak jelas.

Karena itu diminta Gubernur Sumatera Utara, H Syamsul Arifin,SE segera turun tangan untuk menyelesaikan persoalan ini yang sudah berlarut.

Hal itu dilontarkan Direktur Eksekutif Badan Pimpinan Pusat Lembaga Pemberdayaan Potensi Nias (LP2N) kepada wartawan di Medan, Kamis (25/3).

Dia menyebutkan pemasalahan yang timbul pada pengadaan CPNS Nias Barat tersebut adanya nomor ujian yang diumumkan tidak sesuai dengan nama yang tercantum pada Kartu Ujian sehingga terjadi salah penafasiran oleh para peserta. Selain itu ada peserta lulus tak ikut ujian.

Menuru Eben sejak awal sudah salah mulai dari penyusunan formasi tidak sesuai dengan Renstra Pemerintah Kabupaten Nias Barat, tidak memperhatikan kebutuhan sesuai dengan potensi daerah dan juga kebutuhan dinas-dinas di daerah itu.

“Pada proses tahapan seleksi administrasi juga terjadi kekisruhan mulai dari penetapan mitra kerja sebagai penyelenggara penguji yaitu Politehnik Negeri Jakarta dimana pada MOU kerjasama tidak dicantumkan point yang mengatur tentang Seleksi CPNS”, kata Eben.seraya menambahkan Dalam hal ketidakjelasan nasib CPNS Nias Barat, Gubsu harus bertanggungjawab untuk menyelesaikan masalah ini. (Analisa Daily – www.analisadaily.com – 29 Maret 2010)

Tags:

13 Responses to “Nasib CPNS Nias Barat Semakin Tidak Jelas”

  1. 1
    Sozifao Hia Says:

    Ya’ahowu,

    Biarlah proses hukum ditegakkan, apapun hasil keputusan pengadilan marilah kita terima dengan lapang dada. Daripada kita saling menyalahkan lebih kita fokuskan pada inti perjuangan yaitu bagaimana cara yang terbaik ditempuh menuju Nias Barat yang lebih maju. Mari kita bersatu memberi pencerdasan kepada warga kita agar tetap bersatu dan semangat untuk melakukan pekerjaan masing-masing.

    SAlam,
    Sozifao Hia

  2. 2
    Fiktor gaho Says:

    Jadi Kapan SK Dan NIP CPNS nias Barat Keluar, kapan dan tgl berapa pembekalan dan oreintasinya, ngak sabar nie ? kasih informasi kalo masalhnya kelar ? hehehehehehehe GBu.

  3. 3
    djeg Says:

    inikah tjuan pomekaran spy kluarga pjabat pnjahat lolos cons, awai kheda on0 niha

  4. 4
    pemenang Says:

    kalau CPNS Nias Barat masih bermasalah, bagaimana dengan Kota Gunungsitoli dan kabupaten yang lainnya?

    Kebetulan saya menang di kota Gusit, kira-kira kapan ya keluar NIP + SK-nya?

    Mohon pencerahan dari para responden yang tahu informasinya

  5. 5
    Ama Evie Hia Says:

    Salam hormat buat orang nias dimanapun berada …. TY meberkati Yahowu,
    Kita sangat sedih membaca dan mendengar hasil ujian CPNS khususnya Nisbar, dulu waktu pemekaran semangat, sportifitas sangat kita junjung tinggi aku ikut dan mengikuti dari Nol perjuangan ini, tapi sayang sekali nias barat yang masih orok tercemar dengan hasil penerimaan CPNS yang baru lalu di ujung tahun 2009, saya setuju sekali dengan ide yang nomor satu bahwa orang-orang yang bertanggungjawab dan lebih-lebih yang berbuat curang harus diselesaikan melalui jalur hukum keadilan di dunia dan TY menghukum mereka nanti di dunia akhirat. Walaupun nanti mereka lewat atau tidak tersangkut atau tidak mengakui kesalahannya di dunia ini, marilah kita berdoa untuk mereka biar TY menolong dan mempertobatkan mereka atas perbuatan yang tidak baik itu.
    Nias Barat kita tau semua bahwa betul-betul dari angka NOL (0) oleh sebab itu marilah kita saling mendukung, saling mengingatkan dan kita harapkan pimpinan ke depan nisbar adalah pimpinan yang berhati tulus, tanpa pamrih, karena nias barat kedepan sangat naif kalau di pimpin oleh pemimpin yang tidak berhati tulus dan ikhlas untuk memimpin nias barat ke depan.
    Salam hormat dari kami Ama Evi Hia 0812 1870 4569

  6. 6
    anhar zaluklhu Says:

    kesalahan bisa sj terjadi krn setiap yg baru merangkak itu pd awal’a akan sering terjtuh… demikian jg dgn nias barat. kekurangan yg terjdi wajar sj terjadi mengingat jajaran pemda’a mgkin msh bru, sehingga kurng faham ttg penyusunan formasi yg sesuai… yakh… positive thinking aja…. mudah2an bukan susuna pemerintahan yg penuh dgn…… qiqiqiqiqi…..
    salam bwt seluruh talifuso… ya’ahowu

  7. 7
    Yosafati Gulo Says:

    Seperti halnya di daerah lain, bahkan di Indonesia secara umum, kasus CPNS di Nias Barat, merupakan gambaran betapa buruknya sikap dan tanggung jawab para pejabat dalam melaksanakan tugas. Sebagai pejabat di daerah yang baru dimekarkan, Plt Bupati dan jajarannya mestinya memberikan sebuah frame ideal dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan. Frame ini dapat meliputi apa saja yang hakekatnya merupakan dasar kuat bagi kelangsungan pemerintahan oleh para pejabat selanjutnya.

    Dalam menerimaan CPNS umpamanya, apa yang dijanjikan Bupati Nias Barat sebelumnya tentang penegakan kejujuran haruslah dibuktikan dengan tindakan. Beliau seharusnya menjaga jarak dengan pihak panitia sehingga bisa memantau pelaksanaan secara objektif. Tidak malah turut masuk ke dalam dan melibatkan diri menjadi “pemain” yang terkesan memberikan keterangan-keterangan yang sulit dipercaya tentang kerja sama dengan pihak perguruan tinggi. Beliau semestinya faham betul bahwa apa yang dipertontonkan kepada publik saat ini cenderung menjadi preseden bagi para pejabat selanjutnya.

    Ketika kasus CPNS ini mencuat pada bulan Desember 2009, saya sendiripernah menyarankan sebuah gagasan solusi. Ini dimaksudkan untuk menyelamatkan muka Bupati dan panitia, sekaligus meluruskan hal-hal yang sempat keluar rel dalam proses pengumuman kelulusan. Selengkapnya dapat dibaca di sini http://yosafati.wordpress.com/page/5/

    Menurut saya,agar masalah tersebut tidak terus berlarut-larut, Bupati Nias Barat dan Panitia harus berani membuktikan diri benar sekaligus membuktikan kesalahan pihak yang diajak kerjasama seperti sering dilontarkan beliau selama ini. Saya pikir, Gubernur Sumut dapat memulai penelusurannya dari sisi Bupati. Semoga.

  8. 8
    Ivan Goelo Says:

    Klo begini jadinya…..bagaimana Nias yg kita cintai ini bisa maju. Ha!!! s’cepatnya dong diselesaikan biar clear…Peace

  9. 9
    hendrik maruah'oh Says:

    kita harapkan bagi kawan-kawan yang belum berkesempatan lulus cpns jangan terlampau ngotot dan kritis tunggu kesempatan berikutnya. hasil itukan sudah murni, apa lagi yang diributkan. kapan daerah kita ini kita majukan kalau begini terus cara kita. mari kita dukung pemerintah agar mereka dapat menjalankan pemerintah ini dengan baik.yaahowu

  10. 10
    Romi hia Says:

    menurut saya, dalam masalah itu harus benar-benar diseleasikan dgn adil, krn begitu sedih waktu saya mendengarkan berita ini, di pepatah nias mengatakan “aoha halowo ni falului dst……….” oleh krn itu, jgn ada rasa egois satu sama lain kita harus benar-benar tuntaskan sampai selesai demi masa depan NISBAR. YAAHOWU.

  11. 11
    Maruhawa Says:

    HUKUM HARUS DITEGAKKAN!

  12. 12
    Abid Daely Says:

    Klo begini jadinya, buat apa ikut-ikut ujian Seleksi PNS??????
    Toh…itu hanya sebuah formalitas saja..

    KECEWA…..!!!!
    sampai kapan budaya seperti ini terus dipertahankan????
    KECEWA…..!!!!

  13. 13
    heni maniz Says:

    saya a. linda gulo medan
    bpk abid harus punya kesabaran pasti setiap masalah ada jalan keluarnya,,,,,,,,,,,

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

March 2010
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031