Tahun 2009, Gaji Guru Naik 100 Persen

Monday, October 27, 2008
By nias

JAKARTA, SELASA – Berbahagialah bagi pahlawan tanpa tanda jasa alias guru dan dosen, nasib mereka berangsur-angsur bersinar lagi. Panitia Kerja (Panja) Belanja Pusat, Panitia Anggaran DPR telah menyetujui kenaikan gaji guru pada 2009 hingga 100 persen.

Bila pendapatan mereka pada tahun ini maksimal 2,4 juta (gol IV/E bersertifikat), maka 2009 bakal mendapatkan gaji sebesar Rp 5,4 juta. Belum lagi tunjangan khusus bagi guru yang berada di daerah terpencil (gurdacil) yang diperkirakan sebesar Rp 5,1 juta. Jadi, perbulannya mereka bakal mendapat gaji di atas Rp 10 juta, kalau tunjangan gurdacilnya juga disetujui.

“Untuk besaran gaji sudah final. Sedangkan tunjangan khusus gurdacil hingga kini besarannya masih diperdepatkan, tetapi usulannya tetap akan dinaikkan yaitu bagi guru di daerah-daerah pedalaman seperti Papua, Maluku dan Kalimantan,” kata anggota Panja asal PDI Perjuangan, Rudianto Tjen kepada PersdaNetwork di Jakarta, Senin (20/10).

Lebih jauh, jelas anggota DPR asal Bangka Belitung ini, untuk gurdacil, bila pada 2008 ini kuotanya hanya untuk 20.000 orang gaji, pada 2009 mendatang akan ditambah 10.000 lagi hingga menjadi 30.000 orang guru.

Kenaikan gaji guru ini telah disepakati oleh seluruh anggota Panja Belanja Pusat dan Departemen Pendidikan Nasional. Disebutkan, gaji terendah yaitu untuk guru pegawai negari sipil (PNS) dengan golongan II/B tidak bersertifikat (0 tahun) yang tadinya mendapat gaji sebesar Rp 1,55 juta, akan mememperoleh gaji bulanan Rp 2,07 juta.

Sedangkan gaji untuk guru PNS tertinggi dengan golongan IV/E bersertifikat (0 tahun) yang saat ini digaji Rp 2,43 juta bakal melonjak menjadi Rp 5,42 juta.

Perubahan pendapatan juga bakal dialami oleh guru tetap non PNS. Bila pengajar PNS mendapatkan kenaikan gaji, maka tunjangan fungsional guru tetap non PNS akan naik, untuk yang non S1 naik dari Rp 200 ribu menjadi Rp 250.000, sedangkan yang S1 naik dari Rp 200 ribu menjadi Rp 300.000.
Untuk dosen PNS golongan III/B belum bersertifikat (0 tahun) yang tahun ini gajinya Rp 1,8 juta akan naik menjadi Rp 2,26 juta per bulan. Sedangkan untuk tingkat guru besar, gajinya bakal melonjak besar dari Rp 5,12 juta menjadi Rp 13,53 juta per bulan. “Gaji tersebut sudah termasuk seluruh pendapatan per bulan (take home pay/THP),” ujar Rudianto.

Anggota Komisi X (bidang pendidikan) asal PAN, Yasin Kara menyatakan, kenaikan gaji guru ini sebenarnya sudah diusulkan selama empat tahun berturut-turut. “Kita sudah mengusulkan sejak 2005 lalu, baru tahun depan dinaikkan. Apakah ini karena akan ada Pemilu atau tidak, yang penting perjuangan meningkatkan kesejahteraan guru bisa terlaksana,” kata Yasin saat dihubungi melalui ponsel.

Menurutnya, untuk gaji 2009 ini, pemerintah telah menyiapkan dana sebesar kurang lebih Rp 50 triliun. Anggaran tersebut akan dimasukkan dalam Undang-Undang APBN 2009 yang rencananya disahkan dalam rapat paripurna DPR tanggal 28 Oktober mendatang.

Selain itu, Sekretaris Fraksi PAN ini juga menandaskan, pemerintah harus terus meningkatkan jumlah guru yang bersertifikat. Guru nantinya akan disertifikasi agar memenuhi standar mutu pendidikan nasional.

Saat ini, dari 2,7 orang guru yang ada di Indonesia, baru hanya 300.000 saja yang tersentifikasi. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, jelasnya, tahun 2009 ditargetkan jumlah guru yang tersertifikasi berjumlah 1 juta orang guru. “Lambat laut seluruh guru akan tersertifikasi,” kata Yasin. (KOMPAS, 21 Oktober 2008)

64 Responses to “Tahun 2009, Gaji Guru Naik 100 Persen”

  1. 1
    alfian Says:

    saya mau tanya masah pns,,orang tua saya juga kn pns tapi orang tua saya itu lum lulus dari kuliah nya..
    sekarang dia sedang melanjutkan s1 nya lg selesai sakit,,menurut anda bagaimana apakah orang tua saya dapat kenaikan gaji yang seperti anda bilang kenaikan pns mencapai 100%???

  2. 2
    alfian Says:

    orang tua saya sebagai PNS apakah ada dari Anggota Komisi X (bidang pendidikan)biaya-biaya pengobatan / perawatan rumah sakit misalnya??
    selain askes…
    kalau ada kenapa kami harus mengeluarkan uang sendiri???
    saya rasa jangan kenaikan gaji saja lah yang diperhatikan dan perhatikan juga biaya kesehatan dari banyak anggota PNS…

  3. 3
    rita youfa Says:

    Bpk. Anggota komosi X DPR RI yth. Bagai mana dengan kenaikan gaji dosen Pak?. Terima kasih. Kami tunggu Infonya

  4. 4
    yubi lase Says:

    terimakasih atas partisipasinya kepada Panitia Anggaran DPR yang telah memperhatikan kesejahteraan guru-guru yang ada di Nias. Saya memberi komentar atas gaji yang akan dinaikkan tersebut.
    “Jangan hanya mengumbar janji saja, sebaiknya janji tetaplah dilaksanakan dengan tepat waktu. Jgn hanya janji melulu”. Sungguh berbahagialah guru yang akan mendengar kenaikkan gaji, karena penghasilan guru tersebut hanya cukup untuk kehidupan sehari-hari, terkadang juga gaji itu tidak cukup dalam pemenuhan kebutuhan mereka. Untunglah Panitia Anggaran DPR telah memperhitungkan nasib guru, dan tidak mempetimbangkan gaji PNS. “Guru adalah Orang-orang yang mengenalkan kepada kita bagaimana cara kita untuk dapat memperoleh pengetahuan. Trims.

  5. 5
    jun ompu gaji mbozo kalteng Says:

    tentang gaji guru, harus ada perlakuan yang berbeda antara guru di kota jawa dengan guru di pedalaman kalteng. banyak guru di kalteng yang miskin, mereka perlu diselamatkan lho…

  6. 6
    sarwan sei rangit Says:

    pak mentri, saya punya orang tua kerja di tobong batu bata pak… saya pengen juga dapat gaji banyak seperti itu lho… tapi saya belum pns karena belum kuliah, lagian ortu gue gak punya biaya pak… bantu ya pak.. saya tunggu pak menteri ya… saya juga mau nikah ne… tapi itu tadi kagak punya uang ni…

  7. 7
    hermawan Says:

    Bohong…gaji guru naik 100 %, yang jelas guru yg sudah bersertifikat profesi baik masa kerjanya baru 2 tahun dst. itu baru naik 100% ( ada yg baru 2 thn lho masa kerjanya sudah bersertifikat).Kalau kita mah guru yg gajinya 2,5 jt, paling naik jadi 2,9 jt atau kurang dari itu kalau ga percaya….tunggu saja!

  8. 8
    hermawan Says:

    pemerintah kalau mau naikkan gaji guru caranya biar ga kebobolan banyak, pokok….18 %, Tj,Fungsional..Min.1 jt. Tnj. istri/anak tetap…Beras..25 %+ tunjdaerah. nah ini baru mendekati 100 %. kalau dengan sertifikasi profesi dan gurdacil mah atuh jangan diinformasikan naik, nanti ada fitnah buat guru yang belum bersertifikat, disangkanya naik 100% padahal utangnya yang naik.

  9. 9
    N Says:

    Maunya dari dulu guru dan dosen diperhatikan supaya negara bisa mencetak generasi dan SDM yang berkualitas.

  10. 10
    Nurdianto Says:

    Bohong!!!!!!!!!
    Pemerintah tidak bakalan menaikkan gaji guru.
    Hanya taktik pemerintah bekerja sama dengan pengusaha untuk menaikkan harga sembako.
    Dasar Munafik.

  11. 11
    Edi Zai Says:

    Slamat untuk Pak Menteri bila gaji Guru naik 100%. Kami guru dari Kab. nias yg telah disertifikasi bulan Desember 2007 masih blum menerima Tunjangan profesi guru yg dijanjikan oleh lembaga PMPTK, mohon solusinya.

  12. 12
    Mr_Adi Says:

    Sukur deh kalau memang 2009 gaji guru terealisasi, tapi jangan jangan itu hanya sekedar menjadi tunggangan politik pak SBY untuk tetap mempertahankan kekuasaannya di jagat politik indonesia. Tapi kalau memang terealisasi..jgn kuatir pak SBY saya pasti pilih anda lagi. Bravo Indonesia…….

  13. 13
    ynnot Says:

    sebuah negara akan menjadi besar dan akan ditakuti dan disegani oleh bangsa lain apabila pendidikan bangsanya mampu menghasilkan sdm yang bermutu dan dapat menguasai Iptek. untuk itu perhatian terhadap pendidikan adalah kata kuncinya atau menjadi nomor satu. Membayar gaji guru/dosen memang seharusnya lebih besar dari aparat lain dinegeri ini. karena tugasnya harus didukung oleh sarana prasana yang memadai. Selayaknyalah dan seharusnya seorang guru mempunyai perpustakaan pribadi. Ibarat sebuah gelas air didlamnya tidak akan pernah penuh sekalipun diteguk terus.Siapapun pemimpin dinegri ini haruslah dan wajib menjamin ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung tugas guru/dosen yang mulia. MERDEKA!!

  14. 14
    ynnot Says:

    menaikan gaji guru/dosen merupakan seharusnya dan selayaknya.pada sisi lain kenaikan gaji guru/dosen ditunggabgi oleh kepentingan “politik” 2009. hal tersebut terlihat jelas dari lambannya pemerintahan SBY-Jk untuk merespon hal ini(terlepas dari unsur positifnya.
    saya menyerukan kepad seluruh lapisan guru/dosen diseluruh Indonesia bila janji ini masih dipolitisir untuk dibatalkan realisasinya 2009 maka kita hentikan proses belajar mengajar/mogok mengajar. Kita serahkan kepada para elite politik negeri ini yang mengajar dan mendidik seluruh siswa/mahasiswa di tanah air. MERDEKA.

  15. 15
    Marison Zalukhu Says:

    Wajar kalau gaji guru naik, karena tugas dan tanggung jawabnya sangat berat, perlulah diberikan dukungan karena merekalah yang mencerdaskan anak-anak bangsa. Selamat bagi yang mendapat tunjangan profesi tahun ini. Smoga lebih profesional.

  16. 16
    arjuna Says:

    kenaikan gaji guru tahun 2009, sangat membantu kebutuhan ekonomi para guru dan dosen. tapi bagaimana dengan masyarakat biasa? ap ad berupa bantuan dari pemerinta, supa masyarakat bisi mencukupkan kebutuhannya sehari-hari.

  17. 17
    Abu Arka Says:

    Untuk apa dinaikkan jika tidak ada konversi kebutuhan pokok seorang guru, seharusnya kenaikan juga dikonversikan dengan kebutuhan sekarang, Jangan hanya bilang hanya bilang naik 100% tapi nyatanya hanya golongan tertentu saja yang mendapatkan kenaikan 100% kenaikannya kalau memang pingin mensejahterakan guru yaa… semua golongan juga ikut naik 100% …lihat saja buktinya…… jangan terkecoh dengan janji 100% kenaikan gaji guru, saya belum yakin jika pemerintah benar benar ingin menaikkkan 100 % gaji guru lihat saja nanati ……Februari atau april yang gajinya 1,8 jt apakah jadi 100% tidak kenaikannya

  18. 18
    Mr.nawir Says:

    Terimah Kasih untuk pak presiden yang telah memperhatikan kesejahteraan guru untuk peningkatan mutu pendidikan. kami berharap program S1 PGSD PJJ dapat di sertifikasi sebagai guru profesional.

  19. 19
    Mujahid Says:

    Apa benar gaji guru akan di naikkan 100%?

  20. 20
    Wahidin,S.Pd Says:

    Kepada Pak SBY Jika anda ingin Menang lagi di PILPRES 2009 sebelum Pemilu Presiden Kalo bisa Gaji Guru Cepat Di Naikkan Pasti Menang Pak SBY kalo nda? Saya Tidak Menjamin !!!

  21. 21
    Enda Says:

    Sok atuh kapuguh ulah jga sinetron

  22. 22
    Bahrudin Says:

    Cepat realisasikan gaji guru PNS agar Pa SBY kepilih kembali

  23. 23
    udinmura Says:

    gak mungkin gaji guru naik 100%, saya kok gak percaya. klo anda percaya tidak?

  24. 24
    suwaji Says:

    kalau benar naik 100%,kami bersukur dan bertekad meningkatkan kompetensi,agar anak bangsa lebih pandai.

  25. 25
    yaredi Says:

    JANGAN MELUPAKAN HAL DASAR DALAM PENDIDIKAN KITA
    Jika kita melihat ke aspek pendidikan kita saat ini maka banyak masalah yang bisa kita dapatkan di sana. Mungkin dalam benak saudara semua ada tetapi sangat sulit untuk mengungkapkannya tetapi bisa juga dalam benak anda para guru sudah ada dan sudah tahu namun tidak pernah mengungkapkannya karena anda juga termasuk di dalam para pendidik yang sudah melupakan dasar pendidikan kita. Bercerminlah kembali sudah benarkah apa yang anda lakukan saat ini????, Jangan hanya profesional dalam menuntut gaji dan gaji setiap saat sehingga kuping masyarakat kita jadi sakit mendengarnya.
    Ada satu hal yang paling mendasar yang sudah sangat dilupakan saat ini termasuk mereka-mereka yang ada di dinas pendidikan yaitu: Menganggap bahwa seorang guru yang sudah sarjana dan memiliki Akta mengajar sudah menguasai bidangnya??, Inilah yang paling berbahaya tak ada gunanya dilakukan pendidikan profesi bagi guru yang hanya untuk mengajari mereka bagaimana taat peraturan seperti pada Prajabatan guru-guru yang PNS pada saat ini (hal ini hanya menghabis-habiskan uang negara saja) tetapi melupakan hal yang paling mendasar.
    Kalau dulu guru di anggap maha tahu tetapi sekarang dianggap guru adalah orang yang bodoh, tidak bisa menguasai bidangnya lalu bagaimana dia mengajar untuk apa semua hal yang dia pelajariu itu ketika melakukan prajabatan?
    Tolong kepada pelaksana pemerintah di perhatikan hal ini karena hanya sebagian kecil sajalah guru yang mampu menguasai bidangnya yang lain bisa saya bilang bodoh total. Kalau bisa di uji semua guru-guru yang ada di Indonesia saat ini sesuai dengan bidantgstudinya masing-masing kalau tidak bisa lolos ya di PECAT AJA, dar5i pada mereka bisa menghancurukan pendidikan kita apalagi jika dia seorang PNS.
    Jika anda adalah seorang guru yang profesional dan mampu dalam bidang anda maka tidaklah anda menuntut kenaikan gaji terus karena pasti anda laku dan terpakai dimana-mana. Masih bisa anda melakukan pekerjaan sampingan, bukan? ALANGAKAH SEDIHNYA JIKA ANDA MENUNTUT ITU MENANDAKAN BAHWA ANDA TIDAK MAMPU BERSAING HANYA MENGHARAPKAN BANTUAN DARI PEMERINTAH SAJA

  26. 26
    Alan Says:

    Sadar atau tdk (yg normal pasti sadar) bhw kt semua jd yg ada skrg ini

  27. 27
    Manas Says:

    Sadar atau tdk (yg normal pasti sadar) bhw kt semua jd yg ada skrg ini k

  28. 28
    Burdi Says:

    Yaredi,kamu jd skrg krn guru toh?Apa mreka jg bodoh?.Kasian dech…

  29. 29
    JNkwk Says:

    Yaredi sok hebat tuh, emangnya lu jadi seperti sekarang diajari oleh batu!?

  30. 30
    HaryB Says:

    Yaredi belajarnya kan sama pohon dan batu! he…he…he…

  31. 31
    LoHaCbA Says:

    PECAT!!???
    Tak tahu diuntung…, tak tahu Trimakasih….
    Ketika gaji guru kecil tak ada yang mau jadi guru, tak mau peduli dengan anak bangsa yang sangat membutuhkan.
    Ketika peran guru diambil oarng lain yang bukan bidangnya, dimana kamu orang pandai?!!…
    Sekarang pemerintah mau memperhatikan nasib mereka “dengan bersyarat lagi” banyak yang kebakaran jenggot.
    Dasar mental Kapitalis Laknat!

  32. 32
    juhriyanto Says:

    Saudara Yaredi,anda sangat congkak sekali.Guru itu bukan kuli yang harus nyambi/cari kerja kian kemari kendatipun nyambinya masih ada kaitan dengan tugasnya.Guru adalah pendidik bukan sekedar pengajar mentransfer ilmu atau penjual ilmu.Pantas mental anda sperti itu,mungkin anda belajar dari penjual ilmuilmu bukan dari guru,makanya anda tidak memiliki empati terhadap guru.Guru disamakan dengan kuli yang harus modar-mandir dari satu sekolah ke sekolah yang lain.Kalau anda mengerti padagogik tentu anda tidak akan tega ngomong begitu kasar terhadap guru.

  33. 33
    DENI Says:

    Memang enak bagi guru yg suami istri, dua-duanya lulus sertifikasi, dua-duanya dapat gudacil. Tidak enak bagi guru yang kreatif, karena masih muda, pengalaman ngajar baru 19 th. gak bisa ikut sertifikasi. Tetap aja mendahulukan yg tua-tua, meskipun s-1 nya baru lulus 3 bulan. Memang kita bisanya hanya merubah aturan, bukan melaksanakan aturan. Hapus saja sertifikasi gak adil. Guru bolot aja bisa lulus, yang punya prestasi gak dilirik.

  34. 34
    meutia silvia asmah Says:

    yach,, wajarlah kalau gaji guru di naikkan. karena seperti yang kita ketahui jasa guru itu sangat banyak terhadap kita. karena guru kita bisa membaca, dan karena guru juga kita bisa menggapai cita – cita dengan dasar ilmu yang dia berikan. namun,,,,,, kalau boleh saran sebaiknya gaji guru tidak hanya di tentukan oleh golongan. karena gimana dengan guru – guru yang baru. sekarang realitanya banyak guru yang sudah tua mengejar golongan. oadahal kalu di pikir – pikir dalam mengajar mereka selalu menggunakan sistem CBSA ( catat buku sampai habis ). karena faktor usia. sedangkan guru – guru yang m

  35. 35
    syahrully Says:

    saya bukan guru. tapi pekerjaan saya dekat dengan guru. Pekerjaan saya koordinator naskah buku pelajaran dan LKS yang akan terbit (dan tentunya dibuat oleh guru-guru dan dibeli oleh guru-guru juga). mengacu pada pengalaman saya (2 tahun saya di bidang ini) apa yang di katakan saudara Yaredi mengandung suatu kebenaran loh (meskipun saya yakin tidak semuanya). kita memang mesti prihatin dengan masalah ini. saya gambarkan sedikit pengalaman saya bersentuhan dengan guru.
    1. dalam membuat naskah materi ajar beserta latihannya. hampir sebagian besar guru tidak memahami dengan baik metode-metode menyajikan bahan ajar dengan baik. untuk latihan soal, mereka kecenderungannya tidak memahami model soal bagaimana yang dapat dijadikan alat ukur pencapaian kompetensi. bahkan masih ada yang nggak paham apa itu hakekat KTSP. lucunya lagi banyak yang merasa sangat pintar, tidak mau mendengar masukan dari editornya (khususnya untuk guru-guru yang “produk lama”) karena merasa pengalaman mengajarnya puluhan tahun (tapi g pernah update teori terbaru)
    2. aku kasih sedikit gambaran alur penjualan LKS dan Buku Pelajaran.
    HPP (harga Pokok Produksi) Buku + 5-7,5%(untuk penerbit)+10% (Distributor)+10% (sales)+ 30-50% (guru dan kroninya (kepala sekolah dll) = harga buku yg harus di bayar oleh siswa (kebayang kan berapa harga yang adil untuk buku pelajaran?)
    sebagai tambahan untuk poin 2, sangat sedikit guru/tenaga kependidikan yang melihat kualitas sebagai prioritas pertimbangan dalam menentukan buku yang harus di beli oleh siswanya.
    sekali lagi nggak semua seperti itu…. tapi mencari guru yang berdedikasi hampir sama sulitnya dengan mencari jarum di tumpukan jerami. Viva Pendidikan Indonesia!!!

  36. 36
    syahrully Says:

    terbuka untuk diskusi di: hey_rull@hotmail.com, hey_rull2001@yahoo.com, YM: hey_rull2001

  37. 37
    penni Says:

    alhamdulillah ngak semua guru seperti itu, masih banyak guru yang bekerja benar2 dgn niat tulus. bukan hanya sebagai pengajar tetapi yang utama sebagai pendidik, tujuannya hanya untuk membentuk sebuah generasi yang bertaqwa, berilmu dan bermanfaat. Amin

  38. 38
    abdul karim Says:

    Semua tergantung siapa dan apa tujuan mereka. Kalau memang sebagai seorang guru hanya mengurusi “APA YANG AKAN SAYA DAPATKAN” mustahil tujuan pendidikan akan TERCAPAI, tetapi jika mereka berpedoman “APA YANG DAPAT SAYA LAKUKAN DAN KORBANKAN DEMI PENDIDIKAN” insya Allah TUJUAN PENDIDIKAN akan tercapai. Amin……………

  39. 39
    ENGKUS KUSNADI Says:

    Saya PNS (Guru SMP) sudah 10 tahun lebih mengajar, dan istri saya juga PNS (Guru SMA). Mendengar kabar akan adanya kenaikan gaji yang lumayan pantastik bagi ukuran keluarga guru, telah menumbuhkan motivasi besar bagi saya, anak-akak dan keluarga. Wajar donk kalau selama ini kami harus mikiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiir, bagaimana dapat menyekolahkan anak untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri dengan biaya pendidikan yang mahal. Tetapi memang Allah Maha Adil. Kenaikan gaji guru ini bukan semata-semata jasa orang perorang atau para penguasa negeri ini, tetapi hakekatnya adalah karuania Allah SWT atas segala pengorbanan guru selama ini. Kalau ada dokter atau pegawai instansi lain ngiri dan protes karena gaji guru naik, saya tawarkan bagaimana kalau anda-anda yang katanya dokter itu pandai dan hebat atau pegawai lain tukar pekerjaan dengan saya Guru Gol IV masa kerja 10 tahun dengan gaji sekarang sebelum naik hanya 2,5 jt an. Kalau anda yang iri tidak materialistis saya tunggu !!!!!
    Hanya catatan dari saya: kalalu anda jadi guru tidak ada kesempatan untuk membohongi murid seperti anda mebohongi pasien, atau jual obat dengan harga melambung karena masyarakat tidak akan paham. Dan anda yang pegawai lain atau pejabat kalau anda jadi guru maaf nanati anda kaget karena guru tidak ada lahan korupsiiiiiiiiiiiiiiiiiii.

  40. 40
    yoyok Says:

    Yaaaaaaaaa Redi, kaciiiiiiian deh luuuuuuuuu.
    Kayaknya kamu kok dendaman ama guru, emang kamu diajar ama guru yg bodoh ya ??? Kl guru nyo bodoh muridnya jd kayak YA REDI. he he he

  41. 41
    AFRIAL Says:

    Buktinya mannnnnnnnnnnnnnnna, 2009 sdh hampir habis, ktnya naik 100% taunyaaaaaa 15%, cukup apaaaaaaaaaaaa pak.
    Salah satu merosotnya mutu pendidikan adalah karena GURU TIDAK LAGI DIHORMATI / DIHARGAI OLEH SISWA. PENYEBABNYA KARENA GURUNYA KERE KERE. SIAPA YANG MAU MENDENGARKAN OMONGAN ORANG KERE WALAUPUN ILMUNYA BANYAK. SEKARANG JAMAN SUDAH BERUBAH, YANG DIHARGAI ADALAH UANG, WALAU ORANGNYA TIDAK PINTAR TETAPI KE KANTOR NAIK MOBIL, OMONGANNYA PASTI DIDENGAR ORANG BANYAK, SEBALIKNYA WALAUPUN ILMUNYA BANYAK (GURU) TETAPI KESKOLAH NAIK MOTOR (KALAU TIDAK NAIK BIS KOTA) ORANG SEKARANG TAKKAN LAGI MENGHARGAI . MENDENGARKAN OMONGANNYA PDAHAL OMONGAN SEORANG GURU ITU WAJIB DIDENGAR DAN DIIKUTI KALAU TIDAK YA PASTI SALAH.
    LIHAT SEKELILING KITA, UNTUK KESEKOLAH, SISWA NAIK MOBIL BAWA SENDIRI ATAU DIANTAR SOPIR PRIBADINYA, SEMENTARA GURUNYA NAIK OPLET, YAAAAAAAAH KATANYA” ORANG BEGINIAN MAU DITIRU APANYA ……

  42. 42
    esa Says:

    kalau gaji guru naik 100%, semua PNs instansi lain pasti usulkan pindah jadi ha..a..a

  43. 43
    esa Says:

    WAJAR GURU DI PERHATIKAN PEMERINTAH, KALA TAK ADA GURU MANA BISA ANAK-ANAK JADI PINTAR. CUMA MASALAHNYA ADA SAJA GURU TANPA SIM; APA MUNGKIN IA PROFESIONAL DALAM TUGASNYA? PASTI TIDAK. IA MUNGKIN MAMPU MENYAMPAIKAN MATERI PELAJARAN TAPI MEMBUAT PERANGKAT TIDAK TAHU MAU MULAI DARI MANA HE..HER…HERAN..

  44. 44
    aku Says:

    Wah,terkadang da guru yang benar – benar tak layak, tapi dia dapat gaji segitu. Menurutku, hanya guru – guru yang berprofesional dan cerdas yang pantas mendapat gaji segitu.
    Aku sendiri menyadari terkadang guru capek banget dalam bekerja, tapi (maaf) kan terkadang ada guru yang tidak terlalu menguras tenaga dan otak. Apa pantas model guru seperti itu mendapat gaji segitu besarnya???
    Berbeda dengan kerja di swasta, yang mana memang bekerja dengan menguras tenaga banget…

  45. 45
    hnedarman Says:

    ehm thank you banget ya kalo mu ditaikin gajinya 100%, jadinya banyak pendidik yg berhenti ngojek dan menyiapkan perangkat mengajarnya.Biarlah umar bakrie itu tersenyum, sambil berjanji dalam hatinya, aku harus cetak anak didikku dengan baik dan benar.

  46. 46
    ghina Says:

    Kenyataannya disekolah kami daerah Duren Sawit, Jakarta Timur masih ada guru yang tidak mempunyai rumah, untuk makan sehari-hari dia ngojek. Mana dong janji kesejahteraan guru untuk DKI? Tunjangan Khusus aja tahun 2009 ini sudah tdk kelihatan batang hidungnya. guru DKI juga manusia punya rasa dan segudang keinginan, jangan di iming-imingi.

  47. 47
    Napoli Says:

    h… boong aj tu…..

  48. 48
    Irfan anshori Says:

    Apa yg dikatakan yaredi itu benar. Saya setuju 100 persen. Bukan berarti kita diajari oleh batu. Ingat comentnya pada bulan maret bahwa hanya sebagian guru yang profesional. Dan yang menuntut adalah guru yang kemampuan mengajarnya dibawah rata rata. Saya Sudah melalukan survey kepada 4500 guru di seluruh tanah air. 81% menutut gaji naik. Dari guru yg nuntut diberikan soal sesuai b.studinya sebanya 50 soal pilihan yg setara dgn soal soal sma. Hasilnya luar biasa. Paling banyak benar 18 soal benar. Nilai 3,6

  49. 49
    Adi Kuswanto Says:

    Saya adalah seorang guru,
    membaca apa yang di tulis oleh YAREDI, saya sangat berterima kasih, maaf apabila saya menentang pendapat saudara, GURU bukanlah GUDANG ILMU, wajar kalau anda katakan bodoh,karena guru terlalu sibuk dengan apa yg di lakukannya, memenuhi tuntutan pemerintah ( Administrasi), tuntutan sekolah ( target yg harus di capai), tuntutan siswa ( harus serba bisa ), serta yang paling mendesak adalah tuntutan keluarga ( tdk perlu di perjelas lg ), dan tak lupa pula pula sy ingatkan pada saudara YAREDI jgn terlalu berburuk sangka pada guru, anda bisa seperti ini krn jasa siapa???, apakah anda belajar pada BATU, saya rasa tidak.
    yang perlu anda renungkan adalah GURU bukan hanya orang yang di gaji oleh pemerintah Untuk mengajar di sekolah, tetapi orang yang memberikan/ menularkan/ mendidik segala sesuatu yang baik dan bermanfaat, dan jika anda berada di desa maka, anda akan banyak menemukan guru yang tidak pernah memikirkan kenaikan gaji, karena mereka hanya berpikir apa yg akan mereka berikan pada murid besok, dan mereka juga berpikir APA YANG AKAN MEREKA BERIKAN PADA ANAK DAN ISTRI MEREKA BESOK!!!!!!!!!!
    Saudara YAREDI yg terhormat, Introspeksilah!!!!!!!!!

  50. 50
    asih Says:

    Saya seorang calon guru, saya tidk s7 dg pendapat tntang guru yang tdk pantas mendapat gaji yang lumayan,kt bs bc, tls, dan mjd spert skrg ni berkat jasa guru yang mmang tanpa tnd jasa jd wajar bl pemeintah mnakkan gaji guru.Guru jg py keluarga yang membutuhkn ksjahteraan.Kepada saudara YAREDI yang terhorhat,berkacalah pada diri anda!!!!Apa anda stelah lahi it langsung bs pintar tnp sekolah???

  51. 51
    agus arif Says:

    pemerintah tolonglah berhenti mengubar janji(tiap tahun slalu janji tapi tidak ada realisasi)…kami tidak mau dibohongi dan dibodohi lagi. steitmen pemerintah membuat anggapan dimasyarakat bahwa gaji dosen/guru besar melebihi PNS lain padahal itu tidak benar, liat aja gaji dosen gol IIIa/IIIB dibawah 2 juta, IIIc 2 juta sedangkan diinstitusi lain orang yang baru jadi pegawai negeri aja dengan pangkat rendah gaji sekitar 2,8 juta per bulan

  52. 52
    Gilmar Says:

    Komentar diatas banyak yang bernada miring tentang guru,padahal realitanya guru dibohongi oleh pemerintah.buktinya sampe sekarang nggak ada juntrunganya.gaji guru minimal 2 juta itu semuanya bohong.PGRI sebagai Organisasi profesi yang jumlah anggotanya terbanyak,tidak bisa berbuat apa-apa.Buat Yerredi,Kamu memang dungu dan tolol.semoga kamu menjadi orang yang berguna.Buat Syahruli,guru-guru menggunakan LKS sebagai bahan ajar,karena iming-iming bonus dari para sales-sales dan distributor.kalau lihat isinya tidak ada manfaatnya sama sekali.lihat aja LKS Penjas,bagusan karangan sendiri daripada pakai LKS.makanya sekolah kami tidak lagi menggunakan LKS sebagai bahan ajar.karena tidak mau terjebak oleh para sales suruhan kamu.

  53. 53
    binti r Says:

    bagaimana sangsi guru yang menduduki gol IVA atau IVB selama lebih 6 th belum atau tidak naik tingkat ? benarkah hak taspennya akan dipotong sekian persen ? terimakasih infonya.

  54. 54
    uchi susant Says:

    alhamdulillah kl mang gaji guru mo naik 100 persen…
    walaupun saya blm d angkat PNS atau guru wiata bakti tapi saya ikut senang mendengar kabar ini..
    semoga benar di realisasikan bukan hanya janji aza..
    makasih banyak…atas niat pemerintah untuk menyejahyterakan pahlawan..pahlawan..
    tantapa tanda jasa ini…

  55. 55
    fatah Says:

    Saya ga ngerti kebijakan pemerintah. Ngapain menaikkan gaji guru PNS melonjak sangat tinggi… Kenapa ga menyeimbangkan dulu dengan gaji guru non PNS. Hai SBY dan anggota DPR, tahu ga, gaji kami hanya Rp 200.000,- per bulan. Kenapa ga subsidi kami dulu, padahal tugas kami adalah sama!!!!

  56. 56
    andien Says:

    apapun itu…. saya sebagai guru sangat gembira menyambut kabar baik ini. Semoga segera terealisasi.

  57. 57
    anton Says:

    Sudahlah… jangan diributin masalah gaji naik atau tidaknya… ingat kita yang memilih beliau untuk jadi presiden. harusnya didukung dong…
    saya juga sebagai guru daerah terpencil juga merasa tidak diperhatikan oleh pemerintah. padahal saya juga guru PNS, jd bukan guru non PNS saja yang tidak diperhatikan pemerintah,.. tapi guru PNS juga ada, tapi idak semuanya. dan untuk guru non PNS ada juga perhatian pemerintah. buktinya ada guru non PNS dapat tunjangan terpencil belasan juta per tahun. tapi yang ngajar di SD saja, sedangkan guru yang mengajar di SMP BELUM diperhatikan. karena banyak yang harus diperhatikan, bukan kita guru saja…sabar ya kawan… sabar…

  58. 58
    priska Says:

    pemerintah jangan selalu membuat janji kosong, kalau memang gaji guru akan di naikkan tolong ditepati.

  59. 59
    Faatulo Halawa Says:

    Saya setuju dengan pendapat Anton,,,,
    seharusnya yang diperhatikan itu adalah honorer,, biar ada sedikit kesamaan dengan PNS (sedikit saja)… bayangkan saja,,, slain kenaikan itu,, mereka juga masih berpeluang memperoleh serifikasi guru, dimana tunjangan sertifikasi adalah sama dengan gaji pokok PNS, lalu yang honorer ??????????????????????????
    ada baiknya,,,, sertifikasi itu dialihkan kepada yang honorer saja, dan bila dikemudian hari yang bersangkutan menjadi PNS maka baiknya dialihkan kembali kepada honorer yang lain… tolong pak diperhatikan kami…. jangan yang sudah kembang makin dikembangkan lagi…. tanggung jawab mendidik bukan hanya guru yang sudah PNS saja, gimana?????????????

  60. 60
    rong-rong Says:

    That’s totally bulshit

  61. 61
    rifai Says:

    wah gaji guru naik bohonnnnnnnnng tidak ada yang benar semua guru baik yang pns maupun non pns kan meraskan sendiri coy,,,, makanya gurunya asal ngajar yang penting udah masuk kelas sejenak kemudian cabut ngojek atau ngurus kebun,bisnis biar dapurnya ngepul lagi besok”’

  62. 62
    lolo Says:

    cabul alias ngibul terusssssssssssss…… intrik untuk meningkatkan kredibilitas pemerintah sekarang. sungguh hebat dan ironis. taktik yg licik sekali..

  63. 63
    farah Says:

    jangan khawatir para bos ilmu pengetahuan tuhan selalu bersama kita
    penulis bingung dimana guru sekarang berada

  64. 64
    farah Says:

    gombal…mbal…mbal…. ojok mikir undak-undakan seng penting arek-arek ngerti tentang sejatine negoro lan wong indonesia iku kudue yoopo. oce….ce…c3e…..

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

October 2008
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031