Para Ilmuwan Menemukan Bakteri Bau Mulut

Tuesday, April 8, 2008
By nias

NEW YORK – Bau mulut seringkali menjadi masalah bagi banyak orang yang bisa mempengaruhi ruang sosial mereka. Namun masalah bau mulut ini mungkin akan segera bisa diatasi dengan ditemukannya organisme penyebabnya. Para pakar biologi melaporkan pada hari Sabtu 5 April lalu bahwa mereka telah menemukan bakteri penyebab bau mulut, bernama Solobacterium moorei. Demikian laporan para ilmuwan itu pada pertemuan Perhimpunan Riset Dental Amerika di Dallas.

Bau mulut yang persisten, yang sering mendera para penderitanya, sering kali disebabkan oleh kehadiran bakteri dalam mulut, yang menghasilkan senyawa belerang berbau menyengat yang melekat di permukaan lidah. “Bakteri-bakteri lidah menghasilkan senyawa-senyawa berbau menyengat dan asam-asam lemak, yang merupakan 80 – 90% dari penyebab bau mulut”, kata Betsy Clark, mahasiswa Kesehatan Gigi di State University of New York, Buffalo. Beberapa kasus bau mulut berasal dari paru-paru atau sinus.

Dalam studi yang melibatkan 21 orang dengan bau mulut kronis dan 36 orang tanpa masalah, Clark dan koleganya menemukan bakteri S. moorei pada setiap pasien yang memiliki halitosis dibandingkan dengan hanya 4 orang pada pasien yang tidak memiliki halitosis. Ke empat orang yang tidak memiliki halitosis yang terinfeksi dengan bakteri S. moorei semuanya memiliki infeksi periodontitis, suatu infeksi gigi yang juga mengakibatkan bau mulut.

Pada sebuah studi sebelumnya terhadap 8 pasien dengan halitosis dan 5 pasien tanpa halitosis, S. moorei selalu ada pada pasien dengan halitosis dan tidak ada pada pasien tanpa halitosis. “Sejumlah studi lain juga menemukan bakteri ini pada pasien-pasien halitosis”, kata Dr. Violet I. Haraszthy yang terlibat pada kedua studi itu.

Saat ini, “tidak banyak diketahui tentang organisme ini”, kata Haraszthy.

“Dengan kita mengidentifikasi dan mengetahui lebih jauh tentang bakteri ini, kita bisa mengembangkan pengobatan untuk mengurangi jumlah mereka dalam mulut,” kata Clark.

Dilaporkan juga bahwa tim yang sama telah menemukan bahwa menggosok gigi dengan pasta gigi antibakteri sebanyak dua kali sehari dan menggunakan sikat gigi yang memiliki ‘penggaruk’ lidah bisa mengeliminasi bau mulut. (YN, 07/04/08)

31 Responses to “Para Ilmuwan Menemukan Bakteri Bau Mulut”

Pages: « 1 2 [3] 4 » Show All

  1. 21
    dong Says:

    setuju mbak syabi (ato mas?)sudah 10 tahun saya mengalaminya & sampai sekarang tetap ga sembuh karena ‘kemampuan’ dokter di negara kita yg cenderung jualan obat. yang menjengkelkan, saya tanya ke teman2 mereka bilang gak bau. tapi setiap kali berbicara reaksinya kok begitu? mereka gak tau seberapa sulitnya/tertekannya seorang penderita halitosis untuk sekedar bertanya. efeknya psikologis & tekanan mental yg saya alami bener2 luar biasa parah…tabah??! adalah kata2 yg paling saya benci

  2. 22
    Agef Says:

    Saya juga mengalami hal itu, tiap bangun tidur, tenggorokan terasa panas, seolah ada banyak aktifitas di situ, kemudian oleh ibu selalu direbuskan daun sirih, hasilnya memang bau mulut jadi berkurang, dan tiap bangun tidur tenggorokan tdk lg trasa panas, namun saya ga’ bisa menghentikan kebiasaan buruk saya, yaitu merokok, apalagi sekarang saya lagi studi, jauh dari rumah, jadi gak ada yg ngrebusin daun sirih lg, akhirnya bau mulut itu datang lg, wel…

  3. 23
    misha Says:

    sy setuju, sblm kena halitosis ini, sy adalah org yg cerewet, suka ngomong apa adanya biarpun itu menyakitkan, tapi itu fakta, ternyata banyak yg merasa tersakiti dgn kata2 sy. mungkin Tuhan memberi teguran supaya sy ga ngomong yg nyakitin org lain lagi. skrg biarpun ada apa2 juga lebih baik diam aja..
    Berdoa, setiap hari isi doa2 sy adalah Tuhan tolong sembuhkan penyakit “aneh” sy ini.. supaya sy bisa kerja lagi.. krn gara2 penyakit ini sy jadi berhenti kerja, org2 pada lari kalo liat sy.. sungguh menyedihkan nasib sy..

    Tapi kalo hanya curhat2 aja ga ada gunanya, yang penting adalah bagaimana caranya supaya penyakit ini bisa sembuh.. bagi para ilmuwan, dll.. dan semua org2 yg bisa nolongin kami, tolong sembuhkan kami.. apakah bakteri itu tidak ada obatnya untuk mematikan bakteri penyebab halitosis ini?. sy yakin semua penyakit ada obatnya.. kami akan sangat berterimakasih kepada siapapun yg bisa menyembuhkan kami..
    Semoga kami bisa segera disembuhkan.. maaf kalo ada salah kata.. Terimakasih

  4. 24
    misha Says:

    semuanya, ada baiknya kita membuat suatu perkumpulan atau apa gitu, dengan tujuan mencari cara penyembuhan penyakit ini. let’s fight all.. don’t give up.. thank you

  5. 25
    sintya Says:

    Buat semuanya yg mau gabung di group ini, mari kita bersama2 mencari cara penyembuhan atas penyakit ini, mudah2an kita bisa sembuh. mari gabung di facebook: free to breath . thank you

  6. 26
    Lia Says:

    Grup fb-nya mana?

  7. 27
    riza Says:

    cara mudah sembuh bau mulut dan meningkatkan percaya diri. Herba ZS, herbal alami yang sudah terbukti dan sangat dibutuhkan bagi penderita bau mulut dan alergi

  8. 28
    Reezx Doank Says:

    solusi obati bau mulut dari sumber pemicunya

  9. 29
    Boy M. Bachtiar Says:

    As WW.,
    Terima kasih teman-teman. saya mau berbagi informasi.
    Saat ini riset dengan tujuan untuk mengungkapan peran Solobacterium moorei pada kejadian dan pathogenesis halitosis tengah dikembangkan di laboratoium Biologi Oral FKGUI. Kami saat ini tengah mengidentifikasi spesies bacteri apa saja yang senantiasa menyertai S. moorei. Dengan kata lain kami ingin mengungkapkan peran oral biofilm yang melibatkan S. moorei, khususnya dari aspek molekular (genotiping dan fenotiping) termasuk aspek subjek yang merasa atau memang didiagnosis sebagai penderita halitosis> Kami sangat menghargai adanya dukungan dari teman-teman. Jika ada yan ingin berpartisipasi, kami tunggu. silahkan hubungi saya melalui email boybachtiar@gmail.com atau boy_mb@ui.ac.id.

    Wassalam

    Boy M Bachtiar

  10. 30
    Ncek NuThea Says:

    Apakah penderita bau mulut ini ada forumnya.. Saya sudah.. Menderita bau mulut sejak tiga smp itu sekitar thn 2009 awalnya mulut saya itu mengeluarkan darah dari daging daging gigi saya dan darahnya amat bau dan nafas dari mulut saya pun bau dan sampai sekarang mulut saya tetap saja bau.. Mungkin kita bisa berbagi keluh kesah kita ini melalui forum . . agar rasa stres dan ketertekanan mental kita pun berkurang

Pages: « 1 2 [3] 4 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2008
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930