Para Ilmuwan Menemukan Bakteri Bau Mulut

Tuesday, April 8, 2008
By nias

NEW YORK – Bau mulut seringkali menjadi masalah bagi banyak orang yang bisa mempengaruhi ruang sosial mereka. Namun masalah bau mulut ini mungkin akan segera bisa diatasi dengan ditemukannya organisme penyebabnya. Para pakar biologi melaporkan pada hari Sabtu 5 April lalu bahwa mereka telah menemukan bakteri penyebab bau mulut, bernama Solobacterium moorei. Demikian laporan para ilmuwan itu pada pertemuan Perhimpunan Riset Dental Amerika di Dallas.

Bau mulut yang persisten, yang sering mendera para penderitanya, sering kali disebabkan oleh kehadiran bakteri dalam mulut, yang menghasilkan senyawa belerang berbau menyengat yang melekat di permukaan lidah. “Bakteri-bakteri lidah menghasilkan senyawa-senyawa berbau menyengat dan asam-asam lemak, yang merupakan 80 – 90% dari penyebab bau mulut”, kata Betsy Clark, mahasiswa Kesehatan Gigi di State University of New York, Buffalo. Beberapa kasus bau mulut berasal dari paru-paru atau sinus.

Dalam studi yang melibatkan 21 orang dengan bau mulut kronis dan 36 orang tanpa masalah, Clark dan koleganya menemukan bakteri S. moorei pada setiap pasien yang memiliki halitosis dibandingkan dengan hanya 4 orang pada pasien yang tidak memiliki halitosis. Ke empat orang yang tidak memiliki halitosis yang terinfeksi dengan bakteri S. moorei semuanya memiliki infeksi periodontitis, suatu infeksi gigi yang juga mengakibatkan bau mulut.

Pada sebuah studi sebelumnya terhadap 8 pasien dengan halitosis dan 5 pasien tanpa halitosis, S. moorei selalu ada pada pasien dengan halitosis dan tidak ada pada pasien tanpa halitosis. “Sejumlah studi lain juga menemukan bakteri ini pada pasien-pasien halitosis”, kata Dr. Violet I. Haraszthy yang terlibat pada kedua studi itu.

Saat ini, “tidak banyak diketahui tentang organisme ini”, kata Haraszthy.

“Dengan kita mengidentifikasi dan mengetahui lebih jauh tentang bakteri ini, kita bisa mengembangkan pengobatan untuk mengurangi jumlah mereka dalam mulut,” kata Clark.

Dilaporkan juga bahwa tim yang sama telah menemukan bahwa menggosok gigi dengan pasta gigi antibakteri sebanyak dua kali sehari dan menggunakan sikat gigi yang memiliki ‘penggaruk’ lidah bisa mengeliminasi bau mulut. (YN, 07/04/08)

31 Responses to “Para Ilmuwan Menemukan Bakteri Bau Mulut”

Pages: « 1 [2] 3 4 » Show All

  1. 11
    key Says:

    tolong kasitau cara hilangin bau mulut yang ampuh
    saya selalu malu bersosialisasi sama orang
    pdhal,saya rutin sekali bersikan mulut

  2. 12
    sabira Says:

    saya menderita halitosis yg sdh sgt menggangu kehidupan saya, sy sdh berobat ke dokter tp tidak ada satupun dokter yang bisa memberikan solusi atau obat apa yg dpt menyembuhkan halitosis yg sy derita. Bgmn saya bisa sembuh seperti sediakala tanpa menderita “HALITOSIS”. trims

  3. 13
    awie Says:

    saya juga menderita halitosis selama belasan tahun dan sudah bermacam upaya mencari penyebabnya, kedokter tdk ada yang mau tau secara detail penyebabnya, menurut saya penyebabnya adalah dari kesehatab gusi dan gigi, iritasi/radang tenggorokan (THT), GERB (asam lambung berlebih).Please berikan solusi juga…..

  4. 14
    cucu Says:

    ya, apalagi swktu puasa. psg krna gx bs gsk gi2 dulu sblm ngmg. dg, py pykt ini, gsk gi2 pun hrmnya akan hilang hy dlm htgan mnt. ksh th solusi mudah.

  5. 15
    abdullah Dasuki Says:

    hampir sama ceritanya, tapi lengkapnya sbb:
    saya dah ke dokter gigi dan bersihkan karang, lalu disarankan saudara cek bagian dalam. sy ke rumah sakit, kemudian sdh tes darah, tes urine, dan rontgen. setelah macam2 sy ikuti ktk konsultasi dgn dokter bgn penyakit dalam bilang tdk apa-apa dan ngga ada masalah.
    yang bener ke dokter mana saya harus konsultasi. bau mulut ini sudah hampir 5 tahunan. tolong dong kasih solusi pengobatan dgn konsumsi yogurt, katanya bagus. bingung lg sy katanya yogurt yang alami wah, wah sy makin ngga tahu yng alami yangmana
    bingung………………….

  6. 16
    syabi Says:

    saya mengalami masalah yang sama. tapi sebal juga nggak ada solusi yang benar2 solusi akhir. sama sprt yg lain, sama sudah ke dr gigi,lalu ke dr.internis(penyakit dalam). di forum kayak gini cuma mamerin kekurangan aja. solusinya mana? tp sharing pengalaman aja, solusi juga. dan jangan takut akan kekurangan, KAMU GAK SENDIRI. nangis? aku pernah nangis, tp g nyeleseian masalah. aku telah mencoba bragam obat, Mungkin ada yg cocok buat org2 degn masalah sama. tp kalo sy sendiri gak mempan (it`s for temporary way, not forever).

    1. jangan gunakan pasta gigi berdeterjen. (ENZIM aja. meskipun agak sedikt mahal bisa 3 kali lipat pasta gigi biasa, tapi lumayan berasa nyaman. lidah gak panas.)we are special human,so pasta giginya jg special.

    2. Minum teh bunga rosela. teh ini adalah obat segala macem penyakit yang ada di badan kamu. so, if u don`t know exactly what happen with ur body,drink it.

  7. 17
    Syabi Says:

    3. jangan makan permen! gula justru makin mempercepat perkembangbiakan bakteri dlam mulut. makanya, kalau makan satu permen, malah akan mmbuat ketagihan untuk terus mengkonsumsinya.

    4.bersihin lidah dengan sikat gigi. tahan aja kalau misalkan rada mo muntah. klo pake pembersih lidah,itu kan cuma satu arah aja. bakteri ga maksml dibersihinya. kalo peke sikat gigi, kan bisa memutar arahnya.
    (sejauh ini, ini yang paling RADA manjur)

    5. Saat curhat ke teman, katanya: LU TAHAJUD, TERUS MINTA AMPUN ATAS SEGALA DOSA YANG PERNAH LO PERBUAT. YG SENGAJA OR NO. (Gua rada pengen ktawa, kayak yg banyak dosa, maksudnya kok kayak ga nyambung, heheh… but who knows right?) astagfirulloh aladzim.. maaf ya alloh

  8. 18
    Syabi Says:

    Terakhir, mungkin juga sih banyak dosa dari yg ga sengaja. soalnya sebelum gua mengalami ini(gw itu sangat banyak omong, bisa dibilang agak cerewet, dan komentar gw menjurus sinis,saat org kehabisan kata, gua masih punya segudang kemntar, bisa yg menyakitkan meskipun itu adalah fakta. iya, gw hars bnyak tobat)dan OTOMATIS, sekarang jangankan komentar gak penting, komen yg penting aja g gw omongin. Dan hikmahnya, sy jd lebih menghargai kekurangan ini, ada yang jauh lebh menderita dari yg sy derita. ada org yg ga bs ngomong, kita masih bisa.
    Dan (gw bukan so` nyuruh tabah)tp percaya dech, Tuhan ngasih cobaan kayak gini, karena Dia percaya kalau cuma kita ORG yg terpilih untuk mnrimanya. jangan su`udon (bruk sangka), Dia yakin kita bisa nyari jalan keluar buat ‘ngomong’/ngungkapin perasaan or tujuan kita, tanpa harus ngomong (dlm arti sebenarnya). UDAH AH, KAYAK USTADZAH AJAH. DAH. Struggle fren, u r not alone!!!!!

  9. 19
    Syabi Says:

    BENERAN, TERAKHIR. pernah denger habbatussauda? nama indonesianya jinten hitam. itu adalah obat untk segala macam penyakit apa pun kecuali kematian(Ada hadisnya). jadi habbatussauda adalah obat sejak di jaman rosul. dan sekarang ada di jual di toko obat, or di internet.

    Aku pernah nyoba,hasilnya? jawabanku: mungkin segala obat memang harus rutin, dan harus sabar menjalani proses obat itu bekerja. dan yang paling kerasa, kulit jadi lebih bagus. terawat. padahal itu adalah efek aja… hehehe.

    aku, kalian dan org2 yg diluar sana yg ngalamin hal ini (hltosis)semoga bisa tabah dan segera sembuh yah… Amin.

  10. 20
    Injuni Says:

    Syabi benar 100%. Semua penyakit ada obatnya, hanya kita hanya belum tau aja obatnya. Saya mengusulkan untuk membuat suatu perkumpulan atau yayasan untuk penderita halitosis ini. Ini penyakit serius karena menyangkut kepada sumber daya manusia dan efek psikologis yang ditimbulkannya.
    Banyak yang bisa mendapatkan hikmah dari penyakit yang diderita, tetapi banyak juga yang menyebabkan putus asa.
    bagaimana usulan saya untuk membuat yayasan bagi penderita halitosis, ada yang tertarik ? Tujuan utama adalah untuk menolong penderitanya.

Pages: « 1 [2] 3 4 » Show All

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2008
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930