Anak Berkebutuhan Khusus – Jangan Sisihkan Anak-anak “Down Syndrome” Itu…

Wednesday, August 8, 2007
By susuwongi

Meski anak-anak down syndrome memiliki keterbatasan, mereka tetap mampu berprestasi. Karena itu, anak-anak down syndrome perlu perhatian, didampingi, dan jangan disisihkan.

“Semua anak haruslah dianggap sama. Janganlah mereka disisihkan. Sebaiknya mereka pun dibekali keterampilan,” kata Ny Mufidah Jusuf Kalla saat hadir pada acara wisuda lulusan SD, SMP, dan alumni Sekolah Luar Biasa (SLB) Dian Grahita, Jakarta, Senin (6/8).

Menurut suster Joanni, Kepala SLB Dian Grahita, wisuda ini sangat berarti bagi anak-anak down syndrome. “Inilah bukti cinta orangtua dan sekolah kepada anak-anak kami. Mudah- mudahan ini titik awal. Saatnya masyarakat menerima dan mencintai anak-anak kami,” katanya.

Down syndrome disebabkan adanya gangguan pada kromosom yang ke-21. Manusia memiliki 23 pasang kromosom. Pada anak down syndrome, kromosom mereka yang ke-21 tidak sepasang (dua), melainkan tiga kromosom (trisomi). Dengan kata lain, down syndrome adalah gangguan genetik.

Pada wisuda hari Senin lalu, ada 30 anak yang diwisuda. Tujuh anak adalah lulusan SD, 11 lulusan SMP, dan 12 anak adalah alumnus SLB Dian Grahita. Mengenakan jubah dan toga berwarna ungu, mereka sangat antusias mengikuti acara wisuda yang dimeriahkan tari-tarian dari rekan-rekan mereka.

Menurut Ketua Ikatan Sindroma Down Indonesia (ISDI) Aryanti Rosihan Yacub, setelah tamat sekolah, anak-anak pada umumnya akan mengejar masa depan. Akan tetapi, para orangtua anak-anak down syndrome justru mengalami ketakutan bagaimana masa depan anak-anak mereka karena keterbatasannya.

“Karena itu ada ISDI, agar kehidupan mereka berguna dan berarti. Ada banyak rintangan dan cucuran air mata. Asuransi kesehatan pun menolak mereka karena takut rugi. Tetapi, dengan keterbatasan mereka, anak-anak ini sebetulnya juga dapat berprestasi mengangkat nama bangsa dan negara di dunia internasional,” kata Aryanti.

Kimberly, yang baru saja lulus SD (biasa dipanggil Kim Kim) pada SLB Dian Grahita, misalnya. Walaupun untuk berjalan saja Kim Kim mengalami kesulitan, tetapi begitu “nyemplung” ke kolam renang, ia bak ikat pesut yang bergerak cepat.

Michael Rosihan Yacub, yang lulus SMP, telah berpraktik kerja di British International School. Ia pun mampu mandiri. Robby Eko Raharja yang juga lulus SMP, selain lincah memainkan keyboard juga menang terus dalam acara-acara pekan olahraga.

Alumni SLB Dian Grahita, seperti Adrian Raharja, pun pernah menjadi juara I renang Porcaba 2005, mendapatkan medali perak Bocce di Taipei (Taiwan), juara I Bocce Porcaba 2007.

Tak semua anak down syndrome menyusahkan keluarganya. Seperti Marisa (16), siswa SMA Triasih di Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Ia bisa mandiri dan sangat senang menari.

Betapa pun anak-anak, down syndrome ada di sekeliling kita. Adalah kewajiban kita untuk membekali mereka dengan keterampilan guna menghadapi masa depan…. (LOK)

Sumber:   http://www.kompas.co.id/kompas-cetak/0708/08/humaniora/3749099.htm, Rabu, 08 Agustus 2007  

21 Responses to “Anak Berkebutuhan Khusus – Jangan Sisihkan Anak-anak “Down Syndrome” Itu…”

  1. 1
    desy Says:

    Bagi orang tua anak dengan berkebutuhan khusus misalnya down sindrom, jangan prnh menyerah, saya disini sbg terapis wicara hanya ingin memberikan semngat, banyak anak DS yg bisa mencapai pendidikan tinggi,asalkan kita semua tetap semangat untuk membimbingnya, bgmanapun mereka adalah manusia ciptaan Tuhan,,dan mereka berhak mendapat pendidikan yang layak,,,

  2. 2
    andy Says:

    Salam kenal , saya andy (26 th), Bandung. saya mempunyai kenopanakan (anak angkat saya) yang sekarang berusia 6 th. dan belum dapat berbicara dengan baik, atau bisa dikatakan anak ku ini mengalami masalah dalam bicara, kini kami mengalami kebingunagan dgn keadaan anak saya. kemana kah kami harus mengobarti untuk menyembuhkannya atau dimanakah tempat untuk menyalurkan masa depannya ?

  3. 3
    mcdamas Says:

    karena manusia adalah mahluk Tuhan, dan Tuhan lah pemiliknya. Maka menjauhkan anak2 yang down syndrome sama juga melecehkan Tuhan.

  4. 4
    MRS Says:

    salm kenal, sebelumnya saya mau bercerita dahulu. saya memiliki saudara yang juga down syndrom ber umur 25 tahun tinggi badan 150 cm, laki-laki. beliau merupakan lulusan alumni sd, smp, smu di SLB.

    Menurut Ketua Ikatan Sindroma Down Indonesia (ISDI) Aryanti Rosihan Yacub, setelah tamat sekolah, anak-anak pada umumnya akan mengejar masa depan. Akan tetapi, para orangtua anak-anak down syndrome justru mengalami ketakutan bagaimana masa depan anak-anak mereka karena keterbatasannya.

    lalu bagaimana solusi masa depan saudara saya dengan info yang saya ceritakan.sedangkan orang tua kami tidak ketakutan tetapi bingung bagaimana solusi yang tepat untuk kelanjutan, masa depan, pekerjaan,dan jodoh untuk saudara saya? mohon solusinya terimakasih.

  5. 5
    Heri Says:

    Anak sy down sindrom cewek,sekarang masuk bimbingan belajar untuk komunitas down sindrom dan yg mempunyai anak yg sama dg saya mohon info ke email sy.tks

  6. 6
    Ana Says:

    pengen berbagi dgn org tua yg anakknya down sindrom

  7. 7
    Juliawan Says:

    hmm ic bedanya down syndrome ama autis gt ada ga ya?

  8. 8
    febriani ayuda Says:

    saya mempunyai adik sepupu yang mengalami down sindrom yang berumur 12 tahun, tapi dia belum bisa berbicara dengan jelas dan kadang-kadang dia suka memainkan alat kelaminnya. tolong bagaimana solusinya dong
    trus klo adik saya mau dimasukkan ke ISDI bagaimana caranya?

  9. 9
    sonia ho Says:

    salam kenal, saya Sonia… saya di sini hny ingin memberi semangat kepada seluruh org tua dr ank2 DS, jgn patah semangat, biar bagaimanapun, mereka ini adalah ti2pan Tuhan yg hrs anda rawat dan bimbing, mreka layak mndapat pendidikan setara atau bahkan lebih daripada org lain pd umumnya…. jangan pernah berpikir: ank saya nanti akan tumbuh menjadi ank yg percaya diri atau tidak ya? atau mgkn dia bisa ga ya menerima knyataan pahit ttg dirinya?
    sbnrnya, tidak ada kenyataan pahit kalau anda2 smua menikmatinya. bertrimakasihlah pada Tuhan krn Ia menitipkan “mereka” bukan krn mau menambah beban hidup kalian, Dia justru percaya bahwa ANDA BISA MERAWAT MEREKA. jadi, jgn SIA2KAN KEPERCAYAAN DR BAPA… okay?

    PERAN ORG TUA DLM SUPPORT SANGAT PENTING BAGI MEREKA…. 🙂 WISH U ALL ENJOY ALL THE DAYS WITH YR CHILDREN… GBU…. salam kagum utk para org tua “ank2 istimewa” ini.

  10. 10
    hasrul Says:

    mohon infonya sekolah ABK daerah depok sekitarnya, untuk anak saya berumur 6 tahun

  11. 11
    iko Says:

    Bisa info tempat tumbuh kembang anak “DS” untuk usia di bawah 01 thn

  12. 12
    vonnie Says:

    hiii salam kenal all…
    saya org tua mempunyai anak DS..anak saya it perempuan baru 6bln. dalam hal ini saya mohon bagi orang tua yg yg mempunyai anak DS saya butuh tempat sharing,berbagi pengalaman,n kiat2 sukses anak2 anda…

  13. 13
    rendy Says:

    Unit Pelayanan Inklusi Lentera Insan CDEC mengadakan seminar dan pelatihan
    1. SEMINAR PENANGANAN SEKSUALITAS ABK (ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS : autisma, adhd, MR, ganguan konsentrasi dan emosional dll)
    2. PELATIHAN ORAL MOTOR EXERCISE (Anak yang mengalami gangguan makan, kekakuan otot bicara, ngeces, gangguan bicara)
    Kegiatan akan dilaksanakan pada hari sabtu 12 desember 2009
    informasi lebih lanjut bisa hubungi RENDY (085647077316)

  14. 14
    iva Says:

    saya bunda dari anak dengan kelebihan down syndrome. butuh teman utk berbagi pengalaman dalam merawat dan mendidik. dengan senang hati membuka komunikasi dengan teman-teman utk berbagi cerita. hubungi saya di email isariyunova@gmail.com ya papa and mama yang special…

  15. 15
    advent Says:

    Bisa minta tolong daftar sekolah untuk anak down sindrom di daerah bogor

  16. 16
    evie Says:

    saya seorang ibu dengan anak special down syndrome,saya ingin berbagi pengalaman dengan orang tua yang dianugrahi anak anak special seperti anak saya.silahkan menghubungi saya d evie_pranata@yahoo.com.We love our children.GBU

  17. 17
    sarah Says:

    Bisa minta tolong gimana cara untuk masukin sekolah anak down dyndrom

  18. 18
    yulis Says:

    sy ibudari anak DS, bisa minta tolong info sekolah untuk anak DS yg sdh berusia 13th, yg berlokasi di surabaya, trims

  19. 19
    wandi Says:

    sy ayah anak DS umur 16 thn sy ingin informasi sekolah khusus DS di jakrta barat,mohon informasi trims. email sy onedee69@yahoo.com.

  20. 20
    rian Says:

    saya ingin berbagi pengalaman dan informasi dgn ortu ds di mana saja trm’s

  21. 21
    nurlita Says:

    saya ingin mendapatkan informasi untuk terapi wicara anak down syndrome, karena ditempat saya belum ada terapisnya,saya tinggal di aceh timur ( NAD )

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

August 2007
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031