Harga Tiket Pesawat Udara Medan-Nias Terlalu Mahal

Thursday, January 26, 2006
By susuwongi

Jakarta (SIB)

Anggota DPR RI Drs Idealisman Dachi mengemukakan, dikaitkan dengan kondisi perekonomian masyarakat yang masih lemah, harga tiket pesawat udara dari Medan ke Nias (G Sitoli) sebesar Rp. 550.000 per seat, terkesan terlalu mahal. Disamping akan menyulitkan bagi masyarakat yang membutuhkan transportasi, ongkos pesawat itu juga dinilai kurang adil. Sebab, harga tiket pesawat Medan – Jakarta yang jarak tempuhnya jauh lebih lama – atau sekitar 2 jam hanya Rp 450.000, sedangkan lama penerbangan Medan – Nias hanya 45 menit.

“Saya kira, ini tidak adil, sehingga harus diturunkan secara wajar menjadi Rp 250.000 sampai Rp. 300.000”, kata Idealisman Dachi kepada wartawan “SIB” di Jakarta, ketika dipertanyakan keluhan masyarakat seputar mahalnya tiket pesawat Medan – Nias.

Anggota dewan dari daerah pemilihan Sumut asal Nias ini menyatakan, secara kebetulan rute penerbangan Medan – Nias hanya dilayani maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines. Ini berarti, seakan terjadi monopoli karena tidak ada pilihan lain. Tetapi, jangan karena adanya monopoli maka harga tiket seenaknya diberlakukan.

Anggota Komisi VI DPR RI yang antara lain membidangi BUMN itu menyatakan, dilihat dari arus atau kepadatan penumpang, rute penerbangan Medan – Nias tidak bisa dikatakan jalur “kering”, meskipun memang tidak basah. Yang pasti, belakangan ini jalur penerbangan tersebut semakin banyak permintaan, terutama karena keberadaan Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh – Nias.

Indikasinya, penerbangan yang kini sudah 2 x sehari, ada keinginan bahkan permintaan dari perusahaan Merpati supaya ditambah menjadi 3 x sehari. “Ini berarti ada kesan permintaan meningkat”, ujar Idealisman seraya berharap jangan karena adanya lonjakan penumpang maka dijadikan alasan menerapkan tiket yang mahal.

Menurut Dachi, daerah Nias, seyogianya termasuk Publik Servise Obligation (PSO), karena disamping daerah pinggiran, tingkat pertumbuhan perekonomian masyarakat masih jauh dari memadai. Makanya, tidaklah wajar, daerah miskin memberi subsidi daerah lain yang jauh lebih kaya.

Sekedar diketahui, maskapai penerbangan Merpati, termasuk BUMN yang ditugasi pemerintah melaksanakan PSO. Makanya, pemerintah Pusat melalui APBN memberi subsidi Rp 40 milyar pada tahun berjalan. “Jadi, pemberian PSO itu seharusnya termasuk ke daerah Nias, karena termasuk daerah terpencil”, katanya.

Wakil rakyat yang suka bicara ceplas-ceplos ini membenarkan, keluhan masyarakat tentang mahalnya harga tiket pesawat itu telah disampaikannya kepada Dirut Merpati Hotasi Nababan, dalam raker Komisi VI DPR RI dengan Direksi Merpati belum lama berselang.

Pada saat itu, Hotasi berjanji akan mengkaji ulang besaran harga tiket itu dalam waktu secepatnya. Janji itulah yang dituntut masyarakat sekarang, supaya perobahan harga tiket bisa direalisasikan segera” ucap Idealisme Dachi. (H1/c)

Sumber: hariansib Online, Kamis, 26 Januari 2006

11 Responses to “Harga Tiket Pesawat Udara Medan-Nias Terlalu Mahal”

  1. 1
    cornel Says:

    daftar hartga tiket n brapa???
    kok g jelas

  2. 2
    arozatulo telaumbanua Says:

    syalom, Betul sekali kalau harga tiket pesawat dari Medan ke Nias sangat mahaL sehingga inimerupakan PR bagi anggota DPRRI asal nias untuk memperjuangkan sehingga para masyarakat nias dpt menikmati kemajuan transportasi udara dan bila perlu dibuka route Batam – Nias , sehingga dapat penunjang perekonomian yang cepat di daerah Nias, trims pak Dakhi atas prakasanya memperjuangkan agar harga tiket pesawat Medan ke Nias di tinjau atau diturunkan, para pejabat lain yg ada di Nias belum sampai pemikirannya untuk memperjuangkan kepentingan umum (masyarakat Nias) hanya pandai memperjuangkan untuk pribadi. yaahowu

  3. 3
    rita juntaks Says:

    emang mahal bangetsss tu tiket nya,ampe2 orang yang mau plg ke nias mikir dulu kalau mau plng kampung.kalau harga tiket pesawat murah kan orang2 nias juga bisa jalan2 keluar daerah nias tanpa jalur laut!!!!!

  4. 4
    rain tambun Says:

    mejuah juah_yahouu emang btl skali tkt mdn g.sitoli kelewat mahal apa lagi klo perginya ramai dgn keluarga ditambah jadwal yg gak jelas….. perlu perhatian dinas terkait cepat membenahi terutama turun harga broo……..

  5. 5
    am.zalukhu Says:

    kl g pny duit renang ( sibolga )+ jalan kaki ( mdn ) = gratis…………….kwkkwkwkw
    mo enak tp yg murah……..

  6. 6
    Rahmat Says:

    Ya’ahowu….Aq sgt sutuju dgn tanggapan Pak Dachi ttg hrg tiket k Nias yg sangat Mahal…Moga hal ne perlu di bahas langsung dgn Pt.Merpati Nusantara airlines yang memberikan penetapan harga yg krang releven..Pantas z orang Nias Anak-Anak NIAS jarang balek k Nias krn trnsportasi yang telalu mahal..Gbu

  7. 7
    Isana Gulo Says:

    Met siang Pulau Nias, saya juga pertama pulang keNias dari Jakarta Naik Pesawat, Disisi lain saya bangga dan senang sudah banyak perkembangan di pulau Nias apalagi adanya Pesawat yang langsung transit Jakarta ke Medan, Medan ke Nias ya itu cukup baik hanya alangkah lebih baiknya lagi klo harga tiketnya lebih diperhatikan lagi maksudnya harga tiketnya lebih murah agar pemuda pemudi Nias ada niat untuk pulang ke Kampung Halaman karena kebanyakan Orang Nias hidup diperantauan termasuk saya sendiri yang sudah 8 tahun baru pulang kenias dengan berbagai faktor termasuk ongkos yang cukup mahal, saya percayakan kepada pemerintah di pulau Nias Berjuanglah Demi Pulau Nias Tercinta HIDUP PULAU NIAS YANG INDAH

  8. 8
    Luther Giawa Says:

    YA’AHOWU INDONESIA…!!

    Buat Pemerintah yg bersangutan di dlm penerbangan Negri maupun di luar Negri,kami mohom atas perhatian Bpk/Ibu di dlm penerbangan, krn hrg Tiket tdk prnh stabil. apa lagi kalo pas pd wkt hr lebaran. harga Tiket sudah melebihi Gaji Karyawan/ti, kami sbg Rakyat Indonesia menyampaikan kpd Bpk DPR RI sbg sbg Wakil Rakyat, utk mempertimbangkan Harga Tiket pesawat, khususnya di dln Negri.Thanks all to Indonesia.

  9. 9
    darwin zebua Says:

    ya’ahowu
    harga tiketnya mahal kali

  10. 10
    Amon delau Says:

    wajarlah klw harga tiket penerbangan mahal,skrg coba ke Medan lewat darat..kapal laut Gusit-sibolga + waktunya + makan
    mini bus sibolga- Medan + waktunya + makan…sedangkan
    pesawat udara Gusit-Medan hanya 45 menit

  11. 11
    Baya-baya Nakal Says:

    Salam Perkasa…
    memang betul, kami sangat prihatin akan harga tiket pesawat dari Nias yang sangat mahal

    kami sangat setuju dengan yang dikatakan Bpk Arotulo Tel, hal ini merupakan PR bagi DPRD Nias, untuk membantu warganya.

    Dari lubuk hati yang paling dalam, salam buat Donal, wasnal, firnal, ernal, bernal, aynal, jonal, dbbnl.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

January 2006
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031