Situs Yaahowu berawal dari sebuah “blog” dengan nama “Borokoa” yang muncul pada bulan Oktober 2004. Pada tanggal 1 Desember 2005, blog ini berganti nama menjadi Situs “blog” Yaahowu dengan alamat http://yaahowu.blogspot.com. Tanggal ini merupakan tanggal kelahiran Situs Yaahowu. Sejak tanggal 7 Oktober 2006 secara berangsur-angsur isi Situs “blog” Yaahowu ditransfer ke alamat baru: http://www.niasonline.net. Maka tidak salah kalau pengunjung sering juga menyebut situs ini sebagai Situs Nias Online, nama yang sebenarnya diperuntukkan bagi versi Inggris Situs Yaahowu yang muncul sejak 17 April 2006, yang dulunya beralamat di: nias.wordpress.com.

Sejak 2 Januari 2007 Situs Yaahowu dan Nias Online menempati alamat yang sama di http://ww.niasonline.net (http://niasonline.net).

Situs Yaahowu “mengidamkan” Nias yang maju, aman, damai, sejahtera, berwajah menarik dan dinamis. Untuk mendekati mimpi itu, Situs Yaahowu ingin:

  1. memperkenalkan Nias kepada dunia luar melalui tayangan informasi budaya, bahasa, pariwisata dll.,
  2. ikut memerangi keterisoliran Nias melalui tayangan informasi “dunia luar” kepada masyarakat Nias,
  3. menjadi media komunikasi dan informasi yang netral dan edukatif bagi masyarakat Nias,
  4. menjadi media tempat menjaring, mengasah dan melatih sikap dan pikiran kritis bagi generasi muda Nias,
  5. menjadi mitra kritis para penyelenggara pemerintahan lokal untuk secara bersama-sama menuju Nias yang diicita-citakan.

Sebagai sebuah situs budaya / bahasa, Situs Yaahowu juga menjalin kerjasama erat dengan milis Li Niha asuhan Yustinus Waruwu. Kamus Online Nias-Indonesia yang beralamat di http://kamus-nias.niasonline.com merupakan bagian tak terpisahkan dari Situs Yaahowu.

Secara berkala Situs Yaahowu juga mengadakan Diskusi Online untuk mendiskusikan masalah-masalah yang berkaitan dengan Nias. Yaahowu juga berusaha menampilkan sosok putra-i Nias yang patut diteladani karena capaian di bidang tertentu. Pendapat dari luar yang relevan dengan Nias masa lalu, masa kini atau masa depan juga ditampilkan melalui wawancara dengan pihak-pihak tertentu (peneliti, tokoh masyarakat, politisi, dsb).

Redaksi menerima tulisan atau artikel baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris, yang berkaitan dengan Nias. Kontribusi dalam bentuk lain seperti: foto, informasi budaya, pariwisata, dan lain-lain juga dapat dikirim ke Redaksi. Silahkan menghubungi kami melalui: nias.online@gmail.com.

Ada baiknya pengunjung membaca Nias di Ruang Maya, sebuah renungan pada saat peluncuran Situs Yaahowu, Desember 2005.

Pemimpin Redaksi: E. Halawa
Wakil Pemimpin Redaksi: Ilham Mendröfa
Redaktur Pelaksana: Etis Nehe
Anggota Redaksi: Lovely C. Zega, Yudhykana Laia, Victor Zebua (+), Autha Zega.
Kontributor Berita: Berkat Jaya Lase.

E-mail: nias.online@gmail.com, eniasonline@gmail.com

Sejak 1 Desember 2008 situs ini berganti nama menjadi Nias Online.

Video tentang Nias Online dapat dilihat dalam situs Wasabicabe.com.

Pemutakhiran:
27 Janauri 2011
13 Agustus 2013
27 Agustus 2013
15 September 2013
03 October 2014

 

Facebook Comments