SBlatter

Joseph S Blatter – FIFA.com

Zurich, NIASONLINE – Joseph Sepp Blatter terpilih kembali menjadi Presiden Federasi Sepakbola Internasional, FIFA, di Zurich, Swiss, Jumat (29/05/2015). Terpilihnya kembali Blatter berlangsung di tengah skandal suap yang menggoncang badan sepakbola dunia tersebut.

Kemenangan Blatter terwujud setelah pesaing satu-satunya – Pangeran Ali bin Al Hussein dari Yordania – mengundurkan diri pada pemilihan babak kedua. Dalam pemilihan babak pertama, Blatter mendapat 133 suara sedangkan Ali mendapat 73 suara.

“Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat kepada Yang Mulia Pangeran Ali bin Al Hussein. Beliau mendapat jumlah suara yang banyak. Kemudian saya mengucapkan terima kasih kepada Anda semua atas kepercayaan dan keyakinan. Saya bertanggung jawab mengembalikan FIFA kepada posisi yang seharusnya. Dan ini janji saya kepada Anda: pada akhir jabatan saya, saya akan menempatkan FIFA pada posisi yang kuat,” kata Blatter dalam pidatonya setelah kemenangannya.

Pemilihan Presiden FIFA baru berlangsung di tengah skandal suap yang ditengarai melibatkan para pejabat tinggi FIFA. Swiss telah menahan tujuh pejabat teras FIFA di Zurich atas tuduhan kejahatan kriminal dan suap yang dituduhkan Amerika Serikat. Ke tujuh pejabat ini akan didakwa dalam kaitan dengan alokasi tempat penyelenggaraan Piala Dunia tahun 2018 dan 2022.

Blatter terpilih untuk pertama kali menjadi Presiden FIFA pada tahun 1998. (FIFA.com,brk*)

Facebook Comments