Membersihkan Panel Surya | ipceagle.com

Membersihkan Panel Surya | ipceagle.com

NIAS ONLINE –  India di bawah pemerintahan Aliansi Demokratik Nasional (NDA) merevisi target pembangkitan listrik tenaga surya dari 20 ribu MW menjadi 100 ribu MW (100 GW) pada tahun 2022. Target ambisius ini diperirakan akan membutuhkan investasi sebesar $ 100 miliar.

Saat ini India telah memiliki kapasitas pembangkitan listrik energi surya sebesar 2.9 GW. Peningkatan kapasitas itu akan membutuhkan lahan, biaya investasi dan tenaga kerja.

Untuk merealsasikan sasaran itu, India akan melatih 50 ribu ‘bala tentara surya’, tenaga teknis yang akan memainkan peran penting di sektor ini.

Ke 50 ribu bala tentara surya ini akan diberi pelatihan selama 3 – 6 bulan untuk menguasai hal-hal yang berhubungan dengan teknik tenaga surya yang akan membuka kesempatan kerja bagi mereka kelak dari sektor ini,” kata seorang pejabat pemerintah India sebagaimana diberitakan oleh Live Mint.

Kapasitas pembangkitan listrik India saat ini sekitar 250 GW, sekitar 12.5 persen (31.6 GW) berasal dari energi terbarukan (surya, bayu, hidro, dll). (brk/*)

 

Facebook Comments