Novel NiasNIASONLINE, JAKARTA – Kamus mini bahasa Nias di situs www.niasonline.net ternyata sangat bermanfaat. Tidak hanya bagi orang Nias, tapi juga bagi orang luar Nias.

Salah satunya, sangat membantu Ghyna Amanda Putri seorang penulis novel asal Bandung. Baru-baru ini, Ghyna meluncurkan novel terbarunya yang settingnya adalah Nias.

Berbagai kata dan kalimat dalam bahasa Nias akan mudah ditemukan di novel itu selain setting ceritanya. Semua nomor bab dan juga judul bab di novel itu ditulis dalam bahasa Nias. Lalu, kenapa itu begitu penting? Ternyata, penulisnya bukan orang Nias dan juga tidak pernah ke Nias.

Lalu, darimana Ghyna mendapatkan kata-kata itu?

“Oh untuk bahasa-bahasa Nias yang saya masukkan ke dalam naskah, saya dapat bantuan dari situs kamus Nias online. Di sana ada kamus mini yang memuat cukup banyak bahasa Nias yang membanfu saya. Situs itu membantu banget
soalnya cari kamus yang bentuk buku agak susah,” ujar Ghyna, Minggu (28/9/2014).

Selain judulnya yang langsung merujuk ke Nias karena menggunakan kata “Nias” juga foto sampul depan novel yang dominan berwarna kuning tua itu adalah lompat batu dalam bentuk sketsa.

Novel dengan tebal 260 halaman dan diterbitkan oleh deTeens tersebut bisa didapatkan di toko buku Gramedia. (en)

Facebook Comments