Yasonna H Laoly (Foto: FB)

Yasonna H Laoly (Foto: FB)

NIASONLINE, JAKARTA – Harapan untuk mendapatkan kepastian pembentukan Provinsi Kepulauan Nias malam ini, Minggu (28/9/2014) akhirnya kandas. Rapat mini fraksi dengan agenda pembahasan penetapan calon daerah otonomi baru (DOB) yang akan disahkan, gagal dilanjutkan.

“Gagal malam ini karena keadaan tidak kondusif. Saya tidak bisa menyampaikan informasi lebih lanjut,” ujar anggota Komisi II DPR RI Yasonna H. Laoly kepada Nias Online di Jakarta, Minggu malam (28/9/2014).

Ditanya mengenai jadwal pembahasan berikutnya, Yasonna mengatakan, menunggu undangan rapat dari pimpinan Komisi II. Yasonna juga tidak menjelaskan apakah yang gagal dibahas itu cuma usulan Provinsi Kepulauan Nias atau seluruh usulan DOB.

Sebelumnya, Nias Online mendapatkan informasi kuatnya tekanan politik untuk menjegal terbentuknya Provinsi Kepulauan Nias. Hal itu diduga kuat terkait adanya usulan DOB provinsi lainnya yang tidak disetujui pemerintah. (baca: Harap-Harap Cemas Menanti Kelahiran Provinsi Kepulauan Nias)

Untuk diketahui, masa jabatan anggota DPR saat ini hanya sampai 30 September 2014. Selanjutnya, akan digantikan oleh anggota DPR RI yang baru periode 2014-2019 yang akan dilantik pada 1 Oktober 2014.

Bila sampai besok, Senin (29/9/2014) dan Selasa (30/9/2014) tidak ada persetujuan atas usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias tersebut, maka dipastikan harapan untuk menjadi provinsi kandas dan harus mengulang kembali dari awal mengikuti aturan baru dengan persyaratan yang jauh lebih berat. (en)

Facebook Comments