Peta Nias | Antarasumut.com

Peta Nias | Antarasumut.com

NIASONLINE, JAKARTA – Tinggal dua hari lagi, anggota DPR RI periode 2009-2014 akan mengakhiri masa baktinya, tepatnya pada 30 September 2014. Selanjutnya, anggota DPR RI baru hasil pemilihan legislatif periode 2014-2019 akan dilantik pada 1 Oktober 2014.

Salah satu agenda paling ditunggu dari anggota DPR RI yang masih ‘berlaku’ ini adalah terkait pengesahan sejumlah daerah otonomi baru (DOB) yang menjadi inisiatif DPR dan telah dibahas bersama pemerintah selama beberapa bulan ini. Di antaranya, usulan DOB Provinsi Kepulauan Nias sebagai pemekaran dari Provinsi Sumatera Utara.

Sebelumnya, DPR menjadwalkan untuk membawa ke paripurna pengesahan sekitar 20 DOB baru, termasuk Provinsi Kepulauan Nias pada Kamis, 25 September 2014. Namun, karena alasan teknis, karena banyaknya agenda DPR RI, jadwal tersebut diundur hingga Senin, 29 September 2014.

Dari beberapa informasi yang dihimpun Nias Online, ternyata terjadi tarik menarik politik yang sangat kuat terkait pengusulan DOB. Maklum, semua daerah yang diajukan ingin mendapatkan pengesahan. Tapi tentu saja semuanya tidak akan lolos karena adanya syarat-syarat legal formal yang harus terpenuhi.

“Usulan daerah-daerah yang akan disahkan menjadi DOB baru akan ditentukan malam ini. Selanjutnya, besok dibawa ke paripurna untuk disahkan,” ujar anggota Komisi II DPR RI Yasonna H. Laoly kepada Nias Online, Minggu (28/9/2014).

Dari beberapa informasi yang dihimpun Nias Online, khusus mengenai Provinsi Kepulauan Nias, ternyata menghadapi berbagai ‘gangguan’. ‘Gangguan’ tersebut diduga sebagai reaksi atas tidak terpilihnya beberapa usulan DOB baru.

“Ada calon DOB yang belum memenuhi syarat. Namun, merasa tidak terima dengan lolosnya Provinsi Kepulauan Nias yang dinilai lebih belakangan diajukan,” ujar nara sumber yang tidak mau disebutkan namanya tersebut. Dia juga menolak menyebutkan secara spesifik pihak mana saja yang berupaya menjegal pembentukan Provinsi Kepulauan Nias tersebut.

Sebelumnya, Badan Panitia Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPP-PKN) telah melakukan berbagai persiapan untuk merayakan pengesahan Provinsi Kepulauan Nias berdasarkan jadwal pertama. Namun akhirnya semua dibatalkan setelah adanya pergeseran jadwal di DPR.

Belakangan, Nias Online, menerima pesan bahwa jadwal syukuran yang semula dijadwalkan mengikuti jadwal paripurna di DPR pada 29 September 2014, juga ditangguhkan sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Nah, apakah besok Kepulauan Nias akan jadi provinsi? Kita tunggu keputusan rapat yang akan dimulai pada pukul 19.00 Wib malam ini. Semoga kecemasan berbagai kalangan warga Nias saat ini, bisa terobati malam ini.(en)

Facebook Comments