Pastor Johannes M. Hammerle | thejakartapost.com

Pastor Johannes M. Hammerle | thejakartapost.com

NIASONLINE, JAKARTA – Pendiri Museum Pusaka Nias (MPN) Pastor Johannes Maria Hammerle meraih Anugerah Pelestari Cagar Budaya Terbaik pada ajang Malam Anugerah Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Tahun 2014 yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di Museum Nasional, Jakarta, Jum’at (5/9/2014).

Seperti dikutip dari situs resmi Kemdikbud, acara tersebut bertujuan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah berjasa dalam pelestarian cagar budaya dan pengembangan permuseuman.

Dalam ajang tersebut, Kemdikbud menetapkan tiga kategori penerima Anugerah Pelestarian Cagar Budaya tahun 2014. Yakni, Juru Pelihara Terbaik, Pelestari Cagar Budaya Terbaik, Pemerintah Kota Peduli Cagar Budaya 2014. Sedangkan untuk Anugerah Museum 2014 terdapat enam kategori penerima. Yakni, Museum Provinsi Terbaik 2014, Museum Kota Terbaik 2014, Museum milik lembaga/Kementerian/BUMN/TNI/Polri, Museum Swasta Terbaik, Pemerintah Provinsi Peduli Museum, dan Pemerintah Kota/Kabupaten Peduli Museum.

Penyerahan anugerah tersebut dilakukan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh.

Dalam acara itu, Nias menempatkan satu perwakilannya dengan kehadiran Pastor Johannes yang memenangkan kategori pelestari cagar budaya terbaik.

Selama ini, meski dikenal sebagai pelayan Tuhan, Pastor Johannes juga menghabiskan begitu banyak waktunya untuk menyelamatkan dan melestarikan berbagai peninggalan budaya Nias. Selain mendirikan museum yang diisi dengan berbagai peninggalan sejarah dan budaya Nias, Pastor Johannes juga produktif menulis berbagai buku terkait Nias. (en)

Facebook Comments