Peta Nias | Antarasumut.com

Peta Nias | Antarasumut.com

NIASONLINE, JAKARTA – Pergantian kepala daerah di seluruh daerah di Kepulauan Nias akan segera berlangsung. Akhir tahun depan dan awal 2016, tahapan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) akan dimulai.

Berbagai harapan dari masyarakat muncul ke permukaan. Tentu saja, harapan akan keadaan yang lebih baik dari saat ini. Juga harapan yang muncul karena kekecewaan atas kondisi saat ini yang tak kunjung membaik, berbeda dari janji-janji pada pemilukada sebelumnya.

Bagaimana pun, masyarakat adalah penentu seseorang berada di tempat strategis seperti Bupati dan Walikota. Tanpa mengabaikan capaian-capaian saat ini, juga tidak bisa dinafikkan menguatnya dorongan dari masyarakat untuk tidak lagi berada dalam cara seperti selama ini guna mencapai keadaan yang lebih maju, dan sejahtera.

Karena itu, tidak ada pilihan lain untuk memperbaiki keadaan, selain mendoakan, mendorong dan mendukung orang-orang yang layak, bersih, dan berintegritas berada di posisi puncak tampuk kepemimpinan. Masyarakat harus sadar akan kekuatan suara mereka. Dan harus terlibat memperbaiki keadaan ini dengan memberikan pilihan yang tepat.

Namun, perbaikan keadaan itu tidak mungkin terjadi tanpa edukasi kepada masyarakat. Baik tentang rujukan-rujukan konseptual mengenai pemimpin yang layak untuk Nias, maupun referensi mengenai orang-orang yang layak untuk dipilih sebagai pemimpin.

Karena itu, redaksi Nias Online, secara berkala akan membantu mewujudkan hal itu. Di antaranya, dengan menampilkan pemikiran-pemikiran penting dari putra-putri Nias tentang kepemimpinan yang dibutuhkan ke depan. Juga akan dilanjutkan dan atau diselingi dengan paparan profil nama-nama yang mengemuka dan dianggap layak menjadi calon kepala daerah yang akan berlaga pada Pilkada untuk masa jabatan 2016-2021 tersebut.

Ikuti dan kemudian bagikan itu kepada rekan, saudara atau keluarga terutama mereka yang tinggal di Kepulauan Nias. Mari terlibat mewujudkan Nias yang lebih baik. (en)

Facebook Comments