Ilustrasi | bantenpost.com

Ilustrasi | bantenpost.com

NIASONLINE, JAKARTA – Pemerintah secara resmi membuka pendaftaran peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 mulai hari ini, Rabu (20/8/2014).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran pada tahun ini hanya melalui pendaftaran online melalui saluran resmi yang telah disiapkan yakni panselnas.menpan.go.id. Selain itu, para pelamar juga bisa mendapatkan informasi lewat http://sscn.bkn.go.id.

Pada tahun ini, pemerintah akan menerima pelamar baru sebanyak 63.752 orang dengan rincian, 24.928 untuk formasi pusat dan 38.824 untuk formasi daerah.

Sebanyak 68 kementerian dan lembaga membuka formasi CPNS baru tersebut. Sedangkan untuk formasi di daerah, dibuka oleh 28 pemerintah provinsi dan 455 pemerintah kabupaten/kota.

Pendaftaran secara online ini, seperti dijelaskan pemerintah, sebagai salah satu cara untuk mewujudkan penerimaan CPNS yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Bahkan, pada saat ujian, semua peserta juga akan menggunakan sistem Computerized A

Pemerintah mengingatkan para pelamar agar mengisi dengan cermat formulir yang disediakan pada saluran khusus itu. Juga mengingatkan bahwa pelamaran ini tidak dipungut biaya sama sekali.

Adapun syarat-syarat yang harus dilengkapi pendaftaran secara online adalah

1. Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
2. Tahun dan nomor ijazah pendidikan terakhir.
3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.
4. Berkas pas foto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB.
5. Berkas fotokopi digital ijazah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB.
6. Surat elektronik (email) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.
7. Judul dan abstrak tugas akhir/tesis/disertasi.
8. Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Dikti Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijazah.

Sebelum pelaksanaan ujian tertulis, semua isian pada formulir online dan berkas yang digital akan diperiksa saat verifikasi fisik kelengkapan data. Ketidaklengkapan isian dan data akan berkonsekuensi gugurnya pendaftar sebagai calon peserta seleksi. (en)

Facebook Comments