Undangan Halal Bihalal | Jeffriman Farid

Undangan Halal Bihalal | Jeffriman Farid

NIASONLINE, JAKARTA – Masyarakat Muslim Nias yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan sekitarnya menggelar halal bihalal pada Minggu, 10 Agustus 2014. Bertempat di Taman Bunga, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, acara tersebut dihadiri sekitar 750 orang.

“Halal bihalal ini diselenggarakan sebagai bentuk silaturrahmi antar warga Nias di perantauan. Selain kangen-kangenan, juga mendorong ukhuwah islamiyah masyarakat muslim Nias ini untuk berkontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat khususnya muslim Nias,” jelas Ketua Panitia Kegiatan Halal Bihalal, Kasfil Tanjung saat menyampaikan laporan persiapan pelaksanaan kegiatan itu.

Sejumlah tokoh muslim Nias hadir dalam acara itu, di antaranya, Danial Tanjung dan Yusuf Sisus Lömbu. Dalam sambutannya pada acara tersebut, mantan anggota DPR RI itu menceritakan sekelumit asal-usul muslim Nias. Dia juga menyampaikan nasihat dan motivasi kepada generasi muda muslim Nias.

Danial juga memaparkan pokok-pokok pikiran terkait pemberdayaan ekonomi masyarakat muslim Nias serta mendorong partisipasi aktif muslim Nias di perantauan untuk terlibat dalam proses pembangunan di nias.

“Perjuangan elemen-elemen masyarakat Nias terkait pembentukan provinsi Kepulauan Nais mendekati tahap akhir. Secara khusus saya meminta kelompok masyarakat muslim Nias untuk ikut bersinergi dengan elemen masyarakat Nias lainnya,” kata dia.

Pada bagian akhir sambutannya, meminta agar kegiatn tersebut digelar setiap tahun.

“Karena silaturrahim adalah pintu rezeki dan memperkokoh ukhuwah islamiyah,” tutup dia.

Tampil sebagai penceramh pada acara itu adalah H. Syamsudin Buaya. Dalam tausiahnya, Syamsudin menyampaikan tentang esensi hidup fitri setelah terlaksananya puasa dalam bulan Ramdhan. “Harapannya muslim Nias di perantauan menjadi golongan hamba yang bertaqwa,” kata dia.

Tari Maena | Jeffriman Farid

Tari Maena | Jeffriman Farid

Seperti biasanya kegiatan masyarakat Nias pada umumnya, kegiatan halal bihalal ini juga diwarnai dengan berbagai kegiatan khas Nias. Kegiatan ini diiringi dengan lagu-lagu berbahas Nias.

Dan tak ketinggalan, juga menggelar tari maena. Para peserta tampak penuh semangat dan bersuka ria. Mereka bergerak serempak ambil posisi dan ikut dalam gerakan tari maena. Pada bagian akhir, kegiatan itu ditutup dengan pembagian door prize.

Para peserta tampak puas dan menikmati kegiatan tersebut. Mereka mengapresiasi upaya panitia dalam menyiapkan dan melaksanakan acara tersebut. (en)

Facebook Comments