NIASONLINE, JAKARTA– Pemeritnah kembali membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahun 2014. Sesuai surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diterbitkan pada 25 Juli 2014, pendaftaran akan berlangsung selama tanggal 20 Agustus sampai 3 September 2014.

Sedangkan pelaksanaan tes menggunakan sistem computer assisted test (CAT) akan digelar mulai 8 September 2014 sampai selesai.

Seperti diketahui, pendaftaran CPNS kali ini berbeda dengan sebelumnya. Kali ini pendaftaran dilakukan secara online melalui satu-satunya portal yang disiapkan yakni, Panselnas. Dengan sistem baru ini diyakini akan memutus mata rantai permainan uang dalam penerimaan CPNS seperti sering terjadi.

Guna memudahkan para pelamar, pemerintah juga tidak lagi mewajibkan adanya kartu kuning, SKCK dan Surat keterangan Sehat pada pengajuan lamaran. Dokumen-dokumen itu bisa dilengkapi ketika pelamar sudah dinyatakan diterima.

Penerimaan kali ini sebanyak 100.000 orang. Namun, hanya 65.000 yang diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sisanya, 35.000 orang sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) yang mengacu pada Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Berikut jadwal lengkap agenda penerimaan CPNS 2014 seperti dikutip dari situs resmi Kemenpan, www.menpan.go.id.

Jadwal Kegiatan Penerimaan CPNS 2014 | menpan.go.id

Jadwal Kegiatan Penerimaan CPNS 2014 | menpan.go.id

Facebook Comments