Ilustrasi | IST

Ilustrasi | IST

NIASONLINE, JAKARTA – Tiga Kementerian menyepakati sebuah aturan yang memungkinkan para guru dengan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa mengajar di sekolah swasta. Kesepakatan it dicapai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Kementerian Agama.

Tiga menteri yang memimpin lembaga itu yakni Mohammad Nuh, Azwar Abubakar, serta Lukman Hakim Saifuddin menandatangani Peraturan Menteri Bersama (PMB) tentang Penugasan Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Sekolah Swasta tersebut pada Jum’at (25/7/2014).

Kesepakatan itu juga dinilai sebagai bentuk bantuan pemerintah bagi sekolah-sekolah swasta yang kekurangan tenaga pendidik.

Mohammad Nuh menjelaskan, PMB tersebut sebagai respons atas dinamika di daerah. Misalnya, guru yang semula mengajar di sekolah swasta kemudian lulus tes CPNS. Dengan menjadi CPNS maka guru tersebut meninggalkan sekolah swasta tempatnya mengajar sebelumnya sehingga sekolah itu jadi kekurangan guru.

“Melalui Peraturan Menteri Bersama ini maka guru tersebut dapat melanjutkan di sekolahnya. Ini juga merupakan hadiah lebaran untuk sekolah-sekolah swasta, dan juga sebagai hadiah bagi guru PNS yang dapat mengabdikan diri mengajar tidak hanya di sekolah negeri tetapi juga dapat mengabdi di sekolah swasta,” ujar Mendikbud saat penandatangan Peraturan Menteri Bersama, di kantor Kemdikbud, seperti dikutip dari situs http://kemdikbud.go.id/, Rabu (30/7/2014). (en)

Facebook Comments