Kantor KPU | Lensaindonesia.com

Kantor KPU | Lensaindonesia.com

NIASONLINE, JAKARTA – Menjelang batas akhir penetapan hasil Pilpres 2014, Komisi Pemilhan Umum (KPU) menjadwalkan pembacaan keputusan pemenang Pilpres 2014 pada esok hari, Selasa, 22 Juli 2014.

“Kalau semua selesai sesuai rencana, besok (22/7) pukul 16.00 WIB kita akan buat penetapan, penyerahan hasil rekapitulasinya. Doakan semua selesai sesuai rencana,” ungkap Anggota Komisioner KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jakarta, Senin (21/7/2014).

Hingga berita ini ditayangkan, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi akhir nasional perolehn suara dari 22 provinsi. Dijadwalkan, 11 provinsi lainnya akan dituntaskan malam hingga dini hari nanti.

Pemerintah Jamin Aman

Sementara itu, dalam pernyataan-pernyataan mereka, Kapolri Jend. Sutarman, Panglima TNI Jend. Moeldoko, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman meyakinkan masyarakat agar tidak resah dengan berbagai isu yang beredar tentang akan terjadinya kerusuhan sebagai imbas dari pengumuman hasil perhitungan suara oleh KPU.

“Saya imbau masyarakat jalan seperti biasa, yakin pada kami dan TNI/Polri dan enggak ada apa-apa besok,” ujar Moeldoko.

Tak hanya itu, Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama alias Ahok juga memastikan Jakarta akan aman.

Sebelumnya, Gubernur nonaktif DKI Jakarta Joko Widodo yang juga salah satu calon presiden memastikan bahwa para pendukungnya tidak akan dikerahkan mendatangi gedung KPU. Tak cuma itu, Jokowi juga menginstruksikan semua pendukungnya untuk tidak lagi mengenakan berbagai atribut maupun avatar yang yang terkait dengan pencalonannya.

Sebelumnya, seperti banyak beredar melalui pesan berantai, khususnya warga Jakarta diresahkan dengan ancaman keamanan pasca-pengumuman pemenang Pilpres. Informasi tersebut menyebutkan akan adanya kerusuhan yang diduga akan dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak puas dengan keputusan KPU.

Meski begitu, warga diminta untuk menghindari titik-titik yang akan menjadi lokasi konsentrasi massa. Di antaranya, area seputar kantor KPU Pusat di Jl. Imam Bonjol, Jakarta, Pusat. (en)

Facebook Comments