Jokowi-JK Menang versi Hitung Cepat

Wednesday, July 9, 2014
By susuwongi

Pasangan Jokowi-JK | IST

Pasangan Jokowi-JK | IST

NIASONLINE, JAKARTA – Seperti sudah diprediksi sebelumnya, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) akhirnya meraih suara terbanyak pada pemilihan presiden yang digelar pada 9 Juli 2014.

Kemenangan tersebut terlihat dari hasil hitung cepat (quick count) hampir semua lembaga survei. Berdasarkan hitung cepat tersebut, pasangan Jokowi-JK menggungguli suara Prabowo-Hatta dengan selisih sekitar 5% dengan rata-rata perolehan suara sekitar 52%. Pasangan Prabowo-Hatta meraih suara rata-rata 47%.

‘Kemenangan’ Jokowi-JK langsung diumumkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan bersama partai pengusung. Juga hadir Jokowi-JK dalam konferensi pers yang diliput berbagai media tersebut.
Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia, para relawan dan seluruh kader partai pendukung di seluruh Indonesia yang selama ini bahu membahu bekerja keras untuk memenangkan pilpres ini.

“Kami mengucapkan terima kasih yag sebesar-besarnya dan tak terhingga kepada seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Juga kepada relawan dari sabang sampai merauke dan juga dari seluruh kader partai pendukungyang semua telah bekerja keras bahu membahu pagi siang dan malam. Pada saat ini kita patut bersyukur bahwa berdasarkan quick count sampai saat ini menunjukkan bahwa jokowi-JK pada titik penghitungan adalah menang,” kata Jokowi.

Dia mengatakan, hal penting saat ini adalah mengawal rekapitulasi suara di tingkat KPU hingga ke KPU pusat agar berlangsung bersih, jujur dan tanpa intervensi.

“Kami juga meminta kepada seluruh rakyat ndonesia menjaga kemurnia aspirasi rakyat dan jangan sampai dan jangan ada yang coba-coba mencemari apa yang telah dikehendaki rakyat pada hari ini,” tegas dia.

Sementara itu, calon wapres Jusuf Kalla mengatakan, bahwa perbedaana antara kedua pasang kandidat hari ini semua selesai.

“Kita berbeda di pilihan, dan hari ini semua selesai. Kepada pasangan Prabowo-Hatta, kita juga nyatakan bahagia bersama-sama beberapa bulanini. Kita semua bersaudara sebagai bagian bangsa Indonesia yang baik. Mari kita bangun bangsa ini bersama-sama,” kata dia.

Pasangan Prabowo-Hatta | IST

Pasangan Prabowo-Hatta | IST

Prabowo-Hatta Juga Klaim Menang

Di tepat berbeda, pasangan Prabowo-Hatta juga mengklaim sebagai pemenang Pileg ini. Mereka merujuk pada hasil survei yang mengunggulkan mereka.

“Dan dari lembaga survei yang kami gunakan sebagai acuan, kita bersyukur bahwa dari semua keterangan yang masuk menunjukkan bahwa kami, pasangan nomor 1 Prabowo-Hatta, mendapat dukungan mandat dari rakyat Indonesia,” katanya saat memberikan keterangan pers di Jalan Kertanegara 4, Kebayoran, Jakarta Selatan.

Seperti diketahui, setidaknya tujuh lembaga yang selama ini jadi rujukan dalam berbagai kegiatan pemilu, termasuk pemilu legislatif pada April 2014 menyatakan hasil yang sama bagi kemenangan pasangan Jokowi-JK. Lembaga survei tersebut adalah CSIS-Cyrus, LSI, SMRC, Indikator Politik Indonesia, Populi Center, media Kompas dan RRI.

Sebaliknya, tiga lembaga survei yang menyatakan kemenangan bagi Prabowo-Hatta adalah Jaringan Suara Indonesia (JSI), Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) dan Lembaga Suara Nasional (LSN).

Hingga berita ini ditayangkan, seluruh suara di lembaga survei sudah mencapai di atas 80%. Suara yang terkumpul pada kisaran itu biasanya sudah stabil atau tidak akan mengalami perubahan signifikan. Sesuai pengalaman selama ini, hasil quick count tersebut juga mencerminkan perolehan akhir suara secara resmi dari KPU dengan selisih yang tidak signifikan.

Data menarik hitung cepat yang mungkin bisa jadi rujukan lain adalah yang digelar RRI. Usaha media milik pemerintah itu menyatakan, dengan data yang masuk hingga 81,6% pada pukul 15.00 wib, pasangan Jokowi-JK unggul dengan elektabilitas 52,48%, sedangkan Prabowo-Hatta 47,52%.

RRI juga berhasil memetakan daerah mana saja yang menyumbang suara terbesar bagi kedua pasangan. Berdasarkan data itu, RRI menyatakan bahwa pasangan Prabowo-Hatta menguasai Aceh, Gorontalo, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Lampung, Maluku, NTB, Papua Barat, Sumatera Barat, Sumatera Selatan.

Sementara Jokowi-JK unggul di 22 provinsi, yakni Bali, Bengkulu, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kepulauan Babel, Kepulauan Riau, Maluku Utara, NTT, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Sumatera Utara.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan mengumumkan hasil perhitungan manual secara nasional pada 22 Juli 2014. (en)

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

July 2014
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031