Ilustrasi | riauheadline.com

Ilustrasi | riauheadline.com

NIASONLINE, JAKARTA – Dari seluruh gugatan atas hasil pemilu legislatif (Pileg) di Kabupaten Nias Selatan, Mahkamah Konstitusi (MK) hanya mengabulkan satu gugatan. Yakni, dengan memerintahkan rekapitulasi ulang seluruh hasil perolehan suara di Kecamatan Ulunoyo. Hal itu sebagai hasil dari gugatan yang dilayangkan oleh Partai Bulan Bintang (PBB).

Ketua Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva saat membacakan putusan mengatakan, sebelum menjatuhkan putusan akhir, MK menjatuhkan putusan sela. Yakni, mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian, khusus pada daerah pemilihan Nias Selatan 3 untuk calon anggota DPRD Nias Selatan.

Menunda pelaksanaan keputusan KPU nomor 411/Kpts/KPU/Tahun 2014 tentang penetapan hasil pemilihan umum anggota DPR, DPD, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota secara nasional tanggal 9 Mei 2014 sepanjang perolehan suara partai-partai politik untuk keanggotaan DPRD Kabupaten/Kota untuk daerah pemilihan Nias Selatan 3.

“Memerintahkan kepada KPU Sumatera Utara in casu KPU Kabupaten Nias Selatan untuk melakukan rekapitulasi ulang dari tingakat desa/keluruhan sekecamatan Ulunoyo hingga tingkat kecamatan Ulunoyo,” ujar Hamdan saat membacakan putusan di gedung MK, Jakarta, Senin (30/6/2014).

MK juga memerintahkan KPU pusat, Bawaslu, KPU Provinsi dan Panwaslu Nias Selatan untuk mengawasi proses rekapitulasi ulang tersebut.

MK juga memerintahkan lembaga-lembaga terkait tersebut agar melaporkan hasil rekapitulasi tersebut kepada MK dalam waktu 10 hari sejak putusan tersebut dibacakan. (en)

Facebook Comments