Peta Nias dan Mentawai | bing.com/map

Peta Nias dan Mentawai | bing.com/map

NIASONLINE, JAKARTA – Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias yang saat ini sedang diperjuangkan tidak hanya akan memberikan identitas baru bagi daerah di Kepulauan Nias. Namun, lebih dari itu, juga bisa menambah wilayah baru yang bergabung.

Di antaranya, Kepulauan Mentawai yang berada di wilayah selatan dan saat ini merupakan bagian wilayah Sumatera Barat, bisa saja bergabung dengan Provinsi Kepulauan Nias.

“Bahkan Mendagri usulkan, nanti Mentawai bisa digabung. Tentu setelah Provinsi Kepulauan Nias lahir,” ungkap anggota DPR RI Yasonna H Laoly usai bersama beberapa kepala daerah di Kepulauan Nias bertemu Mendagri Gamawan Fauzi di kantornya di Jakarta, Jum’at (27/6/2014).

Yasonna mengatakan, penggabungan Mentawai ke Provinsi Kepulauan Nias dimungkinkan. Dia menjelaskan, dalam RUU Pemda yang sedang dibahas, ada usulan tentang penyesuaian dalam pemekaran wilayah.

“Jadi kita harapkan, daerah-daerah kepulauan itu diperkuat, teruatama sebagai daerah terluar yang mempunyai fungsi strategis secara geopolitik,” papar dia.

Dalam pertemuan tersebut, Yasonna mengatakan, Mendagri memberikan sinyal positif terkait pembentukan Provinsi Kepulauan Nias.

“Kita menangkap sikap positif Pak Mendagri tentang Provinsi Kepulauan Nias. Mendagri menyambut hangat kedatangan kita. Tanda-tanda Provinsi Kepulauan Nias akan lahir sudah terbayang,” ujar Yasonna, Jum’at (27/6/2014). (en)

Facebook Comments