Kepulauan Nias | bing.com/map

Kepulauan Nias | bing.com/map

NIASONLINE, JAKARTA – Komisi II DPR RI dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dijadwalkan akan bertemu hari ini untuk pembahasan kelanjutan pengajuan 65 calon daerah otonomi baru (DOB) yang sempat tertunda bulan lalu.

Berdasarkan informasi dari tim sekretariat Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPP-PKN)-Jakarta, Tobias Duha, rapat tersebut akan digelar hari ini, Selasa, 17/6/2014. Rapat dengar pendapat Komisi II DPR RI itu akan dihadiri Dirjen Otda Kemendagri, Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kemenhukham, Dirjen Perimbangan Keuangan Daerah Kemenkeu dengan agenda penjelasan pemerintah terhadap hasil kajian yang dilaukan oleh DPOD Kemendagri atas 65 RUU tentang DOB.

Rapat akan digelar di Ruang Komisi II DPR RI pada pukul 14.00 Wib. Tobias mengatakan, BPP-PKN Jakarta akan mewakili BPP-PKN mengikuti kegiatan tersebut.

Ketika dikonfirmasi Nias Online mengenai agenda tersebut, Anggota Komisi II Yasonna H Laoly membenarkannya.

“Ya, pukul 14.00 Wib dengan agenda mendengar rekomendasi DPOD,” ujar Yasonna, Selasa (17/6/2014).

Seperti diketahui, sebelumnya DPOD telah memutuskan merekomendasikan usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias untuk dibahas dan selanjutnya ditetapkan menjadi provinsi. Hal itu berdasarkan evaluasi persyaratan, di antaranya, dengan datang langsung ke Nias untuk melakukan peninjauan lapangan.

Tidak hanya itu, DPD RI juga baru-baru ini telah melakukan peninjauah langsung. Posisi sementara DPD RI menyatakan usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias sudah memenuhi syarat. Diharapkan, keputusan mengenai usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias tersebut bisa dilakukan sebelum terjadinya pergantian anggota DPR RI pada tahun ini. (en)

Facebook Comments