Nota Kesepahaman Kerjasama antar Kepala Daerah di Kepulauan Nias

Nota Kesepahaman Kerjasama antar Kepala Daerah di Kepulauan Nias

NIASONLINE, NIAS – Lima kepala daerah di Kepulauan Nias menyepakati sebuah kesepahaman untuk pengembangan kepariwisatan di Kepulauan Nias. .

Nota Kesepahaman itu ditandatangani pada hari pertama Lokakarya Nasional Pengembangan Kepariwisataan Kepulauan Nias di Kantor Bupati Nias, Jl Pelud Binaka Km 9, Ononamölö 1 Lot, Gunungsitoli Selatan, Nias, Selasa (17/6/2014).

Adapun isi Nota Kesepahaman Kerjasama tersebut adalah

Pertama, sepakat melakukan kerjasama sinergis di bidang kepariwisatan yang terintegrasi antar kabupaten/kota di Kepulauan Nias.

Kedua, kerjasama pembangunan kepariwisataan meliputi aspek perencanaan, destinasi, daya tarik wisata, pengembangan sumber daya manusia dan promosi pariwisata Kepulauan Nias.

Ketiga, kerjasama pembangunan kepariwisataan Kepulauan Nias secara teknis dituangkan dalam rencana aksi sebagai bagian yang tak terpisahkan dari nota kesepahaman kerjasama ini, yang dalam pelaksanaannya difasilitasi Forum Kepala Daerah Kepulauan Nias.

Keempat, mendorong Kepulauan Nias menjadi kawasan strategis pariwisata nasional dan tumbuhnya destinasi tujuan wisata nasional.

Kelima, mendorong terlaksananya penyelenggaraan event internasional dan event local secara periodik di Kepulauan Nias yang dimulai pada than 2015.

Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Bupati Nias Sökhiatulö Laoli, Bupati Nias Utara Edward Zega, Bupati Nias Barat Arozisökhi A. Gulö dan Walikota Gunungsitoli Martinus Lase. Bupati Nias Selatan Idealisman Dachi tidak ikut menandatangani karena tidak hadir pada acara tersebut.

Kadis Budpar Nias Selatan Faböwösa Laia mengatakan, Bupati Nias Selatan setuju dengan nota kesepahaman tersebut. Namun tidak bisa hadir karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan di Nias Selatan. Selain itu, juga terkait persiapan kunjungan Wamen Parekraf Sapta Nirwandar pada esok hari (18/6/2014) ke Nias Selatan. Di Nias Selatan, Sapta akan langsung menuju dan disambut di Desa Bawömataluo. Selanjutnya, akan meninjau Pantai Sorake sebelum kemudian kembali ke Jakarta. “Tapi beliau akan tandatangan,” kata dia.

Kesepakatan Bersama Para Pemda dan Kemenparekraf, KemenPU dan Kemenhub

Kesepakatan Bersama Para Pemda dan Kemenparekraf, KemenPU dan Kemenhub

Kesepakatan Bersama

Tak hanya itu, juga juga ditandatangani sebuah Kesepakatan Bersama Pembangunan Kepariwisataan Nias oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang ditandatangi oleh Wamen Parekraf Sapta Nirwandar, Kementerian PU yang ditandangani oleh Wamen PU Hermanto Dardak, Kementerian Perhubungan yang ditandatangani oleh Agus Edy Susilo dan kelima kepala daerah di Kepulauan Nias.

Adapun isi kesepakatan bersama tersebut adalah Pemda Kab/Kota sekepulauan Nias menyepakati pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai prioritas pembangunan di Kepulauan Nias.

Dalam kesepakatan tersebut, disebutkan Kemenparekraf, Kemen PU dan Kemenhub menyambut baik dan akan berupaya memfasilitasi dan mendukung sepenuhnya kesepakatan Pemda kab/kota sekepulauan Nias tersebut sebagai bagian dari kebijakan pembangunan nasional sekaligus sebagai rujukan implementasi program dan kegiatan kepariwistaan di Kepulauan Nias pada masa yang akan datang.(en)

Facebook Comments