Peta Pulau Nias | multiply.com)

Peta Pulau Nias | multiply.com)

NIASONLINE, JAKARTA – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI akan mengunjungi Nias guna melakukan verifikasi kesiapan wilayah itu menjadi provinsi. Kunjungan akan berlangsung pada 18-19 Mei 2014.

“Hari Senin 19 Mei 2014, DPD RI akan melakukan observasi di Kepulauan Nias,” ujar Sekretaris Umum Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPP PKN) Faböwösa Laia kepada Nias Online, Kamis (15/5/2014).

Dia menjelaskan, tim tersebut akan melihat kesiapan administrasi, sarana dan prasarana pemerintahan, lokasi ibukota dan kesiapan masyarakat Nias terkait usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias.

Terpisah, anggota Komisi II DPR RI Yasonna H Laoly juga membenarkan akan adanya kegiatan DPD tersebut di Nias pada 18-19 Mei 2014.

Raker DPR – Pemerintah

Yasonna juga mengatakan, sampai saat ini belum ada kepastian tanggal pembahasan usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias tersebut. Sebab, DPR masih harus mendengar laporan dari Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Belum (kepastian pembahasan di DPR, red). Pada 22 Mei 2014 akan ada Rapat Kerja dengan Mendagri, Menkumham dan Menkeu untuk mendengar hasil evaluasi Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD),” jelas dia.

Namun, dia mengatakan, pembahasan usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias tersebut diupayakan secepatnya dan pada masa kerja DPR RI saat ini.

“Kita usahakan pada periode DPR RI saat ini. Kala tidak, gawat,” jelas dia.

Sebelumnya, pada Maret 2014, tim DPOD juga sudah melakukan observasi langsung ke Pulau Nias. Kemudian, pada April 2014, DPOD memastikan Provinsi Kepulauan Nias menjadi salah satu dari dua yang diajukan untuk segera dibahas dan ditetapkan oleh DPR. Provinsi lainnya adalah Provinsi Bolaang Mongondow Raya dari Sulawesi Utara.

Sementara total usulan daerah otonomi baru yang telah disetujui oleh DPR RI pada akhir tahun lalu menjadi Rancangan Undang-Undang (RUU) inisiatif DPR mencapai 65 daerah. (en)

Facebook Comments