Kemendagri Usulkan Penetapan Provinsi Kepulauan Nias

Tuesday, April 29, 2014
By susuwongi

Faböwösa Laia | FB

Faböwösa Laia | FB

NIASONLINE, JAKARTA – Perkembangan berarti terkait pengajuan pembantukan Provinsi Kepulauan Nias datang dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kementerian itu telah menetapkan dua calon daerah otonomi baru (DOB) untuk diajukan ke DPR RI guna dibahas dan ditetapkan menjadi DOB definitif.

“Disampaikan berita sukacita buat masyarakat Kepulauan Nias bahwa berdasarkan info dari Bapak Usman, staf di Direktorat Penataan Daerah/Otsus, Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri bahwa pada rapat tim DPOD hari ini, pemerintah telah menyetujui dan menetapkan dua calon provinsi baru. yakni, Provinsi Bolaang Mongondow Raya dari Provinsi Sulawesi Utara dan Provinsi Kepualuan Nias dari Provinsi Sumatera Utara menjadi provinsi definitif dan segera diajukan ke DPR RI,” ujar Sekretaris Umum Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BP-PKN) Fabowosa Laia kepada Nias Online melalui pesan singkat, Selasa (29/4/2014)

Pada akhir tahun lalu, secara resmi melalui Sidang Paripurna, DPR RI menyetujui usulan 65 DOB baru untuk menjadi Rancangan Undang-Undang (RUU) inisiatif DPR. Dari 65 tersebut, 8 di antaranya adalah usulan provinsi baru dimana Provinsi Kepulauan Nias adalah salah satunya.

Pada Januari 2014, Presiden SBY yang selama ini memberlakukan moratorium pembentukan DOB, menerbitkan Amanat Presiden (Ampres) yang menyatakan bahwa pemerintah siap membahas usulan RUU itu bersama DPR.

Lalu, pada 26 Maret 2014, tim DPOD Kemendagri melakukan verifikasi lapangan di Pulau Nias untuk mengetahui apakah syarat-syarat yang dibutuhkan sudah terpenuhi. Hasil verifikasi itu akan jadi pertimbangan untuk memutuskan apakah usulan DOB tersebut akan jadi prioritas pembahasan atau tidak. (en)

Tags: , ,

22 Responses to “Kemendagri Usulkan Penetapan Provinsi Kepulauan Nias”

  1. 1
    Bahagiadachi Says:

    Berita ini sangat menggembirakan kita semua masyarakat nias.
    Namun setelsh mendengar dan menyaksikan beberapa kejadian di nias selama pilek berlangsung, sebaiknya nias belum siap dan masih perlu pembenahandari semua sektor. bahkan di hampir semua kabupaten terjadi pembohongan dlm jumlah penduduk yg dilakukan oleh pejabat2 dgn tujuan agar mendapatkan anggaran dari pemerintah. bukankah ini perbuatan yg melanggar hukum? hal ini berdampak pd penentuan DPT. belum lagi persoalan korupsi yg sangat memprihatinkan kita. mari kita duduk bersama dan jgn hanya sekelompok orang yg memikirkannya krn pulau nias adalah milik kita bersama. Semoga Tuhan memberkati pulau nias. aminnn…

  2. 2
    Julianus Gulo Says:

    Mantap…

  3. 3
    Saniago Gideon S Dakhi Says:

    Semoga Tuhan beserta kita. Provinsi Kepulauan Nias pasti !

  4. 4
    Agustus Nazara Says:

    Berita yang sangat menggembirakan….!!! Tarorogo….!!!

  5. 5
    Paiden Hya Says:

    Lanjutkan perjuangan!!!!

  6. 6
    Jhon Ebhen Waruwu Says:

    mudah-mudahan impian menjadi kenyataan

  7. 7
    Soryanus Lase Says:

    smoga jd knytaan

  8. 8
    Yasinta Ros Fau Says:

    smg berhasil….

  9. 9
    Polce Zebua Says:

    Lanjutkan… Moga segera disetujui…oleh DPR.

  10. 10
    Sudhiely Zebua Says:

    Sesegera mungkin anda berpesta pora diatas penderitaan rakyat yang akan datang….!!!

  11. 11
    Arif Giawa Says:

    Amin

  12. 12
    Ndraha Elinudin Says:

    Senang membaca berita ini namun apakah SDM sudah siap?

  13. 13
    Philip Giawa Says:

    God Bless You (GBU). God bless Nias

  14. 14
    Siedin Lase Says:

    Alisi ta fadaya hulu ta fawolo-Wolo,
    miane data tuhini,
    NIAS jaya

  15. 15
    Takdir Kalee Says:

    Beritanya sedap didengar ,wahai orang Nias bersatulah dan rapatkan barisan demi kemajuan Nias. Minimalkan sifat saling menjatuhkan supaya tidak dimanfaatkan moment perseteruan oleh orang lain yang membuat warga nias asli nanti banyak menjadi penonton.

  16. 16
    Theo Arthanugrah Saota Says:

    lanjutkan.

  17. 17
    Edi Giawa Says:

    Jadikanlah mimpi ini menjadi kenyataan,,
    Inilah sa,at pulau nias mandiri

  18. 18
    Prory Erreano Purba Says:

    Terlalu dini membentuk Provinsi Kep.Nias karena SDA dan SDM nya masih sangat minim…Lebih bagus semua Kabupaten dan Kota yg ada di Kep.Nias membenahi diri dulu…Jangan sampai Prov Kep Nias hanya sebagai panggung mendapatkan jabatan sementara masyarakatnya tidak mendapat apa apa…

  19. 19
    Sudhiely Zebua Says:

    Desiari baeha….saya tidak pesimis dan apa lgi untuk jadi caleg di tingkat provinsi dan supaya anda ketahui bahwa untuk memperjuangkan aspirasi rakyat tidak hanya bisa di lakukan ketika duduk menjadi legislatif, manakala saudara berkehendak seperti yg anda sampaikan itu urusan saudara, jadi bagi saya pemekaran nias ini menjadi sebuah DOB ini hanya akal-akalan para pengusa politik dan birokrasi untuk memenuhi kenafsuan mereka untuk meraup kekuasaan, jdi sekali lagi saya sampaikan bahwa untuk memperjuangkan aspirasi rakyat tidak mesti seperti yg anda sampaikan.

  20. 20
    Rudi Mustafa Mokobombang Says:

    Provinsi Bolaang Mongondow Raya,,mantap…

  21. 21
    Foera Gulo Says:

    Kiranya tujuan luhur pembentukan Prov. Kepulauan Nias tidak mengarah kepada KKN (Korupsi, Kolusi & Nepotisme) dgn cara mengamankan/mencari jabatan yang strategi (tempat basah), akan tetapi bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Nias secara keseluruhan dengan cara pemerataan pembangunan ke pelosok – pelosok desa tertinggal dan mensejajarkan diri dengan daerah-daerah maju lainnya serta menggarap sebesar-besarnya potensi lahan pekerjaan atau menciptakan lapangan pekerjaan baru dan menggarap semua lahan tidur yang ada. Shg dgn bgt, masyarakat Nias dapat merasakan suatu perubahan dari segi pendapatan. Dan secara otomatis dikatakan sejahtera.

  22. 22
    Rufinus Ndruru Says:

    Provinsi Kepulauan Nias…kita tetap optomis akan terlaksana.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2014
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930