NIASONLINE, JAKARTA – Pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di beberapa tempat pemungutan suara ulang (TPS) pada Sabtu (26/4/2013) besok sudah siap digelar.

“Semua sudah siap untuk dilaksanakan besok,” ujar Komisioner KPU Nias Selatan Deskarnial Zagötö kepada Nias Online melalui pesan singkat.

Deskarnial sendiri menyebutkan, jumlah TPS yang akan digelar PSU sebanyak 30 TPS. Jumlah itu berbeda dengan pernyataan KPU pusat sebanyak 35 TPS. Ditanya mana yang benar, Deskarnial mengatakan, bahwa sesuai berita acara KPU Nisel jumlah TPS memang sebanyak 35. Namun, saat ini kondisi logistic yang sudah diterima baru untuk 30 TPS.

“Tetapi logistik yang kita terima hanya 30 TPS. Sebab, rekomendasi Panwaslu tidak sekaligus. Tidak masalah kita laksanakan dulu beberapa rekomendasi yang 30 TPS ini dan disesuaikan dengan kondisi logistik yang ada,” jelas dia.

Antisipasi Kecurangan

Dia juga mengharapkan agar pelaksanaan PSU ini diawasi semua pihak. Sebab, kata dia, caleg-caleg pasti akan mengobrak-abrik lagi penyelenggara, baik di tingkat PPK, PPS maupun KPPS.

“KPUD Nisel mengambil sikap supaya hasilnya langsung dibawa ke KPUD dan PPS dan PPK tentu melaksanakan perekapan di kabupaten untuk menghindari jangan sampai ‘masuk angin’,” papar dia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Nias Online, besok tim KPU pusat akan turun ke Nias Selatan untuk memantau pelaksanaan PSU tersebut. Sekaligus untuk melihat langsung di lapangan mana saja TPS yang akan diulang sesuai dengan rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang sebelumnya merekomendasikan PSU di seluruh TPS. (en)

Facebook Comments