JAKARTA, NIAS SELATAN – Kasus terbakarnya kotak suara di kantor Camat Lölömatau, Kabupaten Nias Selatan belum tuntas, kini kejadian serupa terjadi di Kantor Kecamatan Fanayama.

Beberapa informasi yang diterima Nias Online, kebakaran terjadi sekitar pukul 04.00 wib dinihari. Masih menurut informasi dari warga yang tidak mau disebut namanya, sejumlah kotak suara bermasalah terbakar.

“Katanya sekitar jam 4 pagi terbakar. Tapi kantor camatnya tidak terbakar semua. Yang terbakar itu hanya kotak suara bermasalah. Tapi apakah benar atau tidak, saya juga tidak tahu,” ujar salah satu warga.

Sementara itu, ketika Nias Online mengkonfirmasi kepada komisioner KPU Nias Selatan Manolo Daliwu, membenarkan terjadinya kebakaran itu.

“Ya benar terjadi kebakaran di sana. Kami belum ke lapangan dan sekarang lagi persiapan ke lapangan. Tapi, polisi sudah ke lokasi kejadian,” ujar dia.

Manolo mengatakan, sekitar 29 kotak suara terbakar. Dia mengatakan, sebelum kebakaran, ada rapat pleno perhitungan suara.

“Setelah rapat pleno itu terjadi kebakarannya. Tapi saya belum bisa pastikan tepatnya waktunya kapan terbakar karena saya baru pulang pkl 04.00 wib tadi dari Nias Barat. Kami sedang persiapan ke lokasi kejadian, juga bersama komisioner KPU Provinsi Sumut,” jelas dia.

Dari beberapa informasi yang terhimpun, terdapat protes dari sejumlah desa atas hasil rekapitulasi suara yang diplenokan tersebut. Pasalnya, diduga ada suara yang bermasalah dan terindikasi adanya kecurangan. Kotak suara bermasalah tersebut, berasal merata dari seluruh desa di Kecamatan Fanayama. (en)

Facebook Comments