Menang Telak di Pulau Nias, Turunan Gulö Berpeluang Lolos ke Senayan

Saturday, April 12, 2014
By susuwongi

Turunan Gulö (Foto: akun FB)

Turunan Gulö (Foto: akun FB)

NIASONLINE, JAKARTA – Ada yang berbeda pada Pemilu Legislatif (Pileg) pada 9 April 2014, khususnya bagi para pemilih warga Nias, baik di Pulau Nias maupun di luar Pulau Nias.

Perbedaan itu terdapat pada suara suara untuk pemilihan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Kali ini, untuk pertama kalinya dalam daftar calon tetap yang ditetapkan KPU ada seorang putra Nias atas nama Turunan Gulö. Turunan adalah salah satu dari 24 calon anggota DPD yang berlaga di Provinsi Sumatera Utara. Empat besar peraih suara, otomatis lolos ke DPD, Senayan.

Lalu, bagaimana hasil perolehan suara sejauh ini berdasarkan perhitungan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kepada Nias Online, meski belum bisa memberikan detil angka perolehan suaranya, Turunan memastikan dia menang telak di Pulau Nias.

“Belum ada data lengkap. Ya, di Kepulauan Nias kita menang telak. Tapi, perlu penguatan dari daerah lain supaya bisa lolos empat besar di tingkat Sumut,” ujar Turunan, Jum’at (11/4/2014) malam.

Turunan menjelaskan, untuk aman dan bisa lolos, diperlukan sebesar 500 ribu suara. Dia memerkirakan, saat ini, suara yang berhasil diperoleh di Pulau Nias saja berkisar 250 ribu.

Turunan mengatakan, jumlah perolehan suara di Pulau Nias tersebut masih rendah dibanding ekspektasi dan perkiraan semula. Penyebabnya, di antaranya, tingginya angka yang tidak memilih atau lazim disebut dengan golongan putih (golput) yang mencapai sekitar 45%.

“Golput bisa mencapai 45%. Juga banyak yang salah mencoblos,” papar dia.
Meski begitu, Turunan optimistis bisa lolos ke Senayan.

Sebelumnya, Nias Online juga memberitakan tentang banyaknya warga yang salah dan asal coblos (Baca: Tak Bisa Baca, Pemilih Asal Coblos). Warga yang asal coblos itu umumnya yang sudah tua dan tidak bisa membaca. Sebab, di suara suara, tidak memuat foto calon yang akan dipilih dan hanya berupa tulisan nomor urut dan nama.

“Peluang masih terbuka buat kita. Terima kasih banyak atas dukungan yang diberikan,” tandas dia.

Seperti diketahui, bila Turunan lolos, maka untuk pertama kalinya sejak DPD RI terbentuk, warga Nias memiliki wakilnya sendiri yang asli orang Nias.

Secara teoritis, bila seluruh potensi pemilih di Pulau Nias saja memberikan suaranya pada pemungutan suara, maka bisa menghasilkan minimal satu kursi untuk posisi DPD RI. (Baca: [Catatan Jelang Pemilu 2014] Ono Niha Bisa Tempatkan 4 Wakil di DPR & 1 di DPD)

Meski begitu, perkiraan kemenangan ini masih berdasarkan perhitungan sendiri berdasarkan hasil perhitungan di TPS-TPS. Untuk kepastian akhirnya, semua merujuk pada hasil yang ditetapkan oleh KPU berdasarkan tahapan penetapan yang telah diatur oleh KPU sendiri (Baca: Ini Dia Tahapan Penghitungan dan Penetapan Perolehan Suara). (en)

Tags:

7 Responses to “Menang Telak di Pulau Nias, Turunan Gulö Berpeluang Lolos ke Senayan”

  1. 1
    Imanuel Amoni Waruwu Says:

    puji Tuhan

  2. 2
    Desianus Zai Says:

    Syukurlah kepada Tuhan Yesus. Ada org Nias di DPD RI.

  3. 3
    Gulo Sein Says:

    ORANGNIAS PASTI BISA
    MAJU TERUS

  4. 4
    Robin Asori Says:

    Kami Putra Putri Nias berharap dengan adanya calon legislatif dari Putra daerah Nias bisa memberikan perubahan signifikan dan mampu meggiring masrakat Nias menjadi lebih maju,mandiri, sejahtera,dsb.

  5. 5
    Sanongoni Zai San Zai Says:

    AMEN. SELAMAT

  6. 6
    Masa Gulo Says:

    Orang Nias mengharapkanmu…….

  7. 7
    Hatisama Waruwu Hasan Says:

    Kita bangga krn telah ada utusan kita ke senayan yt putra nias asli, mg kepulauan nias makin sukse hg mjd satu Provinsi….

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2014
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930