Pemilu Legislatif di Kepulauan Nias Sangat Rawan

Friday, April 4, 2014
By susuwongi

Pemilu 2014 dan Logo KPU | Sultrawatch.com

Pemilu 2014 dan Logo KPU | Sultrawatch.com

NIASONLINE, SUMUT – Kekuatiran berbagai kalangan masyarakat akhir-akhir ini mengenai potensi kecurangan pada pelaksaan pemilihan umum (pileg) legislatif di Kepulauan Nias ternyata senada dengan penilaian oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara (Sumut).

“Kepulauan Nias kita masukkan kategori rawan,” ujar anggota Badan Pengawas Pemili (Sumut) Divisi Pengawasan di Medan, Jum’at (4/4/2014).

Kondisi rawan tersebut, jelas dia, didasarkan pada tiga aspek penilaian. Yakni, aspek electoral, pengawasan dan kemungkinan tindakan politik uang (money politics). Dia menambahkan, berbagai pengalaman konflik pemilu yang pernah terjadi di daerah itu, khususnya di Nias Selatan, juga menjadi pertimbangan. Pada pemilu 2009, di Nias Selatan pernah dilakukan pemungutan suara ulang karena terjadi sengketa akibat berbagai kecurangan.

Dari beberapa informasi yang berkembang di masyarakat dan juga diterima redaksi Nias Online, di daerah tertentu bahkan ada calon legislatif yang memastikan bahwa dia akan lolos ke parlemen, apakah dia dipilih atau tidak pada Pileg nanti.

Hal ini memunculkan kecurigaan di masyarakat bahwa pelaksanaan pileg beberapa hari mendatang sudah dikondisikan atau adanya dugaan kongkalikong berbagai pihak terkait untuk meloloskan orang-orang tertentu. (en/dbs)

5 Responses to “Pemilu Legislatif di Kepulauan Nias Sangat Rawan”

  1. 1
    Aliyusi Zega Says:

    untuk niasku yang tercinta dan yang di kasihi oleh TUHAN yesus,jadilah teladan bagi smua bangsa dlm tindakan,perbuatan dan tuturkata kita dgn rasa takut dan penuh hormat yg tak terbatas kpd TUHAN..Nias sangat membutuhkan pemimpin yg takut akan TUHAN,jujur,tekun dan mengutamakan kebersamaan..

  2. 2
    Emon Ndr Says:

    bagi kita masyarakat nias pililah pemimpin yang menduluankan kepentingan rakyat.bukan kepentingan pribadi.

  3. 3
    Fosin Laia Says:

    bagi kita masyarakat nias jgn salah memilih wakil rakyat,jgn pikir yg sesaat tp pikir yg akan datang,jgn tergiur dgn janji2 palsu,semasi dia butuh kita apa pun dia lakukan,kata kasar nya seandainya kita nyuruh ngelap pantat kita pasti dia mau,krn ada mau nya,kita sudah rasakan sendiri beberapa periode sebelum nya,janji hanya sebatas janji….

  4. 4
    Yanto S Says:

    tingkatkan pengawasan.!!

  5. 5
    Fiter Gulo Says:

    Utamakan kejujuran demi kemajuan bangsa kita.
    Berpegang pada pokok anggur yang benar karena di dalam Dia kita memiliki identitas dan integritas yang sejati.

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

April 2014
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930