Presiden SBY Resmikan Bandara Kualanamu Hari Ini

NIASONLINE, JAKARTA – Seteleh resmi beroperasi sejak 25 Juli 2013, Bandara Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara akan diresmikan hari ini oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Bandara internasional terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno-Hatta tersebut akan diresmikan bersama dua bandara lainnya yang dikelola PT Angkasa Pura II (AP II) dan tiga bandara Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud), Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Iya, hari ini Presiden SBY akan meresmikan Bandara Kualanamu. Dua bandara lainnya yang diresmikan bersamaan adalah Bandara Sultan Syarif II (Pekanbaru) dan Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang, Kepulauan Riau) dan tiga bandara UPT,” ujar Direktur Utama PT AP II Tri S Sunoko kepada Nias Online, Kamis (27/3/2014).

Tri menjelaskan, jauhnya jarak peresmian oleh presiden dengan pengoperasian Bandara Kualanamu karena menunggu perkembangan pembangunan aksesibilitas ke bandara pengganti Bandara Polonia itu.

“Juga sebagian melengkapi dan penyempurnaan di bandara sebagai uji coba,” jelas dia.

Redaksi Nias Online sendiri mendapat kesempatan meliput peresmian pengoperasian awal bandara itu, yang diawali dengan penutupan pengoperasian Bandara Polonia untuk penerbangan sipil pada 24 Juli 2013 pukul 00.00 wib.

Sejak hari pertama itu, semua penerbangan dari dan menuju ke Bandara Binaka di Pulau Nias juga sudah langsung dilakukan dari bandara Kualanamu.

Bandara Kualanamu tidak hanya besar. Tapi juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang tidak ditemui di bandara-bandara lainnya di Indonesia. Bandara Kualanamu didesain sedemikian rupa untuk bersaing dengan bandara-bandara besar di kawasan Asia Tenggara, terutama Bandara Changi dan Kuala Lumpur International Airport (KLIA). (en)

Komentari