NIASONLINE, JAKARTA – Hingga saat ini, penerbangan dari Bandara Kualanamu menuju Bandara Binaka, Nias masih terhambat kabut asap pekat. Setelah tertunda dua hari, kemarin sore Wings Air memberikan opsi jadwal ulang ataupun refund tiket.

Melihat tidak adanya perkembangan positif untuk penerbangan ke Nias, akhirnya sebagian penumpang memutuskan mengalihkan perjalanannya menggunakan perjalanan darat menuju Sibolga untuk selanjutnya naik kapal ferry ke Pulau Nias.

“Kami lihat tidak mungkin ada perubahan cepat soal cuaca di Nias. Kalau pun di Nias hujan deras, tapi kalau sumber asapnya tidak diselesaikan, asap akan terus ke sana. Makanya kami putuskan naik kapal saja dari Sibolga,” ujar Nifa salah satu calon penumpang Wings Air yang sudah tertunda selama dua hari kepada Nias Online, Jum’at (14/R/2014).

Usai mengurus refund tiket, tadi malam mereka mencarter mobil bersama-sama penumpang lain untuk membawa mereka ke Sibolga.

Bahkan, pagi ini, calon penumpang yang sempat menjadwal ulang keberangkatannya, juga memutuskan mengalihkan perjalanannya menggunakan kapal melalui Sibolga.

“Tidak ada tanda-tanda keadaan membaik. Jadi, kami pilih lewat Sibolga saja,” jelas Waspada Wau.

Sesuai jadwal, malam ini, sekitar pukul 21.00 ada kapak ferry yang akan berlayar dari Sibolga menuju Gunungsitoli.

Sementara itu, kabut asap pekat masih mencengkeram Kepulauan Nias. Hujan yang sempat terjadi pagi tadi ternyata tidak berdampak signifikan.

Sementara itu, menurut informasi dari salah satu pegawai Dinas Kesehatan Nias Selatan, sudah ada pembagian masker kepada masyarakat melalui Puskesmas Telukdalam. (en)

Facebook Comments