Tim Ahli UGM – Jepang Tinjau Perkembangan Kesiapan Bawömataluo

Tuesday, March 4, 2014
By susuwongi

Peserta tari perang dengan latar rumah adat di Desa Bawömataluo |Etis Nehe

Peserta tari perang dengan latar rumah adat di Desa Bawömataluo |Etis Nehe

NIASONLINE, JAKARTA – Tim ahli yang terdiri dari ahli Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Tsukuba, Jepang kembali akan datang ke Nias Selatan untuk meninjau perkembangan kesiapan Pemda Nias Selatan dan warga Desa Bawömataluo terkait pengajuan desa itu sebagai warisan dunia (world heritage).

“8-12 Maret kami akan berada di Nias Selatan. Agenda utama melihat progress program yang telah dilakukan oleh Pemda dan masyarakat terkait dengan pelestarian desa Bawömataluo,” ujar Ketua Tim Dr. Yoyok Wahyu Subroto kepada Nias Online, Senin (3/3/2014) malam.

Dia menjelaskan, tim ahli dari UGM diwakili oleh dirinya dan sisanya 8 orang berasal dari Jepang. Dia mengatakan, selain bertemu dengan pihak Pemda Nisel, juga akan bertemu dengan warga Bawömataluo.

Sebelumnya, tim tersebut juga telah menyerahkan konsep master plan yang berupa rencana induk pengembangan pariwisata daerah Nias Selatan kepada Pemda Nias Selatan. Namun, Yoyok mengaku realisasi itu masih menghadapi kendala.

“Untuk master plan berupa rencana induk pengembangan pariwisata daerah masih menunggu dana dari Pemda yang agaknya sangat terbatas alokasinya. Ini menjadi kendala ketika pelestarian belum menjadi prioritas program Pemda Nisel,” jelas dia.

Tim tersebut mulai melakukan riset di Desa Bawomataluo sejak pertengahan 2011. Riset yang menjadi pendukung untuk melengkapi syarat pengajuan desa itu sebagai warisan dunia ke Unesco telah diselesaikan dan hasilnya telah disampaikan kepada Pemda Nisel dan juga desa Bawomataluo. (en)

7 Responses to “Tim Ahli UGM – Jepang Tinjau Perkembangan Kesiapan Bawömataluo”

  1. 1
    Anton Zagoto Says:

    mantap,mudah2an seluruh warga Bawomataluo dan REMDA NISEL memiliki pandangan / persepsi yang sama untuk memajukan dunia pariwisata NISEL,khususnya Bawomataluo,terima kasih buat tim yang mau berbuat demi kelestarian desa Bawomataluo.

  2. 2
    Niel Waruwu Says:

    mantap pulau nias semoga seluruh warga nias selatan menjaga dan melestarikan budaya di desa bawomataluo..

  3. 3
    Patrisianus Saota Says:

    Kep.Nias Umumnya Nias Selatan Khususnya dikenal dari dulu karena Culture dan Wil.Bahari yang mempesona… Langkah Awal Untuk Kepentingan Masa Depan Generasi Nias/Nias Selatan.. Saran dari kami.. Tak Ada Wacana dan Alasan Lain..selain “DUKUNG DAN SUKSESKAN DENGAN KETULUSAN,” .. Angkat Budaya kita sejajar dengan daerah lain..

  4. 4
    Ariful Haq Says:

    Kita hargai seratus persen kegiatan Tim UGM dan Jepang ini….kalau berahasil, maka daerah yang lain juga harus diagendakan….Pokoknya, Nias bukan hanya Bawomataluwo-Nias Selatan…!

  5. 5
    Simeoni Gulo Says:

    Kita berharap bahwa Pemkab Nisel mendukung percepatan pelestarian Bawomataluo desa Bawomataluao dgn memperhatikan konsep master plan yg telah diserahkan oleh Tim Ahli sehingga dalam waktu yg tdk terlalu lama Bawomataluo akan dinobatkan menjadi WARISAN DUNIA. sEMOGA

  6. 6
    Simeoni Gulo Says:

    Kita berharap bahwa Pemkab Nisel mendukung percepatan pelestarian Bawomataluo desa Bawomataluao dgn memperhatikan konsep master plan yg telah diserahkan oleh Tim Ahli sehingga dalam waktu yg tdk terlalu lama Bawomataluo akan dinobatkan menjadi WARISAN DUNIA. Semoga

  7. 7
    Rias Nugrahini Says:

    Apa bisa dari ekonomi pertanian masuk disini

Leave a Reply

Comment spam protected by SpamBam

Kalender Berita

March 2014
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31