Peta Pulau Nias | multiply.com)

Peta Pulau Nias | multiply.com)

NIASONLINE, JAKARTA – Sebuah tim dari Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menyambangi Pulau Nias pada Kamis, 6 Maret 2014.

Kedatangan tim tersebut, dalam rangka mengobservasi langsung di lapangan terkait kesiapan persyaratan pengajuan Provinsi Kepulauan Nias.

“Tim DPOD akan berkunjung pada 6 Maret 2014,” ujar Sekretaris Umum Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias (BPP PKN) Faböwösa Laia kepada Nias Online, Selasa (4/3/2014).

Tim tersebut, jelas dia, akan meninjau sarana pemerintahan dan lokasi pertapakan ibukota calon Provinsi Kepulauan Nias.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadis Budpar) Kabupaten Nias Selatan (Nisel) tersebut menjelaskan, belum tahu siapa saja yang akan hadir dalam tim pemerintah pusat tersebut. Namun, dia memastikan Direktur Penataan Daerah Kemendagri akan datang pada kegiatan tersebut.

Dari hasil observasi tersebut, kemudian akan jadi bahan pertimbangan untuk menentukan apakan usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias akan masuk dalam prioritas pembahasan atau tidak bersama Komisi II DPR RI.

Sementara itu, pada hari ini, pengurus BPP PKN dan Forum Kepala Daerah (Forkada) se-Kepulauan Nias dijadwalkan melakukan audiensi dengan Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di gedung DPD RI, Jakarta.

Usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias sendiri merupakan salah satu yang disetujui DPR RI dari total 65 usulan daerah otonomi baru yang disahkan menjadi Rancangan Undang-Undang (RUU) inisiatif DPR RI pada akhir tahun lalu. Kemudian, pada Januari 2014, Presiden SBY menerbitkan Amanat Presiden (Ampres) yang menyatakan kesiapan pemerintah untuk membahas usulan-usulan DOB tersebut.

Syarat administrasi penting terakhir yang dibutukan untuk menggolkan usulan itu telah dipenuhi dengan terbitnya rekomendasi Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dalam bentuk Surat Keputusan (SK). Gubsu juga telah menandatangani draft peta Kepulauan Nias yang diterbitkan oleh Badan Informasi Geospasial. (en)

Facebook Comments