Lokasi Gempa | BMKG

Lokasi Gempa | BMKG

NIASONLINE, JAKARTA – Sejak dinihari tadi, Pulau Nias diguncang setidaknya tiga kali gempa bumi. Meski kekuatannya di bawah 5 SR, namun guncangan yang ditimbulkannya sangat terasa dan sempat menyebabkan kepanikan.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa pertama dengan kekuatan 4,9 SR terjadi pada pukul 00.27:59 Wib di kedalaman 36 kilometer. Pusat gempat berada di laut sekitar 31 km barat daya Kabupaten Nias Barat.

Beberapa warga menginformasikan, gempa tengah malam itu terasa sangat kuat. Beberapa warga di Kota Gunungsitoli maupun di Nias Selatan mengaku merasakan guncangan itu. Namun, beberapa warga juga mengatakan tidak merasakan apa-apa karena dalam keadaan tidur lelap. Sampai saat ini tidak informasi adanya korban ataupun kerusakan akibat gempa tersebut.

Selanjutnya, pagi ini, setidaknya sudah terjadi dua kali gempa. Yakni, dengan magnitude 3,9 SR pada pukul 08:01:03 WIB. Pusat gempa berada di 26 km barat daya Nias Utara pada kedalaman 49 Km dan dirasakan juga di kota Gunungsitoli.

Selanjutnya, pada pukul 08:47:06 WIB gempa susulan dengan kekuatan 4,6 SR kembali terjadi. Kal ini pusat gempat berada di kedalaman 57 km di laut sekitar 28 km barat laut Nias Barat. (en)

Facebook Comments