Daftar Hasil Evaluasi sejumlah daerah di Sumut | EN/diolah dari menpan.go.id

Daftar Hasil Evaluasi sejumlah daerah di Sumut | EN/diolah dari menpan.go.id

NIASONLINE, JAKARTA – Hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (AKIP) yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) pada 2013 menunjukkan kinerja lima pemerintah daerah di Kepulauan Nias masih jauh dari memuaskan.

Dalam pengumuman resmi Kemenpan, lima daerah otonomi di Kepulauan Nias paling tinggi meraih predikat C. Predikat C itu hanya diraih oleh Kabupaten Nias Selatan, Nias dan Kota Gunungsitoli. Sedangkan Kabupaten Nias Barat dan Nias Utara meraih predikat D.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Republik Indonesia, Azwar Abubakar menyerahkan langsung penghargaan kepada daerah-daerah yang dinilai kinerjanya bagus di Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Seperti dikutip dari situs menpan.go.id, Asdep Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Devi Ananda menjelaskan, penyimpulan hasil evaluasi dituangkan dalam bentuk pengelompokan predikat. Yaitu, kategori AA (memuaskan), kategori A (sangat baik), kategori B (baik), kategori CC (cukup baik/memadai), kategori C (agak kurang), dan kategori D (kurang).

Nilai akuntabilitas kinerja yang baik mengindikasikan instansi pemerintah telah merencanakan target kinerja dengan baik, menselaraskan apa yang dianggarkan dengan apa yang direncanakan, menyesuaikan apa yang dilaksanakan dengan yang dianggarkan, serta telah melaporkan capaian kinerja selaras dengan apa yang telah dilaksanakan dan direncanakan sebelumnya.

Penilaian atau evaluasi atas akuntabilitas kinerja ini tidak hanya berdasarkan desk evaluation dari LAKIP yang diterima saja. Tetapi juga melalui penilaian lapangan guna melihat lebih lanjut sejauhmana pelaksanaan penerapan manajemen pemerintahan yang berbasis kinerja pada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota telah dijalankan.

Untuk melihat lebih lengkap data nilai evaluasi Akuntabilitas Kinerja tersebut, dapat melihat dengan mengunduhnya di sini.
(en)

Facebook Comments