NIASONLINE, MEDAN – Tiga Pegawai Negeri Sipil (PNS) asal Kepulauan Nias meraih beasiswa untuk menjalani tugas belajar pada program master (S-2) di International University of Japan (IUJ) Jepang. Keduanya merupakan bagian dari total 15 PNS yang diberangkatkan Pemprov Sumut pada Senin (21/1/2014).

Pengiriman mereka ke Jepang dalam rangka peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) dengan mengikuti program magister Sains Fakultas Ekonomi dan Bisnis di salah satu perguruan tinggi terbaik di negeri Sakura itu.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumut, Pandapotan mengatakan, biaya pendidikan mereka ditanggung sepenuhnya melalui APBD Sumut.

Ketiga PNS itu adalah Dies Putra Susanto Harefa SPsi (Pemkab Nias Selatan) dan Arsiyanti Saidah Tanjung SS dan Yafaowoloo Gea SS (Pemko Gunung Sitoli). Selebihnya, dari berbagai daerah di Sumut. Yakni, Renny Tania SPsi dan Novita Rohdearni Saragih SKM (Pemprovsu), Gama Leo Aristo Daulay SE dan Veronika Eva Diana Panjaitan (Pemkab Serdang Bedagai), Demak Tiolan SP (Pemko Pematang Siantar), Eva Susanti Lumbangaol ST (Pemkab Karo), Akhmad Habiby Nasution SE (Pemkab Labuhan Batu), Anggi Anggraini SE (Pemkab Labuhan Batu Utara).

Kartika Maryanthi Tarigan SKom (Pemkab Batubara), Lukkas Syahputra Berutu SH (Pemkab Pakpak Bharat), Masidah SE (Pemkab Deli Serdang) dan Uji Dippos Lumban Siantar ST (Pemko Medan).

Pelepasan secara resmi 15 PNS itu oleh Gubernur melalui Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu) H Nurdin Lubis SH MM dilakukan pada Jumat (17/1/2013) di kantor Gubernus Sumut.

Program yang mereka ambil tersebut merupakan dual degree. Sebelumnya, ke-15 mahasiswa magister itu telah mengikuti perkuliahan tahun pertama di Universitas Gajah Mada (UGM) pada tahun ajaran 2012/2013. Setelah dinyatakan memenuhi passing grade TPA dan TOEFL yang disyaratkan untuk tahun ajaran 2013/2014.

ke-15 PNS tersebut terpilih setelah melalui serangkaian seleksi, di antaranya, administrasi, tes potensi akademik dan tes TOEFL serta interview (wawancara). (en/sumutprov.go.id)

Facebook Comments