Warga Nias di NTT Rayakan Natal Bersama

Monday, January 13, 2014
By susuwongi

Paduan Suara Keluarga Nias | Yopie Karhom

Paduan Suara Keluarga Nias | Yopie Karhom

NIASONLINE, NUSA TENGGARA TIMUR – Sejumlah warga asal Kepulauan Nias yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Nias (IKNIS) dan berdomisili di Kota So’e, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar perayaan Natal 2013 bersama.

Acara tersebut digelar di Arastamar Home, Kota So’e, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), NTT pada Sabtu (11/1/2014).

Kepada Nias Online, Yopie Karhom, suami dari Handayani Telaumbanua yang berasal dari Desa Hilifönaluo, Kecamatan Fanayama, Nias Selatan mengatakan, acara yang dimulai pada pukul 18.00 Waktu Indonesia Timur (WIT) tersebut dilayani oleh Pdt. Hendrik Lutji Rihi, S.Th.

“Acaranya kebaktian saja. Juga ada pemberian bingkisan kepada anak-anak yang menyumbangkan pujian dalam acara itu. Selanjutnya, kegiatan ramah tamah,” jelas Handayani.

Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 250 orang. Terdiri dari anggota Ikatan Keluarga Nias (IKNIS) TTS dan IKNIS Kupang beserta undangan lainnya yang berasal dari warga dan juga anggota keluarga warga Nias di wilayah itu.

Di TTS sendiri, terdapat 6 kepala keluarga (KK) warga asal Nias. Sedangkan di Kupang, ibukota NTT sebanyak 34 KK.

Handayani mengatakan, kebaktian tersebut menggunakan lagu-lagu dalam bahasa Nias, dari Buku Zinunö. Juga koor bersama menyanyikan lagu Tanö Niha.

Dalam acara itu, turut menyampaikan sambutan adalah Ketua IKNIS TTS Dalizatulö Ndruru, Ketua IKNIS NTT Mano Laia dan Pembina IKNIS NTT Rubeno Hia.

Sebelumnya, kepada Nias Online, Ketua IKNIS TTS Dali Ndruru mengatakan, sejumlah warga Nias telah berdomisili di wilayah NTT sejak berpuluh tahun lalu. Mereka berasal dari berbagai latarbelakang profesi. Di antaranya, polisi, jaksa, pendeta, hingga PNS di beberapa kantor dinas provinsi maupun kabupaten/kota. Beberapa di antaranya, menikah dengan warga setempat.

Peserta perayaan Natal IKNIS TTS | Yopie Karhom

Peserta perayaan Natal IKNIS TTS | Yopie Karhom

Ikatan keluarga tersebut, kata dia, selain bermanfaat memfasilitasi kegiatan kebersamaan sesama warga asal Kepulauan Nias, juga menjadi ajang untuk melepas rindu dengan kampung halaman.

Beberapa bulan lalu, suami salah seorang warga asal Desa Bawômataluo, Nias Selatan yang warga asli NTT meninggal dunia. Karena keadaan yang mendadak dan jarak yang jauh, tidak ada keluarga dari Nias Selatan yang bisa segera ke NTT. Paguyuban warga Nias di NTT tersebut langsung ‘mengambil peran’ sebagai wakil keluarga dari Nias Selatan dengan menghadiri seluruh kegiatan pemakaman. Sungguh sebuah kebersamaan yang menguatkan di daerah rantau yang terasa jauh.

Nah, bagi Anda warga Nias yang kebetulan akan berdinas atau melakukan kunjungan di wilayah NTT, jangan lupa meluangkan waktu menyambangi saudara-saudari kita di sana. (en/YK)

Tags: ,

Komentari

Kalender Berita

January 2014
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031