Putra Daerah Banyak Tak Lolos Tes CPNS, Ini Jawaban Menpan-RB

Sunday, January 5, 2014
By susuwongi

NIASONLINE, JAKARTA – Kekecewaan atas hasil tes CPNS yang lebih banyak menghasilkan lulusan dari luar daerah pelaksana tes tidak hanya terjadi di Kepulauan Nias. Kekecewaan itu terjadi juga di berbagai daerah di Indonesia.

Lalu, seperti apa tanggapan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) atas hal itu?

Dalam pernyataannya, seperti dikutip dari situs resmi menpan.go.id, Menpan Azwar Abubakar menanggapi santai berbagai protes tersebut. Sebaliknya, dia mengatakan, bila ingin putra daerah lulus tes CPNS, maka tidak ada pilihan lain, para peserta tes harus meningkatkan kemampuan mereka.

“Saya selalu menekankan, kalau calon peserta mau lulus tes supaya belajar dan belajar, bukan percaya dengan calo,” ujarnya saat menerima kunjungan dari Forum Aspirasi Masyarakat Kabupaten Buru Selatan, di Media Center Kementerian PANRB, dikutip Minggu (5/1/2014).

Ke depan, kata dia, pemda-pemda bisa meningkatkan putra daerahnya yang akan ikut tes. Di antaranya, melalui bimbingan belajar jauh sebelum seleksi CPNS digelar.

Menurut dia, para Pemda sebenarnya bisa membuka ruang bagi putra daerah karena para Pemda yang melakukan tes kompetensi bidang (TKB). Meski begitu, kelulusan pada TKD lebih utama dibanding kelulusan pada TKB.

Dia mengatakan, sebenarnya sejak awal pihaknya sudah mengingatkan para peserta tes dengan mengumumkan kisi-kisi soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS, yakni, karakteristik pribadi, inteligensia umum dan wawasan kebangsaan.

Dia menegaskan, banyaknya lulusan dari luar daerah merupakan konsekuensi dari pelaksaan seleksi CPNS yang bersifat nasional dimana tidak ada larangan bagi warga negara Indonesia untuk mengikuti seleksi di daerah lain.

Pelaksanaan seleksi CPNS tahun ini, tambah dia, juga jadi pelajaran bagi para putra daerah agar belajar lebih baik. Pasalnya, hal itu juga didukung oleh Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang baru disahkan di DPR yang menegaskan tidak adanya lagi istilah PNS daerah atau PNS pusat melainkan yang ada adalah PNS RI.

Dia juga mengatakan, tahun ini seleksi CPNS dilakukan secara transparan, obyektif dan bebas dari KKN serta tidak dipungut biaya. Pasalnya, pemerintah ingin merekrut calon pegawai yang memiliki kompetensi. “Bukan CPNS yang hanya ongkang-ongkang kaki terima gaji buta,” tegas dia.

Azwar juga mengingatkan, tidak lulus CPNS itu bukan berarti kiamat. Sebab, PNS bukanlah satu-satunya lapangan pekerjaan. Juga bisa mengikuti tes serupa pada tahun depan. (en)

Tags: , ,

Komentari

Pencarian Berita

Kalender Berita

January 2014
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031